10 Cara Mendapatkan Uang Dari Tik Tok. Harus Kamu Coba!

6 bulan lalu, by DigiTek ID

Cara mendapatkan uang dari Tik Tok

Udah tau belum sih kalau banyak banget user media sosial yang penasaran gimana cara mendapatkan uang dari Tik Tok?

Apa yang kita prediksi ternyata sekarang jadi kenyataan kan ya! Mulai dari dulu, Tik Tok jadi rival Facebook yang paling berat? Sampai-sampai, Facebook merilis aplikasi dengan nama Lasso buat jadi penengahnya.

Sekarang, Tik Tok nggak cuman dipenuhi dengan anak-anak alay yang sempat booming 2018 lalu. Deretan artis papan atas, YouTuber, sampai selebritis dunia juga pakai Tik Tok buat popularitas.

Naiknya popularitas Tik Tok ini udah menyebabkan banyak brand yang mulai melirik influencer Tik Tok. Hasilnya, udah mulai banyak user Tik Tok yang bisa jadi brand ambassador sekaligus mendapat uang dari Tik Tok loh!

Gimana cara mendapatkan uang dari Tik Tok yang cocok buat para pemula?

Check it out ya …

Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok 2020

Nggak kayak yang kamu bayangkan, cara mendapatkan uang dari Tik Tok itu sebenarnya mudah dan bisa dilakukan siapapun. Asalkan konsisten aja, kamu udah bisa bersaing kok sama user pro lainnya.

1. Sponsor Brand

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Endorse

Ini nih cara mendapatkan uang dari Tik Tok pertama dan yang paling banyak dilakukan user. Soalnya cara ini yang paling gampang.

Kamu cuman perlu menawarkan atau review produk dari brand yang bekerjasama dengan kamu. Upload deh konten itu ke akun Tik Tok dan biarkan followers kamu serta user Tik Tok lainnya melihat video review yang kamu bikin tadi.

Nggak jarang, program ini disebut juga sebagai brand ambassador.

Tertarik jadi brand ambassador? Kalau emang iya, lakukan cara ini ya:

  • Cari brand atau perusahaan yang meluncurkan atau merilis produk baru.
  • Kenali produk itu lebih dalam. Saran kita sih, pastikan produk yang kamu pilih itu sesuai sama minat kamu.
    • Contoh, kamu suka banget sharing konten tutorial makeup dan kecantikan di Tik Tok. Pastikan kamu cari produk-produk kecantikan buat di-review. Jadi, review kamu bakal kelihatan lebih natural dan soft.
  • Cari kontak brand itu dan coba kirimkan proposal via email. Dalam proposal itu, taruh beberapa elemen penting yaitu:
    • Jelaskan secara singkat kalau kamu adalah influencer di fokus bidang tertentu
    • Permohonan untuk kerjasama dengan brand
    • Jelaskan dengan lengkap tentang audience kamu
  • Jangan lupa buat mempelajari semua trik deal ya

Mungkin sih sulit ya kalau pertama kali. Tapi lama-kelamaan, kamu bakal terbiasa dan semua itu bakal mudah kok!

Pertanyaanya, gimana kamu bisa dapat list semua brand yang butuh influencer?

Gampang!

Cari aja di Instagram ya. Pakai Instagram Explorer dengan pencarian hashtag. Contoh kayak #bisnis, #entreprenuer, #onlineshop, #olshop, #kecantikan, dan lain sebagainya.

Pokoknya yang sesuai sama bidang kamu ya!

2. Shout Outs

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Shot Outs

Shout out ini yang paling populer di Tik Tok kalau kita perhatikan statistiknya. Jadi gambaran umumnya tuh kayak gini. Kamu bakal melakukan review tentang suatu produk dari suatu brand atau perusahaan.

Hampir sama persis kayak brand ambassador, tapi gaji kamu tentu lebih kecil. Soalnya, kamu bakal menerima bayaran yang nggak sebanyak kalau udah jadi brand ambassador.

Syaratnya yang paling dasar atau basic, kamu harus punya banyak fans dulu. Atau setidaknya, bikin deh salah satu video viral kreasi kamu!

Kayak video tips puding Oreo Tik Tok blebek-blebek yang lagi booming sekarang ini ya …

Nah kalau ada satu video kamu yang viral banget dan banyak yang meniru, udah pasti auto deh di endorse sama brand yang sesuai niche kamu itu.

3. Monetisasi Tik Tok

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Monetisasi

Kalau udah ada YouTube yang merilis program YouTube Partner Program (YPP), kini kamu bisa langsung ikutan program yang sama di Tik Tok.

Kabar-kabarnya sih monetisasi Tik Tok ini udah dalam proses Beta Version. Sistemnya juga sama persis kayak YouTube serta Facebook AdBreaks. Jadi, di video Tik Tok kamu bakal ada iklan.

Sayangnya, kita masih belum punya bukti tentang rumor ini. Tapi yang pasti, kalau udah dalam versi Beta, maka udah pasti bakal rilis nggak lama lagi!

Tentunya, ini kabar bagus banget buat kamu sebagai calon influencer!

Jadi, kita sarankan buat terus mengembangkan akun sampai punya follower Tik Tok yang banyak banget ya. Nah kalau fitur monetisasi Tik Tok ini resmi dibuka, kamu tinggal terjun soalnya bekal kamu udah siap kan?

4. Jualan Produk Sendiri

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Produk

Ini nih menurut kita yang paling powerful dan bisa kamu lakukan kapan aja. Asalkan udah punya produk, langsung aja tawarkan ke follower kamu di TikTok ya. Entah itu produk dropship atau emang produk asli buatan kamu sendiri.

Disamping kamu bisa mengembangkan brand sendiri, ada juga kemungkinan kamu bakal diajak kerjasama brand lain dengan niche yang sama. Istilah kerennya sih di-collabs.

Bahkan menurut beberapa owner bisnis online dengan produk yang bagus, keuntungannya bisa berlipat-lipat. Soalnya, kamu bebas menentukan sendiri laba atau profit nya kan. Tinggal gimana aja cara main kamu.

Saran kita sih, lebih baik jual dengan harga sedikit dibawah pasaran. Meski margin bakal tipis banget, paling tidak kamu bakal punya marketshare yang besar. Lama-lama, naikkan harga nya sedikit demi sedikit.

Kalau masih belum tau produk yang cocok buat kamu, ini nih yang sekarang lagi booming banget di kalangan nitizen:

  • Mug custom
  • Case HP Custom DIY
  • Kaos branded
  • Kaos Sablon Kreasi
  • Kue aneka rasa

Gimana? Masih kerepotan?

Coba aja dropship produk dari supplier ya. Rata-rata supplier dari China atau lokal Indonesia itu juga murah-murah kok. Tapi selama virus Corona ini masih berlangsung, mending ambil aja produk yang dari lokal ya.

5. Program Afiliasi

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Afiliasi

Pernah dengar istilah Affiliate atau program afiliasi nggak sih?

Program afiliasi atau affiliate marketing itu cara kerjanya sama kayak MLM. Jadi, tugas kamu cuman cari orang dan bujuk orang itu biar mau daftar atau beli produk yang kamu tawarkan.

Penghasilan kamu dihitung dari jumlah produk yang terjual. Biasanya komisi yang bakal kamu dapatkan sekitar 1 – 10% per produk terjual sih. Lumayan kan?

Kamu bisa join di salah satu atau beberapa program afiliasi paling populer di dunia, kayak Amazon dan Lazada. Soalnya, udah banyak yang membuktikan kalau keduanya menghasilkan banyak keuntungan.

Kalau masalah produk sih, banyak banget yang bisa kamu pilih. Sesuaikan sama keahlian kamu deh pokoknya. Soalnya, ada jenis produk fisik sampai produk digital dan software terbaik.

Yang paling banyak kita lihat sih software edit foto kayak Photoshop, VSCO, dan lainnya. Tapi, kamu juga bisa jualan software game PS2 terbaik yang sekarang udah mulai banyak diburu game hunter.

6. Join Event Populer

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Giveaway

Hampir sama kayak Instagram, sekarang ini ada banyak banget brand yang udah terjun ke Tik Tok. Jadi, ada banyak event yang bisa kamu jadikan sebagai cara mendapatkan uang dari Tik Tok.

Event itu bisa dalam bentuk giveaway, kontes atau kompetisi dengan hadiah sampai jutaan Rupiah loh! Untungnya, masih belum banyak banget yang tau tentang event ini. Jadi, peluang kamu buat menang itu besar banget.

Caranya gampang kok. Ikutin ini ya:

  • Masuk ke akun Tik Tok
  • Klik menu Search atau icon kaca pembesar yang ada di bawah tengah screen kamu
  • Ketik kata kunci atau keyword ‘giveaway’, ‘kontes’, ‘lomba’, ‘kompetisi’ atau hal lain yang mengacu ke event tertentu
  • Pilih event yang sesuai dengan kriteria kamu dengan hadiah yang kamu mau
  • Ikuti event itu ya

Masalah menang atau kalah mah nggak jadi masalah. Yang penting ikutan dulu, pelajari pola nya ya dari suatu brand tertentu itu. Kalau udah biasa ikutan event, pasti kamu udah pro banget tentang cara memenangkannya.

7. Ternak Akun

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Akun Ternak

Nggak cuman di Instagram, jual beli akun Tik Tok sekarang udah ada loh! Caranya gampang banget kok. Cukup pilih salah satu niche dan kembangkan akun itu sampai punya follower Tik Tok, like, view dan interaksi lainnya!

Kalau emang dirasa interaksi dan fans nya banyak banget, kamu siap menjual akun itu. Harga nya nggak main-main loh! Makin banyak interaksi, tentu makin mahal harga nya.

Semua usaha keras yang kamu lakukan selama mengembangkan akun itu bakal terbayar dengan harga yang mahal!

Belum tau banyak tentang optimasi Tik Tok?

Lakukan beberapa cara ini ya:

  • Optimasi profile akun Tik Tok
  • Optimasi konten yang berkualitas
  • Lakukan strategi marketing kayak bikin video Live
  • Jual produk atau sekedar sharing

Meski agak lama, cara mendapatkan uang dari Tik Tok satu ini terbukti efektif dilakukan di luar negeri. Kerennya, di Indonesia masih belum banyak yang tau cara ini!

8. Live Streaming

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Monetisasi

Beda dengan Instagram atau media sosial lainnya, Tik Tok punya fitur Live Video dimana kamu bisa langsung dapat uang! Uang itu kamu dapatkan dari donasi follower Tik Tok secara langsung!

Makin banyak follower, tentu bakal makin banyak viewers dan coins yang kamu dapatkan di Tik Tok. Asalkan konten kamu itu bagus dan punya nilai edukasi yang tinggi, user nggak bakal keberatan kok kasih coin buat kamu!

Cara kerja nya gampang banget kok. Ajarkan ini ke follower Tik Tok kamu ya …

  • Ikutin Live Video di Tik Tok
  • Klik icon kotak hadiah yang ada di pojok kanan bawah > ada 8 jenis gift yang bisa kamu pilih
  • Pilih salah satu icon > klik Buy Item

Item itu bisa langsung di-cashout ya!

9. Admin Tik Tok

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Admin

Ini nih cara mendapatkan uang dari Tik Tok yang cocok banget buat kamu yang jago design. Tugas kamu enteng kok, kayak main media sosial kamu aja.

Faktanya, banyak banget brand yang butuh sama posisi ini. Soalnya, mereka mau mendatangkan traffic dan media sosial yang banyak. Inilah tugas kamu!

Umumnya sih buat menjalankan posisi admin, job description nya kayak ini nih:

  • Bikin konten foto dan video edukatif dan promosi
  • Berinteraksi dengan followers
  • Menambah follower organik
  • Paham tentang buyer journey
  • Update di media sosial

Kelihatannya sih gampang ya cuman main Tik Tok aja. Tapi, media sosial itu salah satu kampanye marketing loh! Jadi, kamu harus bisa nge-track hasil strategi dan cara yang kamu lakukan ya.

10. Konsultan

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 202

10 Cara Mendapatkan Uang dari Tik Tok Update 2020 ~ Konsultan

Terakhir, cara mendapatkan uang dari Tik Tok yang bisa kamu coba adalah dengan jadi Konsultan.

Jelas beda sama admin atau influencer, tugas kamu lumayan berat sih. Soalnya, kamu harus melakukan riset pasar, marketing, strategi, planning, sampai analisa tentang client kamu itu.

Tapi tergantung bidang nya juga sih. Konsultan marketing jelas beda sama designer, dan lain sebagainya ya. Artinya, kamu harus beneran menguasai bidang itu sebelum memutuskan jadi konsultan.

Bahkan ada juga yang menyediakan jasa konsultasi menambah follower Tik Tok dan media sosial lho! Jadi kalau kamu udah populer dengan cara organik, jual pengalaman kamu itu dengan jasa konsultasi ya!

Kesimpulan

Tuh kan apa kita bilang? Tik Tok sekarang makin menggila dengan jumlah user yang terus berkembang pesat tiap tahunnya.

Kesempatan kamu buat dapat uang dari Tik Tok juga makin besar! Kalau kamu bisa manfaatkan cara-cara tadi, kamu bakal jadi yang pertama dan yang paling sukses. Soalnya, monetisasi dan artis Tik Tok masih jarang di Indonesia!

So, mungkin segini aja ya sharing kita. Percuma deh tau trik nya kalau nggak kamu lakukan langsung!

Masih ada banyak banget kok hal menarik yang siap kita share ke kamu! So, nantikan terus ya update kita tiap hari!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *