Aplikasi dan Software Project Management Gratis
Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengelola proyek. Bagi yang suka memvisualisasikan pekerjaan di kalender atau board Kanban, aplikasi dan software project management gratis ini mungkin berguna.
Aplikasi dan software ini sangat bagus digunakan untuk berkolaborasi dalam proyek sebagai sebuah tim. Apalagi di musim pandemi seperti ini, pekerja lebih banyak bertemu secara daring untuk mendiskusikan proyeknya.
Nah, software manajemen proyek akan membantumu lebih fleksibel dalam mengelola tugas, berkomunikasi dengan stake holder, dan mempertahankan visibilitas proyek secara virtual.
Table of Contents
15 Aplikasi dan Software Project Management Gratis
Untuk tim kecil dengan anggaran terbatas, berinvestasi untuk membeli software management proyek mungkin agak berat. Tetapi jangan khawatir karena ada banyak tools gratis yang bisa kamu manfaatkan. Berikut daftarnya.
1. Trello
Trello adalah cara sederhana untuk mengatur project dengan Kanban board. Dengan paket gratis dengan pengguna tanpa batas, ia adalah tools yang dapat digunakan siapa saja.
Freelancer dapat menggunakan Trello untuk merencanakan tugas mereka di board pribadi. Sementara itu, tim dapat menggunakan Trello untuk membangun alur kerja proyek yang lengkap dengan visibilitas di setiap tahap.
Kamu bisa memulai dengan membuat board baru dari awal atau memilih templat dari lusinan opsi yang tersedia. Tambahkan beberapa daftar untuk tugasmu dan sesuaikan daftar tersebut dengan langkah-langkah dalam alur kerjamu.
Setelah menyelesaikan tugas, cukup seret kartu ke daftar yang sesuai. Kamu bisa melacak semua komentar dan tugas dari menu aktivitas.
2. Asana
Asana adalah software manajemen proyek yang memungkinkanmu memecah proyek menjadi beberapa bagian dan sub-daftar. Terdapat juga dasbor untuk melihat berapa banyak proyek yang telah diselesaikan.
Kamu bisa menambahkan, mengatur ulang, dan menyelesaikan tugas dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pada aplikasi daftar tugas. Tetapi dengan adanya fitur kolaborasi dan organisasi, kamu perlu bekerja sebagai tim.
Untuk tugas pribadi, kamu bisa membuat daftar tambahan di Asana yang hanya dibagikan dengan orang-orang tertentu. Tugasmu sendiri yang ditetapkan juga akan muncul di tampilan Tugas Saya.
3. ClickUp
Sebagian besar aplikasi manajemen proyek biasanya hanya menyajikan beberapa tampilan tugas, seperti daftar, kalender, atau tampilan Kanban. Jika ada tambahan, biasanya merupakan fitur premium.
Tetapi tidak dengan ClickUp, ia adalah aplikasi manajemen proyek sederhana dan gratis yang memungkinkanmu memilih dari 11 tampilan tugas yang berbeda, termasuk bagan Gantt dan mind map.
Ada juga empat tampilan halaman yang berbeda yakni obrolan, dokumen, embed dan formulir. Dasbor ClickUp juga dapat disesuaikan, memungkinkanmu memilih dari lebih dari 20 widget yang berbeda. Kamupun bisa menyorot informasi proyek mana yang paling penting.
4. Basecamp
Basecamp adalah software project management gratis yang dirancang untuk freelancer, tim kreatif, dan bisnis kecil. Ia akan membantumu mengatur proyek di satu tempat dan membagi pekerjaan di antara anggota tim.
Tools menawarkan papan pesan (message board) yang dapat digunakan untuk mengajukan ide, serta mengirim dan menerima update progress dan feedback proyek dari timmu.
Dengan Basecamp, kamu bisa membuat checklist dan daftar tugas untuk menetapkan item ke anggota tim dan menetapkan tanggal jatuh tempo untuk proyek.
Fitur nyaman lainnya adalah pengelola jadwal yang terintegrasi dengan kalendermu untuk mengotomatiskan pengaturan rapat dan berlangganan acara.
Basecamp menawarkan dukungan telepon, email, dan obrolan dan memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS.
5. Evernote Teams
Evernote Teams adalah aplikasi dan software project manajemen gratis yang akan menyatukan tim untuk mengerjakan proyek.
Tools ini membantumu mengelola catatan, tugas, dan jadwal di satu tempat. Sistem menangkap semua informasi proyek penting dan menyimpannya di satu folder.
Kamu bisa membuat catatan tentang proyek yang sedang berlangsung, mengirimkannya ke anggota tim, dan membuat tugas melalui aplikasi.
Evernote juga memungkinkanmu membuat alur kerja untuk anggota tim. Ia membuat pekerjaan jarak jauh lebih mudah karena anggota tim dapat bekerja dari perangkat apa pun, bahkan saat mereka offline.
Aplikasi ini dilengkapi dengan dasbor administrasi yang memberi akses ke kontrol izin dan log terperinci.
Evernote juga menawarkan integrasi yang mudah dengan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan rapat dan migrasi data. Ia juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS.
6. Jira
Jira adalah aplikasi manajemen tugas untuk tim untuk merencanakan dan membangun produk. Software ini membantumu mengatur masalah, melacak bug, dan mengikuti aktivitas tim.
Sebagai pengguna Jira, kamu bisa membuat cerita dan masalah pengguna, merencanakan sprint , dan mendistribusikan tugas ke seluruh tim.
Kamu juga bisa dmengatur tugas berdasarkan prioritas dan menetapkan tiket untuk tugas tersebut. Selain itu, pengguna bisamembuat alur kerja tergantung pada durasi dan kompleksitas proyek.
Tools secara otomatis memberi tahu anggota tim jika ada perubahan dalam jadwal atau dependensi tugas. Dengan izin kontrol akses dan enkripsi SSL, Jira memberimu lingkungan yang aman dan terlindungi untuk manajemen proyek.
Jira menawarkan dukungan telepon, email, dan obrolan. Tools ini juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS.
7. MindMeister
MindMeister adalah mind mapping dan software project manajemen gratis yang membantumu berkolaborasi dengan tim untui merencanakan proyek.
Tools memungkinkanmu berbagi mind map dengan rekan kerja yang bisa kamu edit secara real time. MindMeister juga menawarkan mode presentasi bawaan yang mengubah mind map kamu menjadi tayangan slide. Selain itu, kamu bisa mengubahnya menjadi dasbor dan memvisualisasikan progress untuk beberapa proyek.
Ia menyediakan fitur pencatatan selama rapat dan sesi brainstorming. Kamu juga bisa menyimpan data individu dan kolektif dalam database pusat dan membaginya dengan tim.
MindMeister menawarkan dukungan email, telepon, dan obrolan. Tools ini memiliki aplikasi seluler untuk iOS dan Android.
8. monday.com
monday.com adalah solusi manajemen proyek yang membantumu merencanakan, melacak, dan mengatur alur kerja proyekmu.
Software ini menawarkan template dengan bidang khusus yang bisa kamu gunakan untuk membuat rencana proyek.
Kamu bisa mengotomatiskan tugas berulang seperti membuat prospek dari email keluar, membuat jadwal yang dapat disesuaikan berdasarkan tenggat waktu proyek, dan memvisualisasikan data dengan grafik serta bagan.
monday.com juga memungkinkanmu berkolaborasi dengan departemen lain seperti penjualan dan pemasaran dengan menyatukan tim untuk mengerjakan perencanaan proyek.
Kamu bisa mengakses dan berbagi update progress proyek, alur kerja, dan persetujuan anggaran melalui platform.
Software terintegrasi dengan perangkat lunak komunikasi dan akuntansi pihak ketiga untuk membantu memigrasikan data antar sistem dengan mudah.
Ia juga menawarkan dukungan email, telepon, dan obrolan serta memiliki aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android.
9. Notion
Notion adalah software manajemen proyek yang menghubungkan tim, ide proyek, dan catatan ke satu platform.
Ia membantumu membuat dan mengatur alur kerja untukmu dan tim dengan bantuan editor drag-and-drop.
Selain itu, ia juga membantumu membuat roadmaps dengan tag yang bisa disesuaikan. Kamupun bisa mengundang anggota tim untuk mengedit dan menambahkan tugas dan aktivitas ke roadmap.
Ada juga fitur Notion untuk membuat basis pengetahuan terpusat untuk tim. Ia menawarkan board, daftar, dan tabel Kanban yang fleksibel untuk menangani semua jenis tugas.
Dengan izin lanjutan, kamu bisa mengontrol siapa yang memiliki akses ke data perusahaan dan berbagi aset dengan departemen lain jika dibutuhkan.
Notion menawarkan dukungan email, telepon, dan obrolan. Ini juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android.
10. Todoist
Todoist adalah software project manajemen gratis yang membantu mengatur alur kerjamu. Tools ini memungkinkanmu membuat daftar tugas kerja dan mendapatkan gambaran umum tentang jadwal kerja.
Ia akan menilai daftar tugas dan menyoroti tugas terpenting hari itu untukmu. Selain itu, Todoist memungkinkanmu membagi tugas di antara anggota tim dan memberikan timeframe untuk menyelesaikannya.
Todoist menawarkan work card bergaya Kanban yang memberikan “board view” dari semua aktivitas yang terkait dengan proyekmu.
Kamu bisa mengelompokkan dan memberi label tugas dan menetapkannya ke kontributor individu di tim.
Selain itu, kamu mengintegrasikan Todoist dengan platform email pihak ketiga. Todoist menawarkan dukungan email dan obrolan. Tools ini juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android.
11. HubSpot
Software project manajemen gratis HubSpot mencakup pembuatan tugas, otomatisasi tugas, dan daftar tugas yang dibuat sebelumnya.
Ia dirancang khusus untuk tim pemasaran dan terintegrasi secara smooth dengan Marketing Hub. Berkat tools ini, kamu bisa melacak tugas di samping proyek marketing, sehingga keduanya terintegrasi dan tidak dikelola pada tools yang berbeda.
12. Project.co
Project.co adalah sistem manajemen proyek yang menghubungkan timmu dengan tim klien di satu tempat. Setiap pekerjaan yang kamu lakukan dapat diatur sebagai proyek sendiri, dengan feedback diskusi, catatan, tugas, tim, dan pembayarannya sendiri.
Kamu juga bisa mencatat waktu yang dihabiskan untuk setiap proyek. Berbagai tampilan tugas dan proyek yang berbeda tersedia, termasuk tampilan kalender, penjadwal, dan Kanban, untuk memberi gambaran umum tentang pekerjaan yang terjadi dalam tim.
13. Toggl Plan
Toggl Plan merupakan tools manajemen proyek yang efektif untuk mengotomatiskan proses pendelegasian tugas dan memvisualisasikan tugas proyek mana yang telah selesai, dan mana yang belum.
Jika timmu sering berkolaborasi dengan departemen lain dalam proyek, ini mungkin alat yang berguna. Fitur yang disajikan termasuk Visualisasi Gantt-chart untuk melacak tenggat waktu dan proyek penting.
Ada juga Integrasi dengan Slack, Github, Evernote, serta opsi kolaborasi tim melalui kalender bersama dan catatan tugas.
Toogl Plan bisa kamu nikmati secara gratis selama 14hari sejak registrasi pertama. Selanjutnya, kamu akan dikenakan biaya 8 dollar/user/bulan.
14. nTaks
Aplikasi dan Software project management gratis lain yang hadir dengan berbagai fitur untuk manajer proyek dan tugas adalah nTask. Ia memiliki beberapa free-range tools untuk siapa saja yang ingin bekerja sebagai individu atau manajer proyek profesional.
nTask mendukung banyak proyek dan pembuatan tugas. Pengguna juga dapat menentukan peran pemimpin tim, anggaran, pencapaian, dan kriteria pelacakan waktu yang spesifik untuk proyek yang relevan.
nTask juga menawarkan fitur bagan Gantt interaktif untuk kebutuhan manajer proyek tingkat lanjut. Itu dapat dipersonalisasi dengan mekanisme drag and drop sederhana untuk menyelaraskan proyek dengan perubahan yang terjadi.
15. Teamwork
Teamwork akan membantu tim internal secara jarak jauh agar tetap terorganisir dan produktif. Setiap proyek memungkinkanmu mengunggah file dengan mudah, menetapkan tugas dan tenggat waktu, serta mengobrol dengan rekan satu tim.
Dengan memusatkan informasi proyek, kamu bisa menghilangkan lebih banyak kesalahpahaman dan mengingatkan tentang deadline.
Penutup
Nah, itulah sejumlah aplikasi dan software project management gratis yang membantu diskusimu dengan tim jadi lebih asyik. Kamu bisa memilih salah satu dari semua aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan.