15 Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2022

By Digitek

Jika kamu pengguna Android, kamu membutuhkan aplikasi antivirus Android terbaik 2022 untuk melindungi ponsel atau tablet dari aplikasi yang corrupt dan serangan malware.

Aplikasi antivirus Android terbaik tidak hanya menawarkan deteksi dan pencegahan malware, tetapi juga serangkaian fitur privasi dan keamanan.

Mereka akan mencadangkan kontak atau melacak ponsel melalui GPS. Mereka bahkan mendukung penggunaan smartwatch untuk menemukan ponselmu.

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2022

Kami telah mengumpulkan berbagai nama aplikasi antivirus terbaik untuk android mulai dari Avast, Bitdefender, dan lainnya.

1. Bitdefender Mobile Security

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021

via Bitfender

Aplikasi antivirus Android terbaik 2022 Bitdefender menawarkan perlindungan malware yang hampir sempurna. Ia bisa diintegrasikan dengan smartwatch Android Wear, VPN client, dan pemblokir situs web berbahaya.

Bitfender juga memiliki tools privacy-protection yang kuat, termasuk kunci aplikasi, pemindai Wi-Fi, fitur anti-maling, dan pemberitahuan pelanggaran data.

Fitur yang baru ditambahkan yakni Scam Alert. Ia akan menandai kemungkinan link berbahaya dalam pesan teks SMS, aplikasi perpesanan, dan notifikasi layar.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Bitdefender Antivirus Gratis untuk Android, tetapi dibatasi hanya bisa scanning 200MB data gratis per file. Sepertinya cukup jika hanya untuk memindai email saja.

Sementara jika menginginkan lebih banyak data, kamu cukup membayar 7 dollar per bulan atau 50 dollar per tahun.

2. Norton Mobile Security

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021

via Norton

Norton Mobile Security, alias Norton 360, menawarkan perlindungan malware terbaik dari semua aplikasi antivirus Android yang diuji oleh Tomsguide.

Sayangnya, ia tidak lagi memiliki fungsi anti-maling, cadangan kontak dan pemblokir tautan berbahaya Link Guard.

Norton juga mematikan versi gratis Norton Mobile Security. Itu diganti dengan aplikasi khusus keamanan untuk satu perangkat yang dihargai 15 dollar per tahun.

Untuk 50 dollar per tahun, Norton menambahkan layanan VPN tanpa batas dan pemantauan web gelap atas informasi pribadimu.

Paket paling mahal, Norton 360 Deluxe, 105 dollar/tahun akan melindungi hingga lima perangkat Android, Windows, Mac, atau iOS.

Biaya berlangganan dapat dibayar langsung melalui aplikasi Norton, yang memiliki masa uji coba gratis 14 hari.

Fitur Killer Norton adalah App Advisor yang unik. ia akan memeriksa aplikasi pada perangkat untuk penggunaan data yang berat dan perilaku yang tidak biasa.

Itu juga memeriksa aplikasi di Google Play store untuk risiko keamanan dan privasi bahkan sebelum kamu menginstalnya.

3. Avast Mobile Security & Antivirus

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021

via Avast

Avast Mobile Security & Antivirus adalah salah satu aplikasi antivirus Android terbaik 2022 dengan fitur lengkap. Ia menyediakan segalanya mulai dari privacy adviser, pengoptimal sistem hingga customize backlist.

Meski perlindungan malware Avast bagus, itu belum dikatakan sempurna. Beberapa fungsi anti-pencurian Avast tidak berfungsi di beberapa pengguna. Iklan versi gratisnya juga mungkin mengganggu untuk beberapa orang.

Iklan tersebut hilang jika kamu membayar salah satu paid tier Avast Mobile Security, Premium (2 dollar/bulan atau 20 dollar/tahun) atau Ultimate (7 dollar/bulan atau 40 dollar/tahun).

Pengguna paket berbayar juga mendapatkan fitur anti-maling tambahan, pengunci aplikasi, dan dukungan teknis.

4. AVG AntiVirus Free

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021

via AVG

AVG AntiVirus Free adalah aplikasi berkualitas tinggi lainnya untuk mengamankan ponselmu. Ia memberikan tingkat perlindungan yang tinggi tanpa biaya sepersen pun.

Bahkan, ia menggunakan mesin antivirus populer yang sama seperti Avast. AVG memiliki beberapa fitur yang bisa kamu temukan di penawaran freebie Avast.

AVG dibangun dengan perlindungan core antivirus yang sangat kuat. Ditambah fitur anti-maling untuk menemukan, mengunci, atau menghapus ponsel yang dicuri atau hilang.

Seperti halnya Avast, aplikasi ini didukung iklan, tetapi dengan meningkatkan ke versi premium, kamu bisa menghilangkan iklan tersebut.

AVG versi Pro berbayar hadir dengan banyak fitur tambahan, termasuk kemampuan anti-pencurian yang diperluas. Mulai dari perangkat mengunci sendiri jika kartu SIM diganti, membunyikan alarm, dan Photo Vault untuk mengamankan foto.

Fitur tambahan lainnya yakni kunci aplikasi, pemindai keamanan Wi-Fi, dan pengaturan privasi tambahan, seperti memblokir penelepon. Kamu bisa mencoba semua fitur Pro ini secara gratis selama dua minggu pertama.

5. Kaspersky Mobile Antivirus

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021

via Kapersky

Kaspersky Mobile Antivirus yang dikenal sebagai Kaspersky Internet Security, menawarkan perlindungan malware yang hampir sempurna. Pemblokir panggilannya juga benar-benar berfungsi.

Tidak ada iklan dalam versi gratis, dan tidak banyak masalah untuk meningkatkan ke paket berbayar. Pengguna gratis mendapatkan pemfilteran panggilan, dukungan Android Wear, dan serangkaian fungsi anti-maling yang kuat.

Tetapi, kamu harus memindai setiap aplikasi yang baru diinstal secara manual. Pengguna yang membayar mendapatkan pemindaian otomatis aplikasi baru, kunci aplikasi, dan pemblokiran situs web phishing yang dikenal.

Ia tidak menyediakan pemindai jaringan Wi-Fi dan tools privasi yang ditawarkan oleh aplikasi antivirus Android lainnya.

Jika hanya mencari perlindungan malware, kamu bisa menggunakan versi gratis Kaspersky Mobile Antivirus. Tetapi, jika mencari fitur ekstra, Bitdefender sangat direkomendasikan dengan harga murah, hanya 5 dollar saja.

6. Lookout Security & Antivirus

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021

via Lookout Security

Lookout Mobile Security yang sekarang berganti nama menjadi Lookout Security and Antivirus atau Lookout Personal, adalah salah satu aplikasi antivirus Android pertama dan terbaik.

Kemudahan penggunaannya, antarmuka yang bersih, dan minimnya iklan menjadikan aplikasi ini populer di kalangan banyak orang.

Versi gratisnya hanya menawarkan fitur pemindaian malware dan menemukan ponsel yang hilang. Sementara versi premiumnya menghadirkan fitur tambahan seperti pemblokiran situs berbahaya, pemindaian Wi-Fi, hingga VPN  tanpa batas.

Ada juga layanan pemberitahuan pelanggaran data yang membuatnya layak di beli dengan harga 30 dollar per tahun.

7. Trend Micro Mobile Security

Trend Micro Mobile Security

via Trend Micro Mobile Security

Aplikasi antivirus Android terbaik 2022 ini tidak hanya memindai aplikasi baru untuk mencari malware sebelum diunduh dan diinstal. Ia juga mencegah aplikasi yang baru diinstal mengakses aplikasi lain, yang berguna bagi admin perangkat dan orang tua.

Ada juga pemindai privasi bawaan untuk Facebook yang memperingatkan jika pengaturan profil menampilkan informasi pribadi yang sensitif.

Terdapat sejumlah besar fitur di sini, yang mencakup perlindungan web, anti-maling, dan Wi-Fi scanner untuk memastikan jaringan nirkabel aman.

Ditambah utilitas penyetelan sistem, rangkaian lengkap kontrol orang tua, dan Pay Guard untuk memastikan setiap transaksi perbankan atau belanja online sepenuhnya aman.

8. McAfee Mobile Security for Android

McAfee adalah nama terkenal lainnya dalam hal software antivirus. Aplikasi androidnya, menawarkan fitur yang tidak mengecewakan.

Selain pemindai antivirus, versi gratisnya memberimu cukup banyak fitur. Beberapa diantaranya yakni anti-pencurian, kemampuan melacak perangkat yang hilang, menguncinya atau menghapus data dari jarak jauh.

Fitur lainnya termasuk pemindai aplikasi untuk memeriksa apakah mereka membocorkan informasi sensitif, dan menguncinya jika perlu.

McAfee juga mengecek keamanan jaringan Wi-Fi serta dilengkapi fitur untuk membantu ponsel bekerja lebih baik, termasuk storage cleaner, memori dan battery booster.

Perhatikan bahwa aplikasi gratis McAfee, seperti banyak lainnya, menampilkan iklan. Tetapi, kamu bisa menghilangkannya dengan meningkatkan ke versi premium.

9. Sophos Intercept X for Mobile

Sophos Intercept X for Mobileb

via Sophos

Aplikasi antivirus Sophos Intercept X untuk Android benar-benar gratis. ia tidak menampilkan iklan apa pun, tidak seperti banyak aplikasi gratis lainnya.

Sophos memindai aplikasi untuk malware atau konten berbahaya saat diinstal. Ia juga akan memberitahumu jika ada informasi sensitif. Pemindai antivirus juga dapat dijadwalkan untuk memindai file dan folder secara berkala.

Fitur bagus lainnya adalah Secure QR Code Scanner yang akan memeriksa URL untuk melindungi dari ancaman saat memindai kode QR.

Ada juga fitur autentikator yang bisa kamu gunakan untuk autentikasi multi-faktor dengan aplikasi apa pun yang mendukung Google Authenticator. Menariknya, kamu bisa mengelola semua akun 2FA dari hub pusat ini.

10. AhnLab V3 Mobile Security

AhnLab V3 Mobile Security

via Ahnlab

AhnLab V3 Mobile Security dari Korea Selatan mungkin tidak terkenal seperti Bitfender, AVG atau Avast. Tetapi, ia menawarkan tingkat deteksi sangat tinggi untuk malware Android menurut AV-Test.

Ia mampu melawan 100% ancaman, dan karenanya Ahlab menempati jajaran aplikasi antivirus terbaik 2022.

Aplikasi ini berjalan dengan baik bahkan pada perangkat Android lama dan umumnya tidak menuntut dalam hal penggunaan sumber daya sistem. Selain itu, ia memiliki booster bawaan untuk membantu mempercepat kinerja ponsel.

Fitur praktis lainnya termasuk pembersih privasi untuk menghapus riwayat browsin. Terdapat fitur privacy advisor yang memeriksa aplikasi baru pada perangkat, memastikan mereka tidak membahayakan. Ada juga galeri tersembunyi untuk foto pribadi.

11. ESET Mobile Security and Antivirus

eset

via ESET

ESET adalah nama besar lainnya di dunia antivirus dan anti-malware. Ini menghadirkan serangkaian fitur yang layak, termasuk scan, dukungan anti-maling, security auditor, penjadwalan scan, dan banyak lagi.

Proses setup-nya mungkin agak mengganggu dan aplikasi ini juga membutuhkan email untuk login. Kamu bisa mendapatkan uji coba satu bulan gratis setelah instalasi.

Setelah itu, kamu akan dikenakan biaya berlangganan 1,99 dollar/bulan atau 14,99 dollar/tahun. Ia tidak cukup berat seperti AVAST atau AVG, tetapi lebih berat dari Bitdefender.

12. Malwarebytes Security

Malwarebytes Security

via Malwarebytes

Malwarebytes adalah salah satu aplikasi antivirus paling populer di Windows. Versi selulernya juga cukup bagus.

Ia menghadirkan fitur database virus yang diperbarui secara agresif, dukungan untuk malware dan ransomware, pelacak izin, dan banyak lagi.

Ia bahkan dapat memindai pesan di WhatsApp, Facebook, SMS, dan lainnya untuk mencegah link yang berpotensi berbahaya.

Malwarebytes Security juga melakukan hal-hal biasa seperti pemindaian. Harganya juga cukup murah, hanya 1,49 dollar/per bulan atau 11,99 dollar/tahun.

13. Safe Security

safesecurity

via safesecurity

Safe Security (sebelumnya 360 Security) adalah aplikasi antivirus untuk android lainnya yang bisa kamu gunakan. Fitur keamanannya tidak cukup buruk.

Ia akan memindai aplikasi untuk mencegah adanya malware. Secara umum, ia adalah aplikasi antivirus dasar yang akan melakukan pemindaian dan menunjukkan potensi kerentanan.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur phone booster dan phone accelerator. Tetapi kami menyarankan untuk tidak menggunakan fitur tersebut karena tidak berfungsi dan akan membuat kinerja ponsel lebih buruk.

14. Secutity Antivirus

cm

via PlayStore

Security Antivirus bisa membantumu mengamankan Android dari virus, Spyware, Trojans, malwares, sekaligus melindungi privasimu.

Fitur lainnya yakni pembersihan file sampah dan menghapus cache yang tidak digunakan untuk menambah ruang memori.

Ada juga memori booster untuk meningkatkan dan mempercepat ponsel dengan cara membebaskan RAM dan menghemat baterai. Kamupun bisa mendapat lebih banyak memori dengan booster.

Kamu bisa melakukan Security Scan hanya dengan satu ketukan saja, aplikasi secara otomatis akan mengecek virus, malware, adware atau Trojan. Jika ada, ia akan segera membersihkannya.

15. Google Play Protect

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021

via Google Play

Google Play Protect hadir di setiap perangkat Android yang menjalankan Google Play. Fitur terbaik aplikasi ini adalah Google bisa menggunakannya untuk menonaktifkan aplikasi berbahaya dari jarak jauh.

Ini tetap terjadi baik kamu menggunakan software antivirus pihak ketiga atau tidak. Kami menyarankanmu untuk tidak menonaktifkan Google Play Protect.

Namun secara keseluruhan, Google Play Protect cukup buruk untuk melindungi ponsel dari aplikasi berbahaya. Sebaiknya, gunakan juga aplikasi antivirus tambahan yang ada dalam daftar ini.

Penutup

Nah, itulah sejumlah aplikasi Antivirus Android terbaik 2022. Idealnya, untuk menjaga keamanan perangkat, kamu juga harus rutin mengupdate software.

Setiap versi baru Android lebih aman daripada versi sebelumnya, dan setiap update akan memperbaiki bug yang baru ditemukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.