Berbagai Istilah di Dunia Anime yang Perlu Kamu Ketahui

By Digitek

Wibu pemula? atau berada ditengah-tengah otaku yang sedang membahas anime dan kamu tidak tahu istilah yang mereka ungkapkan. Berikut berbagai istilah di dunia anime yang perlu kamu ketahui.

Kamu tidak perlu menjelajah web untuk mencari satu per satu istilah tersebut, karena kami sudah merangkumnya di sini.

Daftar Istilah di Dunia Anime

ANIME

Anime, secara sederhana diartikan sebagai animasi dari Jepang. Bisa juga dianggap sebagai animasi yang meniru gaya seni Jepang. Formatnya dapat berupa serial TV, mini-seri (kadang-kadang disebut OVA-Original Video Animation), atau Movie.

BAKA

Berbagai Istilah di Dunia Anime yang Perlu Kamu Ketahui

via myanime

Sebuah kata dalam bahasa Jepang yang berarti “bodoh” atau “idiot.” Biasanya, kata ini digunakan dalam kalimatnya sendiri (berdiri sendiri) sebagai penghinaan.

CHIBI

chibi

chibi/via wallpaperHD

Sebuah kata Jepang berasal dari “Chicchanabito” atau “Chicchana no Hito,” yang berarti “pendek” atau “kecil” (orang).

Sesuatu disebut chibi, biasanya kecil dan lucu. Istilah ini juga bisa merujuk pada seni penggemar di mana karakter anime digambar dengan gaya bobblehead.

COSPLAY

Singkatan dari “Costume Play”. Cosplay adalah tindakan berdandan sebagai karakter dari beberapa bentuk media. Dalam hal ini, media tersebut adalah anime.

DOUJINSHI

Manga buatan penggemar, dan itu tidak hanya ada di LiveJournal. Ada toko yang penuh dengan barang-barang ini di Jepang.

ECCHI

Anime dengan tema seksual tanpa eksplisit.

FAN SERVICE

Materi tambahan, seperti gambar rok atau lainnya yang disertakan untuk menyenangkan penonton. Tetapi sebenarnya tidak perlukan dan berpengaruh terhadap jalan cerita.

HAREM

Harem adalah sub-genre anime di mana protagonis pria dikelilingi oleh banyak wanita. Para wanita itu punya semacam ketertarikan pada protagonis tersebut.

ISEKAI

Isekai mengacu pada cerita Jepang (anime, manga, light novel atau web novel) yang melibatkan karakter utama yang dipindahkan ke dunia lain. Caranya melalui reinkarnasi, pemanggilan, atau dewa yang memindahkan mereka.

KAWAII

Kawaii (diucapkan seperti Hawaii) berarti imut. Jangan dikira kowai (ko-why) yang artinya menakutkan.

LOLITA

Gaya busana Jepang di mana gadis-gadis berdandan dengan pakaian yang terinspirasi dari gaya Victoria yang membuat mereka tampak seperti boneka.

NANI?

Apa? Ya itu artinya apa. Kamu akan sering mendengarnya digabungkan dengan kata lain untuk membuat pertanyaan yang lebih spesifik seperti “Apa itu?” atau “Apa yang kamu lakukan?”. Biasanya digunakan saat berbicara dengan teman sebaya karena lebih bersifat informal.

OTAKU

Seseorang yang terobsesi dengan segala jenis anime. Di Jepang, “otaku” adalah kata menghina yang menyiratkan fanboy tidak berguna. Namun, dalam budaya Barat, kata tersebut didefinisikan lebih spesifik sebagai “penggemar berat anime/manga/budaya Jepang.”

SENPAI

Terminologi Jepang digunakan sebagai sebutan untuk kakak kelas, biasanya seseorang yang lebih tua. Orang ini biasanya semacam mentor tetapi di bawah pangkat sensei.

SUGOI

Sugoi adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti “wow” atau “hebat.” Seringkali digunakan berdiri sendiri sebagai kata seru, “Sugoi!”. Artinya seseorang benar-benar terpesona oleh sesuatu yang luar biasa.

TSUNDERE

Karakter yang mulai dingin dan acuh tak acuh sampai kamu mengenal mereka, kemudian menemukan sisi baik mereka.

URUSAI

Kata itu bisa diartikan “berisik”. Tetapi ketika diucapkan sendiri, itu juga dapat digunakan untuk mengatakan “Diam.”

KEI VISUAL 

Sebuah gerakan fashion yang dimulai oleh musisi Jepang yang menggunakan kostum, rambut, dan riasan yang mencolok dan elegan. Terkadang tampilan ini dimaksudkan untuk membuat pemain terlihat lebih androgini.

WEEABOO atau WIBU

Istilah menghina bahasa Inggris untuk orang non-Jepang yang begitu terobsesi dengan budaya Jepang sehingga mereka akan menirunya dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

WAIFU

Waifu adalah karakter anime favorit yang dianggap sebagai istri oleh penggemar anime pria. Sementara untuk karakter pria yang disukai penggemar anime wanita disebut “husbando”

waifu

via Facebook

ZETTAI

Artinya “benar-benar.” Zettai adalah istilah umum yang mungkin kamu dengar ketika seseorang bertekad untuk berdiri teguh. Misalnya seperti “Zettai akiramenai!” yang diartikan “Saya sama sekali tidak akan menyerah!”

Tinggalkan Balasan