15 Tools Instagram Analytics Terbaik

3 bulan lalu, by Digitek

Tools Instagram Analytics Terbaik

Mau tahu tools Instagram Analytics terbaik untuk melakukan riset guna menentukan strategi pemasaran yang tepat? Ulasan dari tim Digitek.id berikut ini adalah jawabannya.

Instagram sendiri merupakan salah satu media sosial terpopuler di dunia. Apalagi dengan kehadiran Instagram bisnis yang menjadikannya salah satu alat marketing paling potensial.

Dalam dunia internet marketing yang menggunakan Instagram, untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat, kamu membutuhkan data untuk menganalisa pasar.

Nah, rekomendasi tools Instagram Analytic terbaik berikut ini bisa kamu jadikan pilihan.

1. Squarelovin

Tools Instagram Analytics Terbaik

via Squarelovin

Squarelovin merupakan tools gratis yang menyediakan fitur lengkap. Tools ini menyediakan hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk menganalisa performa akun Instagram bisnismu.

Tools memberikan analisa bulanan konten dan perkembangan akun secara instan dan mengelompokkanya berdasar tahun, bulan, hari hingga jam.

Semua insight yang diberikan akan memudahkan kamu mendapatkan engagement lebih baik lagi. Mulai dari hal yang menarik yang disukai audience, rekomendasi waktu terbaik posting dan tagar yang digunakan.

Tools ini bisa digunakan gratis untuk akun basic. Sementara jika ingin mengupgrade ke akun influencer akan dikenakan biaya berlangganan 9,90 dollar per bulan dan untuk bisnis 15,90 per bulan.

2. Sprout Social

Tools Instagram Analytics Terbaik

via Tools Instagram Analytics Terbaik

Sprout merupakan analitik Instagram yang menggabungkan manajemen konten. Tools ini mempunyai kalender editorial dengan fitur lengkap untuk penjadwalan konten baru di berbagai platform. Termasuk Twitter dan juga Facebook.

Selain konten, Sprout juga menyediakan penjadwalan analitik otomatis untuk berbagai akun Instagram sekaligus.

Analitik yang ditampilkan meliputi metrik yang luas mulai dari pelacakan tagar hinga analisis kompetitor. Tools ini menganalisa tagar yang paling sering digunakan dan rekomendasi tagar terbaik untuk menaikkan engagement.

Sprout bisa diakses dari dekstop dan mobile. Sayangnya di aplikasi mobile, tools tidak menyediakan fitur analytics, jadi pengguna mau tidak mau harus membukanya melalui dekstop.

Saat pertamakali mendafrar, kamu bisa menggunakan akun free tial selama 30 hari. Setelah free trial berakhir, kamu akan dikenakan biaya berlangganan mulai dari 99 dollar per bulan untuk akun standar.

Sementara untuk akun profesional dikenakan biaya 149 dollar dan 249 dollar untuk akun advanced.

3. Pixlee

Tools Instagram Analytics Terbaik

via Pixlee

Pixlee merupakan tool analisa Instagram yang digunakan oleh Levi’s, Sonos dan berbagai brand ternama lainnya.

Tools menyediakan beragam fitur untuk memonitor performa akun dari waktu ke waktu. Pixlee menyediakan laporan mingguan meliputi statistik, pelacakan tagar, pertumbuhan followers dan postingan paling menarik.

Pixlee juga akan menganalisa metrik untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan engagement terbaik.

Dengan semua fitur yang dihadirkan, Pixlee dibandrol dengan harga cukup mahal yakni 399 dollar per bulan. Tapi bagi kamu pengguna baru bisa menikmati akun free demo terlebih dahulu.

4. Iconosquare

Iconosquare

via Iconosquare

Iconosquare merupakan alat analisis yang bisa digunakan untuk mengelola banyak akun sekaligus. Fiturnya yakni melacak pertumbuhan akun dan juga tagar kompetitif.

Di luar platform analitik lengkapnya, tools menyediakan audit Instagram gratis untuk profil bisnis. Iconosquare memastikan bahwa profil bisnismu lengkap dan mematuhi syarat Instagram.

Audit akan menilai 30 postingan terbaru dan pengaturan umum akun. Community Analytics tools yang dimiliki Iconosquare juga akan memahami insight seperti usia, jenis kelamin, dan bahasa followersmu.

Tools ini cocok digunakan untuk agensi yang punya banyak akun media sosial. Kekurangannya, penamaan kategori yang mungkin membingungkan bagi pemula.

Jika ukuran foto besar, kamu diharuskan untuk memperkecil ukurannya terlebih dahulu agar bisa menggunakan tools ini. Untuk harganya dibandrol mulai dari 29 dollar per bulan untuk akun pro dan 59 dollar untuk advanced.

5. Keyhole

Tools Instagram Analytics Terbaik

via Keyhole

Keyhole merupakan tool yang tepat untuk melacak kinerja satuan tagar di tiap postingan. Tools ini menyediakan metrik penting seperti tagar teratas berdasar engagement, aktivitas followers dan juga pesaing.

Keyhole menyediakan fitur pengumpulan dan pencatatan data otomatis. Nantinya, data pilihan kamu akan disusun dalam spreadsheet dan bisa diakses kapan saja.

Tools ini juga punya fitur track web yang akan memberikan informasi mengenai apa yang audience katakan tentang produkmu.

Keyhole juga bisa melacak performa influencer dengan cukup detail dan mengidentifikasi influencer mana yang paling sukses mempromosikan brand kamu.

Tools ini dihargai mulai dari 44 dollar per bulan. Tapi, jika ingin menjajalnya kamu bisa menggunakan versi trial selama 7 hari terlebih dahulu. Tapi fiturnya tidak selengkap versi pro.

6. Hootsuite

Tools Instagram Analytics Terbaik

via Hootsuite

Melalui Hootsuite, kamu bisa mmebuat dasboard khusus yang memungkinkan kamu memantau analitik untuk berbagai sosial media seperti Instagram, FB, dan lainnya.

Kamu juga bisa membuat jadwal posting secara bersamaan lintas platform serta berkolaborasi dengan semua tim promosi sosial media.

Hootsuite menyediakan tools analisa seperti membandingkan metrik dalam periode tertentu, memberikan peringkat komentar berdasar sentimen positif atau negatif, dan lainnya.

Selain itu, Hootsuite juga dapat menghasilkan data yang bisa dikostumisasi dan mempunyai tools sosial sistening dan analisis kompetitif.

Kamu bisa memanfaatkan semua fitur di atas untuk mempelajari data sosial yang dihasilkan untuk produkmu.

Hootsuite bisa kamu beli mulai dari 19 dollar per bulan untuk akun profesional, 99 dollar untuk akun team dan 599 dollar untuk kebutuhan bisnis.  Bagi pengguna baru, tools ini memberikan akses gratis selama 30 hari.

7. Union Metrics

Tools Instagram Analytics Terbaik

via Union Metrics

Meski tidak sepenuhnya gratis, Union Metrics menawarkan fitur pemeriksaan akun Instagram bulanan secara gratis.

Pemeriksaan tersebut akan memberikan sejumlah insight meliputi waktu terbaik untuk posting, rekomendasi konten yang bisa kamu posting, tagar yang menghasilkan engagement tertinggi, dan lainnya.

Tapi, jika ingin mengakses tools analitik premium, kamu diharuskan untuk berlangganan. Tools premium ini meliputi analisa profil, kompetitif, riset, keyword listineng dan campaign report.

Biaya yang harus dibayarkan tergangung dari jumlah akun yang dianalisis. Harganya mulai dari 49 dollar per bulan untuk jenis Social Manager, 99 dollar untuk marketer dan 199 dollar untuk marketing team.

8. HypeAuditor

HypeAuditor

via HypeAuditor

Jika berencana menggunakan jasa Influencer untuk mempromosikan produk di Istagram, tools Instagram analytics ini merupakan pilihan tepat.

Laporan HypeAuditor memberikan analisa kualitas dari audiens influencer, insight dan tingkat engagement. Termasuk lokasi, minat, jenis kelamin dan juga usia.

Metrik tersebut bisa membantu kamu mendapatkan influencer yang tepat sesuai dengan audiens yang kamu targetkan.

Salah satu kekurangan tools ini yakni proses penyajian laporannya cukup lambat. HypeAuditor bisa kamu beli dengan biaya berlangganan mulai dari 299 dollar per bulan untuk jenis akun starter.

9. Minter.io

Minter.io

via Minter.io

Tool analisa Instagram satu ini menghadirkan analitik yang cukup mendalam. Kamu bisa mendapatkan data dari sini untuk menyusun strategi Instagram marketing.

Misalnya, Minter.io akan mengindentifikasi tag terbaik untuk audiens. Identifikasi inilah yang akan memudahkan kamu menentukan tag postingan nantinya.

Tools ini juga akan membantu melacak mention brand kamu dalam dekskripsi postingan atau komentar di media sosial. Kamu pun bisa langsung meresponnya.

Salah satu fitur unggulan tools ini adalah export data ke format XLS, PDF dan pptx. Minter.io juga menyediakan layanan penjadwalan export berbagai metriks dalam waktu yang diinginkan.

Jika laporan sudah selesai, data secara otomatis akan dikirimkan ke email kamu. Biaya berlangganan tools ini cukup murah, mulai dari 9 dollar per bulan untuk jenis akun silver.

Untuk akun gold dibadrol 19 dollar per bulan sementara premium dikenakan biaya berlangganan 39 dollar per bulan. Sebelmunya, kamu bisa menikmati akses free tial terlebih dahulu selama 14 hari.

10. Crowdfire

Crowdfire

via Crowdfire

Crowdfire adalah tools Instagram analytics yang memungkinkan kamu menjadwalkan waktu posting, melacak mention, dan melihat performa tiap postingan.

Tools juga akan mengakurasi konten yang berhubungan dengan bisnis kamu di berbagai media sosial. Selain itu, Crowfide akan mengirimkan rekomendasi artikel dan gambar dari website lain untuk membantu kamu mengembangkan strategi marketing di Instagram.

Tools menyajikan performa dalam rentang waktu yang diinginkan mulai dari kemarin, 7 hari, 30 hari hingga 90 hari. Kamu juga bisa kustomisasi waktunya.

Untuk harganya, mulai dari 7,48 dollar per bulan. Tapi, kamu bisa mencoba mode trialnya terlebih dahulu.

11. Phlanx

phlanx

via phlanx

Phlanx merupakan tools Instagram analytics yang mudah digunakan untuk menganalisa engagement.

Kalkulator engagement pada Phlanx mampu menganalisis tingkat keterlibatan dari setiap akun Instagram. Meskipun tools ini ditujukan untuk influencer, namun akun pribadi atau bisnis juga bisa menggunakannya.

Tingkat engagement dihitung dengan membagi jumlah likes dan komentar yang diterima sebuah post versus jumlah pengikut akun. Alat seperti Phlanx sangat berguna untuk menemukan akun dengan pengikut palsu atau tidak.

Phlanx juga dapat digunakan untuk melacak engagement pesaing selain akun kamu sendiri.

Harganya mulai dari 25 dollar per bulan. Tapi, kamu bisa menikmati masa trial gratis terlebih dahulu.

12. TapInfluence

TapInfluence

via TapInfluence

Aplikasi Instagram analytics ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi influencer media sosial secara langsung.

Platform TapInfluence menganalisis database lebih dari 50.000 influencer untuk membantu merek menemukan kecocokan yang tepat untuk kampanye influencer mereka.

Tools ini dapat mencari berdasarkan industri atau tag tertentu berdasarkan apa yang mereka cari. Platform kemudian memberikan gambaran tentang berbagai influencer, termasuk tarif dan biaya per engagement mereka.

Memiliki semua data ini di satu tempat membantu menghemat banyak waktu saat memeriksa influencer.

TapInfluence juga menyediakan laporan benchmark real-time berdasarkan data industri untuk membantu merek memahami bagaimana kampanye influencer mereka sendiri.

13. Curalate

curalate

via curalate

Semakin besarnya penjualan lewat media sosial melalui konten menandakan perlunya tools analitik Instagram yang memberi informasi tentang produk terlaris.

Contohnya, kamu mungkin pernah melihat tautan “Like2Buy” di bio forever21, bukan? Tautan tersebut, didukung oleh platform Instagram Curalate yang bisa dibeli.

Tag tersebut milik Curalate, sebuah platform yang mengkurasi konten buatan pengguna untuk membantu mereka menjual produk mereka secara langsung dari Instagram.

Tautan dapat dilacak, memungkinkan sebuah brand melacak ROI kampanye sosial mereka. Selain metrik keterlibatan dan penjualan, Curalate juga memantau tag dan sebutan brand.

Platform penjualan sosial khusus seperti Curalate melakukan tugas ganda untuk menentukan konten yang paling berharga sambil menilai pengembalian finansial langsung dari kampanye Instagram.

14. Union Metrics

Union Metrics

via Union Metrics

Union Metrics adalah platform intelijen pemasaran yang kuat yang membantu sebuah brand melacak media dan tren industri yang mereka miliki.

Selain rangkaian fitur lengkap Union Metrics, brand tersebut juga dapat memanfaatkan alat Pemeriksaan Akun Instagram gratis dari platform.

Pemeriksaan tersebut memberikan laporan terperinci termasuk tagar teratas Anda, analisis pengikut yang paling aktif dalam hal like atau komen, dan keterlibatan posting rata-rata.

Apa pun yang membuatnya lebih mudah untuk mengaudit kehadiran media sosial secara gratis adalah nilai tambah.

Seperti tools Instagram analytics gratis Iconosquare, kamu dapat menggunakan Union Metrics untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang analisis akun mereka secara sekilas.

Jika tertarik, kamu bisa berlangganan tools ini mulai dari 49 dollar per bulan. Union Metrics juga menyediakan tools gratis meliputi Twitter Assistant, Snapshot Report dan Instagram Account Checkup.

15. Bitly

bit.ly

instagram/bananarepublic

Seperti yang diilustrasikan oleh Curalate, bio Instagram kamu adalah real estate yang sangat berharga. Melacak tautan bio kamu merupakan hal yang harus dilakukan untuk melihat keberhasilan promosi.

Mengetahui apakah kamu benar mencoba menjual produk atau hanya mengarahkan lalu lintas Instagram ke situs atau toko onlinemu.

Bitly merupakan alat pelacakan tautan yang sudah teruji dan cocok digunakan untuk pemula hingga brand besar.

Tautan Bitly dapat mendorong lalu lintas ke halaman tertentu. Selain URL bio, Bitly juga dapat digunakan untuk melacak tautan yang disertakan dalam kampanye Instagram berbayar.

Penutup

Nah, itulah sejumlah tools analytics Instagram yang bisa kamu gunakan. Pada dasarnya semua tools analitik dibuat untuk memberi instight konten dan profil Instagram. Dengan insight tersebut, kamu bisa mengambil langkah-langkah terbaik untuk menaikkan brand dan penjualan.

Buat kamu yang ingin tahu cara mengubah akun Instagram dari personal ke akun bisnis, kamu bisa membacanya di artikel yang sudah Digitek.id ulas sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *