10 Game Konsol Terbaik 2021

4 bulan lalu, by Digitek

Game Konsol Terbaik 2021

Terlepas PC (game komputer) kerap dijadikan pilihan untuk main video game, namun tak memungkiri banyak dari kita yang masih belum sepenuhnya melupakan video game konsol.

Apalagi kini teknologi game konsol sudah kian canggih seperti teknologi dan spesifikasi PC saat ini. Oh ya satu lagi, sekarang kita masih dalam masa pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai. Dan menurut statista, selama pandemi ini berlangsung penjualan konsol-konsol game lebih laku daripada PC.

Nah bagi kalian yang mungkin di masa pandemi ini, masih belum memiliki konsol untuk menemani masa-masa karantina yang membosankan dan juga, masih bingung ingin membeli game konsol yang mana, langsung saja simak 10 rekomendasi game konsol terbaik 2021 berikut ini.

1. Playstation 4 Pro (Terbaik Secara Keseluruhan, Rp. 5.6 juta)

game konsol 2021

via Digital Trends

Game konsol terbaik 2021 yang bisa dijadikan pilihan pertama adalah Playstation 4 Pro. “Loh apa bedanya dengan Playstation 4 standar / biasa?”.

Tentunya yang terlihat jelas pertama-tama, adalah tampilan desainnya. Memang tampilannya terlihat seperti PS4 standar. Tapi kalau diperhatikan lagi secara seksama, beda banget. PS4 Pro terlihat seperti 2 buah konsol PS4 standar yang ditumpuk jadi satu. Sehingga Pro jauh lebih tinggi dan besar daripada yang standar.

Soesifikasi komputerisasinya pun sangat mumpuni. Prosesor AMD, kecepatan prosesor 2.1 GHz, Hard Drive untuk menyimpan data game dan lainnya berjumlah 1TB atau 500 GB lebih banyak dari PS4 standar. Nah cocok sekali nih yang hobi main dan koleksi game.

Belum cukup sampai disitu, Dual Shock 4 kini memiliki light bar yang nantinya bisa mendetiksi posisi kita ketika sedang main (baca: player 1 atau player 2). Controller-nya pun bisa kita ubah menjadi mode stik kabel atau stik dengan koneksi Bluetooth dengan sangat mudah tanpa ribet.

Tampilan grafis PS4 Pro pun juga jauh lebih cnaggih. Apabila kita memainkan game-nya di TV 4K, tampilannya akan jauh lebih halus dan cemerlang daripada PS4 biasa. Main dengan virtual reality (VR) pun juga jauh lebih asyik dan lebih cepat daripada di PS4 standar.

Kelebihan:

  • Performa konsol dan tampilan grafis sangat mumpuni
  • Output 4K yang keren
  • Banyak pilihan game keren

2. Xbox One S (Terbaik Untuk Hiburan Multimedia, Rp. 11.5 juta)

game konsol 2021

via Gamers Navy

Game konsol terbaik 2021 yang bisa dijadikan pilihan selanjutnya adalah varian hit dari Xbox One ini. Seperti hal-nya dengan PS4 Pro dengan PS4 klasiknya, tentunya Xbox One S memiliki perbedaan signifikan dari Xbox One orisinil.

Dan satu pembeda spesifik yang juga super menguntungkan banget adalah di bagian penyimpanan data / game-nya. Xbox One S memiliki data penyimpanan hingga 2 TB. Sedangkan yang orisinil, hanyalah 500 GB.

Selain itu controller-nya juga memiliki desain yang lebih kokoh sehingga gak akan gampang jatuh. Dan satu lagi fitur kerennya adalah konsolnya mendukung blu-ray game atau film berformat Ultra HD dan bahkan 4K.

Berdasrakan pernyataan terakhir tersebut plus, kamu memang berniat mencari console yang juga bisa sekalian nonton Netflix atau Hulu, dan YouTube, maka wajib banget kalau kamu memilih Xbox One S sebagai pilihan konsolnya.

Karena kamu bisa menyaksikan seluruh layanan tontonan online tersebut dengan format 4K. Dengan seluruh fitur dan kemampuan keren ini, gak heran bukan jika harganya semahal itu?

Kelebihan:

  • Sangat keren dan pas untuk digunakan sebagai perangkat multimedia
  • Penyimpanan data yang jauh lebih banyak
  • Controller yang lebih kokoh

3. Nintendo Switch (Konsol Hybrid Terbaik, Rp. 4.3 juta)

game konsol 2021

via Kompas Tekno

Berikutnya ada game konsol terbaik dan terpopuler 2021 yaitu Nintendo Switch.

Tak heran jika Nintendo Switch begitu populer dan ludes dimana-mana semenjak pandemi COVID-19 berlangsung. Selain harganya semurah itu, juga konsep hybrid konsol dan handheld-nya lah yang menjadi daya tariknya.

Ya siapa yang awalnya terpikirkan kalau kita bisa memainkan game yang sama dengan 2 format berbeda dalam satu atau bahkan berlainan waktu? Selain itu tampilan grafisnya bisa mendukung hingga 720p.

Selain itu tentunya nilai plus dari Switch adalah pustaka game-nya yang rata-rata memiliki segudang judul populer seperti: Super Mario Odyssey, Legend of Zelda: Link’s Awakening, Animal Crossing: New Horizons, dan sebagainya.

Intinya apabila ingin memiliki experience main konsol game yang unik, fleksibel, dan bisa dimainkan oleh seluruh keluarga juga, maka Switch bisa dijadikan pilihan.

Kelebihan:

  • Desain hybrid yang sangat keren
  • Pustaka game hit
  • Asyik dimainkan seluruh keluarga

4. Nintendo Switch Lite (Handheld Terbaik Saat Ini, Rp. 2.8 juta)

via CNN

Sebelum keliru, perlu kami tegaskan kalau Nintendo Switch Lite, berbeda banget dengan Nintendo Switch biasa. Spesifiknya, Lite hanya berformat handheld. Jadi ya seperti PSP atau PS Vita.

Walau berformat handheld, namun jangan salah! Suguhan tampilan grafis yang ditampilkan tetap 720p seperti tampilan grafis standar Nintendo Switch biasa. Oh ya, ukuran handheld ini juga jauh lebih ringan dan kecil. Sehingga apabila kamu adalah yang memiliki ukuran tangan kecil, kamu akan nyaman banget.

Controller-nya pun standar seperti kontrol di PS Vita atau handheld lain pada umumnya. Untuk penyimpanan data, selain bisa menambahkan memori eksternal, memori internal Lite juga super mumpuni alias, 32 GB.

Kitapun juga bisa memainkan game yang dirilis untuk console Nintendo Switch biasa ASAL game-nya memang memiliki tanda kompatibel untuk bisa dimainkan di format handheld.

Kelebihan:

  • Lebih ringan dan enteng
  • Portabel dan gampang digunakan
  • Cocok bagi pecintan handheld
  • Memori internal
  • Bisa memainkan game konsol Switch

5. Asus ROG Phone 2 (Terbaik Untuk Game Android, Rp. 23 juta)

via Tek.id

Smartphone yang juga sekaligus konsol game? Asus Rog Phone 2 jawabannya. Dan tidak heran karena spesifikasi prosesor telepon pintar ini memang merupakan prosesor untuk nge-game juga.

Spesifiknya telepon ini menggunakan prosesor Octa-core Qualcomm Snapdragon 855 Plus dengan daya prosesornya yang mencapai 3 GHz. Dengan kapasitas ini, tak heran jikan device ini bisa memainkan game yang tingkat console medium.

Selain itu kapitas RAM nya mencapai 12 GB dengan tipe RAM-nya, LPDDR4X. Dengan tipe dan kapasitasnya ini, dijamin proses respon game-nya akan jauh lebih kebut. Daya penyimpanan datanya pun tidak main-main, 1 TB

Smartphone-console ini juga bisa menampilkan game hingga 120 FPS untuk game-game klasik handphone seperti contohnya, Minecraft dan Temple Run 2. Lalu melihat spesifikasinya yang keren ini, bagaimana dengan daya baterainya?

Oh tenang saja. Asus ROG Phone 2 menggunakan baterai jenis 6000 mAh, sehingga kamu bisa 2 hari main tanpa perlu melakukan charge sama sekali. Dan device ini juga meniliki casing yang bersifat aero durable.

Maksudnya disini, pembuangan panas dari kerja komputernya bisa terbuang dengan baik dan aman tanpa perlu khawatir, merusak seluruh device-nya. Dengan seluruh fitur keren ini, tak heran jika harganya lumayan menguras kantong.

Kelebihan:

  • Kecil-kecil “cabe rawit”
  • RAM besar
  • Penyimpanan memori besar
  • Hemat baterai
  • Cocok bagi pecinta mobile gaming

 6. Xbox One X (“Pecandu” Game, Rp. 6.8 juta)

via Attack of The Fanboy

Ya kalau dipikir mengejutkan banget harga Xbox One X justru jauh lebih murah dari Xbox One S yang dijelaskan di poin sebelumnya. Mungkin hal ini dikarenakan fakta bahwa X, kini sudah berhenti produksi sedangkan One S, masih terus produksi hingga sekarang.

Tapi terlepas bagaimanapun alasannya, justru harga murah ini sangat menguntungkan bagi kita-kita yang kerjanya main game terus setiap hari. Mengapa X masih diunggulkan ketimbang S terlepas sudah berhenti produksi di tahun 2020?

Jawabannya adalah spesifikasi CPU dan GPU nya yang sangat mumpuni. Spesifiknya, prosesor Xbox One X memiliki 8-core CPU yang memiliki daya hingga 2.3 GHz, 12 GB, GDDR5 RAM, 6 Teraflop  GPU.

Apabila kamu mungkin masih awam dengan spesifikasi komputer, intinya spesifikasi tersebut tergolong sangatlah luar biasa bagi ukuran sebuah game konsol. Terlebih spesifikasi ini memungkinkan Xbox One X untuk memainkan game ber-grafis 4K.

Dan setianya, agar bisa mendapatkan pengalaman main game 4K-nya secara maksimal, ada baiknya kita memainkannya di layar yang mendukung 4K HDR. Jadi kalau kamu memang yang “gila gaming” dan ingin betah main terus, lebih baik beli Xbox One seri X ini deh.

Kelebihan:

  • Spesifikasi CPU & GPU yang sangat mumpuni
  • Bisa memainkan game kualitas 4K
  • Selain 4K, resolusi 1080 pun juga terlihat keren banget

 7. Playstation 4 Slim (Console Starter Yang Mumpuni, Rp. 5.2 juta)

via Clalit.Expoar

Apabila kamu adalah salah satu yang masih belum memiliki ide atau kepastian untuk membeli console yang seperti bagaimana tapi kepinginnya yang penting PS4 yang keren, maka Playstation 4 slim adalah jawabannya.

Selain lebih kecil tampilannya, game konsol terbaik 2021 juga memiliki fitur performa yang setara dengan PS4 Pro. Salah fitur setara kerennya adalah konsolnya memiliki frame rate 30FPS dan juga resolusi gaming hingga 1080p.

Dan sekali lagi, kalau mengingat nama dan karakteristiknya yang “slim”, tentunya spesifikasi ini sudah jauh lebih dari mewah. Kelebihan lainnya lagi adalah daripada Pro, Slim, jauh lebih hemat energinya dari yang pro, spesifiknya lagi penghematan energinya adalah 28% lebih hemat dari PS4 pro.

Juga bagi kamu yang ingin main online, kualitas layanan jaringan PS4 Slim, sama cepatnya dengan milik PS4 Pro. Maklumlah, layanan streaming dan online lainnya memang banyak banget tersedia di varian PS4 ini. Pokoknya PS4 Slim adalah versi “murah meriah” dari PS4 Pro.

Kelebihan:

  • Harga lebih murah
  • Memiliki fitur sama seperti PS4 Pro
  • Hemat energi
  • Jaringan online yang oke

 8. SNES Classic (Console Retro Terbaik, Rp. 3.4 juta)

via Dailysocial

Terlepas kian banyaknya console moderen, namun faktanya banyak juga game yang masih suka atau setia dengan console jadul.

Dan untunglah dalam beberapa tahun terakhir kita melihat kemunculan atau “kebangkitan” dari console-console jadul ini. Namun dari semua console mini jadul yang ada, tak dipungkiri adalah SNES Classic yang oke dan kami rekomendasikan.

Selain memiliki keseluruhan tampilan desain yang sukses membuat nostalgia, juga controller / joystick SNES sangat terasa nyaman di kedua tangan. Bahkan kita bisa menyambungkan joystick SNES ini ke console Nintendo Wii atau Wii U kita melalui koneksi WiiMote.

Dan masih berhubungan dengan stik-nya, ketika kita membeli konsol game ini, kita sudah langsung diberikan sepasang. Jadi tidak usah lagi beli secara terpisah. Untuk urusan game, tenang saja, di dalam si kecil bandel ini, sudah langsung disediakan 20 game yang bisa dipilih.

Beberapa diantaranya adalah nomor klasik seperti: Star Fox, Super Meteroid, Legend of Zelda: A Link to the Past, Final Fantasy III, dan Super Mario World.

Kelebihan:

  • Langsung diberi 2 joystick
  • 20 games di dalam console
  • Nostalgia di masa pandemi

9. Google Stadia (Console Online dan Platform Streaming Terbaik, Rp. 999.000)

via Medcom.id

Sebelum melanjutkan, ditegaskan dulu sekali lagi kalau Google Stadia, BUKAN game konsol dari Google. Melainkan Google Stadia adalah platform streaming game yang berbasis cloud.

Oleh karenanya, tak heran jika yang dijual adalah controller-nya dan beberapa pelengkapnya saja. Karena nanti cara mainnya adalah dengan kita menyambungkan controller ke PC atau tab atau smartphone kita. Dan tentunya, kita juga sudah terdaftar sebagai pelanggan (punya akun Stadia). Oh ya satu lagi, koneksi internet stabil.

Tapi masalahnya sejauh ini, Google Stadia belum dijual secara resmi oleh pihak Google di Indonesia. Kalaupun ada seperti di Tokopedia dimana salah satu penjual (seller) menjualnya dengan harga 999.000, maka Google Stadia nya adalah berstatus pre-owned atau sudah dipakai serta dibeli dan dijual secara tidak resmi / individual.

Jadi kalau memang ingin menunggu yang resmi, ya kita harus masih menunggu. Tapi kalau sudah tidak sabar, ya silahkan saja langsung membeli yang berstatus pre-owned tersebut. Intinya sih kalau nanti sudah punya, game konsol ini bisa menjadi pilihan asyik dan terbaik bagi kita yang suka main melalui platform online dan streaming.

Kelebihan:

  • Kualitas terbaik (jika internet super cepat lagi stabil)
  • Bisa dimainkan dimanapun (selama ada layar penayang)
  • Kualitas streaming hingga 4K HDR
  • Pergantian antara layar PC dan ponsel sangat mulus

10. Apple iPad Pro 11 (Perangkat Main Game iOS Terbaik, Rp. 12.6 juta)

via Carisinyal

Apabila kamu adalah yang lebih suka main game berbasis mobile gaming, maka Apple iPad Pro 11 adalah jawabannya.

Tampilan layar retinanya adalah sebesar 11 inci dan, bisa menyediakan tingkatan visual piksel yang lebih mumpuni daripada visual piksel berbasis LCD. Dengan kata lain, membuat tampilan grafis game-nya jauh lebih halus dan gokil lagi.

Fitur ProMotion dan True Tone, bisa menampilkan variasi warnanya dengan sangat keren. Bionic Chip A12Z di dalamnya memiliki kapabilitas pemrosesan yang sudah octa-core. Sehingga, waktu loading, gameplay dan semuanya sangat cepat.

Dengan fakta tersebut, apabila kamu ingin main Fortnite, dijamin akan lancar banget. Urusan daya baterai? Tenang saja. Karena daya baterainya bisa sampai 10 jam sebelum akhirnya kita men-charge-nya lagi.

Apple iPad Pro 11 juga memiliki 4 speaker dan 5 mikrofon berkualitas studio yang dijamin membuat experience bermain dan chat dengan pemain lain kian lebih keren. Pokoknya harga sesuai banget dengan kualitasnya.

Kelebihan:

  • Tablet dan game konsol
  • Daya baterai yang lumayan lama
  • LCD yang membuat tampilan lebih ciamik
  • Prosesor yang  mumpuni untuk sebuah gaming device.

Itulah tadi 10 game konsol terbaik 2021 nya. Semoga bisa membuat kalian terinspirasi dan terus semangat di masa pandemi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *