Jangan Sampai Tertipu! Tips Memilih HP Bekas 2020!

1 minggu lalu, by DigiTek ID

Tips memilih HP bekas

Kayak gini nih cara cek HP bekas biar nggak salah pilih ya!

HP bekas emang salah satu alternatif buat mendapatkan spesifikasi yang bagus dengan harga yang jauh lebih murah.

Kebanyakan HP kayak Samsung, Vivo, Oppo sampai HP dengan kualitas kamera terbaik masih jadi sasaran pembeli meski udah second.

Sayangnya, kamu bakal menyesal seumur hidup kalau sampai salah pilih!

So, ini nih trik cek kondisi HP bekas untuk melihat apakah HP itu masih bagus atau nggak!

Cara Cek Kualitas HP Bekas Update 2020

Faktanya, cek HP bekas nggak cuman masalah fisik HP yang masih bagus aja. Kamu harus meneliti performa dalam nya juga, kayak segel, spesifikasi dan hal lainnya.

Cara Cek HP Bekas Eksternal

1. Cek Bodi HP

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 – Body HP – Photo via bukalapak.com

Satu hal yang paling mudah dilihat dan dievaluasi dari HP bekas adalah casing atau body HP itu. Meski begitu, meneliti HP dari casing nya juga nggak mudah loh!

Kamu harus perhatikan baik-baik semua sisi body HP. Lihat dan raba dengan bener-bener teliti tiap sisi dan sudut HP itu. Pastikan nggak ada yang cacat, entah itu cacat gara-gara jatuh atau goresan ya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat penuruhan kualitas body dan warna dengan mudah. Kalau emang udah terjadi penurunan drastis dari warna nya, cari aja HP lainnya ya.

Jangan lupa juga! Lakukan pengecekan secara berkala di bagian port SIM Card dan SD Card. Pastikan nggak ada bekas bercak air, karat yang tersisa, atau bahkan keadaan slot yang udah bengkok.

Saran kita sih, pilih aja yang warna nya masih wow! Dengan begitu, HP yang kamu beli itu bakal kelihatan kayak HP baru.

2. Kelengkapan Fitur HP

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Kelengkapan Fitur HP

Kalau beli HP baru, kamu bakal dikasih banyak banget fitur-fitur pendukung kan? Kayak Charger, kartu garansi, headset, bahkan game pad. Nah, sebelum beli HP second, pastikan kamu tau semua fitur bawaan HP baru itu ya.

Jangan sampai berani beli HP dengan keadaan loose pack atau HP tanpa box ya. Soalnya, kebanyakan HP tanpa box itu biasanya adalah HP curian dan nggak terpercaya.

Selain itu, pastikan ada kotak resmi HP yang mau kamu beli.

3. Keutuhan Segel HP Bekas

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Segel HP

Segel Hp juga punya indikasi penting dalam menentukan HP yang mau kamu beli ya. Sayangnya, ada yang masih bingung tentang jenis segel HP yang harus diperhatikan.

Fokus segel HP disini adalah segel HP yang ada di spesifikasi atau body HP. Segel ini bisa kamu temukan di spot-spot untuk membongkar HP saat mau dilakukan service. Kalau dilihat udah ada cap atau segel dari counter tertentu, artinya HP itu udah pernah bermasalah.

Kalau nggak ada sama sekali segel dari counter, bisa dipastikan kalau HP itu masih bagus dan nggak pernah ada masalah sebelumnya.

Cara Cek Internal HP Bekas 2020

4. Spesifikasi Lengkap HP

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Spesifikasi HP

Sebenernya sih ini nggak terlalu urgent. Soalnya, kebanyakan HP yang ditunjukkan pasti sama kayak spesifikasi yang ada di deskripsi.

Dengan adanya desas-desus tentang HP palsu di pasaran, tentu kamu harus cek lebih lanjut tentang spesifikasi HP itu ya.

Jadi, kamu wajib melakukan pengecekan ulang biar bener-bener tau perangkat-perangkat yang ditanam dan kesesuaian dengan area jual di Indonesia atau nggak.

Kalau semua udah oke, baru kamu bisa menentukan keputusan untuk beli HP itu atau cari HP yang lebih bagus!

5. Cek Nomor IMEI yang Terdaftar

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 – IMEI HP – Photo via finansialku.com

Orang Indonesia sih nggak terlalu sering perhatian sama element HP satu ini. Padahal, IMEI adalah salah satu aspek yang penting buat dilihat.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor resmi dan unik yang biasanya dipakai buat mengidentifikasi surat dan keresmian HP yang dijual.

Penggunaan IMEI juga udah diintegrasikan dengan fitur penting lainnya kayak signal 3GPP dan IDEN. Kedua fitur signal ini punya fungsi penting buat menyambungkan HP ke satelit.

Kamu pasti udah tau banget apa itu fungsi signal ke satelit. Yups, dengan akses ke satelit ini, HP kamu bisa dipakai buat kirim SMS, mengakses internet, menyalakan radio dan kebutuhan lainnya via SIM Card yang kamu beli.

Artinya, kalau sampai HP itu nggak ada nomor IMEI nya, udah bisa dipastikan kalau HP itu adalah barang gelap. Soalnya, IMEI lah yang menjamin keaslian HP yang mau kamu beli.

6. Keutuhan Fitur dan Fungsi Fitur

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Rear Camera

Kita tanya deh, apa sih tujuan kamu beli HP second? Padahal, ada banyak banget opsi HP dengan spesifikasi bagus di bawah 2 jutaan loh!

Kita yakin banget deh kalau tujuan kamu nggak lain adalah mendapatkan fitur terbaik dengan harga yang jauh lebih murah.

Itulah kenapa kamu berharap banget fitur HP itu masih bener-bener lengkap dengan fungsi yang masih berjalan dengan baik.

Dari pengalaman kita sih, ada beberapa pembeli HP bekas yang mengaku kalau terdapat kerusakan di beberapa bagian penting, entah itu fitur unggulan atau fitur pendukung nya.

Jadi, jangan sampai pilih HP bekas yang fitur utamanya bermasalah ya.

Contoh aja, fitur pop-up rear Camera yang dimiliki HP Oppo F11 Pro bakal merugikan banget buat kamu sebagai pembeli kalau fitur itu rusak.

Sebaliknya, bukan masalah besar kalau flashlight HP itu rusak. Soalnya, kamu bisa pakai fitur lain kayak cahaya eksternal dan Night Mode sebagai pengganti flashlight yang rusak.

7. Keaslian HP

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 – HP Asli vs Fake – Photo via kompas.com

Satu hal yang paling bisa menipu pembeli HP adalah keaslian HP. Soalnya, ada banyak banget kasus yang melaporkan adanya HP palsu.

Contoh terbaru ini adalah HP iPhone yang sebenarnya adalah Evercoss. Rugi banget kan?

Terus, gimana cara biar bisa mendeteksi keaslian HP?

Gampang banget kok sebenernya. Kamu bisa melihat dan mendeteksinya dari OS atau ROM yang ada di HP, entah itu iOS atau Android.

Selain itu, kamu juga bisa melihatnya dari tipe-tiep ikon, UX, dan UI yang jadi ciri khas unik dari masing-masing HP, iOS atau pun Android.

Dengan begini, kamu nggak bakal tertiipu dengan modus penipuan HP saat ini. Selain itu, apa yang kamu harapkan juga bisa kamu nikmati sesuai ekspektasi.

8. Testing Signal HP

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Tes Signal

Hal utama yang harus kamu perhatikan waktu beli HP bekas nggak lain adalah signal nya. Kerusakan elemen lain sih masih bisa ditoleransi dan ada gantinya. Tapi apa jadinya kalau signal nya rusak?

Soalnya, driver signal inilah yang menjadi pintu utama untuk komunikasi sebagai tugas utama sebuah HP.

Jadi, kamu harus memastikan signal yang diterima di HP kamu sama persis kayak yang terdaftar di IMEI tadi. Biasanya sih ada daftarnya kayak HSDPA, 3G, 4G dan bahkan 5G.

Sekedar info aja, provider pertama di Indonesia yang menyediakan teknologi 5G ini nggak lain adalah Telkomsel yang barusan kemarin melakukan ujicoba di kawasan Sumatra.

Kalau emang udah bisa dan support 5G, tentunya adalah keuntungan tersendiri buat kamu. Faktanya, masih ada beberapa HP aja yang support teknologi signal 5G ini.

9. Lakukan Pengecekan Garansi HP

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Garansi HP

Perlu kamu tau, nggak semua HP second itu lama loh! Soalnya, ada banyak banget user HP yang hobby nya tuh ganti-ganti HP. Jadi, HP yang dirilis di baru-baru ini pun juga bisa bernasib sama, yaitu jadi barang second.

Jadi, saran kita sih, selalu tanyakan info tentang garansi HP yang bersangkutan ke penjual. Bisa jadi, HP itu masih dalam masa garansi.

Nggak cuman itu aja, garansi biasanya juga bisa di-kadalin. Ada banyak banget counter-counter HP yang berani kasih kartu selipan garansi abal-abal yang nggak bisa di-klaim dengan mudah.

Jadinya, garansi itu bukannya memudahkan klaim HP, justru tambah menyulitkan.

10. Harga Pasaran HP Real-time

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Harga Pasaran

Kembali ke tujuan awal, harga pasaran HP adalah kebutuhan utama yang harus diteliti saat kamu mau beli HP bekas. Pastikan harga yang kamu pilih adalah harga real-time.

Dalam hal ini, harga HP pasaran sewajarnya di bawah harga pasaran HP baru itu. Jadi, harus kamu sesuaikan dengan harga pasaran HP bekas, bukan HP baru.

Teliti dulu merek, brand, tipe, sampai spesifikasi HP yang mau kamu beli. Terus, baru tentukan harga yang pas menurut data yang kamu dapatkan tadi.

Soalnya, penawaran pertama HP second tentu tinggi banget waktu kamu beli di counter atau marketplace. Dengan data yang udah kamu kumpulkan tadi, harapannya sih kamu bisa menentukan harga yang pas, dengan bukti yang cukup kuat.

Saran kita sih, usahakan buat pilih HP yang berkualitas, meski barang bekas. Selain itu, kalkulasi juga kemungkinan buruk tentang kerusakan yang mungkin bakal terjadi sebagai masukan dari jumlah harga beli.

Aplikasi Cek Kondisi HP

Kalau emang kesulitan banget buat cek kondisi HP secara manual, saran kita sih pakai aja aplikasi cek kondisi HP di Android. Sebenernya, ada banyak banget aplikasi yang bisa dipakai buat cek HP.

Tapi disini, kita bakal pakai aplikasi Phone Doctor Plus ya.

Cara cek kondisi HP second pakai aplikasi Phone Doctor Plus ini mudah banget kok:

Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Menu Checklist

  • Lakukan semua testing, mulai dari Outer Hardware, Inner Hardware, Sensor, sampai Connection > tiap-tiap kategori tadi punya sub-kategori tertentu ya.
Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Status Device

  • Perhatikan tanda yang muncul:
    • Centang Hijau => performa fitur yang kamu cek masih bagus
    • Tanda Seru Oranye => ada performa yang kurang maksimal waktu dilakukan testing
    • Tanda Silang Merah => performa fitur yang dicek nggak lolos cek
  • Kalau emang ada kategori yang nggak lolos, coba deh lakukan checking lagi > Mungkin aja sih kamu salah ikutin tahapan tes nya
  • Betulkan fitur itu sebelum kamu finish scanning ya
Cara Memilih HP Bekas Update 2020

Cara Memilih HP Bekas Update 2020 ~ Hasil Cek

Daftar Aplikasi Cek HP Bekas

Selain Phone Doctor Plus, kamu juga bisa pilih beberapa opsi aplikasi buat ngecek HP second. Nggak kalah keren hasilnya dengan aplikasi Phone Doctor Plus, aplikasi-aplikasi ini menyajikan data hasil pengecekan secara keseluruhan:

  • Phone Tester [aplikasi khusus buat ngecek hardware atau perangkat lunak]
  • AnTuTu Tester [aplikasi testing HP keseluruhan, baik hardware dan software]
  • Sensor Box [aplikasi khusus buat ngecek fitur sensor yang ada di HP]
  • Geekbench 5 [aplikasi testing khusus untuk mendapat data tentang memory, status RAM, ROM, sampai performa GPU]
  • Z-Device Test [aplikasi lengkap untuk mengecek semua performa yang ada di HP second yang kamu pilih]
  • AIDA64 [aplikasi system diagnostics utility yang digunakan buat melakukan checking semua hardware dan software]

Kesimpulan

Gimana nih?

Emang sih cari HP second atau bekas tuh gampang-gampang susah. Kalau pas kebetulan dapat barang yang oke sih enak. Jadi, step-step ini emang bener-bener perlu banget kamu lakukan.

Lebih baik mencegah kan daripada merugi? Apalagi, kamu nggak usah punya skill khusus dalam melakukan checking HP second ini. Cukup pakai aplikasi yang tersedia di Play Store aja, semuanya beres!

So, mungkin segini aja ya sharing kita tentang tips memilih HP second ini. Jangan sampai ketinggalan info seru dan update yang kita tulis tiap hari buat kamu!

Cuman di Digitek.id, semua info update tentang games, tips & tricks, gadget, HP, laptop, games, dan review film terbaru bisa kamu dapatkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *