eSport Bikin Cepet Kaya? Ini 10 Tips Jitu Menjadi Atlet eSport Profesional

By digitek

Pengen jadi atlet eSport profesional tapi nggak tau harus mulai dari mana?

Memang sih, profesi buat jadi gamer profesional lagi bener-bener rame banget di tahun ini. Nggak bisa dipungkiri kalau tren ini bakal makin berkembang sejalan sama dunia game yang makin pesat perkembangannya.

Untuk ikut menekuni dunia eSport profesional memang menggiurkan banget. Mulai dari kerjanya yang cuma bermain game sampai dengan total hadiahnya yang bisa mencapai nilai miliaran dan bahkan triliunan untuk tingkat internasional.

Dengan bukti semakin megahnya perhelatan juga hadiah dari sebuah tournamen eSport seperti Major League Gaming milik CS:GO dan juga The international milik Dota2 membuat atlet eSport profesional dianggap layaknya atlet-atlet olahraga lainnya.

Di Indonesia sendiri, eSport sudah dianggap serius bahkan oleh instansi pemerintah. Bukti keseriusan pemerintah bisa di lihat dengan dibentuknya organisasi khusus yang dinamakan IeSPA yang ditugaskan untuk mengakomodir kebutuhan eSport di Indonesia.

Balik lagi ke masalah kamu yang tadi, “terus buat bisa jadi atlet eSport profesional harus mulaiu dari mana?”

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang “basic” banget dari orang-orang yang baru mau memulai jadi atlet eSport.

10 Tips jitu menjadi atlet eSport profesional

Jadi buat ngejawab pertanyaan kamu, disini mimin bakal kasi 10 tips jitu jadi atlet eSport profesional yang bisa kamu coba versi digitek.id.

Tanpa basa basi, yuk liat kra-kira tips apa aja yang kamu perlukan supaya bisa jadi atlet eSport profesional.

1. Pilih Game Favorit

Tips menjadi atlet eSport profesional yang pertama dan paling penting buat kamu adalah tentukan kira-kira jenis game apa yang akan kamu tekuni.

cara mudah jadi esport player

Pilih Game eSport kamu

Untuk jenis game yang bisa kamu pilih bisa bermacam-macam, mulai dari MOBA, FPS, Fighting, Sport atau yang lainnya.

Saran dari kita sih, fokuskan skill dan kemampuan kamu pada satu atau maksimal 2 jenis game. Kenapa? Karena ahli dalam satu jenis game lebih baik ketimbang cuma sekedar bisa bermain macam-macam jenis game.

Satu lagi yang penting, memilih game yang Free-to-Play seperti Dota2 mungkin akan membuat kamu punya lebih banyak kompetitor dibanding dengan game berbayar seperti PUBG atau CS:GO.

Untuk bisa memainkan game seperti PUBG, Dota2, CS:GO dan yang lainnya bisa kamu download disini.

Baca juga 10 game online gratis 2019.

2. Fokus Latihan Game eSport

Pernah dengar istilah “practice makes perfect”?

cara mudah jadi pemain esport pro

Berlatih eSport game

Jika iya maka sekarang waktunya kamu menerapkan pribahasa itu.

Karena kamu sudah berikrar buat jadi atlet eSport profesional, maka kamu harus mulai buat merubah sikap kamu mulai detik ini.

Sama dengan atpet-atlet olahraga yang lain, kamu juga harus benar-benar rutin dan sungguh -sungguh dalam berlatih untuk bisa mencapai level profesional.

Kalau kamu pengen jadi pemain eSport profesional, kamu harus punya jam terbang yang tinggidan punya pengetahuan tentang seluk beluk dari game yang mau kamu kuasai.

Selain mempunyai jam terbang yang tinggi, kamu juga harus bisa mempelajari berbagai taktik yang bisa kamu gunakan dalam game yang ingin kamu kuasai itu.

Oleh karena itu, sekali lagi kita tekankan kalau latihan yang kamu lakukan harus rutin dan stabil.

3. Jaga Pola Hidup yang sehat

Jadi atlet eSport bukan berarti pola hidup sehat nggak terlalu penting.

Tips memulai jadi pro player

Olahraga Teratur

Jangan cuma karena kamu hanya duduk di depan laptop dan bermain selama 24 jam berarti kegiatan fisik tidak penting.

Malah sebagai seorang atlet eSport mulai dari jam istirahat, makanan, sampai pola olahraganya sangat di perhatikan lho.

Soalnya, istirahat yang cukup adalah salah satu kunci agar atlet bisa tetap mempertahankan stamina dan kondisi tubuhnya.

Semuanya itu bisa sangat berdampak pada performa kamu sebagai atlet dalam pertandingan.

Saran dari kita, kalau perlu buat jadwal buat kegiatan, mulai aja dari jadwal latihan, waktu untuk olahraga, istirahat dan yang lainnya.

4. Tetap Termotivasi

Tips menjadi atlet eSport profesional berikutnya adalah tetap menjaga motivasi.

Ada waktu dimana kamu akan sangat susah dalam meningkatkan skill kamu di dalam game yang kamu tekuni.

Tips memulai jadi pemain eSport pro

Tetap Semangat

Disinilah mental kamu akan diuji, jangan sampai kamu menyerah dan merasa gagal. Tetapkan motifasi supoaya kamu bisa segera bangkit lagi. Keinginan menang kejuaraan, punya banyak uang, atau menjadi atlet eSport terbaik bisa jadi motivasi yang sangat besar dan bisa kamu gunakan.

Buat kamu yang masih kesusahan buat mempertahankam motivasinya, mimin sarankan buat menonto film pendek yang berjudul free to play supaya kamu bisa mendapat inspirasi dari bagaimana para pemain pro Dota2 seperti Dendi, Fear dan Hyhy menjaga diri mereka supaya tetap termotivasi.

5. Gabung di komunitas eSport

Oke, udah merasa percaya diri karena mulai menguasai permainan? Kalau iya, berarti sudah waktunya kamu coba untuk bergabung di komunitas-komunitas game yang kamu tekuni.

komunitas game IeSpa

Komunitas Game

Buat kamu yang bingung gimana cara bergabung eSport, Kamu bisa mencoba untuk mencari komunitas itu di forum-forum seperti reddit dan forum-forum lainnya.

Dengan begitu selain kamu bisa berkenalan dengan berbagai macam orang, kamu juga bisa mendapat info terbaru, tips-tips dan trik dalam memainkan game tang ingin kamu kuasai dengan lebih efektif.

6. Belajar dari para profesional

Kalau kamu masih belum bergabung di team atau komunitas tertentu, mudahnya kamu bisa mencoba menonton pertandingan dari para pemain pro lewat siaran langsung di YouTube ataupun Twitch untuk memperhatikan gaya bermain dari para pemainyang sudah pro.

Tips menjadi pemain eSport pro

Lihat cara main pro

Dengan nonton pertandingan tersebut banyak hal yang bisa kamu dapat. Anggap aja itu kursus gratis dari para pemain veteran yang bisa kamu ambil benefitnya untuk kamu pakai nantinya.

7. Siapkan perlengkapan kamu

Biarpun banyak orang yang bilang kalau dalam main game, yang paling penting itu skill dan bukan peralatannya.

Tips dan trik menjadi pemain eSport pro

Device Gaming Terbaik

Sadar atau nggak, pola pikir yang kayak gitu itu yang buat kamu nggak bisa berkembang. Bagaimanapun perlengkapan yang bagus tentu bakal ngedukung performa kamu saat bermain game. Kualitas mouse, mousepad, headset, dan keyboard penting banget sebagai sarana pendukung yang bantu banget permainan kamu.

Nggak harus membeli yang paling mahal kok, cukup cari yang terbaik yang sesuai dengan budget kamu. Sedikit saran dari kita, sebelum membeli perlengkapan gaming kamu, cobalah untuk melihat review dan carilah referensi terlebih dahulu. Kalau memang mungkin, cobalah untuk langsung ke toko perlengkapan laptop dan coba mana yang sekiranya cocok dengan gaya bermain kamu.

Baca juga 10 Mouse Gaming Paling Recomended.

8. Bentuk Team ESport

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, makan selanjutnya yang harus kamu lakukan adala mencoba membentuk atau mencari team.

Setelah semua usaha sudah kamu lakukan, kamu akan mendapat reputasi dalam suatu game, sebagai contoh berupa poin MMR untuk game Dota2 dan ranking untuk CS:GO.

Cara cepat jadi pemain eSport pro

Team eSport

Coba cari refrensi daftar team eSport indonesia dan kira-kira persyaratan apa aja yang diperlukan buat debut profesional di game yang kamu tekuni. Kalau perlu cari open recruitment eSport indonesia di berbagai forum dan situs.

Dengan begitu kamu sekarang bisa memulai langkah profesional kamu ke tingkat yang lebih jauh dengan masuk ke sebuah team. Kamu bisa juga membentuk sendiri team kamu dengan anggota teman-teman kamu yang kamu percaya. Atau kalau memangkamu udah hebat banget, kamu nggak perlu ribet-ribet nyari team, tunggu aja sebentar, nanti juga team profesional bakal ngundang kamu buat ikut team mereka.

9. Ikut Turnamen Lokal

Kalau kamu udah ketemu anggota team yang cocok dan bisa main bareng dengan maksimal, coba mulai ikut berpartisipasi di berbagai turnamen lokal.

Strategi menang game eSport

Ikut Turnamen

Nggak perlu muluk muluk, kalau memang nggak ada yang tingkat kabupaten, coba aja turnamen yang diselenggarakan sama warnet-warnet atau pihak lainnya.

Tujuannya disini adalah selain untuk menguji team kamu, juga buat membangu reputasi dari team.

10. Manajer dan Sponsor

Ketika team kamu udah bisa masuk ke lingkaran eSport indonesia seperti Rex Regum, dll, maka kamu butuh sponsor dan juga manajer sebagai tulang punggung dari team kamu.

eSport Sponsor

Perlu kamu ingat kalau sponsor dan juga manajer adalah 2 hal yang sangat penting yang mendukung karir eSport kamu.

Sponsor ebagai pihak yang menyediakan beragam perlengkapan untuk team kamu. dan manajer sebagai orang yang mengatur mulai dari jadwal team kamu, melakukan promosi, penengah konflik internal tam kamu, dan masalah yang lain.

Jadi penting buat kamu dan juga tea untuk bia memilih orang yang tepat untuk jadi manajer kamu.

Kesimpulan

Ternyata, jadi atlet pro eSport itu nggak sulit. Kamu cukup ikutin 10 langkah ini aja, uang dari turnamen manapun udah bisa kamu raup hasilnya.

Ditambang lagi, kamu nggak perlu habiskan banyak waktu dan tenaga di dalam eSport. Jadi, eSport ini pas banget buat kamu yang mau jadi pemain pro.

Masih ada banyak lagi trik yang mau kita kasih ke kamu. So, jangan lupa buat selalu kepo info terbaru dari kita ya. Be a good gamer!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.