Tips Membuat Caption Instagram Keren Abis! Langsung Banjir Followers!

12 bulan lalu, by DigiTek ID

Tips membuat caption instagram yang keren

Siapa nih yang masih suka mengira kalau caption Instagram keren itu nggak penting-penting banget?

Kayaknya, mulai sekarang kamu harus mengubah mindset itu deh. Faktanya, meski sebagus apapun konten yang kamu share, kalau caption nggak mendukung, ya percuma juga.

Asalkan kamu tau, caption Instagram punya fungsi yang penting banget. Mulai dari edukasi, bikin penasaran, sampai bikin calon customer tertarik dengan produk kamu.

Terus pertanyaannya, gimana cara bikin caption Instagram keren?

Faktanya, kita udah coba beberapa tips dari sumber yang berbeda. Tapi, cuman ada trik yang benar-benar berhasil! Dan kita bakal share sama kamu sekarang!

Tips Membuat Caption Instagram Keren

Caption Instagram keren itu nggak cuman bahasa yang kekinian aja. Kamu butuh pengetahuan komplit tentang tips ini sehingga apa yang kamu tulis bisa menancap dalam hati si pembaca.

1. Buat Draft

Cara pertama biar caption Instagram kamu keren adalah bikin aja beberapa draft dulu. Setelah itu, pilih mana yang paling bagus.

Kadang-kadang sih, kalau kita udah publish post dan dilihat orang, kita baru sadar kalau ada caption yang lebih bagus. Padahal kalau diganti, justru bakal bikin pertanyaan buat para viewers dan followers kamu.

Apalagi kalau Instagram itu buat bisnis. Caption itu punya pengaruh buat menarik perhatian calon customer. Jadi kalau belum maksimal, mending jangan di-publish dulu deh ya.

2. Posisi Penekanan

Maksudnya gimana sih?

Biasanya kalau nulis caption, kita otomatis langsung nulis mengalir kayak air gitu aja kan ya. Tanpa mempertimbangkan mana bagian yang paling penting dulu.

Faktanya, kamu harus meletakkan penekanan atau info penting itu di awal caption. Alasannya, algoritma Instagram cuman membatasi 40 karakter untuk ditampilkan di awal post sebelum tulisan ‘More …’.

Jadi, kalau tulisan sebelum more itu udah nggak terlalu penting buat si pembaca, udah pasti deh mereka nggak bakal klik tombol ‘More …’ itu. Artinya, semua caption itu nggak bakal dibaca followers dan viewers kamu.

Sayang banget kan kalau sampai itu terjadi?

3. Call-to-Action (CTA)

Baru pertama kali dengar ini ya?

Emang sih kata-kata ini biasa digunakan para marketer. Singkatnya, CTA atau Call-to-Action adalah ajakan kamu ke followers untuk melakukan sesuatu.

Biasanya, CTA yang paling banyak digunakan user Instagram itu pasti ada kata-kata ‘Yuk …’, ‘Ayo ….’, ‘Beli sekarang’, dan masih banyak lainnya.

Menurut penelitian sih, kata kerja aktif jauh lebih menghasilkan daripada kata sifat dan kata benda. Artinya, pakai CTA dengan kata kerja bakal punya impact yang lebih besar ke user kamu.

Kalau perlu, pasang CTA di lebih dari 1 tempat ya. Jadi, dalam satu caption bisa kamu di tengah, di belakang, atau keduanya.

4. Maksimalkan Bio Profile

Perlu kamu tau, semua fitur di Instagram punya fungsi spesifik yang berbeda-beda. Termasuk Bio Profile.

Pertanyaannya, dari mana user Instagram bakal tau banyak tentang kamu? Kalau ketemu langsung sih enak, bisa langsung salaman sama kenalan. Kalau di Instagram?

Inilah fungsinya bio profile. Saat ada banyak banget yang liat konten foto kamu dan mereka jatuh cinta, lengkapi dengan caption yang mengandung bio profile. Jadi, kenalkan siapa kamu sebenarnya sebagai sosok yang berada di balik konten keren itu.

Ditambah lagi caption Instagram keren yang udah kamu bikin. Pasti bakal komplit banget rasa penasaran mereka terhadap siapa kamu sebenarnya.

Sayangnya, Instagram nggak kasih fitur clickable elemen buat dipasang di caption. Tapi setidaknya, kamu bisa pakai nama atau username kamu dan CTA tadi buat mengajak user berkunjung ke profile kamu.

Cara Membuat Caption Instagram Keren

Cara Membuat Caption Instagram Keren – Instagram Bio Profile

Contoh aja, ‘Yuks kepoin lebih lanjut tentang aku. Link nya bisa dilihat di bio ya …’

Ngerti kan ya?

5. Buat Caption Instagram Keren Pakai Pertanyaan

Banyak banget yang nggak sadar kalau sebenarnya pertanyaan itu bisa jadi caption yang keren banget.

Kenapa kita bisa bilang gitu?

Asalkan kamu tau, salah satu tujuan main Instagram adalah buat mendapatkan banyak engagement atau interaksi kan ya?

Jadi, pertanyaan yang menarik juga memancing interaksi yang lebih powerful. Nggak cuman sekedar likes yang kamu dapatkan, tapi caption kamu itu juga bakal banjir comment.

Yah aslinya sih tergantung kamu juga ya. Kalau emang kamu mau comment yang banyak, cara ini powerful banget.

Oh iya, pastikan pakai pertanyaan yang bisa menimbulkan reaksi ya.

Kamu bisa coba meniru beberapa akun Instagram yang udah populer buat bikin pertanyaan yang keren.

6. Pakai Hashtag

Instagram kasih limitasi sampai 30 hashtag buat sekali posting. Tapi, apakah 30 hashtag itu harus kamu gunakan semuanya?

Jangan dong! Gunakan 4 atau 5 hashtag aja dengan kondisi yang kamu hadapi saat ini.

Menurut penelitian yang ada, terlalu banyak pakai hashtag bikin algoritma Instagram sensitif dengan spamming. Pakai cuman 1 hashtag juga nggak optimal.

Kamu juga bisa pakai kombinasi 3 jenis hashtag yang berbeda, yaitu branded hashtag, community hashtag, serta popular hashtag.

Dengan begini, konten Instagram kamu bakal bisa masuk ke halaman pencarian dengan hashtag itu.

Terus, dimana letak hashtag?

Kamu tinggal pilih aja sesuka hati. Bisa masuk dalam kata-kata atau juga bisa terpisah di paling akhir caption.

Jadi, modifikasi aja senatural dan sesuai gaya kamu.

7. Pakai Emoji

Sekarang kita tanya deh, kamu kalau chatting lebih suka bland atau pakai emoji?

Kadang-kadang, apa yang kita tulis itu dibaca dengan tone yang berbeda oleh followers kita. Jadi, tujuan kita itu A, bisa salah tangkap jadi B.

Maksud kita nada atau tone nya ceria, tapi tambah dibaca serius.

Nah, jadi kamu butuh pakai emoji biar jelas tone nya. Selain itu, emoji juga bisa mewakili apa yang nggak bisa kamu ungkapkan dengan kata-kata.

Tapi nggak berarti kalau semua kondisi bisa kamu kasih emoji ya.

Pokoknya, putuskan sendiri aja kapan kamu butuh pakai emoji dan kapan harus kelihatan pro atau serius.

8. Persingkat

Kadang, kamu harus benar-benar memperhatikan panjang teks. Jadi, kalau emang konten itu adalah konten edukasi, udah pasti captionnya harus agak panjang dan jelas.

Tapi sewaktu kamu butuh konten hiburan dan nggak yakin mau nulis apa, mending caption yang singkat aja.

Dengan begini, kamu bakal bisa meminimalisir kesalahan dalam caption itu. Terlebih kalau caption itu vital banget, pasti tambah berantakan jadinya.

Kalau pun emang perlu agak panjang, bikin aja agak panjang. Tapi bikin audience tertarik buat comment dengan sentilan-sentilan kecil ya.

Kesimpulan

Caption Instagram keren nggak cuman urusan rasa. Tapi juga gimana kamu mengemasnya jadi suatu yang unik dan keren.

Kalau saran kita sih bikin aja caption yang pas-pasan, nggak terlalu panjang dan nggak terlalu pendek. Asalkan elemen-elemen yang kita kasih itu komplit, semua bisa berjalan sesuai harapan kamu.

Biar makin keren, isi aja konten kamu dengan video berkualitas yang diupload user lain. Legal kok, asalkan kamu ikutin syarat dan ketentuan dari Instagram.

Kalau udah nemu kontennya, langsung aja download pakai aplikasi download video Instagram ya biar nggak ribet.

So, munkin kayak gini aja ya sharing kita hari ini. Menurut kamu, apa yang kurang? Kita bakal update artikel ini sesuai dengan saran kamu loh.

Oh iya, masih ada banyak banget topic yang bakal kita share di blog kita. So, jangan lupa update terus ya pengetahuan tentang tips dan trik, info, sampai review film terbaru cuman di Digitek.id!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *