Tips Agar Laptop Tidak Cepat panas

1 tahun lalu, by digitek

tips agar laptop tidak cepat panas

Bagi anda yang sehari – hari bekerja menggunakan laptop entah itu di luar ataupun di dalam ruangan, laptop merupakan sebuah alat yang paling dibutuhkan. Tips agar laptop tidak cepat panas perlu anda perhatikan saat anda bekerja dengan laptop dalam waktu yang lama. Laptop yang terlalu panas mungkin akan membuat kinerja laptop menjadi lambat dan tentu saja menghambat aktifitas kerja anda sehari – hari sebagai pengguna laptop.

Tidak seperti hp dan smartphone, laptop memang lebih sering dan sangat umum untuk menjadi panas. Terlebih untuk beberapa laptop model lama yang sistem pendinginnya belum secanggih laptop sekarang. Saking umumnya, mungkin kebanyakan dari anda pernah mengalami overheating atau panas berlebih di laptop anda.

Penyebab yang paling umum adalah tidak adanya sirkulasi yang baik di dalam hardware atau perangkat keras di dalam laptop. Penyebab lainnya adalah bertambahnya umur laptop, sehingga kinerja hardware yang berjalan tidak sebagus seperti saat pertama kali laptop dibeli. Namun, bukan berarti laptop yang panas disebabkan adanya kerusakan hardware karena ada banyak faktor yang menyebabkan laptop menjadi panas.

Beberapa tips agar laptop tidak cepat panas berikut bisa anda jadikan solusi jika anda mengalami panas yang berlebih pada laptop anda. Semoga dengan beberapa tips ini anda bisa mengatasi overheating atau panas yang berlebih pada laptop.

Tips yang harus diperhatikan agar laptop tidak cepat panas

Punya laptop yang tidak cepat panas memanglah sebuah impian setiap pengguna. Laptop yang tidak mudah cepat panas ketika dipakai akan lebih memberikan kenyamanan, performa yang lebih baik. Nah, untuk menghindari panas yang berlebih, kita akan coba membahas bagaimana caranya mencegah agar laptop tidak menjadi terlalu panas ketika kita sedang menggunakannya.

Sebelum itu, secara umum panas dari sebuah laptop disebabkan oleh satu hal yang utama yaitu sirkulasi sistem pendingin yang ada di laptop kurang berfungsi maksimal. Dari masalah tersebut kita akan coba memberikan beberapa solusi dan juga menawarkan jalan keluar untuk masalah overheating pada laptop ini.

1. Bersihkan Sistem Pendingin Yang Ada Pada Laptop Anda

Jika anda senang mengutak – atik barang yang anda miliki dan punyai, mungkin cara pertama untuk mendinginkan laptop ini bisa dipakai menjadi salah satu solusi yang tepat untuk anda. Cara pertama adalah membersihkan sistem pendingin (cooling sistem) pada laptop anda. Sirkulasi sistem pendingin pada laptop biasanya bekerja dengan cara menyedot udara dari luar yang biasanya lebih dingin, kemudian mengeluarkannya kembali.

Permasalahan yang sering terjadi adalah ketika menyedot udara dari luar, udara yang disedot ke dalam sering kali bercampur dengan debu – debu dan juga berbagai kotoran lainnya. Dalam jangka panjang, debu ini akan menjadi penghalang pendingin untuk bekerja dengan maksimal. Nah, dengan adanya permasalahan ini maka sebaiknya kita membersihkan cooling sistem atau pendingin ini secara berkala. Tujuannya adalah agar sistem pendingin kembali bekerja dengan baik.

Perlu diingat sebagai catatan, jika anda belum terbiasa dengan membongkar laptop miliki anda sebaiknya jangan pernah melakukan pembersihan ini sendiri. Sebaiknya serahkan kepada orang yang terbiasa membongkar, menservis laptop, agar hasil yang anda dapatkan lebih maksimal.

2. Perhatikan Output Atau Keluarnya Angin Panas Sistem Pendingin

Sebagai pengguna laptop sehari – hari, terkadang kita merasakan sebuah aliran udara yang panas keluar dari dalam perangkat laptop. Coba sekali – kali anda perhatikan lebih detail, apakah aliran udara panas itu terhalang sesuatu? Dan apakah ketika kita menggunakannya aliran tersebut tertutup.

Aliran panas yang keluar ini sangat penting, dan jika tertutup sirkulasi pendingin akan menjadi tidak berjalan optimal, sehingga menyebabkan overheating pada laptop yang kita gunakan.

3. Biasakan Menggunakan Laptop Di Permukaan Yang Keras Dan Datar

Hal ini berhubungan dengan sirkulasi panas pada sistem pendingin di laptop. Sistem pendingin pada laptop di desain untuk bekerja di permukaan yang datar dan keras, seperti meja kerja, pokoknya sesuatu yang datar dan keras.

Sirkulasi sistem pendingin yang bekerja saat kita meletakkan di atas meja akan lebih maksimal daripada kita meletakkan di tempat seperti Kasur, karpet dan sesuatu yang menyerap panas lainnya. Hal ini dikarenakan meja datar dan keras akan lebih mudah mengalirkan panas, sedangkan karpet dan kasur akan menahan panas di dalam sehingga dalam jangka waktu yang panjang laptop kita juga akan ikut panas.

Jadi biasakanlah mulai sekarang untuk menggunakan laptop di meja datar, dan juga perhatikan sirkulasi panas yang ada pada laptop.

4. Cooling pad Fan Yang Bagus Bisa Mencegah Overheating Laptop

Cooling pad yang berkualitas bisa dijadikan salah satu cara dan alat yang digunakan untuk mencegah overheating pada laptop. Tapi ingat tidak semua cooling pad itu bagus dan layak untuk digunakan, karena tidak semua cooling pad di desain untuk mendinginkan laptop. Beberapa cooling pad hanya dijual tanpa adanya performa yang baik dan maksimal, mereka hanya ingin menjual produk bukan memberikan kualitas.

Cara memilih cooling pad yang baik tentunya kita harus memperhatikan beberapa kriteria, seperti:

  • Bahan yang digunakan: apakah menggunakan metal atau plastik? Akan lebih baik jika kita memiliki cooling pad berbahan metal karena metal menghantarkan panas dengan cepat dan baik.
  • Kecepatan dan performa cooling pad: teknologi yang ditawarkan apakah benar – benar baik? Seberapa cepatkan cooling pad berputar? Biasanya kecepatan putar fan ini ditandai dengan satuan RPM (Rotation per Minute), Hal ini tentunya harus dijadikan patokan untuk memilih cooling pad.
  • Fleksibel: Dalam artian bisa diatur tinggi, dan juga kenyamanan saat digunakan menjadi faktor ketiga terpenting dalam memilih cooling pad yang tepat.

Cooling pad yang memiliki kualitas bagus biasanya memang memiliki harga yang lebih mahal. Tapi dengan fungsi yang ditawarkan ada baiknya jika anda mencoba untuk investasi ke cooling pad yang berkualitas, karena dalam jangka panjang mungkin akan sangat berguna dalam kegiatan sehari – hari anda. Cobalah memakai cooling pad dari produk thermaltake, karena cukup populer dan konsisten memasarkan cooling pad untuk laptop gaming di pasaran.

5. Hindarkan Laptop Dari Paparan Panas Yang Berlebih

Tips yang terakhir adalah hindari paparan panas atau yang menyebabkan panas yang berlebih di laptop, seperti sinar matahari langsung, bekerja di suhu ruangan yang panas, dan bekerja dengan laptop disekitaran mesin yang memiliki panas yang tinggi. Selain dapat menyebabkan panas yang berlebih kepada laptop, hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada laptop jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama dan panjang.

Ada baiknya jika kita menggunakan laptop di suhu – suhu yang normal yang tidak terlalu panas. Suhu normal ruangan 20 – 25 derajat celcius, selain bagus untuk laptop suhu ruangan yang normal juga sangatlah bagus untuk tubuh kita. Dengan suhu ruangan normal kita akan lebih baik dalam bekerja dan berkonsentrasi.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan agar laptop yang anda gunakan tidak cepat panas sehingga aktifitas kerja anda bisa maksimal. Semoga bermanfaat!

0
Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *