Fakta Teknologi 5G Indonesia

1 tahun lalu, by digitek

Apa benar Indonesia bakal jadi negara terbesar pengguna teknologi 5G di Asia Tenggara? Lantas gimana perkembangan teknologi 5G Indonesia saat ini?

Teknologi 5G adalah sebuah inovasi terbaru dari dunia digital untuk memberikan konektivitas dengan kecepatan 10 GB per detik. Kalau dihitung-hitung, kecepatan ini 600 kali kecepatan jaringan 4G yang kini ada di HP kamu. Bahkan, kecepatan broadband Google Fiber aja kalah jauh sama teknologi 5G ini.

Dengan kecepatan ini, kamu bisa download video 4K dalam 25 detik atau stream beberapa video secara langsung.

So inilah yang bikin semua orang atau pengguna internet makin semangat dengan adanya 5G. Jelas dong karena mereka bisa internetan lebih cepat, nggak ada buffering di YouTube juga yang pasti.

Bahkan nggak cuman pengguna internet aja, perusahaan dan provider juga antusias banget dengan perkembangan teknologi 5G ini. Nggak heran lagi, karena 5G ini bisa meningkatkan aset customer dari 6% ke 9%. Selain itu di pihak perusahaan sendiri, aset diprediksi akan naik dari 18% ke 26% di tahun 2025.

Teknologi 5G Indonesia Uji Coba

Teknologi 5G

Lalu apa kabar dengan teknologi 5G Indonesia di mata ASEAN? Yaps, Indonesia bakal mencetak rekor sebagai marketshare yang paling besar. Diikuti dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura, 5G dipercaya bakal berjaya.

Disamping itu, operator dan perusahaan pun juga tertantang dengan keterbatasan latensi jaringan dan daya yang tersedia untuk bikin teknologi 5G Indonesia ini. Terus, gimana solusi yang ada di pihak provider untuk mengatasi masalah ini?

Simak selengkapnya tentang kebijakan pemerintah dan industri dalam trend 5G Indonesia ini ya!

Fakta 5G Indonesia Paling Hot!

Indonesia emang disebut-sebut sebagai salah satu raksasa marketshare yang diincar oleh provider 5G dunia, terutama China. Faktanya, tahun 2019 ini aja tercatat ada 107,2 juta pengguna internet di seluruh Indonesia. Hal ini pertanda kalau peningkatan yang terjadi adalah sekitar 12,6% dibandingkan tahun 2018.

Dengan angka ini, Indonesia jadi negara yang paling prospek di Asia Tenggara. Tapi perlu kamu tau, Indonesia juga terhalang biaya dan latensi jaringan. Artinya, harus ada solusi yang dicoba untuk menyelesaikan masalah ini.

Telkom Uji Coba 5G Indonesia Pertama

Untuk mengatasi semua ini, salah satu provider terbesar Indonesia, Telkom telah mencoba inovasi baru. Yaps, Tekom melakukan uji coba 5G di daerah Batam baru-baru ini.

Nggak heran sih kalau Batam jadi lokasi pertama yang dipilih Telkom untuk uji coba maha karya ini. Alasan logisnya disampaikan langsung oleh Plt CEO Telkom, yaitu Heri Supriadi. Batam dipilih karena kota ini jadi kota lahir Telkom.

Uji Coba Teknologi Jaringan 5G Indonesia Telkom

Uji Coba 5G Telkom

Selain itu, menurut keterangan dari Hri Supriadi, Batam juga merupakan salah satu gerbang perdagangan internasional. Dengan begitu, kota ini jadi prospek yang luar biasa bagi perkembangan teknologi yang besar.

Hebatnya lagi, Edward Ying selaku Direktur Planning dan Transformation juga menegaskan beberapa keuntungan jaringan 5G Indonesia. Menurutnya, 5G Indonesia akan mampu menjadi promotor adanya mobil otomatis, drone, smart city, smart factory hingga hiburan bernuansa teknologi.

Nggak tanggung-tanggung lagi, Edward juga menegaskan kalau kecepatan teknologi 5G ini bisa mencapai 20 GB per detik.

Acara yang digelar di Telkom Smart Office ini juga didatangi oleh President Direction Ericcson Indonesia, Jerry Soper dan PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto. Kabarnya, Oppo Reno juga udah support teknologi 5G loh. Coba deh simak tentang spesifikasi Oppo Reno 2 juga ya.

Menanggapi acara yang digelar Telkom ini, Dr Ir Ismail MT selaku Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo angkat bicara. Beliau menegaskan bahwa Indonesia harus bisa memaksimalkan keuntungan dari teknologi 5G Indonesia ini.

Efek Jaringan 5G Indonesia

Emang sih 5G Indonesia ini nggak asing lagi. Teknologi ini udah mulai diperkenalkan oleh Telkom sejak ASEAN GAMES 2018 Jakarta-Palembang lalu. Bahkan, impian yang dulu sebatas impian karena beberapa pihak sempat pesimis, sekarang akan jadi kenyataan.

Tentunya, jaringan 5G ini akan mendapat sorotandari masyarakat Indonesia. Faktanya, adanya teknologi jaringan 5G di Indonesia diharapkan mampu meningkatkan kualitas kehidupan yang ada saat ini dan di masa depan.

Keuntungan jaringan 5G

Telemedicine 5G

Adapun bidang yang diharapkan oleh kebanyakan dan mayoritas masyarakat di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Pendidikan:

Adanya teknologi yang berupa 5G ini diharapkan mampu memperlancar proses belajar mengajar yang ada di kelas. Kualitas pendidikan di Indonesia sendiri masih jauh dari kata merata. Masih begitu banyak daerah yang belum mendapat pendidikan yang mumpuni.

Tentunya dengan 5G Indonesia ini, sekolah di seluruh tanah air akan mendapatkan perataan sistem pendidikan. Dengan begitu, kualitas sumber daya manusia atau SDM Indonesia akan merata dan berkualitas.

  • Kesehatan:

Tau sendiri kan kalau Indonesia adalah negara kepulauan yang terpisah jauh antara satu kota dengan kota lainnya. Jadi adanya teknologi 5G ini diharapkan telemedicine bisa menjadi solusi.

Dengan begini, angka kematian bisa ditekan. Harapannya, angka harapan hidup di Indonesia bisa meningkat dan lebih baik.

  • Ekonomi

Teknologi 5G menjamin kecepatan transfer data yang tinggi. Artinya, pertumbuhan perusahaan start up seperti GoJek, TokoPedia dan lainnya bakal cepat banget. Diharapkan, perusahaan start up ini bisa tumbuh jadi decacorn dalam waktu cepat!

Fitur dan Keuntungan Jaringan 5G

Udah nggak bisa disangkal lagi kalau jaringan atau koneksi 5G jadi andalan dengan kecepatannya yang nggak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan lebih dari itu, teknologi 5G dengan kecepatan hingga 20 GB per detik ini juga punya beberapa fitur kunci.

Keuntungan Jaringan 5G

Keuntungan Jaringan 5G

Lengkapnya, fitur kunci dan keuntungan jaringan 5G adalah sebagai berikut:

  1. Konsumsi baterai nggak terlalu banyak
  2. Teknologi 5G punya jangkauan yang lebih luas dengan rate data yang tinggi
  3. Kecepatan transfer data minimal 1 GBPS
  4. Bisa digunakan dalam transfer data yang banyak
  5. Ada efisiensi daya dan spektral yang bagus
  6. Punya pengaman data yang lebih baik

Jadi, selain kecepatan yang luar biasa, kamu juga bisa akses keuntungan lain yang bikin hidup kamu makin nyaman dan lebih mudah.

Kelemahan Jaringan 5G Indonesia

Yah meski kita tau sendiri kalau banyak banget kelebihannya, teknologi jaringan 5G juga punya kelemahan yang mencolok. Apalagi saat ini, kondisi 5G di Indonesia juga masih belum sepenuhnya merata.

So, secara umum kelemahan jaringan 5G adalah sebagai berikut:

  1. Proses instalasi, pemasangan, maintenance, hingga pengembangan butuh biaya yang banyak banget
  2. Teknologi masih dalam proses pengembangan, belum sepenuhnya bisa diakses secara merata
  3. Kebanyakan device atau perangkat yang lama nggak akan support adanya fitur 5G ini
  4. Kecepatan masih dalam terkaan saja, belum terbukti secara umum

Kesimpulan

Teknologi 5G bisa bikin Indonesia jadi makin berkembang di segala sisi. Diharapkan dengan adanya teknologi dan perkembangan 5G ini, kesejahteraan bangsa Indonesia akan makin terjamin. Baik dari sisi ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan.

Selain itu, Indonesia juga diprediksi akan jadi negara terbesar nomor satu di Asia Tenggara yang menyemarakkan program 5G ini. Program ini udah menemui titik terang dengan adanya program uji coba Telkom di Batam. Harapannya, ini adalah awal teknologi 5G Indonesia berkembang.

Nah mungkin ini dulu ya pembahasan kita tentang fakta jaringan 5G yang akan dikembangkan di tanah air kita. Masih ada banyak banget info seputar dunia teknologi dan digital yang bisa kamu dapatkan selanjutnya. Selain itu, kamu juga bisa request loh tentang topik yang kamu inginkan.

Kita bakal menulisnya khusus buat kamu. Isi request kamu di kolom komentar di bawah ini ya. Jangan lupa juga buat subscribe email newsletter kita karena kita bakal kasih tau kamu info update yang barusan kita tulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *