Spotify Rilis Fitur Untuk Dengarkan Musik dan Podcast di Aplikasi Facebook

3 bulan lalu, by Digitek

Spotify umumkan fitur barunya yakni miniplayer dan poadcast yang terintegrasi dengan Facebook. Pengguna nantinya dapat mendengarkan musik dan poadcast dari sosial media besutan Zuckerberg tersebut.

Dilansir dari Newsroom Spotify, di 27 pasar termasuk Indonesia, pengguna Spotify dapat menemukan dan menikmati lagu serta episode dengan pemutaran penuh langsung di dalam Facebook.

Daftar Negara yang bisa menikmati fitur baru Spotify tersebut untuk pertama kali yakni di Argentina, Australia, Bolivia, Brasil, Kanada, Chili, Kolombia, Kosta Rika.

Selanjutnya ada Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Indonesia, Israel, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Nikaragua , Panama, Paraguay, Peru, Afrika Selatan, Thailand, Uruguay, dan AS.

Rencananya, dalam beberapa bulan mendatang, Spotify akan melebarkan sayapnya ke lebih banyak pasar di berbagai dunia.

Pengguna Spotify Free juga bisa merasakan fitur baru tersebut melalui mode shuffle dengan disertai iklan dari Spotify.

Selain berbagai Spotify ke kabar berita Facebook, pengguna dapat memutar lagu melalui miniplayer melalui post artis yang sudah terverifikasi.

Bisa juga dari video yang diupload pengguna Fabeook yang berisi musik berlisensi.

Cara Menggunakan Miniplayer Facebook

Spotify x Facebook

via Newsroom Spotify

Bagi pengguna yang baru akan mencobanya, berikut ini cara menggunakan miniplayer Spotify di Facebook.

  • Tap tombol “putar” pada lagi yang kamu, teman, anggota keluarga atau konten kreator yang dibagikan dari Spotify ke kabar berita mereka
  • Ketika pertama kali menggunakan miniplayer, kamu akan melihat dialog persetujuan terbuka, Klik “Hubungkan” untuk melanjutkan
  • Jika sudah masuk Spotify, aplikasi akan otomatis beralih dan pemutaran akan dimulai dari dalam aplikasi Spotify. Jika belum masuk, kamu akan diminta untuk login terlebih dahulu)

Soptify akan terus memutar lagu meskipun pengguna terus menggulirkan kabar berita ke bawah. Pengguna punya kencali penuh atas opsi pemutaran sehingga bisa menjeda atau menutup miniplayer.

Namun, fitur ini hanya tersedia untuk aplikasi Facebook ya. Jika mengakses Facebook via browser pengguna tidak akan bisa menikmati fitur tersebut.

Kerjasama antara Facebook dengan Spotify ini sudah berlangsung sejak 2018. Awalnya, Facebook membuat kesepakatan untuk mengizinkan klip musik pendek diposting pada Facebook Stories dan Instagram Stories.

Pengumuman muncul satu pekan setelah Facebook mengatakan pihak mereka menambahkan podcast dan ruang live audio karena menghadapi persaingan dari aplikasi Clubhouse yang berkembang pesat.

Lebih dari 170 juta orang terhubung ke halaman Facebook yang berpusat ke Podcast. 35 juta pengguna merupakan penggemar podcast.

Pihaknya juga berencana mulai menguji Live Audio Rooms dan berhadap fitur tersebut sudah tersedia dan dinikmati semua pengguna pada pertengahan tahun 2021.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *