Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

1 bulan lalu, by digitek

Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

Bulan Oktober ini, Xiaomi baru saja meluncurkan ponsel terbarunya untuk kelas mid-range, yaitu Poco X3 NFC. Untuk “harga perkenalan”, ponsel yang dijual perdana di Mi.com ini memiliki harga Rp 3.099.000,- untuk varian 6GB/64GB dan Rp 3.499.000,- untuk varian 8GB/128GB. Sementara untuk harga regulernya sendiri, varian 6GB/64GB adalah Rp 3.199.000,- dan Rp 3.599.000,- untuk varian 8GB/128GB.

Ponsel ini dibekali dengan layar IPS LCD ukuran 6.67 inchi dengan resolusi 2400 x 1080 pixels FHD+ serta proteksi Gorilla Glass 5. Kemudian refresh rate yang mencapai 120Hz membuat scroll pada layar menjadi lebih smooth. Poco X3 NFC juga memiliki ukuran fisik yang terbilang lumayan compact yaitu dengan dimensi 165,3 x 76,8 x 9,4 mm dan berat 215 gram.

Spesifikasi kamera POCO X3 NFC

Spesifikasi kamera POCO X3 NFC – Photo via mi.co.id

Untuk kamera, Poco X3 NFC menyematkan 4 buah kamera pada bodi belakang dengan keunggulan masing-masing. Kamera utamanya sendiri berupa lensa dengan sensor 64MP Sony IMX 682. Sangat mumpuni untuk kebutuhan fotografi. Kemudian kamera selanjutnya adalah sensor 13MP ultra-wide, 2MP lensa makro, dan 2MP sensor depth. Kamera-kamera tersebut sudah dilengkapi berbagai fitur keren hingga mendukung perekaman video 4K.

Sementara untuk kamera depannya sendiri memiliki sensor 20MP dan fitur yang lengkap. Letak kamera ini ada dibagian atas layar Poco X3 NFC yang berukuran 6,67 inchi. Layar yang luas tersebut menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz. Sangat oke deh untuk menampilkan gambar secara tajam dan lebih memuaskan.

Spesifikasi Prosesor POCO X3 NFC

Spesifikasi Prosesor POCO X3 NFC – Photo via mi.co.id

Kalau dari segi performa, Poco X3 NFC ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 732G yang merupakan seri lanjutan dari Snapdragon 730G. Dengan CPU Octa-core, kartu grafis yang digunakan adalah Adreno 618. Nggak perlu diragukan lagi deh kalau performa smartphone ini sangat ngebut, terutama untuk gaming. Ditambah lagi adanya teknologi LiquidCool 1.0 Plus yang akan membuat pembuangan panas jadi lebih maksimal sehingga CPU menjadi cepat dingin.

Performa tersebut sangat didukung dengan kapasitas RAM 6GB dengan memori internal 64GB atau RAM 8GB dengan memori internal 128GB. Selain mulus untuk multitasking, ponsel ini juga memungkinkan untuk penyimpanan file-file berukuran besar deh. Untuk OS-nya sendiri menggunakan Android 10 dan antarmuka MIUI 12.

Pilihan warna POCO X3 NFC

Pilihan warna POCO X3 NFC – Photo via mi.co.id

Dari segi desain, Poco X3 NFC memiliki 2 pilihan warna yang tersedia, yaitu Cobalt Blue dan Shadow Gray. Kemudian bodi bagian belakang terbuat dari material plastik serta tambahan casing anti bakteri.

Spesifikasi baterai POCO X3 NFC

Spesifikasi baterai POCO X3 NFC – Photo via mi.co.id

Keunggulan Poco X3 NFC yang sangat menarik juga terletak pada kapasitas baterai jumbonya, yaitu 5160 mAh. Baterai Li-Po non-removable ini pun makin menggiurkan dilengkapi dengan fitur fast charging 33W. Pengisian daya jadi sangat efisien karena ponsel ini bisa terisi daya 62% dalam 30 menit dan 100% dalam 65 menit.

Kemudian sesuai namanya, Poco X3 ini pun punya fitur NFC yang akan memudahkan segala aktivitasmu karena ponsel ini mudah dihubungkan dengan berbagai perangkat. Fitur-fitur lain yang dimiliki pun nggak kalah canggih pastinya. Jika ingin tahu lebih lengkap, simak dulu nih spesifikasi Poco X3 NFC sebagai berikut.

Spesifikasi Poco X3 NFC

  • Dimensi : 165,3 x 76,8 x 9,4 mm
  • Berat : 215 g
  • Bodi : Glass front (Gorilla Glass 5), aluminum frame, plastic back
  • Layar : IPS LCD, 120Hz, HDR10, 450 nits (typ), berukuran 6.67 inches, resolusi 2400 x 1080 piksel, refresh rate 120Hz
  • SIM : Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), IP53 splash-proof
  • OS : Android 10, MIUI 12
  • Chipset : Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm)
  • CPU : Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
  • GPU : Adreno 618
  • RAM : 6GB atau 8GB
  • Memori internal : 64GB atau 128 GB, bisa diekspansi dengan microSDXC (uses shared SIM slot), UFS 2.1
  • Kamera utama :
    64 MP, f/1.9, (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
    13 MP, f/2.2, 119°, (ultrawide), 1.0µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth)
    Dilengkapi fitur dual-LED flash, HDR, panorama, 4K@30fps, 1080p@30/120fps, 720p@960fps, gyro-EIS
  • Kamera depan :
    20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm
    Dilengkapi fitur HDR, panorama, 1080p@30fps untuk video
  • Baterai : Li-Po 5160 mAh, non-removable dengan fast charging 33W, 62% dalam 30 menit, 100% dalam 65 menit
  • Jaringan : 4G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.1, A2DP, LE, USB Type C 2.0, USB On-The-Go, A-GPS, GLONASS, BDS, NFC, Infrared port, FM radio, recording
  • Sound : Loudspeaker with stereo speakers, 3.5 mm jack audio 24-bit/192kHz
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Warna : Cobalt Blue, Shadow Gray

Spesifikasi Poco X3 NFC di atas cukup unggul, ya? Jika sudah mengetahui tentang spesifikasinya, kini kamu bisa mengetahui ulasan tentang kelebihan dan kekurangan smartphone ini. Hal ini agar kamu lebih mudah mempertimbangkannya sesuai kebutuhan. So, langsung aja deh simak!

Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC

Kelebihan Poco X3 NFC

1. Desain yang unik

Kelebihan Poco X3 NFC yang pertama adalah dari segi desain. Kamu bisa memilih dua pilihan warna yang sama-sama atraktif, yaitu Cobalt Blue atau Shadow Gray. Dengan berat 215 gram, ponsel ini masih cukup pas deh di tangan, meski nggak terlalu ringan juga. Desain bodi belakang smartphone ini terbuat dari plastik dengan tampilan glossy. Pada bodi belakang juga terdapat logo yang akan berwarna pelangi jika terkena cahaya.

Kalau untuk tata letak kameranya sendiri ada di bagian tengah atas bodi belakang berbentuk tonjolan. Menariknya, tonjolan kamera ini juga disertai dengan antibacterial case berupa case transparan. Kemudian untuk frame bodinya, material pembuatnya adalah alumunium. Di slot SIM Poco X3 NFC ini juga disertai IP53 splash proof yang bisa melindungi dari cipratan air. Dari segi tampilan, Poco X3 NFC pokoknya unik banget.

2. Layar yang besar dan tajam

Kini, beralih ke kelebihan Poco X3 NFC dari segi layarnya. Ponsel ini menggunakan layar berjenis IPS LCD yang ukurannya 6,67 inchi. Cukup luas, bukan? Desain layarnya masih menggunakan model bezel-less dan dilengkapi proteksi Gorilla Glass 5. Selain luas, layarnya juga bakalan lebih tahan lama deh.

Untuk resolusi layar ini adalah 2400 x 1080 piksel FHD+ dengan kerapatan antar-pikselnya 385 ppi. Pastinya, Poco X3 NFC bakalan menampilkan gambar yang tajam dan jernih. Puas banget deh digunakan untuk main game atau nonton video. Masih ada keunggulan lain lho, Poco X3 NFC ini juga punya touch sampling rate sebesar 240Hz dan refresh rate 120Hz. Nggak perlu khawatir deh layar jadi lemot.

Apalagi, refresh rate ini dilengkapi fitur Dynamic Switch yang secara otomatis bisa menyesuaikan tingkat refresh rate sesuai penggunaan. Selain itu, layar ponsel ini pun telah memiliki sertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light sehingga mampu mereduksi besaran emisi cahaya biru yang bikin mata sakit. Wow, layarnya paket lengkap banget, ‘kan?

3. Memiliki performa tinggi

Kelebihan Poco X3 NFC berikutnya adalah dibekali dapur pacu chipset Qualcomm Snapdragon 732G. Chipset tersebut merupakan lanjutan dari Snapdragon 730G, sehingga punya kecepatan yang sangat baik dan mendukung untuk kebutuhan gaming. Bahkan chipset ini juga punya clock-speed maksimum yang lebih tinggi di 2,3 GHz.

Qualcomm Snapdragon 732G juga memiliki kelebihan lain, yaitu mampu meningkatkan proses dari GPU dan kemampuan teknologi AI di dalamnya. Kalau untuk prosesornya sendiri, smartphone ini ditenagai Octa-core dan memiliki kartu grafis Adreno 618. Kartu grafis ini pun telah mendapatkan fitur-fitur Elite Gaming lho.

Oh ya, karena mesin dalam Poco X3 NFC ini kerjanya cepat, maka perangkat berisiko mengalami peningkatan temperatur. Untuk itu, smartphone ini juga menambahkan teknologi LiquidCool Technology 1.0 Plus yang bisa meredam panas. Teknologi pendingin ini mampu menurunkan suhu hingga 6 derajat Celcius. Buat kamu yang membutuhkan smartphone ngebut untuk kebutuhan penggunaan secara intens, kelebihan Poco X3 NFC ini layak dipertimbangkan.

4. Kamera yang profesional

Kamera yang dimiliki Poco X3 NFC pun patut dilirik lho. Desain tata letak kamera ini cukup unik berada di bodi bagian belakang dengan bentuk terinspirasi kamera DSLR. Namun kelebihan Poco X3 NFC nggak terletak di sini saja, kamera utamanya menggunakan sensor 64MP Sony IMX682. Sensor ini umumnya ada di smartphone flagship yang harganya lebih mahal lho.

Kemudian kamera selanjutnya punya sensor 13MP ultra-wide, 2MP lensa makro, dan 2MP sensor depth. Kamera-kamera tersebut sangat mendukung untuk memotret dan merekam video dengan baik. Bahkan fitur-fiturnya sangat lengkap, di antaranya dual-LED flash, HDR, panorama, hingga perekaman video 4K@30fps dan ada fitur gyro-EIS yang membuat perekaman video lebih stabil meski ada guncangan. Yang menarik lagi, ada fitur AI Skyscaping 3.0 yang mampu mengubah tampilan langit menjadi lebih beragam.

Kalau untuk kelebihan Poco X3 NFC dari segi kamera depan, dilengkapi dengan sensor 20MP. Sangat mendukung kebutuhan selfie dengan kualitas yang oke deh. Kamera depan ini tentunya juga punya berbagai fitur menarik. Di antaranya mode profesional dengan focus peaking, mode malam, VLOG mode, filter, dan masih banyak lagi. Gimana? Tergiur nggak nih dengan kamera Poco X3 NFC?

5. Kualitas audio lebih mantap

Poco X3 NFC juga memiliki kelebihan dari segi audio yang dimiliki nih. Ponsel ini menggunakan 2 speaker stereo yang kualitasnya sudah lulus uji Hi-Res Audio. Nggak heran kalau efek suara yang dihasilkan lebih mantap. Belum lagi, audio smartphone ini telah dilengkapi teknologi vibrasi 4D yang menawarkan kualitas suara lebih baik. Bahkan fitur ini juga bisa memberi efek getar saat kamu menggunakan ponsel ini untuk gaming.

6. Memiliki baterai berkapasitas besar dan fitur fast charging

Poin yang satu ini sangatlah penting. Apa lagi kalau bukan soal baterai? Performa canggih Poco X3 NFC sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas jumbo, yaitu 5160 mAh lho. Kalau untuk gaming selama 10 jam, baterai ini masih tahan. Buat menonton video selama 24 jam secara intens pun masih tahan. Cocok buat kamu yang mencari smartphone tahan lama untuk pemakaian intens.

Selain itu, baterai jumbo ini makin sempurna dilengkapi oleh fitur fast charging 33 Watt. Klaimnya sih dalam waktu 30 menit, pengisian daya bisa mencapai 62%. Daya akan terisi full 100% dalam waktu 65 menit saja lho. Efisien banget, ‘kan? Oh ya, kelebihan Poco X3 NFC dari segi baterai juga ditambah adanya fitur teknologi MMT (Middle Middle Tab) yang memungkinkan pengisian baterai paralel dari tengah.

7. Punya RAM dan memori berkapasitas besar

Smartphone ini juga punya keunggulan lain, yaitu memiliki RAM LPDDR4X berkapasitas 6GB atau 8GB. Sehingga sangat lega untuk proses multitasking dan nggak khawatir ponsel jadi nge-lag. Selain itu, kapasitas memori internalnya sendiri adalah 64GB atau 128GB berjenis UFS 2.1. Ponsel ini cocok buat kamu yang selalu menyimpan file-file berukuran besar tanpa takut cepat penuh.

8. Punya fitur untuk gaming lebih cepat

Kelebihan Poco X3 NFC kali ini adalah adanya fitur Game Turbo 3.0. Fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan frame rate pada game dan meningkatkan stabilitas permainan sampai 37,9 persen dibandingkan versi sebelumnya. Saat main game kemudian tiba-tiba ada notifikasi pesan atau panggilan masuk, game bakalan tetap stabil. Bahkan dengan fitur ini, performa mesin dan akselerasi sentuhan bisa meningkat. Gaming dijamin bakalan menyenangkan.

9. Sudah ada fitur NFC

Fitur ini sudah tersemat dari nama ponsel ini, yaitu Poco X3 NFC. Fitur ini memungkinkan smartphone-mu mudah terkoneksi dengan smartphone lain maupun perangkat lainnya dalam memudahkan aktivitas.

10. Harga yang bersahabat

Untuk segala fitur canggih yang dimiliki, Poco X3 NFC ini juga dibandrol dengan harga yang sangat bisa bersaing dengan kompetitor. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 3 jutaan saja. Untuk varian RAM 6GB ROM 64GB, harganya adalah Rp 3.199.000,- dan untuk RAM 8GB ROM 128GB harganya Rp 3.599.000,-. Padahal untuk segala keunggulan yang dimiliki, umumnya harga smartphone ini adalah di kisaran 4 jutaan.

Itulah 10 kelebihan smatphone ini yang sangat menggiurkan para konsumen. Namun jangan buru-buru tertarik, simak juga kekurangan Poco X3 NFC sebagai berikut.

Kekurangan Poco X3 NFC

1. Kualitas layar masih belum maksimal

Salah satu kekurangan Poco X3 NFC adalah dari segi layarnya yang belum maksimal. Smartphone ini sudah menggunakan layar Full HD+ tetapi sayangnya masih menggunakan panel IPS LCD. Mungkin akan lebih maksimal jika panel layar yang digunakan adalah AMOLED. Selain sesuai dengan kelas mid-range premium, layar AMOLED bakalan lebih hemat daya. Meski demikian, kekurangan ini bukanlah hal yang mengganggu kualitas smartphone secara keseluruhan.

2. Hanya punya satu lensa kamera depan

Kekurangan lain dari Poco X3 NFC adalah lensa kamera depannya hanya satu. Hal ini adalah penurunan, karena di seri sebelumnya, Poco X2, di bagian depan sudah terdapat 2 lensa kamera. Kalau kamu nggak begitu mementingkan kamera sih kekurangan yang satu ini nggak akan begitu berpengaruh.

3. Masih terdapat iklan di lockscreen

Untuk kamu yang suka terganggu dengan tampilan iklan, sayangnya hal ini menjadi salah satu kekurangan Poco X3 NFC yang muncul pada bagian lockscreen-nya. Namun, adanya iklan ini bisa dihapus atau dinonaktifkan kok sehingga nggak begitu memengaruhi kualitas pondel mid-range killer ini.

4. Bloatware masih cukup banyak

Ada lagi nih hal yang perlu dipertimbangkan dari ponsel ini, yaitu masih terdapat bloatware yang cukup banyak. Bloatware sendiri merupakan segala aplikasi atau perangkat lunak bawaan ponsel yang sangat besar dan nggak efisien serta kemungkinan besar tidak diperlukan. Sehingga bloatware ini bisa memperlambat sistem dan menguras daya baterai. Namun, kamu tetap bisa menonaktifkan fitur ini kok.

Sekian ulasan mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Poco X3 NFC yang bisa kamu intip sebelum tergiur membeli ponsel ini. Secara keseluruhan, smartphone ini tergolong unggul dengan segala fiturnya. Performanya juga nggak perlu diragukan lagi, terutama untuk kebutuhan gaming. Dengan harga yang kompetitif, Poco X3 NFC sangat worth it untuk kamu pinang. Nggak heran kalau ponsel ini dijuluki mid-range killer.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *