Snapdragon 8 Gen 1 Resmi Dirilis, Ini Daftar Smartphone yang Akan Menggunakannya

By Digitek

Chipset seluler Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 sudah hadir dan siap memberikan power lebih pada Android flagship generasi berikutnya.

Ia adalah sekuel dari Snapdragon 888 dan saudara kandungnya Snapdragon 888 Plus yang diperkenalkan pada tahun 2020 dan ditampilkan pada smartphone seperti Galaxy S21, OnePlus 9 Pro, Oppo Find X3 Pro dan Xiaomi Mi 11.

Kita mungkin akan melihatnya digunakan dalam iterasi berikutnya dari ponsel tersebut. Sepertinya produsen seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, OnePlus, Motorola, Realme, dan lainnya akan memasukkan chipset ini ke dalam smartphone terbaik mereka.

Ia menghadirkan performa kelas atas yang disematkan untuk perangkat ponsel termahal. Chipset baru ini juga punya nama baru.

Mungkin netizen mengharapkan chipset disebut Snapdragon 898, tetapi Qualcomm memberikan nama lebih simpel yakni Snapdragon 8 Gen 1.

Daftar Smartphone yang Menggunakan Snapdragon 8 Gen 1

Snapdragon 8 Gen 1 Resmi Dirilis, Ini Daftar Smartphone yang Akan Menggunakannya

via Future

Banyak ponsel kemungkinan akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 1. Sejauh ini lima smartphone telah dikonfirmasi.

Mereka adalah Xiaomi 12, handset Motorola Edge baru, flagship Oppo yang rilis mendatang, OnePlus flagship berikutnya, dan Realme GT 2 Pro.

Xiaomi 12 adalah ponsel pertama yang akan menampilkan chipset. Sementara Motorola Edge akan menjadi device khusus China.

Handset yang dirumorkan termasuk jajaran Samsung Galaxy S22, yang kabarnya bakal menggunakan chipset ini di sebagian besar negara atau secara global.

Itu merupakan perubahan, karena biasanya Samsung membagi model Galaxy S-nya antara Snapdragon terbaru dan Exynos terbaru.

Range Samsung Galaxy S22 kemungkinan rilis pada bulan Februari 2022. Tetapi sebelum itu kita bisa melihat Snapdragon 8 Gen 1 di Xiaomi 12 pada bulan Desember, meskipun perilisannya mungkin hanya untuk China.

Bocoran juga menunjukkan bahwa jajaran Huawei P60 bakal menggunakan chipset ini. Sedikit mengejutkan karena Huawei biasanya membuat chipsetnya sendiri, tetapi larangan perdagangan AS memperumit hal tersebut.

Terakhir, ada juga bukti penggunaan Snapdragon 8 Gen 1 setidaknya di satu ponsel Vivo. Di luar bocoran dan rumor tersebut, Techradar berspekulasi ponsel lain seperti Sony Xperia 1 IV menggunakan chipset ini, berdasarkan bentuk sebelumnya.

Jangan berharap ponsel Pixel tahun 2022 akan menggunakannya karena kemungkinan Google akan terus menggunakan chipset Tensornya sendiri.

Satu hal yang janggal yakni rumor bahwa Samsung tidak akan menggunakan chipset Exynos pada model Galaxy S22 tertentu.

Nah, jika kamu membeli smartphone Android high-end tahun 2022, kemungkinan besar Snapdragon 8 Gen 1 menjadi prosesornya.

Dengan chipset barunya, Qualcomm menjanjikan perubahan besar dalam kamera, game, dan Artificial Intelligence (AI).

Ketiganya merupakan elemen kunci dari apa yang dicari orang pada smartphone. Jadi, Qualcomm ingin menjadikan merek Snapdragon sebagai pemimpin di aspek tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.