Rumus Excel Menghitung Persen Yang Mudah Untuk Pemula

1 bulan lalu, by Digitek

Rumus excel menghitung persen

Ms. Excel tak hanya digunakan untuk menghitung data tetapi juga meyajikannya dalam bentuk persentase. Artikel kali ini akan membahas rumus Excel menghitung persen yang mudah untuk pemula.

Penting bagi para pengguna Ms. Excel apalagi yang berkaitan dengan profesi admin untuk mengetahui bagaimana menghitung presentase. Langsung saja, berikut panduannya.

Menampilkan Persen (%) di Excel

Sebelum masuk ke rumus, ketahui terlebih dahulu bagaimana cara menampilkan persen di Excel. Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Ketikkan lambang satuan persen (%) di excel secara langsung dari keyboard
  • Memformat sel excel dengan mengubah style format persen. Caranya dengan klik tab Home pada bagian menu bar – number –   Atau bisa langsung tekan Ctril + Shift + %
  • Format sel presentase di kotak dialog format cells. Caranya klik home – number format – format cells atau klik kanan pada sell dan pilih format cells.

Cara Menghitung Persentase di Excel

Nah, untuk dapat menghitung persentase setidaknya dibutuhkan 2 variable yakni nilai yang akan dihitung persentasenya dan nilai pembanding dari nilai yang akan dihitung tersebut.

Rumus:

Rumus Excel Menghitung Presen yang Mudah Untuk Pemula

Misalnya ada soal dengan pertanyaan : dari 20 soal test yang diberikan, A bisa menjawab 16 soal dengan benar. Berapakah presentasi jawaban benar A?

Jawabannya adalah : 16/20 * 100%

Hasilnya 80%

Contoh 1

Pada tahun 2020, perusahaan garmen menerima tenaga kerja baru di bidang sewing, cutting, dan trimming. Ada 500 pendaftar yang terbagi atas 200 pendaftar di bidang sewing, 150 pendaftar di bidang cutting dan 150 orang di bagian trimming. Pertanyaannnya :

  • Berapakah persentase pendaftar di bidang sewing dari seluruh pendaftar?
  • Berapakah persentase pendaftar di bidang cutting dari seluruh pendaftar?
  • Berapakah persentase pendaftar di bidang trimming dari seluruh pendaftar?

Rumus yang dapat Anda gunakan untuk menghitung persentase tersebut yakni:

Penerapannya di Excel :

Rumus Excel Menghitung Presen yang Mudah Untuk Pemula

Anda hanya perlu melakukan pembagian kolom pendaftar per lowongan ( misal kolom trimming ada di cell c7) dengan total pendaftar ( di cell c8) dan ditambahkan ikon presentase pada bagian belakangnya.

Contoh 2

Persentase juga bisa digunakan untuk mengetahui perubahan kenaikan dengan besaran presentasi dibandingan dengan nilai lama.

Penambahan ini didapat dengan mengurangi nilai baru dengan yang lama. Misalnya di tempat wisata X jumlah pengunjung tahun 2015 sebanyak 2000, tahun 2016 naik menjadi 2015, tahun 2017 bertambah menjadi 3000.

Tahun 2018 menjadi 3700, selanjutnya tahun 2019 ada sekitar 4200 pengunjung. Sementara di tahun 2020 terjadi penurunan menjadi 2000 pengunjung saja.

Pertanyaannya: Berapa persentase jumlah kenaikan atau penurunan pengunjung per tahunnya?

Kita bisa mengetahui  jumlah presentasi pengunjung tiap tahun apakah berkurang atau bertambah dengan rumus excel berikut.

excel

Nah, itulah rumus excel menghitung persen yang mudah untuk pemula lengkap dengan contohnya. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca jadi tahu bagaimana menerapkan rumus presentase di Ms. Excel dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *