Perlengkapan Minimal Buat YouTuber Pemula yang Wajib Dimiliki

3 bulan lalu, by Digitek

Perlengkapan untuk YouTuber pemula

YouTuber kini menjelma menjadi profesi yang diidamkan banyak kalangan. Bagaimana tidak, hanya bermodalkan passion saja kita bisa mendulang pund-pundi rupiah. Namun, disamping passion, perlengkapan minimal buat youtuber pemula juga harus disiapkan.

Bagi yang suka bermain game misalnya, bisa menjajal untuk membahas dunia game atau unjuk gigi dalam permainan yang kamu kuasai. Bagi yang suka traveling, bisa membuat channel berisi travel vlog, dan banyak lagi.

Namun, sebelum menjajal kesuksesan sebagai Youtuber, pastikan untuk menyiapkan sejumlah peralatan dasar untuk membuat konten berikut ini.

1. Handphone atau Kamera

Perlengkapan Minimal Buat YouTuber Pemula yang Wajib Dimiliki

via Pixabay

Perlengkapan pertama yang wajib ada yakni Handphone. Gunakan HP dengan resolusi kamera yang bagus dan performa tinggi agar tidak mudah ngelag. Sekarang, sudah banyak beredar hp spek dewa namun harganya murah meriah.

Kamu bisa membeli hp memori besar dengan harga 2jutaan yang kami bahas di artikel sebelumnya. Baca di sini

Lebih bagus lagi jika kamu menggunakan kamera agar menghasilkan video yang menarik dan berkualitas. Kualitas video yang bagus juga bisa membantu meningkatkan popularitasmu.

2. Microphone

2. microphone

via Pixabay

Selain HP dan kamera, microphone juga punya peran penting bagi Youtuber. Jika videonya sudah bagus namun tidak diimbangi dengan audio yang baik, pengunjung juga akan bubar.

Tidak perlu menggunakan microphone yang besar. Cukup gunakan clip on atau shotgun mic untuk mendapatkan kualitas audio yang jernih.

Ada beberapa jenis microphone yang bisa kamu gunakan :

  • Condenser Microphone, biasanya digunakan oleh Youtuber Gamer
  • Microphone Lavalier atau clip on mic , cocok digunakan untuk Youtuber yang membutuhkan kepraktisan, seperti travel vlog misalnya.
  • Shotgun Microphone dengan fokus menerima sinyal suara dari satu arah saja. Jenis ini direkomendasikan karena bisa menghasilkan kualitas suara sangat jernih.

3. Tripod

tripod

via Pixabay

Tripod penting untuk membantu agar kamera tidak bergoyang. Penonton biasanya malas untuk melihat video amatir yang bergoyang-goyang. Nah, tripod inilah yang akan membantu Youtuber untuk mendapatkan hasil video yang stabil dan terlihat profesional.

Selain Tripod, kamu bisa menggunakan Stabilizer khusus HP untuk mengurangi gerakan berlebihan pada konten yang sedang dibuat.

4. Lighting

lighting

via Raze

Meski baru terjun di dunia Youtuber, tidak ada salahnya untuk menggunakan Lighting agar area shooting tidak gelap. Jika dana terbatas, bisa menggunakan opsi lain yang lebih murah yakni lampu LED.

Ini penting, terutama bagi yang membuat konten didalam ruangan. Selain untuk penerangan, lighting juga akan memberikan kesan dimensi yang membuat konten di Youtube semakin diminati penonton.

5. Laptop atau Komputer

Perlengkapan Minimal Buat YouTuber Pemula yang Wajib Dimiliki

via Pixabay

Komputer dan laptop mutlak dibutuhkan bagi Youtuber. PC atau laptop inilah yang digunakan untuk menyimpan dan melakukan editing sebelum konten diupload.

Jika ingin menjadi YouTuber game, gunakan PC Gaming seperti ROG GL10, Inspire R3 AMD Ryzen 3, atau lainnya. Ini penting karena processing power komputer untuk bermain game lebih handal dibanding PC biasanya.

6. Software Editing

Perlengkapan Minimal Buat YouTuber Pemula yang Wajib Dimiliki

via pixabay

Untuk kebutuhan editing atau penyuntingan video dan audio, software editing haruslah ada. Terdapat banyak pilihan software editing yang bisa kamu gunakan.

Selain untuk menyunting video, software tersebut juga bisa dipakai untuk membuat grafis thumbnail. Semakin menarik thumbnail yang dibuat, semakin penasaran penonton untuk mengklik video kita.

Tetapi jika belum punya modal untuk membeli laptop atau PC, kalian bisa menggunakan smartphone untuk mengedit video. Tapi jangan menggunakan HP yang kentang ya karena bakal ngelag.

7. Koneksi Internet

internet

via Pixabay

Tak kalah penting, koneksi internet yang stabil dan besar dibutuhkan untuk mengunggah konten yang sudah diedit ke Youtube channel.

Sebaiknya gunakan Wi-Fi agar lebih stabil dan juga tidak boros. Namun, bagi pemula tidak apalah menggunakan data. Jika YouTube channel kamu sudah mulai menghasilkan pundi-pundi rupiah maka Wi-Fi adalah pilihan yang harus kamu pertimbangkan.

Akhir Kata

Nah gimana dengan rekomendasi perlengkapan minimal untuk YouTuber pemula diatas? Mudah-mudahan bisa memberikan kamu inspirasi untuk segera bisa membuat konten untu channel kamu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *