Nama Dan Jenis Port USB yang Ada Saat Ini

By Digitek

Port USB (Universal Serial Bus) tersebar di mana-mana. Jika pernah mencharge perangkat elektronik, mulai dari smartphone, kamera, hingga laptop yang lebih baru, kamu pasti sering menggunakannya.

Namun, kabel USB datang dalam berbagai bentuk dan ukuran meskipun banyak dari mereka melakukan hal yang sama. Dalam panduan singkat dan praktis ini, kami akan melihat semua jenis port USB yang tersedia di pasaran.

Apa itu USB?

USB adalah standar industri untuk menghubungkan, berkomunikasi, dan mengisi daya perangkat atau aksesori. Singkatan dari Universal Serial Bus. Ada berbagai jenis kabel dan konektor USB, yang akan kami bahas lebih detail di bawah ini.

USB Type A

Nama Dan Jenis Port USB yang Ada Saat Ini

via pixabay

Konektor USB Tipe-A sangat umum dijumpai dan kemungkinan dan merupakan salah satu satu ujung dari banyak kabel USB saat ini.

Kamu bisa menghubungkan smartphone, kamera, keyboard, dan lainnya ke komputer untuk mentransfer data, atau mencolokkan ke wall chargers untuk mengisi daya gadget dengan port Tipe-A.

USB Type B

Nama Dan Jenis Port USB yang Ada Saat Ini

via pixabay

Kabel ini tidak begitu umum dan serbaguna seperti yang lain dalam daftar ini. Konektor USB Tipe-B biasanya digunakan menghubungkan printer dan scanner ke komputer.

Mereka punya bentuk persegi dengan sudut eksterior miring di ujung bagian atas. Kamu mungkin masih menemukan port USB Type-B di beberapa perangkat, tetapi sekarang mulai langka.

Mini USB

MINI USB

via pixabay

Mini USB merupakan standar untuk berbagai perangkat zaman dahulu tetapi dengan cepat digantikan oleh konektor micro-USB yang akan kami jelaskan di point selanjutnya.

Kamu bisa menemukannya di beberapa model gadget yang lebih lama, terutama kamera, pemutar MP3, dan game controller.

Seperti namanya, ia punya bentuk lebih kecil dari USB biasa tetapi lebih besar jika dibandingkan dengan penerusnya.

Micro-USB

micro usb

via pixabay

Micro-USB diadopsi secara luas tetapi dengan cepat ditinggalkan. Konektor micro-USB berukuran kecil, memungkinkan produsen memproduksi perangkat yang lebih ramping.

Dahulu, beberapa smartphone ultra-affordable menggunakan port ini. Sekarang, kamu mungkin masih menemukan port micro-USB pada aksesori tertentu seperti speaker Bluetooth, earphone nirkabel, smartwatch charging stands, dan banyak lagi.

USB Type-C

USB TYPE C

via pixabay

USB-C adalah raja terbaru dalam hal kabel USB yang bisa ditemukan di sebagian besar perangkat baru.

Ia menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada versi USB sebelumnya. Keuntungan terbesar dari USB-C adalah dapat dibalik dan dapat dicolokkan di sisi atas ataupun bawah. Ia telah menjadi standar baru untuk perangkat seluler saat ini.

Itulah berbagai nama dan jenis port USB yang ada saat ini. Kamu juga mungkin tertarik membaca Aksesoris HP Keren yang Harus Dimiliki, Banyak Manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.