12 Rekomendasi Merek Memory Card Terbaik 2020

3 minggu lalu, by digitek

Merek Memory Card Terbaik

Untuk kebutuhan penyimpanan data yang banyak, kamu pasti bakalan membutuhkan keberadaan microSD sebagai media penyimpanan yang ringkas dan banyak manfaat. Apalagi microSD bisa digunakan di berbagai perangkat, mulai dari smartphone, action camera, DSLR, drone, dan lain sebagainya. Di pasaran sendiri hadir banyak sekali jenis memory card terbaik yang menawarkan fitur-fitur tertentu dan beragam kapasitas penyimpanan.

Memilih microSD terbaik tentunya bukan hal yang mudah. Soalnya, banyak sekali hal yang perlu kamu perhatikan. Berbeda kebutuhan, pastinya jenis microSD nggak bisa disamakan. Untuk itu, sebelum membeli microSD, perhatikan dulu nih beberapa hal berikut ini.

Tips memilih kartu memori terbaik

1. Pilih microSD dengan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan

Sebelum membeli memory card terbaik, ketahui dulu tujuan penggunaannya. Apakah kamu membutuhkan microSD untuk menyimpan foto, lagu, data-data konsol game portabel, atau justru video-video berkualitas tinggi seperti video 4K. Ada beberapa jenis microSD, yaitu tipe SD dengan kapasitas maksimal 2GB yang cocoknya digunakan untuk menyimpan file-file kecil dalam jumlah sedikit.

Lalu ada SDHC (16GB hingga 32GB) yang cocoknya sih digunakan pada smartphone karena kapasitasnya nggak terlalu besar tetapi tetap memuat banyak file. Sementara itu, ada juga tipe SDXC (mulai 64GB hingga 2TB) yang bisa digunakan untuk penyimpanan file-file besar, seperti file gaming, video Ultra HD 4K, foto burst, dan lain sebagainya.

2. Pertimbangkan performa kecepatan microSD

Ada beberapa hal yang memengaruhi performa kecepatan microSD. Hal-hal di bawah ini soalnya berkaitan dengan kecepatan transfer data, kecepatan membaca data, dan lain sebagainya.

  • Speed class

    Yang pertama ada speed class yang berpengaruh di perekaman video perangkatmu. Speed class yang rendah menyebabkan gambar pada video jadi pecah atau patah-patah. Speed class dari microSD terdiri dari Class 2, Class 4, Class 6, dan Class 10. Kemudian ada juga UHS Class. UHS ini memengaruhi kecepatan baca dan tulis microSD.

    Biasanya produk di pasaran terdiri dari UHS-I, UHS-II, dan UHS-III. Jenis speed class selanjutnya adalah Video Speed Class yang sangat memengaruhi perangkat untuk merekam video berkualitas. Untuk perekaman video 4K sih recommended menggunakan V10 atau V30. Sementara untuk perekaman video 8K, sebaiknya menggunakan V60 atau V90.

  • Kecepatan baca

    Kecepatan baca (reading speed) sangat memengaruhi saat kamu akan menikmati file yang ada di microSD. Semakin tinggi reading speed, kamu nggak akan menunggu file loading terlalu lama.

  • Kecepatan tulis

    Selain kecepatan baca, ada juga kecepatan tulis (writing speed) yang mendukung performa untuk menyimpan dan mencadangkan data. Semakin tinggi writing speed, kecepatan penyimpanan atau pendacangan data tentu semakin baik.

3. Pertimbangkan fitur-fitur yang ada

Berbagai merek kartu memori terbaik akan memiliki fitur-fitur tertentu selain menawarkan performa yang oke. Fitur tersebut misalnya adalah untuk recovery atau memulihkan data yang sempat terhapus maupun rusak. Untuk kapasitas microSD yang besar dan digunakan untuk penyimpanan data-data penting, fitur ini pastinya bakalan sangat berguna.

4. Pertimbangkan ketangguhan atau daya tahan microSD

MicroSD yang mudah rusak pastinya sangat mengancam keamanan data. Untuk itu, kamu bisa memilih microSD terbaik yang memiliki daya tahan tangguh. Banyak kok produk microSD yang memiliki fitur tahan air, tahan benturan, hingga tahan panas atau tahan air laut. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan penggunaan.

5. Pertimbangkan garansi yang ditawarkan

Garansi menjadi layanan penting yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih memory card terbaik. Biasanya, produsen microSD akan memberikan layanan garansi jika produk yang diterima rusak atau cacat. Nantinya garansi bisaberupa perbaikan, penggantian produk baru, dan lain sebagainya sesuai ketentuan suatu produsen. Kalau kamu membeli microSD berkapasitas besar dengan performa oke, pastinya harga akan lebih mahal. Akan rugi bukan kalau nggak ada layanan garansinya kan?

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih kartu memori terbaik. Kini, nggak perlu bingung lagi dengan berbagai merek yang ada. Kamu bisa menyimak rekomendasi berikut ini.

Rekomendasi merek microSD terbaik

1. SanDisk Ultra A1

Memory card terbaik

Photo via blibli.com

Soal rekomendasi merek memory card terbaik, dimulai dari SanDisk Ultra A1. MicroSD yang satu ini bakalan menjawab kebutuhanmu soal media penyimpanan di perangkat digital seperti smartphone, kamera, maupun drone. SanDisk Ultra A1 hadir dengan beberapa kapasitas penyimpanan yang berbeda, mulai dari 16GB, 32GB, 64GB, 128GB, 200GB, 256GB, 400GB, hingga 512GB. Kamu bisa lebih bebas memilih sesuai kebutuhan deh.

Untuk SanDisk Ultra A1 dengan kapasitas penyimpanan kecil seperti 16GB dan 32GB, hadir dalam bentuk SDHC yang memiliki kemampuan baca hingga 98MB per detik. Sementara kapasitas 64GB hingga 512GB hadir dalam bentuk SDXC yang kemampuan bacanya hingga 100MB per detik.

Selain itu, SanDisk Ultra A1 juga memiliki beragam keunggulan lho. Di antaranya sudah menerapkan standar-standar media penyimpanan Secure Digital, yaitu A1. Syarat memiliki label A1 adalah memiliki Random Read di angka 1500 IOPS, Random Write di angka 500 IOPS, dan Sequental Read-Write di angka 10 MB/s.

Itulah kenapa SanDisk Ultra A1 sangat cocok disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan untuk kebutuhan fotografi, gaming, dan perekaman video 4K pun akan berjalan dengan lancar. Keunggulan lain dari kartu memori terbaik ini juga tersedianya aplikasi SanDisk Memory Zone di mana memungkinkan kamu untuk melihat, mengakses, dan mencadangkan file dalam satu lokasi.

Soal harga tentu beragam sesuai dengan kapasitas penyimpanannya. Untuk kapasitas 64GB dibandrol sekitar Rp 150.000-an. Sementara untuk kapasitas besar 400GB dibandrol seharga Rp 1,2 jutaan. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, SanDisk Ultra A1 memang layak untuk dipilih.

2. SanDisk Extreme Pro A2 MicroSD

Memory card terbaik

Photo via blibli.com

SanDisk Extreme Pro A2 termasuk microSD terbaik yang bisa kamu pilih dengan salah satu keunggulan yaitu nggak menurunkan kinerja smartphone-mu. MicroSD ini cocok kok untuk semua jenis smartphone yang mendukung kartu eksternal. Salah satu keunggulannya adalah sudah mendukung teknologi A2. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi dalam mengakses file atau aplikasi di kartu memori.

Karena SanDisk Extreme Pro ini sudah mendukung teknologi A2, berarti teknologi yang digunakan adalah SD Physical 6.0 dari data SD Association. Soal performa pastinya lebih cepat dibanding teknologi A1. Selain itu, microSD yang satu ini menggunakan fungsi Command Queuing dan Cache sehingga manajemen memori lebih efisien. Untuk loading game, mengecek audio, atau membuka aplikasi, pastinya nggak akan lemot.

Soal kecepatan, SanDisk Extreme Pro A2 ini memiliki kecepatan baca maksimal 170MB per detik dan kecepatan tulis 90MB per detik. Sementara itu, performa baca IOPS-nya dalam angka 4000 dan tulis IOPS-nya dalam angka 2000. Selain itu, microSD ini sudah mengusung UHS Kelas 3 (U3) dan peringkat kecepatan V30. Sangat bisa diandalkan deh untuk perekaman video resolusi 4K (UHD) dengan 3840 x 2160 piksel.

Nggak hanya itu, merek memory card terbaik ini juga memiliki banyak fitur canggih, salah satunya adalah RescuePRO Deluxe. Fitur ini memungkinkanmu untuk bisa mendapatkan kembali file yang sudah dihapus. Ada kode yang tercantum di bungkus box penjualan dan kamu bisa mendaftarkan kartu microSD SanDisk-mu ke website resminya.

Pokoknya kartu memori yang satu ini cocok abis buat smartphone-smartphone keluaran terbaru hingga flagship di mana kamu membutuhkan kapasitas penyimpanan data-data penting yang banyak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya pada kamera DSLR, Voice Recorder, dan perangkat lainnya. MicroSD SanDisk Extreme Pro A2 tersedia mulai dari kapasitas 64GB, 128GB, 256GB, hinga 400GB. Harganya mulai Rp 400.000-an tergantung besarnya kapasitas.

3. Toshiba Exceria Pro SDHC UHS-II

Memory card terbaik

Photo via tokopedia.com

Selanjutnya, ada Toshiba Exceria Pro SDHC UHS-II yang juga recommended sebagai kartu memori terbaik. Kartu memori yang satu ini memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih luas dan kecepatan kinerja yang lebih kilat. Karena termasuk UHS kelas 2, kecepatan bacanya sendiri mencapai 270 MB/s dan kecepatan tulisnya 150 MB/s.

Untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data digital seperti musik, foto, maupun video hingga berkualitas FullHD tentunya sangat mampu. Sementara itu, dari segi kapasitas penyimpanannya sendiri terdiri dari 32GB. Untuk kapasitas 16GB, kecepatannya hanya 260 MB/s. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan, ya.

Keunggulan lain dari microSD Toshiba yang satu ini adalah didasarkan pada komponen memori non-volatile dan nggak memiliki bagian yang longgar maupun bagian yang dapat rusak dengan mudah. Untuk Toshiba Exceria Pro SDHC UHS-II 32GB, harganya adalah Rp 700.000-an.

4. SanDisk Extreme PRO MicroSDXC UHS-II

Memory card terbaik

Photo via westerndigital.com

Rekomendasi microSD terbaik selanjutnya lagi-lagi dari SanDisk, yaitu Extreme PRO MicroSDXC UHS-II. Memory card yang satu ini mampu memberikan kecepatan transfer hingga 275 MB/s, sehingga untuk membuka konten kartu hingga transfer file pun nggak perlu lama. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan reader USB 3.0 untuk memudahkan transfer data secara nyaman tanpa hambatan. Bahkan saat kamu ingin menikmati video berkualitas 4K juga lho.

SanDisk Extreme PRO MicroSDXC UHS-II ini juga bisa kamu gunakan untuk berbagai perangkat, seperti kamera aksi, drone, hingga smartphone berkinerja tinggi. Untuk perekaman video 4K UHD maupun Full HD juga lancar lho. Kartu memori terbaik dari SanDisk ini pun memiliki fitur tahan guncangan, tahan suhu, kedap air, dan tahan sinar-X. Jadi, lebih tahan lama untuk berbagai kondisi penggunaan.

Yang lebih menarik lagi, SanDisk Extreme PRO MicroSDXC UHS-II juga dilengkapi penawaran unduhan perangkat lunak pemulihan data Deluxe RescuePRO. Fitur ini memberikan kemudahan untuk memulihkan file yang telah dihapus secara nggak sengaja. Ada 2 pilihan kapasitas, yaitu 64GB dan 128GB dengan harga Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

5. Samsung Evo Plus MicroSDXC

Memory card terbaik

Photo via samsung.com

Kalau kamu mencari microSD terbaik dengan ketahanan yang luar biasa, Samsung Evo Plus MicroSDXC ini recommended untuk kamu pilih. Perangkat besutan Samsung ini memiliki tipe Class 10 dengan kecepatan baca mencapai 100MB/s dan kecepatan tulis 90MB/s. Klaimnya sih video 3GB dengan resolusi 4K saja bisa ditransfer selama 28 detik.

Dengan kapasitas yang besar yaitu hingga 512GB, kamu bisa menyimpan hingga 24 jam video 4K dan 150.300 gambar. Keunggulan lain dari kartu memori yang satu ini adalah memiliki ketahanan yang luar biasa. Bahkan microSD ini bisa bertahan selama 72 jam di air laut lho. Di suhu ekstrem, sinar-X, hingga area magnetik pun sangat kebal.

Pastinya microSD yang satu ini cocok untuk berbagai penggunaan, terutama untuk penyimpanan file-file besar di berbagai perangkat. Selain berkapasitas besar 512GB, ada juga produk Samsung Evo Plus MicroSD berkapasitas 32GB, 64GB, 128GB, dan 256GB dengan kecepatan serta harga yang pastinya berbeda. Untuk kapasitas 512GB, harga microSD ini sekitar Rp 1,5 jutaan hingga Rp jutaan.

6. Kingston Canvas React Plus

Memory card terbaik

Photo via tokopedia.com

Rekomendasi memory card terbaik kali ini adalah Kingston Canvas React Plus yang menawarkan keunggulan untuk kebutuhan performa tinggi. Kamu bisa menggunakannya bahkan untuk merekam video 4K/8K dan foto dalam resolusi tinggi. Tingkat ketahanan microSD yang satu ini cukup tinggi sehingga cocok juga digunakan pada perangkat seperti kamera DSLR, kamera mirrorless, hingga smartphone flagship yang punya beragam fitur canggih.

Kingston Canvas React Plus ini menawarkan kecepatan baca 285M/s dan kecepatan tulis 165MB/s. Selain itu, microSD ini memiliki rating Class 10 dengan sertifikasi UHS-II U3 Video Speed Class (V30). Jika kamu membeli kartu memori ini, kamu juga akan mendapatkan SD Adapter yang memudahkan untuk transfer ke berbagai perangkat, misalnya saja ke kamera digital.

Tersedia 3 pilihan kapasitas dari Kingston Canvas React Plus ini, yaitu 64GB, 128GB, 256GB. Harganya mulai Rp 1 jutaan untuk 64GB, 2 jutaan untuk 128GB dan Rp 3 jutaan untuk kapasitas yang tertinggi.

7. Lexar Professional 633x

Memory card terbaik

Photo via lexar.com

Lexar Professional 633x termasuk kartu memori terbaik yang cocok untuk pengguna profesional. Tersedia beragam pilihan kapasitas, yaitu mulai dari 32GB hingga 1TB. Untuk varian terendah hingga kapasitas 1TB, memiliki kecepatan baca hingga 95MB/s. Sedangkan untuk kecepatan menulis memiliki range dari 45MB/s hingga 70M/s. Sayangnya, performa kencang ini nggak diimbangi dengan bodi yang tangguh.

Memory card dari Lexar ini tentunya sangat mendukung untuk perekaman video FullHD hingga 4K. Selain itu, SD card ini pun kompatibel dengan gambar berkualitas tinggi. Cocok deh untuk penyimpanan data-data besar di segala perangkat. Harga Lexar Professional 633x ini mulai Rp 250.000-an untuk kapasitas 16GB hingga 3,5 jutaan untuk kapasitas 1TB.

8. PNY Elite Performance SDHC

Memory card terbaik

Photo via amazon.co.uk

Kamu mencari microSD terbaik yang sangat mumpuni digunakan untuk kamera DSLR? Coba saja PNY Elite Performance SDHC. Perangkat ini tersedia dalam beberapa kapasitas yang berbeda dengan kecepatan yang juga berbeda. Untuk kapasitas 32GB hadir dalam kartu UHS-I/U1, dan kapasitas 64GB hadir dalam bentuk U3. Selain itu, ada juga kapasitas yang lebih tinggi dari 64GB hingga mencapai 512GB.

Kalau untuk kecepatan bacanya, yang 32GB dan 64GB sendiri bisa mencapai 95MB/s. Oh ya, untuk yang UHS U3, tentunya bisa banget digunakan untuk merekam video kualitas FullHD hingga 4K. Pokoknya memory card ini sangat menawarkan kecepatan transfer data yang baik. Kamu nggak hanya bisa menggunakannya untuk kamera DSLR, tetapi juga untuk smartphone, tablet, drone, action cam, CCTV, dan lain sebagainya.

Yang lebih menarik lagi, PNY Elite Performance microSD ini pun menyediakan garansi seumur hidup. Untuk kapasitas 32GB, harganya hanya Rp 180.000-an. Kalau untuk yang 256GB, harganya mencapai Rp 1,2 jutaan. Kamu tinggal memilihnya sesuai kebutuhan deh.

9. Transcend MicroSDXC 330S

Memory card terbaik

Photo via transcend-info.com

Masih ada lho rekomendasi memory card terbaik buat kamu, yang kali ini ada Transcend MicroSDXC 330S. Kartu memori yang satu ini sudah memenuhi standar UHS Speed Class 3 (U3) dan UHS Video Speed Class 30 (V30) sehingga cocok untuk kebutuhan profesional. Untuk perekaman video 4K Ultra HD pun juga bisa lho. Kalau dari segi performa, Transcend MicroSDXC 330S memiliki kecepatan baca hingga 100MB/s dan kecepatan tulis 85MB/s.

MicroSD terbaik yang satu ini juga tersedia dengan kapasitas penyimpanan 64GB hingga 128GB. Selain itu, perangkat ini juga memiliki bodi yang cukup tangguh karena dilengkapi dengan temperature resistant, waterproof, shock proof, X-ray proof, dan static proof. Kalau kamu ingin mengembalikan data yang telah terhapus, ada juga fitur RecoveRx.

Oh ya, kalau kamu membeli kartu memori ini, akan diberikan SD Adapter juga. Untuk kapasitas 64GB, kamu bisa membeli dengan harga Rp 200.000-an. Adapun untuk kapasitas 128GB, harganya Rp 400.000-an.

10. Sony Micro SD UZ (Extreme Pro)

Memory card terbaik

Photo via tokopedia.com

Kartu memori terbaik yang layak untuk kamu berikutnya adalah Sony Micro SD UZ (Extreme Pro). MicroSD yang satu ini ditawarkan oleh UZA-Series yang menawarkan kemudahan pengiriman file berukuran besar dengan cepat. Sony Micro SD UZ (Extreme Pro) ini juga memenuhi standar UHS Speed Class 3 dan menawarkan kecepatan baca hingga 95 MB/s dan kecepatan tulis hingga 90 MB/s. Pas banget nih untuk kebutuhan penyimpanan maupun transfer data-data besar.

Untuk menangkap video 4K dan bust shooting pun microSD ini cukup mumpuni. Jika membeli kartu memori ini, akan ada Adapter SD yang memungkinkan bisa kompatibel dengan beragam perangkat. Kalau kamu ingin mengembalikan file yang terhapus, ada juga fitur File Rescue yang bisa memulihkan file-file tersebut. Untuk ukuran 32GB, harga microSD ini sekitar Rp 600.000-an. Sementara untuk kapasitas 64GB, harganya sekitar Rp 1 jutaan.

11. ADATA Premier Pro microSDXC/SDHC UHS-I U3 Class 10

Memory card terbaik

Photo via adata.com

Masih dengan rekomendasi microSD terbaik, kali ini ada produk dari ADATA, yaitu Premier SDHC UHS-I U3 Class 10. Kartu memori ini dibuat dengan tipe V30S dan memiliki kecepatan Class 10 U3. Dari segi performanya, kecepatan bacanya mencapai 100MB/S dan kecepatan tulis mencapai 60MB/s. Cocok juga kok digunakan untuk perekaman video Ultra HD 4K secara lancar.

Selain itu, microSD dari ADATA ini juga memungkinkan untuk pengambilan gambar dan video tingkat tinggi, termasuk untuk mode burst fotografi. Dari segi daya tahannya pun cukup oke, karena didukung perlindungan multi-point yang solid. Pokoknya bisa diandalkan banget deh untuk kebutuhan fotografi di momen-momen fantastis secara presisi.

Daya tahan yang tinggi tersebut karena microSD ini didukung oleh fitur waterproof, shockproof, X-ray proof, magnet proof, dan tahan terhadap suhu ekstrim. Kemudian fitur menarik lainnya adalah adanya Error Correcting Code (ECC) yang meminimalkan terjadinya eror saat kartu ini digunakan untuk transfer data. Untuk kapasitas 64GB, ADATA Premier SDHC UHS-I U3 Class 10 dijual seharga Rp 300.000-an.

12. Teamgroup Color Card II UHS-I U3 MicroSD Card

Memory card terbaik

Photo via teamgroupinc.com

Memory card terbaik yang satu ini pun layak untuk kamu pilih sebagai perangkat untuk penyimpanan data-data besar. Produk dari seri Elite yang diluncurkan oleh Tim Group Inc. ini menawarkan kualitas yang oke, termasuk dari segi stabilitas, daya tahan, dan konsumsi daya yang rendah. Namun, performanya tetap luar biasa dengan kecepatan baca 90MB/s dan kecepatan tulis 45MB/s.

MicroSD yang satu ini punya desain yang indah dengan tampilan gradasi warna yang menarik. Daya tahannya pun cukup tangguh karena dilengkapi perlindungan meliputi waterproof, dustproof, dan X-ray proof. Ada beberapa pilihan kapasitas dari produk Teamgroup ini, yaitu MicroSDHC 16GB dan 32GB, serta MicroSDXC 64GB dan 128GB. Untuk kapasitas 64GB harganya hanya Rp 200.000-an, sementara untuk kapasitas 128GB, harganya Rp 1 jutaan.

Nah, dari rekomendasi memory card terbaik di atas, masing-masing punya keunggulan tersendiri, bukan? Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan pemakaian dan tentunya juga perlu disesuaikan dengan jenis perangkat yang kamu gunakan. Mana nih produk kartu memori terbaik yang bikinkamu tertarik?

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *