20 Game FPS Terbaik Untuk PC dan Mobile 2020

2 minggu lalu, by digitek

Game FPS Terbaik PC dan Mobile

Buat kalian para gamers pastinya sudah pada tahu berbagai genre game yang ada saat ini bukan? Mulai dari Real Time Strategy, Role Playing Game, Action, First-Person Shooter, dan lain sebagainya. Kali ini tim Digitek.id akan merangkumkan 20 rekomendasi game FPS (First-Person Shooter) terbaik untuk PC dan Mobile buat kalian mainkan. Rekomendasi kali ini kami kumpulkan dan seleksi berdasarkan popularitas, kualitas game, keseruan, dan penghargaan-penghargaan yang sudah didapat oleh game tersebut.

Tak perlu berlama-lama, ini dia 10 Game First-Person Shooter terbaik untuk PC dan HP 2020 versi Digitek.id.

20 Game FPS Terbaik PC dan Mobile

10 Game FPS Terbaik PC

1. Half Life 2

Game FPS terbaik PC

Photo via half-life.com

Kita awali rekomendasi game FPS terbaik untuk PC dengan Half Life 2. Half Life 2 merupakan kelanjutan dari Half Life (1998) yang dirilis pada tahun 2004. Kenapa game yang sudah sangat tua ini bisa masuk list? mari kita simak bersama.

Half Life 2 merupakan game single player FPS yang dikembangkan dan dipublish oleh Valve Corporation. Game ini bertemakan dunia yang telah dijajah oleh alien. Tidak seperti game single-player pada umumnya yang memiliki aksi, projectile, dan alat-alat yang canggih, Half Life 2 cenderung terkesan biasa. Sebuah game single-player yang tidak memiliki aksi sinematik, map yang tidak terlalu ramai dengan detail-detail kecil yang beterbangan, dan alat-alat canggih pemusnah masal yang biasa memanjakan mata.

Lalu, apa yang membuat Half Life 2 spesial? Half Life 2 menjadi game FPS paling fenomenal sampai sekarang karena aspek-aspek kecil yang benar-benar membuat game itu hidup yang tentu tidak dimiliki oleh game lain pada masa itu. Game ini memiliki Story-telling dari map, detail physics yang sempurna, dan tentu alur cerita yang membuat para pemainnya selalu ingin memainkannya kembali. Half Life 2 menjadi batu loncatan besar untuk genre FPS.

Half-life 2 dapat didownload melalui steam dengan membayar 69.999 Rupiah. Spesifikasi minimum untuk memainkan game ini adalah prosesor berkekuatan 1.7 GHz, 512 RAM, VGA yang mensupport DirectX 8.1, dan 6.5 GB Penyimpanan.

2. Overwatch

Game FPS terbaik PC

Photo via playoverwatch.com

Berikutnya ada Overwatch yang bergenre multiplayer FPS dan dipadukan dengan skill-skill layaknya RPG. Game ini memiliki tempo cepat, para pemain harus lincah dalam menyerang dan menghindari serangan musuh. Mode dari gamenya berbeda dari game multiplayer FPS pada umumnya. Ada mode mengawal, mode menguasai titik, ada mode Capture The Flag, dan lain sebagainya. Setiap karakter memiliki skill, gameplay, peran, dan keunikan sendiri-sendiri. Para player harus  mengerti kelebihan dan kekurangan setiap karakter untuk merancang strategi dengan matang.

Overwatch dapat didownload melalui Blizzard dengan membayar sebesar 300 ribu untuk edisi standar dan 600 ribu untuk edisi legendari. Spesifikasi minimum yang diperlukan untuk memainkannya adalah Intel Core i3 atau AMD Phenom X3 8650 untuk prosesor, NVIDIA GeForce GTX 460 atau ATI Radeon HD 4850 untuk VGA, 4 GB RAM, dan 15 GB ruang penyimpanan.

3. Left 4 Dead 2

Game FPS terbaik PC

Photo via youtube.com

Beralih ke tema zombie, Left 4 Dead 2 adalah sebuah game single player / co-op fps yang bisa dikatakan cukup tua namun tetap menjadi favorit untuk tema horror-zombie. Left 4 Dead 2 bercerita tentang kelompok beranggotakan 4 orang yang berusaha menyelamatkan diri dari kota yang sudah dipenuhi dengan zombie. Setiap anggota kelompok tersebut dapat dimainkan oleh player, hal ini membuat Left 4 Dead 2 menjadi game yang seru dimainkan saat LAN Party. Para pemain harus menyelesaikan misi yang ada pada setiap map untuk menyelesaikan game. Ada banyak pilihan senjata seperti pedang, tongkat pemukul, beragam senjata api, beragam peledak, sampai gergaji mesin dapat digunakan untuk menumpas zombie-zombie yang ada.

Left 4 Dead 2 dapat didownload melalui steam dengan membayar sebesar Rp. 69.999. Spesifikasi minimum yang diperlukan tidak terlalu berat, yaitu Intel Penium 4 untuk prosesor, VGA dengan memori 128 MB, 2GB RAM, dan penyimpanan sebesar 13GB.

4. Counter Strike: Global Offensive

Game FPS terbaik PC

Photo via counter-strike.net

Siapa yang tidak mengenal game counter strike ? Game yang booming dan fenomenal hingga akhirnya menjadi standar untuk game-game fps yang lahir setelahnya. Game ini merupakan game multiplayer online FPS. Pada awalnya, counter-strike hanyalah mod dari half-life, sebuah game karya valve yang berhasil membuat para pemainnya bertahan karena alur ceritanya yang menarik. Dari pertama diluncurkan, counter-strike sudah memeliki beberapa versi seperti Counter Strike 1.6, Condition Zero, Counter-Strike Source dan yang masih bertahan hingga saat ini Counter Strike: Global Offensive. Counter-Strike memiliki tempo permainan yang pelan dan tenang, pemain harus pintar mengatur posisi dan memiliki reflek yang bagus agar tidak terbunuh dengan cepat. Selama bertahun-tahun Counter Strike : Global Offensive atau disingkat CS:GO memiliki 2 mode yang khas yaitu bomb mission dan hostage rescue.

CS:GO dapat didownload secara gratis melalui Steam. Spesifikasi minimum yang diperlukan untuk memainkannya adalah Intel Core 2 Duo E6600 atau AMD Phenom X3 8750 untuk prosesor, 2GB RAM, VGA dengan memory 256 MB, dan 15 GB penyimpanan.

5. Call of Duty: Modern Warfare (Remastered)

Game FPS terbaik PC

Photo via express.co.uk

Game yang tidak kalah populer di kalangan para gamers berikutnya adalah Call of Duty. Game single player fps ini selalu bisa memanjakan pemainnya dengan aksi-aksi yang keren, misi-misi yang menegangkan, beragam latar yang memukai, dan tentu jalan cerita yang seru di setiap serinya. Tema dari Call of Duty berbeda-beda, lengkap mulai dari masa perang dunia kedua hingga tema semi robot khas masa depan. Dari pertama rilis pada tahun 2003 hingga tahun 2020 kini, Call of Duty sudah memiliki sebanyak 16 seri.

Seri Call of Duty yang dinobatkan sebagai seri terbaik oleh beberapa sumber adalah Call of Duty : Modern Warfare (Remastered) yang rilis pada tahun 2016. Modern Warfare memiliki alur cerita yang penuh teka-teki dengan plot twist dan pengkhianatan, feedback yang kuat dari setiap aspek dalam game, desain map yang brilian, dan beberapa misi yang sangat membekas di ingatan para pemainnya membuat game ini berhasil menjadi yang terbaik mengalahkan seri-seri yang lain.

Call of Duty : Modern Warfare Remastered dapat didownload melalui Steam dengan harga 522.999 Rupiah. Spesifikasi minimum untuk memainkannya adalah Intel Core i3-3225 berkekuatan 3.30GHz untuk prosesor, NVIDIA GeForce GTX 660 atau AMD Radeon HD 7850 untuk VGA, dan 8 GB RAM. Penyimpanan yang diperlukan berubah seiring update, pada awal release game ini berukuran 8GB, hingga sekarang berukuran 39.18GB.

6. Battlefield 1

Game FPS terbaik PC

Photo via ea.com

Franchise battlefield sering dikatakan menjadi rival dari Call of Duty. Jika Call of Duty bergenre single-player FPS, maka Battlefield lebih terfokus pada multiplayer berskala besar. Dua skuad akan bertarung di sebuah map berukuran besar, player dapat menggunakan kendaraan-kendaraan yang dimiliki oleh masing-masing skuad seperti tank, pesawat tempur, mobil, dll untuk menerjang musuh.

Dari pertama rilis pada tahun 1999 dengan nama Codename Eagle, hingga kini Battlefield memiliki 19 series khusus di PC. Belum termasuk di mobile dan sub-sub seriesnya. Seri manakah yang terbaik sering menjadi perdebatan karena masing-masing seri memiliki tema dan keunikan mekanismenya masing-masing. Menurut beberapa sumber, mereka setuju bahwa seri terbaik adalah Battlefield 1, seri yang bertemakan perang dunia pertama. Peperangan dengan teknologi militer pada perang dunia pertama membuat suasana menjadi seru dan menegangkan. Pemain dapat menggunakan laras panjang, pistol, pedang, bahkan mengendarai kuda. Battlefield 1 dikatakan menjadi game menembak berkuda dengan mekanisme terbaik.

Battlefield 1 dapat didownload melalui Steam seharga 562.000 Rupiah. Spesifikasi minimum yang diperlukan untuk memainkan game ini adalah Intel Core i5-6600K atau AMD FX-6350 untuk prosesor, NVIDIA GeForce GTX 660 atau AMD Radeon HD 7850 untuk VGA, 8 GB RAM, dan 50 GB ruang penyimpanan.

7. Valorant

Game FPS terbaik PC

Photo via playvalorant.com

Valorant merupakan game yang baru rilis pada awal juni tahun 2020. Game karya Riot Games ini memadukan tempo permainan yang tenang dan penuh perhitungan ala CS, dipadukan dengan skill-skill ala game RPG. Meski sama-sama game FPS dengan Skill, Valorant memiliki perbedaan yang signifikan dengan Overwatch dari mode bermainnya. Overwatch memiliki tempo permainan yang cepat sedangkan Valorant memiliki tempo yang tenang. Setiap karakter memiliki skill unik dan perannya masing-masing. Ada yang bertugas untuk mendeteksi keberadaan musuh, menyembuhkan rekan, menyerang, menutup pengelihatan, dll. Game ini memiliki desain visual yang semi realistik.

Valorant dapat didownload secara gratis melalui Riot Games. Spesifikasi minimum yang diperlukan untuk memainkannya adalah Intel Core i3-370M untuk prosesor, Intel HD 3000 untuk VGA, 4GB RAM, dan 10 GB penyimpanan.

8. Apex Legend

Game FPS terbaik PC

Photo via twitter.com

Apex Legend rilis pada awal februari tahun 2019. Memiliki tempo permainan yang cepat dan penuh aksi, game ini menawarkan suasana yang benar-benar berbeda dari para pesaingnya di kategori battle royale. Satu tim beranggotakan 3 orang, setiap pemain berperan sebagai karakter yang memiliki skill dan peran yang berbeda-beda. Tempo dari permainan ini benar-benar cepat, pemain harus sigap berpindah-pindah dan mencari posisi untuk menerjang musuh dari tempat yang tidak terduga. Apex Legend merupakan spin-off dari game Titanfall. Menyerang atau diserang, hanya itu pilihan yang ada disetiap matchnya. Game ini memiliki desain visual yang futuristik dengan tema sci-fi.

Apex Legend dapat diundur secara gratis melalui Origin. Spesifikasi minimum yang diperlukan untuk memainkannya adalah Intel Core i3-6300 atau AMD FX-4350 untuk prosesor, NVIDIA GeForce GT 640 atau Radeon HD 7730 untuk VGA, 6GB Ram, dan minimal 22 GB penyimpanan.

9. Rainbow Six Siege

Game FPS terbaik PC

Photo via amazon.co,uk

Rainbow Six Siege bertemakan multiplayer online FPS. Game ini memiliki tempo yang tenang dan intense. Pemain bisa memasang jebakan, melihat situasi melalui CCTV atau drone beroda, grapple hook, dan memasang ‘pintu’ untuk menutup akses masuk. Hal yang dapat ditawarkan game ini adalah skenario permainan yang selalu berubah-ubah. Tim penyerang tidak boleh gegabah dengan langsung menorobos masuk, mereka harus memastikan setiap sisi untuk melihat jebakan. Tim bertahan tidak boleh hanya terfokus pada satu jalur masuk, mereka harus selalu waspada sekitar karena tim penyerang dapat membuat akses masuk dari manapun. Sinergi dan kerja sama antar anggota tim akan selalu menghasilkan strategi dan skenario permainan yang baru pada setiap matchnya.

Rainbow Six Siege dapat didownload melalui Steam seharga 205.000 Rupiah. Spesifikasi minimum untuk memainkannya adalah Intel Core i3 560 atau AMD Phenom II X4 945 untuk prosesor, NVIDIA GeForce GTX 460 atau AMD Radeon HD 5870 untuk VGA, 6 GB RAM, dan 61 GB ruang penyimpanan.

10. Titanfall 2

Game FPS terbaik PC

Photo via wikipedia.org

Titanfall 2 bergenre single player FPS dengan tema Sci-Fi lengkap dengan robot-robot. Game ini memiliki tipe permainan cepat yang dipenuhi dengan aksi. Player dapat meluncur sesaat, berlari di tembok, dan mengendarai mesin bernama titan. Titanfall sudah memiliki 2 seri utama dan 2 seri spin-off. Apex Legend merupakan salah satu dari seri spin-off dari Game ini, tidak heran jika audio, tempo permainan, dan desain dari kedua game ini mirip atau bahkan sama.

Titanfall 2 dapat download melalui Steam seharga 422.000 Rupiah. Spesifikasi minimum untuk memainkannya adalah Intel Core i3-6300t untuk prosesor, NVIDIA GeForce GTX 660 atau AMD Radeon HD 7850 untuk VGA, 8 GB RAM, dan 45 GB ruang penyimpanan.

10 Game FPS Terbaik Mobile

11. PUBG Mobile

Game FPS terbaik mobile

Photo via play.google.com

Game FPS terbaik berikutnya adalah PUBG Mobile dan rering disingkat menjadi PUBG-M, merupakan sebuah game multiplayer online bergenre battle royale FPS. Game ini mengusung tema online multiplayer shooter dengan desain yang realistik. Meskipun permainannya terkesan sama pada setiap matchnya, para pemain dibuat ketagihan dengan kemungkinan yang selalu berbeda. Selain itu, Tencent Mobile sebagai pengembang sekaligus publisher untuk PUBG-Mobile aktif memberi event-event yang menarik untuk memanjakan pemain.

Dilansir dari Wikipedia, PUBG-M sudah menyentuh angka 1 miliar donwnload sampai juli 2020 dengan jumlah pemain aktif setiap harinya mencapai 50 juta pemain. Angka yang cukup fantastis. Sampai saat ini, PUBG-M telah memperoleh beberapa penghargaan yang bergengsi dari pertama rilis pada pertengahan tahun 2016.

PUBG-M dapat didownload dan dimainkan secara gratis melalui Android maupun iOS. Dengan 2 GB penyimpanan dan 2 GB RAM, kalian sudah dapat memainkan game ini dengan setting rata kiri (kualitas paling rendah).

12. Call of Duty Mobile

Game FPS terbaik mobile

Photo via cnet.com

Berikutnya ada game FPS terbaik untuk mobile yang pastinya sudah tidak asing yaitu Call of Duty Mobile. COD-Mobile merupakan bagian dari franchise Call of Duty yang sudah lama booming di PC. Layaknya di PC, COD Mobile memiliki gaya permainan yang cepat dan penuh aksi. COD Mobile menyediakan beberapa mode yang akan terbuka seiring bertambahnya level, hal ini diharapkan dapat menjaga keseimbangan antara level dan skill.

Dilisir pada awal oktober 2019, COD-Mobile sudah menyentuh angka 250 juta download sampai juni 2020. Game ini sempat digadang-gadang akan menyaingi kepopuleran PUBG-Mobile pada awal-awal rilis. Meski terkesan baru, COD-Mobile sudah mengantongi 2 penghargaan Game of The Years.

Dengan masing-masing 2 GB RAM dan penyimpanan, kalian sudah dapat memainkan game ini dengan lancar. Dan tentu, COD-Mobile dapat didownload dengan gratis di Android maupun iOS.

13. Hitman Sniper

Game FPS terbaik mobile

Photo via play.google.com

Hitman Sniper bergenre single-player fps. Game yang bergenre single player – FPS ini penuh dengan misi yang menantang dan aksi yang menegangkan. Dalam game ini, pemain berperan sebagai sniper yang bertugas untuk membunuh target yang diberikan. Selain menembak target secara langsung, pemain dapat menembak benda-benda yang berada di sekitar target seperti mobil, lampu, gardu, dan lain sebagainya karena hampir setiap benda dalam game ini bersifat interaktif. Pemain juga dapat memanfaatkan fitur slow-motion yang dapat digunakan dalam beberapa waktu pada setiap misinya.

Sebelum perilisan yang direncanakan pada tahun 2014, game ini pada awalnya dirancang sebagai game premium khusus untuk iPad dengan harga yang cukup tinggi. Namun setelah beberapa waktu, Square Enix sebagai pengembang sekaligus publisher mempertimbangkan kembali untuk menggantinya menjadi ‘free to play’ dengan beberapa konten didalam game yang harus dibayar atau membayar untuk mendownload. Hingga akhirnya pada awal juni 2015, Hitman: Sniper rilis untuk Android dan iOS. Pemain harus membayar untuk mendownload.

Hitman: Sniper memerlukan penyimpanan hampir 1.5 GB. Sampai september 2020, pemain harus membayar Rp. 5000 melalui Playstore dan Rp. 3000 melalui Appstore.

14. World War Heroes

Game FPS terbaik mobile

Photo via play.google.com

World War Heroes bergenre multiplayer online fps. Mengambil latar tempat dan waktu pada masa perang dunia ke dua, game ini menyuguhkan tampilan visual dan ambient yang benar-benar bisa membuat para pemainnya masuk dan merasakan sensasi berada di medan tempur pada masa itu. Game ini memiliki setting visual yang lengkap dan kompleks yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemain.

Game ini sudah menyentuh angka 50 juta kali download pada playstore dengan perolehan 4.4 bintang dan label pilihan editor. World War Heroes memerlukan penyimpanan sebesar 1GB.

15. Critical Ops: Multiplayer FPS

Game FPS terbaik mobile

Photo via play.google.com

Sering disingkat C-Ops, bergenre multiplayer online fps. Game FPS terbaik mobile ini memiliki gaya visual, kontrol, dan gaya permainan yang mirip dengan CS:GO di PC. Pemain akan diberi waktu beberapa detik untuk membeli senjata dan perlengkapannya disetiap awal round sebelum maju untuk mengalahkan musuh maupun menyelesaikan objektif.

Game ini sudah menyentuh angka 50 juta download pada playstore dengan perolehan 4.2 bintang. Game ini memerlukan penyimpanan sebesar 535mb.

16. Pixel Gun 3D: FPS Shooter & Battle Royale

Game FPS terbaik mobile

Photo via play.google.com

Pixel Gun 3D ini memiliki mode online melawan player maupun offline melawan musuh dan monster. Dengan gaya visual yang benar-benar menyerupai minecraft dengan desain senjata, karakter, bahkan monster yang berwarna warni membuat game ini memiliki kesan yang lucu dengan alur yang unik.

Di playstore, Pixel Gun 3D sudah didownload sebanyak 50 juta kali dengan perolehan 4.2 bintang dan label pilihan editor. Pixel Gun 3D memerlukan 1.3 GB space penyimpanan

17. Dead Trigger

Game FPS terbaik mobile

Photo via play.google.com

Dead Trigger mempunyai 2 seri yaitu Dead Trigger dan Dead Trigger 2. Game ini bergenre fps, horror survival. Pemain akan berperan sebagai Kyle, seorang petualang yang bertugas untuk membasmi zombie. Gaya visual dari game FPS terbaik mobile ini mirip dengan Left 4 Dead 2, sebuah game yang sempat menjadi benchmark game multiplayer horror di pc.

Dead Trigger 2 telah mencapai angka 50 juta download dengan perolehan 4.5 bintang, jauh melampaui Dead Trigger yang hanya menyentuh angka 10 juta download. Sedangkan di appstore, Dead Trigger 2 telah menyentuh angka 100 juta download dengan perolehan 4.7 bintang. Dengan ukuran game sebesar 1.1 GB, pemain dapat mendownloadnya secara gratis melalui android maupun iOS.

18. Dead Effect 2

Game FPS terbaik mobile

Photo via microsoft.com

Game FPS terbaik untuk mobile berikutnya ada Dead Effect 2. Game ini bergenre single-player, horror survival. Memiliki latar tempat di pesawat luar angkasa yang futuristik, berpadu dengan horrornya zombie membuat game ini sangat seru dan menegangkan. Pemain akan berpetualang menyelesaikan misi yang akan diberikan pada setiap stagenya. Setelah melewati level awal, pemain dapat meningkatkan skill-skill yang tersedia. Setiap skill memiliki fungsinya masing-masing, membuat game ini menjadi kombinasi antara game shooter dan RPG yang penuh aksi.

Di playstore, Dead Effect 2 sudah menyentuh angka 5 juta download dengan perolehan 4.3 bintang. Sementara di appstore, bintang yang diperoleh sebanyak 4.4. Game ini memerlukan ruang penyimpanan sebesar 3.1 GB.

19. Into the Dead 2

Game FPS terbaik mobile

Photo via play.google.com

Into the dead 2 bergenre single-player, action-shooter dan horror survival. Berlatar tempat di hutan, terowongan, dan tempat-tempat gelap lain yang akan membuat suasana menjadi menegangkan. Mekanisme game ini cukup unik, karakter akan secara otomatis berlari kedepan, player bertugas untuk menggerakan karakter ke kiri atau kanan untuk menghindar dan menembak. Hindari kerumunan zombie yang ada didepan atau basmi mereka semua. Game ini juga memiliki alur cerita yang seru dan tentu ada aksi disetiap stagenya.

Game ini sudah menyentuh angka 10 juta download dengan perolehan 4.3 bintang dan label pilihan editor. Sementara di Appstore, bintang yang diperoleh sebanyak 4.7. Dengan ruang penyimpanan sebesar 1.4 GB, kalian sudah bisa mendownload dan memainkan game ini secara gratis.

20. Modern Combat 5

Game FPS terbaik mobile

Photo via gameloft.com

Memiliki genre single player action-shooter, modern combat 5 adalah game tembak-tembakan yang penuh aksi. Setiap chapter memiliki misi yang berbeda-beda dilengkapi dengan aksi-aksi yang menegangkan. Game ini cenderung cepat, pemain harus maju menerjang musuh yang ada. Satu hal yg unik dari game ini adalah karakter tidak memiliki health-bar. Karakter akan mati jika terkena tembakan terus-menerus pada rentang waktu tertentu, hal ini bisa dihindari dengan bersembunyi sesaat sampai indikator merah yang ada pada layar menghilang. Mekanisme tersebut mirip dengan game Call of Duty. Tidak hanya mode single player, Modern Combat 5 juga menyediakan mode multiplayer. Pemain akan membentuk squad untuk mengalahkan squad musuh.

Game ini sudah menyentuh angka 100 juta download dengan perolehan 4.1 bintang dan label pilihan editor di playstore. Sementara di appstore, game ini memperoleh sebanyak 4.7 bintang. Dengan ukuran file sebesar 1.4 GB, game ini dapat didownload gratis melalui Android maupun iOS.

Kesimpulan

OK guys, itu tadi list 20 game FPS terbaik untuk PC dan HP yang sudah kami rangkum. Setiap game memiliki nilai masing-masing yang membuat mereka dinobatkan sebagai game terbaik. Entah dari popularitas, kualitas grafis, kualitas cerita, dan sebagainya. Tentu kalian tidak akan menyesal untuk mencoba mereka semua satu persatu, lalu ajak yang lain ikut bermain untuk menambah keseruannya.

Ikuti terus Digitek.id untuk info tentang teknologi lainnya dan jangan lupa share kepada teman kalian juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *