Film Plot Twist Terbaik dengan Alur Cerita Tak Terduga

By Digitek

Apa saja film plot twist terbaik dengan alur cerita tak terduga? Di artikel ini kami akan memberikan rekomendasinya.

Untuk membuat film yang bagus, seseorang harus memulai dengan cerita yang bagus. Sebagian besar film mengikuti struktur 3-arc yang mengatur cerita, mengirimkan karakter pada sebuah misi, dan diakhiri dengan resolusi.

Struktur ini telah bekerja selama bertahun-tahun, dan merupakan blueprint dari sebagian besar film yang ditonton hari ini. Twist ending merupakan cara yang memuaskan untuk mengejutkan penonton dengan membalikkan keadaan dan menunjukkan kepada mereka sesuatu yang tidak pernah mereka lihat akan datang.

Pembuat film telah memasukkan metode ini ke dalam film mereka untuk semua sejarah sinematik, dan metode ini dapat membuat atau malah menghancurkan film yang bagus.

Film Plot Twist Terbaik dengan Alur Cerita Tak Terduga

1. Parasite

Film dengan plot twist terbaik dengan alur cerita tidak terduga pertama adalah Parasite. Film yang memenangkan penghargaan Best Picture ini mengisahkan sebuah keluarga miskin yang bekerja di berbagai pekerjaan untuk keluarga kaya, tapi tidak tahu apa pekerjaannya.

Dalam film tersebut, keluarga mengatur pekerja keluarga kaya saat ini untuk dipecat dari posisi mereka untuk diambil alih.

Apa yang tidak diketahui para penyusup, adalah bahwa pengurus rumah sebelumnya menyembunyikan suaminya dari rentenir di ruang bawah tanah rahasia yang dilupakan, didirikan sebagai bunker bertahan hidup.

Setelah pengurus rumah tangga lama dan keluarga baru mengetahui rahasia masing-masing, berbagai peristiwa berdarah membuat patriark keluarga baru melarikan diri dari hukum.

Seiring berjalannya waktu, terungkap bahwa dia tidak melarikan diri, tetapi tinggal di bunker rahasia di bawah tanah di rumah tempat kejahatan itu terjadi.

2. The Shawshank Redemption

The Shawshank Redemption diawali dengan seorang bankir, Andy Dufresne yang dituduh membunuh istri serta kekasihnya. Meski ia membela diri, tapi berdasarkan bukti yang ada Andi akhirnya dipenjara di Shawshank.

Di sana, Andy berteman akrab dengen Ellis “Red” Ridding yang bisa menyelundupkan berbagai barang ke tahanan. Untuk Andy, Red berhasil menyelundupkan palu kecil yang dipakai membuat catur dan poster wanita-wanita.

Tapi, siapa sangka bahwa palu tersebut digunakan untuk membobol tembok penjara selama 10 tahun. Kebetulan Andy menempati sel paling ujung dan poster wanita digunakan untuk menutupi lubang itu.

Suatu ketika saat pemeriksaan umum dilakukan, sel Andy kosong dan semua sipir bingung kemana Andy pergi. Ternyata ia kabur lewat lubang yang digalinya selama bertahun-tahun.

3. The Others (2001)

The Others adalah cerita hantu menyeramkan yang akan membuat penonton menebak-nebak sampai akhir. Film mengisahkan Grace (Nicole Kidman) dan dua anaknya yang menunggu kembalinya suaminya menjelang akhir Perang Dunia II.

Rumah tua tempat mereka tinggal, serta kebutuhan untuk mencegah sinar matahari setiap saat karena kondisi anak-anaknya, semuanya menambah latar yang sempurna untuk cerita hantu.

Kehidupan keluarga berubah drastis karena roh yang tidak dapat dijelaskan meneror mereka. Dalam klimaks yang mengerikan, Grace dan anak-anaknya mengetahui bahwa sebenarnya mereka adalah hantu, dan mereka menghantui keluarga baru yang sekarang tinggal di rumah mereka.

4. Planet Of The Apes

Planet Of The Apes adalah kisah abadi yang telah meluncurkan beberapa sekuel dan remake. Karya klasik Franklin J. Schaffner yang diangkat berdasarkan novel karya Pierre Boulle dan dibintangi oleh Charlton Heston, dapat dianggap sebagai seri terbaik.

Setelah pendaratan darurat di planet yang tidak diketahui, astronot George Taylor (Heston) mengharuskan dirinya melawan ras kera yang sangat berevolusi dan menjadikan manusia sebagai budak.

Setelah kembali ke Bumi, Taylor melihat Patung Liberty yang hancur di sepanjang pantai, menemukan bahwa planet tempat dia berada sebenarnya adalah Bumi setelah kiamat karena serangan nuklir.

5. Se7en

Film klasik David Fincher Se7en mengikuti kisah dua detektif (Brad Pitt dan Morgan Freeman) yang mencoba menangkap seorang pembunuh berantai yang melakukan tujuh pembunuhan berdasarkan tujuh dosa mematikan dalam Alkitab.

Naskahnya, yang ditulis oleh Andrew Kevin Walker, sangat sempurna dari awal hingga akhir. Dalam klimaks yang tak terlupakan, penonton mengetahui bahwa si pembunuh, John Doe (Kevin Spacey), telah membunuh istri Detektif Mill (Pitt).

Ia menyerahkan kepalanya ke dalam sebuah kotak dalam upaya untuk membuat Mills membunuh Doe, menjadikan Mills dan Doe yang keenam dan dosa mematikan ketujuh. Baca juga : Film Star Wars Terbaik, Ranking dari Terendah hingga Tertinggi.

6. Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back (1980)

Storyline dari adegan Star Wars yang terkenal ini akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu film dengan plot twist terbaik sepanjang masa dalam sejarah.

Melalui perang antargalaksi, kita mengetahui bahwa musuh bebuyutan Luke Skywalker (Mark Hamill) Darth Vader sebenarnya adalah ayahnya. Ini adalah adegan yang sangat mendalam dan penuh emosional dan emosi.

Adegan itu mengejutkan penonton di seluruh dunia. Star Wars adalah fenomena global yang telah melibatkan penggemar selama beberapa dekade.

7. The Sixth Sense

Night Shyamalan disebut-sebut sebagai king of twist ending. Karyanya tahun 1999 bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Cole (Haley Joel Osment) yang melihat orang mati dan mencari bantuan dari psikolog Malcolm Crowe (Bruce Willis).

Melalui serangkaian peristiwa menyeramkan yang emosional, penonton diberikan fakta bahwa Crow sendiri sebenarnya adalah hantu, yang tidak tahu bahwa dia sudah mati.

Endingnya mengejutkan penonton di seluruh dunia dan membuktikan kemampuan Shyamalan sebagai pendongeng. The Sixth Sense dinominasikan dalam enam Oscar, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Penulisan Terbaik.

8. The Prestige

The Prestige secara umum diterima dengan baik oleh fans dan kritikus ketika dirilis pada tahun 2006, tapi endingnya bisa jadi sulit dipahami sepenuhnya.

Sutradara Christopher Nolan memberikan kecerdasannya yang tajam pada narasi film, meninggalkan banyak hal untuk dibongkar dalam The Prestige setelah serangkaian twist dan pengungkapan besar. Film diadaptasi dari novel dengan judul sama, mengikuti dua pesulap saingan di London.

Keduanya adalah Robert Angier (Christian Bale) dan Alfred Borden (Hugh Jackman) yang berusaha mengalahkan trik sulap satu sama lain. Akhir film mengungkapkan bahwa identitas Borden sebenarnya diasumsikan oleh saudara kembar.

9. Fight Club

Film yang disutradari oleh David Fincher ini terkenal berkat tokoh Tyler Durder yang diperankan Brad Pitt. Ia digambarkan sebagai orang yang bebas, liar tapi berkharisma yang membuatnya populer.

Cerita berawal dari seorang karyawan kantor yang mengidap insomnia akut. Narator yang tidak disebutkan namanya punya tidak bisa tidur dan terkesan punya kehidupan ganda.

Hidupnya berubah setelah bertemu dengan Tyler Durder, pria yang sangat berbeda dengan sang narator. Merekapun memutuskan untuk membuat klub dnegan nama Fight Club dan berubah menjadi aksi terorisme berlabel “Project Mayhem”.

Saat film mendekati ending, terjadi kekacauan dimana-mana dan bom di gedung akan meledang. Narator mencoba mengentikannya tapi di sini ia tersadar bahwa sales sabun, Tyler Durden tidak nyata. Ia hanyalah kepribadian lain dari si narator.

10. The Mist

The Mist mungkin merupakan film dengan ending paling memuakkan yang pernah ada. Dikisahkan seorang seniman bernama David Drayton dan penduduk lainnya diserang oleh mahluk yang mencari mangsa dalam kabut.

Mereka diduga merupakan hasil eksperimen bernama “The Arrowhead Project”. Saat berlindung di supermarket, Drayton dan warga yang selamat harus berhadapan satu sama lain sebelum melawan musuh yang tak terlihat.

David bertahan hidup di supermarket bersama penduduk yang punya fobia terhadap fenomena ini. Setelah supermarket di serang oleh monster serangga yang melukai hingga membunuh beberapa orang, monster akhirnya hilang setelah Mrs Carmody membaca ayat suci.

Saat ending sudah dekat, dan hanya menyisakan 4 orang yang selamat, mereka mulai putus asa dan memutuskan untuk bunuh diri dengan sebuah pistol. Tapi pistolnya hanya berisi tiga peluru.

Tidak lama setelah tiga orang bunuh diri, secara mengejutkan datanglah bantuan militer yang merupakan pertanda keadaan sudah bisa dikendalikan.

11. Arrival (2016)

Dalam film Arrival, dikisahkan seorang ahli bahasa profesional Louise Banks (Amy Adams) direkrut oleh militer untuk berkomunikasi dengan makhluk asing. Itu terjadi setelah 12 pesawat luar angkasa aneh muncul di seluruh dunia.

Sepanjang film, penonton percaya bahwa mereka melihat kilas balik antara Banks dan putrinya, sebelum kematian sang putri. Saat film dibuka, dan Banks ditunjukkan masa depan oleh makhluk asing, penonton diperlihatkan bahwa flashback sebenarnya adalah kilasan masa depan, yang Banks lanjutkan.

Arrival memenangkan Oscar untuk kategori penyuntingan suara terbaik. Ia juga menjadi salah satu film fiksi ilmiah yang paling dalam secara emosional dan paling jarang dilihat sepanjang masa.

12. Gone Girl

Dalam adaptasi David Fincher dari novel Gillian Flynn, guru Nick Dunne (Ben Affleck) melaporkan istrinya Amy (Rosamund Pike) hilang pada ulang tahun pernikahan kelima mereka.

Ketika polisi gagal menemukannya dan perhatian media berkisar di sekitar kasus ini, Nick mendapati dirinya menjadi tersangka utama dalam sang istri.

Segala sesuatu menjadi jauh lebih buruk baginya ketika polisi menemukan bukti bahwa dia berselingkuh dengan salah satu muridnya.

Istrinya juga menyimpan buku harian yang mengungkapkan ketakutannya bahwa suaminya mungkin benar-benar membunuhnya suatu hari nanti.

Twistnya mengungkap bukan hanya Nick bukan pembunuhnya, tapi Amy bahkan belum mati. Dia bersembunyi di Ozarks sepanjang waktu, berencana menjebak suaminya setelah dia tahu suaminya selingkuh.

Ternyata Amy adalah sosiopat yang sangat licik, dan dia telah mengarang buku hariannya dan meninggalkan sedikit petunjuk untuk mencoba dan membuat Nick terlihat sebersalah mungkin.

13. Unbreakable

Angsuran pertama dari trilogi eponim, Unbreakable mengikuti dealer seni buku komik Elijah Price (Samuel L. Jackson) dalam pencariannya menemukan superhero kehidupan nyata.

Setelah dia bertemu mantan pemain sepak bola David Dunn (Bruce Willis), satu-satunya yang selamat dari kecelakaan kereta api, dia yakin berhasil dalam misinya.

Twist di film ini adalah David memang seorang superhero, yang punya kekuatan ekstrem dan kemampuan untuk melihat kejahatan yang diizinkan orang hanya dengan menyentuhnya.

Tapi itu bukan twist utamanya. Twist penting dalam film muncul ketika David menjabat tangan Elia, dan menyadari bahwa dia adalah orang di balik kecelakaan kereta api selama ini.

Ternyata Elijah begitu terobsesi dengan misinya sehingga dia sengaja menyebabkan tragedi dalam upaya untuk melacak seorang superhero.

14. Shutter Island

Dalam film bergenre thriller psikologis tegang Martin Scorsese ini, dua perwira AS mengunjungi fasilitas psikiatri yang berbasis di sebuah pulau untuk melacak seorang pasien yang hilang.

Pasien tersebut ditahan di sana karena menenggelamkan anak-anaknya. Tapi Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio), salah satu penyelidik, memiliki motif tersembunyi untuk mengambil pekerjaan.

Dia juga ingin mencari pasien lain, Andrew Laeddis, yang bertanggung jawab atas kematian istrinya. Apa twistnya? Teddy Daniels sebenarnya adalah pasien di fasilitas itu.

Nama aslinya adalah Andrew Laeddis (anagram dari “Edward Daniels”), dan dia membunuh istrinya sendiri setelah dia menenggelamkan anak-anak mereka.

Seluruh penyelidikan tidak lain adalah tindakan yang didalangi oleh psikiater utama John Cawley yang bertujuan untuk membawa Andrew kembali ke dunia nyata. Semua staf lain di fasilitas telah berada di dalamnya sepanjang waktu.

15. Atonement

Film Plot Twist Terbaik dengan Alur Cerita Tak Terduga

via imdb

Empat tahun sebelum Perang Dunia II, seorang gadis remaja bernama Briony (Saoirse Ronan) menyaksikan kakak perempuannya Cecilia (Keira Knightley) berhubungan seks dengan putra pengurus rumah tangga mereka, Robbie (James McAvoy).

Dia keliru percaya bahwa saudara perempuannya sedang diserang. Kemudian, ketika sepupunya yang berusia 15 tahun, Lola (Kuil Juno) benar-benar diperkosa, dia salah mengidentifikasi Robbie sebagai penyerang.

Robbie akhirnya dibebaskan dari penjara untuk berperang dalam Perang Dunia II. Ketika Briony akhirnya berdamai dengan kesalahannya, dia bertemu dengan Cecilia dan Robbie (sekarang cuti di London) untuk menebus kesalahannya.

Apa twistnya? Robbie tidak pernah kembali dari Perang Dunia II. Peristiwa yang terjadi kemudian setelah Robbie dievakuasi, hanya sekedar impian Briony yang jauh lebih tua sebagai bagian dari novel otobiografi yang dia tulis.

Dalam kehidupan nyata, Robbie meninggal selama Perang Dunia II dan Cecilia meninggal beberapa saat kemudian. Keduanya tidak pernah mendapatkan akhir yang bahagia.

Penutup

Itulah beberapa film plot twist terbaik dengan alur cerita tak terduga. Manakah yang membuatmu penasaran dan ingin ditonton terlebih dahulu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *