Film Animasi CGI Terbaik Dengan Efek Yang Keren Dan Spektakuler

3 minggu lalu, by digitek

Di perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia perfilman juga semakin maju. Film-film yang ada semakin didukung dengan efek visual yang keren dan lebih membangun cerita. Efek visual yang keren tentunya akan lebih menarik dan banyak diminati. Penggunaan efek visual pada film-film biasanya menggunakan teknologi CGI (Computer-Generated Imagery). CGI merupakan teknologi untuk membuat animasi lewat bantuan pengolahan dari software komputer. Inilah yang menyebabkan film animasi CGI terbaik di dunia punya efek yang spektakuler.

Teknologi CGI tentunya sering dimanfaatkan untuk membuat karakter dan adegan unik dalam film-film Sci-Fi. Misalnya saja seperti pada film-film Avengers. Namun kini, teknologi CGI juga populer digunakan dalam pembuatan film animasi Jepang. Tentunya hal ini membuat cerita lebih hidup dan terlihat nyata.

Nah, kalau kamu adalah penggemar film dengan efek CGI, nggak perlu bingung lagi mau nonton yang mana. Di bawah ini ada beberapa judul film animasi CGI terbaik yang bisa kamu jadikan list untuk mengisi waktu luang saat liburan atau akhir pekan.

15 Film Animasi CGI Terbaik

1. Kingsglaive: Final Fantasy XV (2016)

Film Animasi CGI Terbaik

Photo via movietickets.com

Film animasi CGI terbaik pertama berjudul Kingsglaive: Final Fantasy XV. Film ini bercerita tentang 2 kerajaan sihir Lucis dan Kerajaan Niflheim yang saling berperang sengit. Raja Regis (Sean Bean) dari kerajaan sihir Lucis ini harus menurunkan pasukan elit yang diberi julukan Kingsglaive. Pasukan Kingsglaive memiliki sihir untuk melindungi Kerajaan Lucis dari ancaman lawan.

Dengan alur cerita yang menarik, film animasi yang satu ini nggak perlu diragukan lagi efek visualnya yang mumpuni. Efek adegan-adegan sihirnya juga tampak nyata lho. Para aktor yang terkenal yang terlibat selain Sean Bean adalah Lena Headey. Gih, tonton deh film ini kalau belum pernah!

2. Appleseed Alpha (2014)

Film Animasi CGI Terbaik

Photo via themoviedb.org

Appleseed Alpha juga termasuk film animasi CGI terbaik yang recommended banget nih untuk ditonton. Disutradarai oleh Shinji Aramaki, yang juga menyutradarai dua film 3D sebelumnya, yaitu Appleseed (2004) dan Appleseed Ex Machina (2007). Kalau Appleseed Alpha ini ceritanya tentang hari-hari awal Deunan Knute dan Briareos Hecatonchires di abad ke-22 di mana mereka memulai perjalanan di seluruh reruntuhan dystopic kota New York untuk mencari kota Olympus.

Mereka berdua disewa oleh Two Horns, seorang penguasa di area reruntuhan New York untuk membersihkan senjata bipedal yang menyerbu area tersebut. Mereka juga akan menghentikan Talos, seorang Cyborg yang berniat mencuri senjata pemusnah massal untuk menghancurkan manusia. Kalau untuk efek CGI-nya, film ini nggak perlu diragukan lagi dan pastinya jauh lebih baik dibanding kedua sekuel sebelumnya.

3. Aya and The Witch (2020)

Film animasi CGI terbaik

Photo via imdb.com

Mungkin kamu tahu kalau karya-karya anime dari Studio Ghibli biasanya digarap dengan tangan dan termasuk dalam animasi 2D. Kini, Studio Ghibli menggarap film animasi terbaik pertamanya yang berjudul Aya and The Witch lho yang rumornya akan rilis akhir tahun 2020 ini. Disutradarai oleh Hayao Miyazaki, film ini diadaptasi dari buku anak-anak berjudul Earwig and The Witch yang ditulis Diana Wynne tahun 2011.

Dengan mengadopsi budaya Jepang, tokoh utama dalam cerita pun diubah dari Earwig menjadi Aya. Namun, jalan ceritanya masih sama. Yaitu tentang seorang gadis yatim piatu bernama Aya yang diadopsi oleh penyihir. Film ini akan tayang perdana di stasiun TV Jepang. Namun, belum ada informasi lebih lanjut apakah akan dirilis internasional atau enggak.

4. Gantz: O (2016)

Film Animasi CGI Terbaik

Photo via imdb.com

Rekomendasi film animasi CGI terbaik berikutnya adalah Gantz: O yang sudah rilis tahun 2016 lalu. Film ini memiliki visual CGI yang keren dan sangat realistis lho. Ceritanya tentang tokoh bernama Kato yang suatu malam ditikam oleh seorang maniak stasiun. Ia kemudian malah dikirim ke sebuah ruangan putih dan disambut oleh orang-orang di sana yang mengatakan bahwa Kato adalah pemain Gantz.

Gantz sendiri merupakan sebuah permainan yang memberikan kesempatan kedua kepada orang-orang yang sekarat untuk kembali hidup. Film Gantz: O ini disutradarai oleh Yasushi Kawamura, sementara naskahnya ditulis oleh Tsutomu Kuroiwa. Karakter dalam animasi CGI Gantz: O ini sangat animeish dengan adegan-adegan aksi yang diberi efek visual megah. Sudah pernah nonton belum?

5. Final Fantasy VII: Advent Children (2005)

Film Animasi CGI Terbaik

Photo via pinterest.com

Final Fantasy VII: Advent Children ini sudah pernah kamu tonton belum? Film ini juga sangat direkomendasikan buat kamu yang sedang mencari film animasi CGI terbaik untuk mengisi waktu luangmu. Final Fantasy VII: Advent Children diadaptasi dari Play Station dengan mengambil setting dunia pasca bencana dan sedang mengalami masa pemulihan.

Ceritanya tentang petualangan Cloud Strife dalam mengungkap penyebab wabah misterius bernama Geostighma yang menyebar di seluruh planet Gaia. Cloud pun harus berjuang melawan 3 orang yang bertekad ingin membangkitkan Sepiroth sekaligus melawan penyakit yang dideritanya. Kalau soal visual CGI-nya, film ini punya efek yang keren dan bikin kamu betah nontonnya.

6. Avatar (2009)

Film animasi CGI terbaik

Photo via imdb.com

Avatar juga termasuk dalam film animasi CGI terbaik yang layak untuk kamu tonton. Film fiksi ilmiah yang disutradarai James Cameron ini memang terbaik sepanjang masa. Efek animasi 3D alias CGI-nya nggak kacangan dan menyerupai dunia nyata. Bikin penontonnya takjub banget deh dan makin terhanyut sama jalan ceritanya.

Film yang banyak mendapatkan respon positif dari para kritikus ini menceritakan tentang manusia dengan teknologi mutakhir yang menemukan planet alien. Seorang mantan angkatan laut Amerika bernama Jake Sully diikutsertakan dalam program Avatar untuk meneliti kandungan mineral di negeri Pandora. Film dengan visual yang memukau ini juga bakalan ada sekuelnya, yaitu Avatar 2. Pastinya mengobati rindu penggemarnya akan film populer ini.

7. Harlock: Space Pirate (2013)

Film Animasi CGI Terbaik

Photo via amazon.com

Rekomendasi tontonan keren berupa film animasi CGI terbaik kali ini adalah Harlock: Space Pirate. Film dengan visual yang menakjubkan ini awalnya terinspirasi dari anime klasik berjudul sama di era 1970-an. Film besutan sutradara Shinji Aramaki dan studio Toei Animation ini bercerita tentang aktivitas Harlock, bajak laut angkasa yang melawan perintah bumi dan bertarung untuk kebaikan manusia.

Harlock sebagai karakter utama di film ini disuarakan oleh Shun Ogiri. Kemudian ada karakter lain bernama Yama yang disuarakan oleh Haruma Miura. Dengan berbagai aksi peperangan yang seru, teknologi CGI bakalan membuat film ini makin terlihat nyata. Coba tonton deh kalau belum pernah!

8. Stand By Me Doraemon (2014)

Film Animasi CGI Terbaik

Photo via imdb.com

Selanjutnya, ada Stand By Me Doraemon yang termasuk film animasi CGI terbaik dan sangat populer. Mungkin kamu sudah pernah nonton. Yang pasti, film ini terasa istimewa dan berbeda dengan serial Doraemon biasanya karena menampilkan efek 3D dengan teknik CGI. Film ini berkisah tentang keresahan Doraemon yang harus meninggalkan Nobita dan kembali ke abad-22.

Film yang sempat dikira episode terakhir Doraemon ini pada 2020 rilis sekuelnya lho. Stand By Me 2 juga mengusung kisah perjalanan lintas waktu. Namun, nggak hanya membahas soal kisah cinta Nobita dan Shizuka yang sudah dewasa. Di sini juga membahas soal Nobita yang harus pergi ke masa lalu untuk bertemu dengan neneknya. Sayangnya, film yang harusnya rilis pada bulan Agustus lalu harus tertunda karena pandemi.

9. Steamboy (2004)

Film animasi CGI terbaik

Photo via pinterest.com

Anime Steamboy yang rilis pada tahun 2004 ini pun termasuk dalam film animasi CGI terbaik yang layak untuk kamu tonton. Film ini menampilkan kombinasi yang apik antara animasi 2D dan 3D. Ceritanya sendiri tentang tahun 1860 di London, seorang laki-laki menemukan dirinya di tengah-tengah konflik mematikan atas kemajuan revolusioner dalam tenaga uap.

Alur ceritanya ngalir banget dengan sinkronasi dialog yang pas dan adegan aksi CGI yang makin menambah seru. Ada sekitar 440 potongan alias urutan CGI dalam film ini. Visualnya juga detail dan bikin betah nontonnya deh.

10. Resident Evil: Vendetta (2017)

Film Animasi CGI Terbaik

Photo via imdb.com

Resident Evil: Vendetta merupakan film animasi CGI terbaik yang menjadi sekuel ketiga dari Resident Evil: Degeneration dan Residen Evil: Damnation. Film ini disutradarai oleh Takanori Tsujimoto dengan cerita tentang Chris Redfield (Kevin Dorman) seorang anggota Bioterrorism Security Assessment Alliance (BSAA).

Ia berusaha menghentikan Glenn Arias, yang melakukan misi menyebarkan virus “Trigger Virus” di New York. Tentunya, Chris nggak sendiri, melainkan dibantu oleh seorang ilmuwan dari Alexander Institut Bioteknologi, Profesor Rebecca Chambers (Erin Cahill). Hayo, yang ngaku penggemar Resident Evil pastinya sudah nonton film yang satu ini dong?

11. How to Train Your Dragon 3: The Hidden World (2019)

Film Animasi CGI Terbaik

Photo via imdb.com

How to Train Your Dragon: The Hidden World menjadi penutup dalam perjalanan Hiccup melatih naganya, Toothless. Pastinya, sekuel ketiga How to Train Your Dragon ini termasuk film animasi CGI terbaik yang wajib kamu tonton. Film ini penuh dengan adegan fantastis dan cerita yang dinamis. Belum lagi teknologi CGI-nya yang luar biasa membuat film ini makin terlihat nyata.

Secara umum sih kualitas How to Train Your Dragon 3 memiliki kualitas yang sama dengan kedua film sebelumnya. Meski memberikan cerita yang dekat dengan anak-anak, tetap saja film ini juga memberi pelajaran soal kehidupan. Nah, segera tonton deh kalau penasaran!

12. WALL-E (2008)

Film animasi CGI terbaik

Photo via imdb.com

Kalau bicara soal film animasi CGI terbaik, masih ada WALL-E nih yang recommended untuk kamu tonton. Diproduksi oleh Pixar Animation Studios, film ini bercerita tentang sebuah robot bernama WALL-E. Soal animasi CGI-nya sih nggak perlu diragukan lagi, karena sangat spektakuler. Membuat karakter dan jalan ceritanya yang berupa khayalan masa depan jadi tampak nyata.

WALL-E menceritakan tentang sebuah perusahaan raksasa di awal abad 22 bernama Buy N Large (BnL) yang menguasai perekonomian di bumi. Perusahaan ini menyebabkan bumi dipenuhi sampah elektronik yang mengancam kelangsungan hidup manusia. Kalau belum nonton, coba deh tonton film ini!

13. Alita: Battle Angel (2019)

Film animasi CGI terbaik

Photo via imdb.com

Alita: Battle Angel merupakan film animasi yang diproduksi oleh James Cameron yang juga memproduksi film Avatar. Film animasi CGI terbaik yang satu ini dibuat dengan efek sinematografi yang indah. Berbagai aksi Alita di film ini juga diberi visual yang mengejutkan sehingga memuaskan para penggemarnya.

Film 3D yang satu ini bercerita tentang Alita (Rosa Salazar), robot yang dilahirkan kembali berkat kemampuan Dr.Ido (Christoph Waltz). Ido mencoba untuk melindungi Alita dari masa lalunya yang misterius. Kemudian ada juga seorang tokoh bernama Hugo (Keean Johnson) yang banyak membantu Alita. Tertarik nonton film yang satu ini?

14. Avengers Series

Film Animasi CGI Terbaik

Photo via extmovie.com

Mungkin kamu juga tahu kalau film-film di Avenger Series juga nggak lepas dari teknologi CGI. Ya, soalnya film-film superhero tersebut selalu menampilkan adegan yang fantastis dan luar biasa. Mulai dari Thanos, Captain America, Thor, dan juga yang lainnya deh.

Film-film Marvel tersebut memang dikenal sebanyak 70% dibuat dengan efek CGI. Dengan bantuan CGI, adegan yang digunakan jadi lebih keren dan nyata. Nggak hanya visualnya yang menonjol, jalan ceritanya juga menarik. Itulah kenapa banyak banget penggemarnya. Hayo, penggemar Marvel pasti sudah tamat nonton semua series-nya, ‘kan?

15. Fate/Zero (2011)

Photo via imdb.com

Rekomendasi film animasi CGI terbaik berikutnya ada Fate/Zero yang merupakan prekuel dari Fate/Stay Night. Ceritanya tentang Emiya Kiritsugu, ayah angkat Emiya Shiro yang berpartisipasi dalam Holy Grail War keempat. Anime yang satu ini punya visual keren di mana adegan perkelahian, gerakan kamera yang dramatis, aksi-aksi yang cepat, semuanya menggunakan teknologi CGI.

Jadi, film ini nggak hanya mengandalkan gambar 2D saja. Sama-sama dibuat oleh Studio Ufotable, seri Fate/Stay Night pun dibuat dengan konsep teknologi yang serupa. Pokoknya recommended deh untuk ditonton. Soalnya selain visual, jalan ceritanya pun menarik dan bikin kamu terhanyut.

Itulah beberapa judul film animasi CGI terbaik yang bisa kamu tonton. Teknologi CGI memang memberikan dampak yang besar di adegan-adegan film. Nah, kira-kira mana nih film yang belum kamu tonton?

Ada juga lho film anime perang yang sudah Digitek.id rangkumkan di artikel sebelumnya. Cari tahu langsung disini ya.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *