Edit Video di PC vs Mac, Mana Yang Lebih Bagus?

12 bulan lalu, by DigiTek ID

Edit video PC vs Mac

Pernah nggak kamu kecewa dengan hasil edit video? Terus kira-kira, apakah itu cuman faktor software, skill, atau device yang kamu pakai juga punya pengaruh penting? Ini dia pencerahan buat kamu tentang rahasia edit video di PC vs MacOS!

Asal kamu tau, PC Windows dan MacOS itu udah lama banget jadi perdebatan publik. Terutama, para komputer freaks yang suka membandingkan spesifikasi. Sebagian orang sih suka MacOS. Tapi yang lain justru nyaman banget sama Windows.

Tapi pertanyaanya, mana yang lebih baik kalau dipakai edit video?

Emang sih sulit banget buat jawab pertanyaan satu ini. Faktanya, masing-masing OS itu punya keunggulan masing-masing. Tapi disini, kita bakal kasih tau lebih dalam ya.

Performance Edit Video di PC vs MacOS!

Selain gara-gara style, kita juga bakal bahas tentang masalah fitur dan sejarah masing-masing OS ya.

Kelebihan Edit Video di MacOS

Mungkin kamu juga udah sadar kalau MacOS jadi pelopor dunia baru di bidang komputer. Mac populer banget dengan masalah style dan design kerennya. Bahkan beberapa editor video juga mengaku kalau MacOS itu bagus banget buat artwork.

1. History MacOS dalam Design

Edit Video di PC atau MacOS?

Edit Video di PC atau MacOS? | MacOS design

Mac udah populer banget di kalangan designer sejak tahun 2000 an. Saat itu, Apple dan Steve Job emang punya target dari kalangan designer dan seniman gara-gara belum ada PC yang mampu menawarkan fitur kayak begitu.

Jadi, hampir semua sekolah dan designer pakai Mac buat media pembelajaran dan praktikum. Hasilnya, semua lulusan sekolah pasti pakai Mac.

Karena nyaman, designer dan editor akhirnya nggak pernah mengubah sistem yang mereka pakai. Bahkan beberapa gadget dan device khusus editing juga dirilis oleh Mac pada saat itu. Artinya, Mac menjadi leader dan terus sampai sekarang.

2. Kemampuan Convert MacOS

Edit Video di PC atau MacOS?

Edit Video di PC atau MacOS? | MacOS Thunderbolt

Udah bukan rahasia lagi kalau selama ini banyak terjadi perubahan dalam dunia design. Sekarang, kita udah di era 4K video. Artinya, makin besar juga file yang pakai dan dihasilkan oleh kreator video.

Meski udah nggak menjadi satu-satunya lagi dalam dunia designer, MacOS masih memegang erat peran yang penting dengan fiturnya yang luar biasa. Yups, MacOS punya port dan gadget untuk file yang gede.

Sistem MacOS didesain cocok banget buat video 4K. So, nggak usah khawatir lagi gimana kecepatan transfer data kalau pakai MacOS.

Selain itu, Mac juga punya Thunderbolt. Kabel jenis ini pantas buat dipakai untuk trafer file besar. Bahkan sekarang, Thunderbolt juga dikombinasikan dengan bentuk USB tipe C.

Asal kamu tau, Thunderbolt cocok banget buat laptop dengan kemampuan transfer data sampai 40 GBps.

3. Font dan Warna MacOS

Sadar nggak kalau designer itu tergantung banget sama beberapa aspek design. Contoh, font, warna, sampai grafik. Semua inilah yang jadi fokus utama MacOS karena mereka mau menarik perhatian para designer kreatif.

Para editor video diuntungkan dengan standarisasi huruf dan font dari MacOS. Bahkan, Mac udah terkenal dengan kualitas terbaiknya dalam print warna dan design.

4. Mac Mudah Digunakan

Edit Video di PC atau MacOS?

Edit Video di PC atau MacOS? | Design MacOS

Perlu kamu tau, MacOS sengaja didesain buat mereka yang masih baru kenal dunia editing. Jadi jangan heran ya kalau kebanyakan fitur yang ada di Mac itu buat beginner. Beda dengan PC yang emang rumit dalam design dan khusus buat target industri.

Dengan begini, banyak banget kreator yang setia pakai MacOS karena ke-simple-an nya itu. Bahkan, Apple juga punya sistem integrasi aplikasi yang berjalan lembut yang bikin workflow jadi gampang.

Ditambah lagi, Apple juga selalu bikin dunia terkejut dengan fitur baru di setiap device yang mereka rilis. Contoh, integrasinya dengan iMovie yang bikin aplikasi ini jadi salah satu aplikasi edit video termudah yang pernah ada.

5. Mac Disukai Banyak Kreator

Edit Video di PC atau MacOS?

Edit Video di PC atau MacOS? | User MacOS

Kalau berdasarkan info yang saya terima sih, kebanyakan editor video di luar negeri lebih suka MacOS daripada Windows. Jelas ada alasan yang kuat tentang ini. Mac udah kenal siapa user mereka. Jadi, Apple udah menanamkan style yang paling disukai para kreator.

Inilah yang bikin mereka nyaman banget sama produk Apple. Selain itu, Apple juga punya kemudahan serta fitur yang sempurna yang bikin kreator makin mudah.

jadi gara-gara kualitanya di dunia design, Mac juga dipercaya punya kualitas bagus waktu edit video.

Keuntungan Edi Video di PC Windows

Kalau tadi ada banyak banget keuntungan MacOS, kamu nggak boleh langsung minder. Masih ada juga kok keuntungan edit video di PC atau Windows.

Faktanya, Windows udah dikenal dan dipakai mayoritas orang di dunia. Bahkan, kantor-kantor juga kebanyakan pakai jenis OS ini.

1. PC Lebih Murah

Edit Video di PC atau MacOS?

Edit Video di PC atau MacOS? | Windows Lebih Murah

Udah jadi rahasia umum kali ya kalau PC Windows itu jauh lebih murah dari MacOS. Kalau rata-rata harga MacOS itu sekitar 15 jutaan, maka dengan kualitas dan fitur yang sama, PC Windows bisa kamu dapatkan dengan 12 atau 13 jutaan.

Kalau untuk edit video di PC, kamu pasti butuh spesifikasi yang tinggi. Bisa-bisa harga PC itu 15 jutaa. Kalau kamu pakai produk Apple, kamu harus punya minimal Mac Book Pro dengan harga 20 jutaan.

Ini udah jadi nilai plus sih. Kapan lagi kamu bisa dapatkan fitur dan hasil editing video yang bagus dengan harga yang jauh di bawah standart Apple?

2. Luwes untuk Edit Video di PC

Edit Video di PC atau MacOS?

Edit Video di PC atau MacOS?

Windows dikenal sebagai OS yang luwes gara-gara bisa kamu install berbagai macam software. Coba deh bandingkan sama Apple. Apple cuman support software patent miliknya. Bahkan nggak jarang kalau software itu berbayar.

Untuk software edit video emang Adobe Premier bisa dipakai kedua OS. Tapi di luar itu, kamu cuman bisa pakai Apple Final Cut Pro. Sementara itu kalau kamu pakai Windows, kamu bisa pakai Corel Video Studio atau Pinnale Studio.

Nggak cuman itu aja, kamu juga bisa langsung install software edit video terbaik untuk PC yang udah kita tulis ya.

3. Bisa Upgrade OS

Inilah bagian yang paling kita suka. Kebanyakan software dan sistem di Windows punya update reguler. Apple nggak punya fitur ini.

Apple biasanya melakukan update buat MacOS cuman untuk keperluan keamanan. Rata-rata sih update yang dilakukan Apple ini bersamaan dengan rilis terbaru.

Jadi, kalau kamu mau memastikan sistem selalu update dari segi keamanan dan fiturnya, PC Windows adalah pilihan terbaik.

4. PC Windows Bisa Dirakit Sendiri

Edit Video di PC atau MacOS?

Edit Video di PC atau MacOS? | Merakit PC Custom

Kalau kamu seorang gamer atau editor video, pasti kenal banget sama karakter PC yang satu ini. Yaps, kamu bisa bikin dan merakit PC sendiri untuk spesifikasi yang bagus tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Kamu bisa meningkatkan kemampuan RAM, Memory, sampai CPU sesuai keinginan untuk memenuhi syarat game atau software. Windows punya onderdil atau spare part yang bisa kamu temukan di toko komputer. Sebaliknya, Mac punya design paten dan nggak bisa kamu modifikasi.

Jadi, edit video di PC bakal jauh lebih asik kalau kamu bisa upgrade GPU dan processor kamu.

5. Jumlah Port PC

Mungkin aja kamu nggak begitu perhatian sama keuntungan PC yang satu ini. Tapi faktanya, port bisa jadi keuntungan luar biasa buat user. Kenyataannya, Apple justru banyak mengurangi port yang nggak begitu diperlukan. Sementara itu, Windows selalu menambahnya.

Jadi intinya, kamua bakal kehilangan uang lebih banyak kalau pakai Apple. Disamping harganya yang mahal, kamu juga harus beli adapter USB dan port buat bisa dipakai lebih banyak lagi.

Bahkan, beberapa editor video mungkin mempertimbangkan satu hal penting dari Apple, yaitu MacOS nggak punya SSD Card.

Beda dengan Windows. Ada banyak banget port USB, SSD, sampai colokan buat headset atau headphone yang bikin user makin nyaman.

Kesimpulan

Dalam urusan apapun termasuk edit video, kamu harus ekstra perhatian sama jenis OS yang kamu pilih. Bisa jadi Apple jadi pilihan terbaik gara-gara kredibilitasnya di kalangan editor. Atau bahkan, Windows yang kamu pilih karena simple dan bisa di-custom.

Semua udah kita jelaskan ke kamu. Nah sekarang giliran kamu buat menentukan mana yang paling cocok sama karakter dan kebutuhan kamu dalam dunia edit video.

So, segini aja ya sharing kita tentang keuntungan edit video di PC dan MacOS ini. Apa kamu punya ide yang lebih detail tentang topik kita hari ini?

Penasaran topik apa lagi yang bakal kita bahas? Subscribe dong email newsletter kita biar kamu dapat info paling update. Cuman di Digitek.id kamu bisa dapat semua info lengkap mulai dari tips, trik, sampai reviews film terbaru!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *