Cara Registrasi Kartu Telkomsel Yang Simpel Dan Mudah 2021

3 bulan lalu, by Digitek

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Patinya kamu ingin tahu cara registrasi kartu Telkomsel yang simpel dan mudah setelah membeli kartu perdana baru. Karena proses registrasi ini wajib dilakukan bagi pengguna sebagai syarat utama aktivasi kartu SIM Hp.

Tidak perlu khawatir, kali ini tim Digitek.id sudah merangkumkannya buat kamu. Kamu hanya perlu mempersiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga.

Tanpa perlu berlama-lama, langsung saja kamu simak cara registrasi kartu perdana Telkomsel berikut ini.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui SMS

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Yang Simpel Dan Mudah 2021

via Telkomsel

Sejak peraturan pemerintah tahun 2016 yang mewajibkan semua calon konsumen dan konsumen lama melakukan registrasi, semua pemilik kartu SIM hp wajib registrasi.

Tidak terkecuali Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi ini juga mengharuskan calon pelanggan melakukan registrasi nomor.

Kamu hanya perlu mempersiapkan nomor KTP dan KK saja. Caranya sangatlah simpel dan bebas biaya karena merupakan layanan pemerintah. Berikut langkahnya:

  • Ketik REG NIK#Nomor KK#
  • Kirim ke 4444

Contohnya adalah REG 1234567890123456#33123345674846# lalu kirim ke nomor 4444.

Jika kamu merupakan pengguna lama, maka format SMS yang perlu kamu ketikkan adalah

  • Ketik ULANGNIK#Nomor KK#
  • Kirim ke 4444

Contoh registrasi jika kamu pengguna lama yakni

ULANG1234567890123456#33123345674846#

Catatan : pastikan nomor KTP dan KK berjumlah 16 digit, jika kurang registrasi tidak akan berhasil dan kamu akan diminta registrasi ulang.

Datang ke GraPARI atau Mitra Telkomsel

Sebenarnya cara ini terbilang agak ribet karena kamu harus pergi ke Grapari dulu. Tetapi, jika kamu membeli kartu perdana di konter biasa bukan Grapari, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk melakukan registasi.

Kamu hanya perlu mempersiapkan nomor KTP dan KK saja. Pastikan nomor identitas yang dibutuhkan tersebut berjumlah 16 digit agar tidak terjadi kegagalan registrasi.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui GraPARI Virtual

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Yang Simpel Dan Mudah 2021

via Telkomsel

Jika tidak ingin ribet, apalagi di musim pandemi seperti ini yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan pertemuan, cara virtual adalah yang terbaik.

Kamu bisa mengakses GraPari virtual Telkomsel melalui aplikasi pesan instan, antara lain Line @telkomsel, telegram @telkomsel_official_bot atau Facebook @telkomsel.

Nantinya, kamu akan dibantu asisten digital Veronika untuk melakukan registasi. Cara ini terbilang ribet juga, yang termudah dan paling banyak dilakukan adalah cara nomor satu.

Sebenarnya, ada cara lain yakni dengan mengunjungi website Telkomsel tapi sekarang fitur tersebut tidak tersedia. Kamu bisa membaca keterangannya di https://www.telkomsel.com/prabayar/registrasi

Kenapa Harus Registrasi?

Peraturan tentang kewajiban registrasi nomor telepon baru digagas tahun 2016 akhir atau awal 2017. Beberapa orang mungkin merasa kerepotan melakukan hal tersebut, tetapi mereka tidak bisa melakukan kegiatan komunikasi jika tidak registrasi.

Pemerintah membuat peraturan  juga untuk melidungi konsumen. Kita tahu bahwa seringkali terjadi penipuan via SMS ataupun telepon.

Nah, setelah syarat registrasi itu menjadi wajib pemerintah bisa menyelidiki siapa orang di balik penipuan tersebut. Itu karena saat mereka melakukan registrasi, datanya akan tersimpan di database pemerintah.

Pemerintah juga lebih mudah menindak para penyalahgunaan dan pencatutan nomor yang meresahkan. Dengan langkah tersebut, diharapkan kedepannya dunia telekomunikasi bisa lebih aman lagi dan makin berkembang tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *