Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G, Berikut Daftar Wilayah yang Sudah Dijangkau

1 minggu lalu, by Digitek

Telkomsel 5G

Telkomsel berupaya untuk terus melanjutkan pengembangan ekosistem 5G dengan dihadirkannya layanan 5G di sejumlah kota. Perluasan layanan Telkom ini sekaligus mendorong ekosistem digital lintas sektor yang semakin kuat.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan hadirnya layanan 5G ini merupakan salah satu wujud perusahaan sebagai The First 5G Operator in Indonesia dalam menghadirkan konektivitas digital.

Daftar Wilayah yang Sudah Dijangkau

Pada saat peluncuran tepatnya tanggal 27 Mei 2021, jaringan 5G Telkomsel baru dapat diakses oleh masyarakat yang berada di lokasi residensial Jabodetabek.

Lokasi tersebut meliputi Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, Alam Sutera Tangerang Selatan dan Widya Chandra.

Pada Kamis, 3 Juni 2021, Telkomsel memperluas cakupan jaringan 5G ke beberapa kota lainnya, yakni:

1. Balikpapan

Di kota Balikpapan, sejauh ini jaringan 5G Telkomsel baru bisa diakses di GraPARI Balikpapan. Kedepannya, akan ada lebih banyak lagi titik yang akan dijangkau.

2. Medan

Untuk wilayah Medan, cakupan 5G Telkomsel meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, Bukit Hijau Regency atau BHR Residence.

Selanjutnya, ada Taman Setia Budi Indah dan Perumahan Dinas Pemerintahan yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman.

3. Surakarta

Pada wilayah kota Surakarta, jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota dan GraPARI Surakarta.

HP yang Mendukung 5G Telkomsel

HP yang Mendukung 5G Telkomsel

via Oppo

Perangkat yang support layanan 5G Telkomsel adalah perangkat yang dibekali dengan teknologi 5G NSA (non-standalone) di frekuensi 2300 MHz.

Sejauh ini hanya ada empat ponsel yang mendukung jaringan ini yakni Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Direktur Utama Telkomsel, HendrI Mulya Sam mengatakan bahwa perusahaan akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra untuk menghadirkan lebih banyak perangkat lagi. Termasuk dengan Samsung dan Apple.

Cara Mengakses 5G Telkomsel

Di tahap peluncuran jaringan 5G Telkomsel, pengguna perlu melakukan penyesuaian pada perangkat smartphone yang digunakan.

Penyesuaian ini dilakukan agar ponsel bisa terhubung dengan layakan 5G. Nantinya, penyesuaian software akan disediakan masing-masing produsen ponsel.

Bagi pengguna Telkomsel yang ingin menikmati layanan 5G, perhatikan sejumlah hal berikut ini:

  • Pastikan menggunakan kartu bertipe uSIM atau SIM 4G.
  • Berada di lokasi yang sudah mendukung jaringan Telkomsel 5G seperti yang sudah disebutkan di atas.
  • Menggunakan ponsel yang sudah mendukung layanan 5G. Sejauh ini, baru ada 3 ponsel yang mendukung. Antara lain Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.
  • Pastikan 5G sudah aktif di perangkat dan pastikan juga nomor ponselnya juga sudah mendukung fitur tersebut.

Untuk saat ini, nomor ponsel sejumlah pelanggan Telkomsel sudah diaktifkan fitur 5G secara otomatis. Kedepannya akan terus bertambah secara bertahap.

Jaringan 5G sendiri diklaim 100x lebih cepat dibandingkan pendahulunya 4G. Dengan kecepatan sebesar itu, pengguna bisa mendownload film berdurasi dua jam hanya dalam waktu kurang dari 10 detik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *