Cara Mudah Mengatasi Imei Tidak Terdaftar

By digitek

Pernahkah kalian mengalami IMEI HP kalian tidak terdaftar saat kalian mengeceknya? Nah, buat kalian yang pernah mengalami permasalahan tersebut berikut ini adalah cara mengatasi IMEI tidak terdaftar yang bisa kalian coba!

Apakah itu IMEI?

Sebelum membahas cara mengatasi IMEI tidak terdaftar, pertama kita harus bahas dulu pengertian dari IMEI.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity merupakan kode pengenal atau identitas suatu HP. IMEI terdiri dari 15 digit angka dengan kombinasi yang unik.

Fungsi dari IMEI sendiri antara lain adalah:

  1. Untuk mengecek masa garansi HP
  2. Mengetahui identitas ponsel secara lengkap
  3. Melacak ponsel ketika hilang

Cara membaca nomor IMEI

Setelah mengetahui apa itu IMEI, selanjutnya kalian harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara membaca nomor IMEI HP kalian.

Nomor IMEI HP biasanya terdiri dari 15 digit angka unik yang memiliki arti tertentu seperti:

  • AA: 2 digit pertama yang menunjukkan pabrik pengalokasi TAC (kode alokasi HP) yang telah disetujui.
  • BBBBBB merupakan kelanjutan dari kode TAC
  • CCCCCC adalah urutan kode seri perangkat
  • D adalah kode verifikasi untuk mengoreksi seluruh digit sebelumnya

Cara mudah mengecek IMEI HP

Cek IMEI Kemenperin

Cek IMEI Kemenperin

Nah, sebelum kalian mengetahui apakah IMEI HP kalian sudah terdaftar atau belum, maka kalian harus mengecek terlebih dahulu apakah IMEI HP kalian sudah terdaftar atau belum. Cara mengecek IMEI HP bisa kalian lakukan dengan mudah secara online loh!

Pertama, kalian harus mengecek IMEI HP kalian dengan mengetikkan nomor *#06# pada keypad HP kalian.

Nah, setelah kalian mengetikkan nomor tersebut, maka layar HP kalian akan otomatis memunculkan informasi nomor IMEI HP kalian.

Kedua, kalian harus memasukkan nomor IMEI tersebut pada situs IMEI Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id yang bisa kalian akses melalui browser. Tunggulah hasilnya yang akan menunjukkan apakah nomor IMEI HP kalian sudah terdaftar atau belum.

Cara mengatasi IMEI tidak terdaftar

Jika kalian mengalami IMEI tidak terbaca karena tidak terdaftar, berikut ini adalah cara mengatasi IMEI tidak terdaftar yang bisa kalian lakukan.

  1. Pertama, kalian bisa mencoba untuk merestart HP kalian terlebih dahulu dan mencabut SIM card HP kalian dan memasukkannya kembali.
  2. Kedua, jika cara pertama masih belum berhasil maka kalian bisa mencoba untuk mengganti SIM Card HP kalian dengan yang baru dan belum pernah terdaftar pada kominfo.
  3. Ketiga, registrasikan SIM card yang baru tersebut dengan catatan jenis provider SIM card yang baru sama dengan provider SIM card yang lama. Untuk proses registrasi SIM card bisa kalian lakukan dengan menggunakan no KTP dan KK.

Alasan IMEI tidak terdaftar

Nah, cara mengatasi IMEI HP tidak terdaftar ini bisa dicoba oleh siapapun yang mengalami permasalahan IMEI tidak terdaftar. Tapi, apa yang sebenarnya menyebabkan IMEI HP tidak terdaftar?

Sebagian besar penyebab IMEI HP tidak terdaftar adalah karena HP tersebut merupakan HP ilegal yang diperdagangkan di black market dengan harga yang sangat murah.

Nah tapi buat kalian yang memiliki HP ilegal kalian bisa tetap mendaftarkan IMEI dengan cara mengatasi IMEI tidak terdaftar tadi.

Cara melacak HP hilang melalui IMEI

Selain cara mengatasi IMEI tidak terdaftar, nomor IMEI HP juga dapat digunakan untuk melacak HP yang hilang loh.

Nah, buat kalian yang pernah mengalami kehilangan HP, ternyata nomor IMEI pada HP kalian bisa digunakan untuk melacak HP kalian yang hilang tersebut loh!

Namun, pastikan bahwa HP kalian sudah terhubung dengan koneksi internet dan juga GPS kalian dalam kondisi aktif serta SIM card kalian juga sudah ada di dalam HP ya.

Setelah itu, kalian bisa masuk ke aplikasi Google Android Device Manager (ADM) yang merupakan aplikasi gratis dari Google untuk melacak HP yang hilang.

Kalian bisa login terlebih dahulu ke Google ADM dengan akun Google kalian, kemudian kalian harus memasukkan kata sandi dan ID Gmail kalian lalu klik accept dan kalian akan melihat nama HP yang terhubung ke Gmail tersebut, selanjutnya kalian bisa memilih HP tersebut.

Nah, setelah kalian klik HP tersebut, maka akan muncul lokasi HP kalian. Nah dari situ kalian bisa melakukan pelacakan terhadap lokasi HP kalian melalui Google Maps.

Selain cara di atas, kalian juga bisa melakukan pelacakan HP hilang dengan IMEI dengan cara melaporkannya ke pihak kepolisian. Nah, nantinya pihak kepolisian akan melakukan pendaftaran IMEI HP kalian ke daftar black list yang akan menandai bahwa HP kalian tersebut merupakan HP yang dicuri.

Kemudian, pihak polisi akan membantu proses pelacakan keberadaan HP kalian yang hilang tersebut.

Kesimpulan

IMEI merupakan nomor pengenal atau identitas dari HP yang kalian gunakan. IMEI pada dasarnya sudah ada di setiap HP yang kita beli. Nah, bagi kalian yang mengalami permasalahan nomor IMEI tidak terdaftar, kalian bisa mencoba cara mengatasi IMEI tidak terdaftar ya.

5 Comments

  1. Syahrul berkata:

    Emo teblokir

  2. Parman berkata:

    Nomer imei tidak terdaptar tolong di batu ya pak kk hp nokia 6.1plus

  3. kurnia berkata:

    Bagaimana caranya buka akun mi

  4. ROFINUS VINO TINTA berkata:

    Tolong bantu IMEI HP Samsung S22 ULTRA 5G saya terblokir.. bagaimana caranya.. makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.