Social Commerce, Fitur Monetize Tik Tok 2020!

2 minggu lalu, by DigiTek ID

Cara monetize Tik Tok

Pernah dengar fitur Social Commerce, salah satu cara monetize Tik Tok?

Perkembangan pesat aplikasi asal Tiongkok, Tik Tok, bikin para marketer dan user punya pandangan positif. Nggak cuman buat seru-seruan aja, aplikasi satu ini juga punya peluang besar untuk mendapatkan pasif income.

Inilah yang dari dulu ditakutkan Facebook sebagai social media yang paling banyak digandrungi user di seluruh dunia. Ditambah lagi, sekarang udah banyak artis Tiktok yang jadi brand ambassador dari berbagai perusahaan dan brand terkenal.

Meski ada banyak banget cara mendapatkan uang dari Tik Tok, tapi ada satu metode menarik yang sekarang muncul di Indonesia.

Apa metode itu? Yuk langsung aja check!

Cara Monetize Tik Tok: Social Commerce

Selain user atau artis Tik Tok, ada juga beberapa brand yang sengaja fokus menumbuhkan akun Tik Tok buat keperluan bisnis. Artinya, Tik Tok ini bener-bener jadi masa depan yang gemilang buat proses bisnis.

1. Monetize Tiktok di Bio Profile

Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020

Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020 | Link Bio Profile

Hampir sama kayak Instagram, Tik Tok sekarang juga udah punya fitur menanamkan link di bio profile. Tentunya, tujuan utama fitur satu ini adalah untuk mempercepat proses bisnis.

User yang tertarik dengan konten kamu, contoh kayak Challenge dengan Lagu viral di Tik Tok, akan mengujungi akun kamu buat melihat profile. Kalau emang profile kamu menarik, mereka bakal follow.

Disinilah peran link di Bio Profile itu berfungsi. Yaps, jika konten-konten kamu bagus dan mereka tertarik lebih dalam tentang deskripsi produk yang kamu pajang, auto mereka bakal klik link yang kamu pasang.

Kerennya sekarang fitur ini udah bisa diakses oleh semua user Tik Tok di seluruh dunia. Fitur ini mulai dibentuk, dianalisa, serta di-uji coba di Amerika pada 2019 lalu.

Cara Menambah Link di Bio Profile Tik Tok

Perlu kamu tau, tampilan link di bio profile ini juga sama persis dengan Instagram, yaitu diantara baris jumlah followers serta feed video.

Terus, cara menambah link ke bio profile juga mudah banget. Sayangnya, menurut algoritma Tiktok yang barusan kita dapatkan, cuman user Android aja yang punya akses bebas ke fitur ini. Sementara, iOS belum sepenuhnya mendapatkan negosiasi oleh Tik Tok.

Cara menambah link di bio profile:

  • Buka Tik Tok > klik menu Akun di pojok kanan bawah
  • Klik Edit Profile > scroll sampai nemu opsi Add a Website to your profile
  • Masukkan url website atau situs kamu [tanpa www. ya] > langsung ketik aja nama domain kamu + ekstensi nya (.com, .co.id, .net, dan lainnya)
  • Klik tombol Save atau Centang
  • Selesai!!

Gampang banget kan?

Fungsi Link di Bio Profile selain untuk Bisnis

Sebenarnya, apa sih fungsi link di bio profile. Ada atau nggak ada link itu nggak punya perbedaan yang signifikan kok!

Salah besar! Tik Tok lagi berkembang dan makin ‘matang’ dengan sistem dan model bisnis nya. Salah satunya adalah fitur link di bio profile ini.

So, ini dia beberapa fungsi link di bio profile Tik Tok:

1. Menambah Eksistensi Brand

Akan ada banyak banget brand-brand besar yang bikin konten viral dari Tik Tok. Soalnya, mereka sadar kalau traffic ke website mereka tuh cuman bisa dari Instagram, Facebook, dan YouTube.

Sementara itu, adanya user Tik Tok yang sampai saat ini berhasil menembus angka 1 milyar user, bakal jadi traffic yang besar kalau brand itu berani terjun ke tik tok.

Selain itu, ada juga para freelancer atau professional yang hinggap ke Tiktok untuk menampilkan hasil karya nya buat dijual.

Logikanya, makin viral suatu konten >> makin banyak penonton >> makin banyak klik ke website >> makin banyak sales atau penjualan.

2. Kerjasama antara Kreator dan Brand

Jelas sebelum adanya URL website di Tik Tok, sulit banget buat artis atau kreator buat menunjukkan karya nya. Jadi, seakan-akan nggak mungkin banget deh kalau mereka bisa dapat uang dengan mempromosikan akun dan konten mereka.

Kerennya, sekarang Tik Tok udah kasih fitur untuk menyambungkan akun Tik Tok dengan website secara langsung. So, bisnis jadi makin mudah dan cepat.

Artinya, user bakal bisa menghasilkan uang sama kayak di Instagram dan Stories.

3. Link Tujuan

Ada banyak banget tujuan link di Tik Tok, kayak Venmo, Snap dan email. Sayangnya, aplikasi keren ini nggak terlalu friendly sama bisnis dan kreator professional.

Selain itu, kamu nggak bisa menyisipkan link ke story satu per satu. Jadi, cukup sulit untuk meningkatkan jumlah followers secara periodik. Soalnya, brand dan professional kreator harus masuk ke challenge-challenge dan menarik user ke profile mereka.

2. Cara Monetize Tik Tok: Shoppable Post

Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020

Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020 | Jenis Iklan

Entah apa yang ada di pikiran developer Tik Tok sehingga semua fitur Instagram masuk dalam aplikasi satu ini. Salah satunya adalah Shoppable Post, yaitu fitur dimana kamu bisa belanja langsung dari konten yang ada.

Salah satu brand yang mengaku join di kampanye Tik Tok pakai fitur satu ini adalah Levi’s. Yaps, brand satu ini berhasil meningkatkan dan menjaga kestabilan penjualan mereka via fitur ini di era pandemi COVID-19 ini.

Nggak tanggung-tanggung, Levi’s juga langsung melakukan kolaborasi dengan Influencer dari Tiktok. Antara lain kayak Callen Schaub, Cosette Rinab, Gabby Morisson, sampai Everett Williams.

Nggak cuman di Tik Tok aja, developer juga udah merilis fitur ini ke aplikasi ‘saudara’ Tik Tok, yaitu Douyin. Cara kerjanya sama persis kayak fitur Swipe Up Instagram Story. Jadi, kamu tinggal kasih link di posting itu dan siapapun yang klik konten itu auto masuk ke link.

Artinya, fitur satu ini cocok banget buat kamu yang udah punya bisnis online shop atau jual jasa online.

Apalagi kalau kamu punya akun di Shopify. Proses nya bakal jauh lebih mudah karena Shopify udah bekerjasama dengan banyak developer dari aplikasi berbayar untuk kampanye marketing dan sales.

Sampai saat ini, cuman Shopify yang menyediakan aplikasi plugin shoppable post.

Cara Membuat Shoppable Post di TikTok

Kayak yang udah kita bilang tadi, kamu butuh plugin untuk mengaktifkan dan membuat shoppable post. Plugin ini namanya Vop yang dikembangkan oleh Shopify.

Kayak gini nih cara membuat shoppable post di Tik Tok:

Gampang banget kan?

Kerennya, ada fitur lengkap yang bisa kamu dapatkan di plugin Vop ini:

  • Unlimited video post
  • Video bakal langsung muncul di tag produk
  • Aplikasi ini bakal langsung bikin page yang bisa kamu atur akan muncul di navigasi atau tidak
  • Embed video langsung dari home page
  • Video bisa langsung di-transaksikan jika ada yang minat

3. Tik Tok Ads Manager

Baru-baru ini, Tik Tok juga udah merilis fitur baru yang super keren, yaitu Tik Tok Ads Manager. Bisa jadi, fitur keren ini bakal jadi saingan utama dari Facebook Ads Manager.

Nggak kalah detail dengan Facebook Ads Manager, fitur satu ini bakal kasih kamu akses penuh untuk menjangkau audience dan target marketing yang kamu tentukan.

Lebih dari itu, Tik Tok juga punya fasilitas yang berbeda dari jenis konten yang bakal dipromosikan, yaitu:

  • In-Feed Video => Ads atau iklan yang muncul di feed natif di halaman For You
  • Brand Takeover => Iklan yang muncul waktu user Tiktok pertama kali buka aplikasi ini sebelum masuk ke In-Feed Video
  • Hashtag Challenge => Iklan atau ads yang muncul di halaman Discovery. Iklan inilah yang bikin orang tertarik buat bikin konten dengan hashtag yang challenge
  • Branded AR Content => Iklan atau ads yang muncul sebagai stiker, konten bisnis, dan konten AR 2D/3D untuk dipakai user dalam bikin video
  • Custom Influencer Page => Iklan atau ads yang muncul sebagai bagian dari konten bersponsor yang dibuat user dengan pengaruh nya yang tinggi di market kamu

Keren banget kan?

Pertanyaannya, gimana cara memulai bikin iklan di Tik Tok?

Cara Membuat Iklan di Tik Tok Ads Manager

Ada beberapa step yang harus kamu lakukan untuk bikin iklan di Tik Tok Ads Manager. Simak selengkapnya ya …

  • Masuk ke Tik Tok Ads Manager > Daftar dengan username dan data yang diminta
Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020

Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020 | Daftar Iklan

  • Masuk ke Campaign Tab > lengkapi tiap proses:
    • Campaign => Pilih satu kampanye dan budget yang kamu sediakan
Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020

Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020 | Kampanye Baru

    • Group => Tentukan target, Placement, budget, dan jadwal iklan
    • Ads / Iklan => Tempat membuat video untuk mensukseskan kampanye marketing
Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020

Cara Monetize Tik Tok dengan Social Commerce 2020 | Make Ads

  • Publish iklan yang udah kamu bikin
  • Monitoring kampanye dengan cara melihat perkembangan grafik iklan kamu

Ilmu ini agak teknis sih. Tapi nggak masalah. Coba-coba dulu dengan budget yang paling kecil ya.

Sayangnya, budget iklan ini lumayan besar. Berdasarkan data yang kita teliti dari Tiktok kemaren, biaya iklan itu setinggi:

  • In-Feed Video => $25 ribu – $30 ribu per hari
  • Brand Takeover => $50 ribu per hari
  • Hashtag Challenge => $150 ribu per 6 hari
  • Branded Lenses => $80 ribu – $120 ribu sesuai dengan kompleksitas design
  • Customer Influencer Package => Bermacam-macam sesuai dengan kampanye dan besarnya influencer

Gila!! Harganya selangit banget kan ya!

Kesimpulan

Gimana nih?

Lebih enak mana monetize atau menghasilkan uang dari Tik Tok via Social Commerce atau cara manual yang udah pernah kita jelaskan dulu?

Semua cara tentu ada kelebihan dan kelemahannya kan ya?

Kalau pakai cara manual kayak dulu, kamu butuh waktu yang super lama banget dan usaha keras. Tapi kalau udah pakai Social Commerce, kamu nggak perlu susah payah. Cukup bayar dengan harga mahal, hasil juga bakal maksimal.

Oke deh mungkin segini aja ya sharing kita kali ini. Jangan lewatkan update kita tiap hari khusus buat kamu. Mulai dari aplikasi, software, HP, laptop, PC, gadget, games, sampai review film terbaru!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *