Cara Menghapus Akun Instagram di Aplikasi dan Website

2 tahun lalu, by digitek

Instagram kena hack? Hapus aja daripada data privacy kamu jatuh di tangan orang yang nggak bertanggung jawab! Gampang kok cara menghapus akun Instagram!

Nggak heran deh kalau Instagram jadi salah satu sasaran para ‘hacker’ untuk mendapatkan data pribadi seseorang. Bahkan, menurut info dari Forbes tentang statistik Instagram yang dihack, ada 1 juta akun yang melapor kalau mereka kena hack!

Jelas bahwa kenyataan ini menunjukkan begitu banyak data yang bisa diakses via Instagram. Jangankan orang dewasa, anak kecil pun sekarang lebih pinter main IG!

Selain itu, nggak jarang memang ada beberapa faktor yang buat penggunanya lelah dengan aplikasi yang satu ini. Faktanya, mulai dari hate comment, masalah pribadi sampai spam berupa DM adalah faktor buat kamu gerah. Bahkan untuk menghidari bully, sekarang Instagram juga menghapus konten like di feed.

Lalu, apakah menghapus akun Instagram adalah cara yang terbaik? Kenapa kamu harus melakukannya?

Jika salah satu alasan di bawah ini terjadi ke kamu, maka fix deh kamu musti menghapus akun Instagram!

5 Alasan untuk Menghapus Akun Instagram

Beberapa user Instagram, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, mengaku kalau pakai Instagram itu sedikit mengganggu. Faktanya, main Instagram adalah candu. Jadi, inilah 5 alasan kenapa beberapa user memilih menghapus akun Instagram mereka:

1. Menghabiskan Waktu di Instagram

Jelas banget kalau main Instagram bikin kamu lupa waktu. Pertama buka Instagram jam 9 pagi. Scroll-scroll dan keasikan like konten-konten, eh nggak nyangka udah jam 5 sore.

Inilah yang bikin orang tua kesel banget sama anak-anak mereka, terutama yang masih kecil. Waktu yang dihabiskan untuk main Instagram jauh lebih banyak daripada waktu belajar. Untuk itu, nggak heran deh kalau banyak orang tua mengaku prestasi anak mereka turun gara-gara main Instagram.

2. Privacy Tidak Aman

Sadar nggak kalau privacy kamu itu bisa diekspos siapa aja yang ada di Instagram?

Soalnya, kamu sendiri yang memulai. Apapun yang kamu lakukan, dimanapun kamu berada, sama siapapun kamu saat itu, pasti diupload di Instagram. Apalagi, tangan kamu udah gatel banget kalau lihat tempat yang bagus banget. Nggak lengkap banget kalau nggak foto terus diupload di Insta Feed atau Insta Story.

Bener nggak?

Justru hal inilah yang bahaya. Seandainya ada penjahat (jangan sampai ini terjadi ya) yang sedang mengincar kamu, lalu ada story atau post dimana kamu sekarang berada. Otomatis, dia akan menemukan kamu dengan gampang dan cepat.

Selain itu, data diri kamu juga rawan kena hack. Jika itu terjadi, maka semua data yang ada itu bisa dijual ke pihak-pihak tertentu untuk tujuan tertentu. It’s so scary, dude!

3. Sarana Bully

Udah jelas banget kalau Instagram adalah sarana pencitraan diri. Artinya, kamu pengen diakui dengan jumlah followers, likes, dan engagement yang berhasil kamu dapatkan. Kamu akan saingan dengan temann-teman buat menambah followers, likes, comments, dll.

Bayangkan aja kalau Instagram kamu cuman punya followers dikit. Pasti deh kamu merasa minder. Apalagi, kalau kamu tengah berada di group yang notabene ‘anak hitz’! Udah barang pasti kalau kamu bakal di-bully.

Bahkan yang bikin miris dan jadi keresahan nitizen, tindakan ini bisa bikin korban frustasi. So, nggak heran kalau banyak laporan adanya tindakan bunuh diri hanya karena jumlah followers dan interaksi yang dikit banget!

Untuk itulah, salah satu kebijakan Instagram untuk mengurangi bully ini adalah menghapus jumlah likes di beberapa akun.

4. Serba Posting

‘Ini prestasi ku, wajib posting!’

‘Wahh, mantap nih sunset, upload ahh!’

‘Idihhh, cantik banget deh aku, rugi dong kalau nggak dilihat!’

Kalau udah diupload lalu ada user yang likes dan comment, apa yang kamu lakukan? Karena kamu merasa diakui dan seneng banget, pasti kamu tanggapin semua itu.

Bener nggak?

Kamu bakal nggak sadar berapa lama kamu udah main Instagram untuk ‘sekedar’ balas comment mereka. Kamu juga nggak bakal merasa sungkan dengan orang yang ada di sekitar saat itu. Padahal, mereka adalah orang-orang penting di hidup kamu.

Artinya, kamu kehilangan waktu berharga bersama mereka cuma gara-gara menanggapi comment dari followers.

5. Boros Kuota

Emang bikin ketagihan banget deh kalau upload konten Instagram. Dikit-dikit upload di Instagram.

Mungkin kalau sesaat sih nggak terasa! Tau-tau kuota habis! Padahal masih kemarin beli.

Kalau pakai WiFi? Ya tetap aja dong! Tagihan akhir bulannya membengkak.

Efeknya jelas banget kan? Kamu harus keluar lebih banyak uang cuma gara-gara Instagram!

Sekarang udah ngerti kan?

Apapun alasannya pasti kamu pernah merasakan gerah dan dan ingin menghilang dari Instagram. Kalau memang iya, kali ini kita bakal kasih tau cara menghapus akun Instagram kamu.

Instagram memenawarkan penghapusan secara permanen atau sementara. So, sebelum mulai menghapus akun, tentukan dulu apakah kamu ingin menghapusan akun instagram kamu secara permanen atau hanya di nonaktifkan sementara.

Udah memutuskan? So, ini dia nih cara menghapus akun Instagram ya.

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Cara yang satu ini cocok buat kamu yang memang bener-bener udah muak bermain Instagram. Terutama, buat kamu yang udah anggap Instagram ganggu privasi kamu ataupun alasan yang lain.

So, disini kita bakal kasih tau gimana caranya buat menghapus Instagram kamu secara permanen pakai desktop/komputer maupun dari handphone kamu.

Cara menghapus Akun Instagram Lewat PC

Untuk menghapus akun lewat PC atau laptop caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut

Cara menghapus akun instagram

  • Setelah itu, pilih aja opsi Hapus Akun Anda.

Cara menghapus akun instagram

  • Setelah memilih opsi diatas, maka kamu selanjutnya akan diberi dua opsi yang tersedia. Pilih Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya

Cara menghapus akun instagram

  • Ada beberapa pilihan. So, pilih aja opsi pada nomer satu yang berisi Halaman Menghapus Akun Anda

Cara menghapus akun instagram

  • Setelah itu, kamu akan disuruh isi alasan kenapa kamu mau menghapus akun Instagram. Pilih aja satu yang paling cocok buat kamu.

Cara menghapus akun instagram

  • Langkah yang terakhir, sebelum akunmu resmi dihapus, Instagram akan mengharuskanmu untuk memasukkan Password dari aku instagram kamu. Kalau udah memasukkan password, klik Permanently delete my account untuk berpisah dengan akun Instagram kamu.

 menghapus akun instagram

Gimana? Gampang kan?

Catatan:

Kalau kamu menghapus akun Instagram secara permanent, maka nggak ada kesempatan lagi untuk mengembalikan akun itu. So, pikirkan baik-baik ya.

Cara Menghapus Instagram Lewat HP

Mau yang lebih simple dan nggak perlu pakai laptop atau PC? Inilah alternatifnya! Sekarang saatnya belajar bagaimana cara menghapus akun kamu lewat HP.

  • Langkah yang pertama tentunya adalah dengan membuka aplikasi Instagram di Hp kamu. Kalau sudah, sekarang pilih ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas layar Hp kamu.

  • Pilih menu Help Center

 menghapus akun instagram

  • Setelah itu, tunggu sampai kamu di alihkan ke situ help.instagram.com. Setelah itu pilih menu Mengelola Akun Anda,

 menghapus akun instagram

  • Pilih menu Hapus Akun Anda.

instagram

  • Setelah itu pilih menu Bagaimana cara menghapus akun saya?

instagram

  • Pilih opsi satu dan tekan tepat di kalimat cetak biru yang mengatakan Halaman Menghapus Akun Anda.

instagram

  • Pilih alasan yang mendasari kamu ingin menghapus akun Instagram kamu.

instagram

  • Sama seperti pada PC, langkah terakhir sebelum akun kamu resmi dihapus oleh pihak Instagram, kamu harus memasukkan Password akun instagram pribadi kamu. Setelah selesai memasukkan password, langsung aja pilih opsi Hapus akun saya secara permanen.

instagram

Gimana nih? Udah bena-benar siap buat menghapus akun Instagram kamu secara permanen? Atau kamu mulai berubah pikiran?

Buat kamu yang mulai ragu untuk menghapus akun Instagram kamu secara permanen, tenang aja. Selain secara permanen masih ada opsi lain kalau memang kamu sedang muak bermain instagram tapi tidak ingin menghpus akun kamu secara permanen.

Yups, tentu saja dengan menghapus akun kamu secara sementara atau bahasa kerennya “temporary”.

Ini nih caranya:

Cara Menghapus Akun Instagram untuk Sementara

Masih ingat beberapa waktu lalu akun Instagram Awkarin sempat hilang lalu muncul lagi? Yaps, ini karena dia menonaktifkan akun Instagram untuk sementara.

Selain pilihan menghapus akun secara permanen, Instagram juga menyediakan penghapusan akun secara sementara yang juga dikenal menonaktifan akun. Kamu bisa menonaktifkan akun kamu sementara hingga kamu siap untuk bermain Instagram lagi.

Tanpa banyak bicara lagi yuk simak langkah-langkah bagaimana cara menonaktifkan instagram kamu untuk sementara.

  • Buka Instagram melalui browser yang kamu pakai. Setelah itu log in ke akun instagram kamu.
  • Setelah itu pilih menu profil dengan menekan menekan akun yang ada di sebelah kanan bawah layar Hp kamu. Tekan Edit Profil
  • Di menu edit profil, selanjutanya pilih opsi Nonaktifkan sementara akun saya yang ada di sebelah kanan bawah.
  • Setelah itu isi alasan kamu untuk menonaktifkan akun Instagram kamu. Setelah itu, masukkan pasword dan pilih opsi Akun Dinonaktifkan Sementara.

Setelah kamu melakukan langkah diatas maka selamat akun kamu sudah berhasil untuk di nonaktifkan.

Kesimpulan

Cara menghapus akun Instagram ini emang gampang banget kan? Nggak sampai 5 menit udah kelar!

Tapi, kamu harus bener-bener yakin dan menentukan dulu apakah kamu mau menghapusnya secara permanen atau cuman sementara aja. Faktanya, kalau kamu pilih permanent, maka kamu nggak akan bisa lagi recovery. Akun kamu bener-bener akan hilang!

Sementara itu, menghapus akun Instagram juga merupakan langkah yang bagus untuk mengurangi adiktif atau candu. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan nggak terkena resiko hack dan data privacy kamu makin aman.

Mau tips-tips lainnya seputar social media dan dunia digital? Tenang aja, Digitek.id punya segudang info tentang dunia digital paling update! So, gali terus yuk info yang kita sediakan buat kamu! Makin update, makin kece!

1 Comment

  1. Nurul hidayati berkata:

    tapi email dan pasword saya sudah di ganti, gimana ya kak supaya saya bisa menonaktifkan instagram saya meskipun saya sudah tidak mempunyai akses untuk login

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *