Atasi HP Lemot Pakai Cara Ini! 100% Aman Tanpa Root

1 tahun lalu, by digitek

Kesel karena performa HP lemot? Pengen ganti HP tapi nggak ada duit? Eits tunggu dulu. Nggak perlu sampai ganti Hp juga kali. Keliatan deh kalau kamu “kudate” banget karena nggak tau cara mengatasi Hp lemot.

Padahal ada banyak banget aplikasi maupun cara buat ningkatin performa HP. Hebohnya lagi, cara ini bisa kamu lakukan tanpa harus nge-ROOT HP kamu.

Serius! Kabar baiknya, kali ini kita akan share gimana cara buat mempercepat performa Hp lemot tanpa harus Root. Jadi, dijamin deh HP kamu bakal aman 100%, tanpa resiko apapun!

Penasaran kan bagaimana aja caranya? Yuk langsung cek aja tipsnya!

Cara Mengatasi HP Lemot Android Tanpa Root

Seperti yang kamu tau kalau nggak semua smartphone atau HP mempunyai kinerja yang baik untuk bisa digunakan sehari-hari. Nggak jarang terjadi beberapa masalah yang timbul pada smartphone yang kamu pakai.

Contoh aja nih ya, HP kamu makin lama digunakan makin lambat atau lemot, bahkan sampai not responding. Kejadian-kejadian seperti ini pasti pernah atau malah mungkin sedang kamu alami, terutama buat kamu yang sering ngegame dan nginstal banyak program.

Cara Mengatasi HP lemot

Emosi karena HP Lemot

Oleh karena itu, disini kita akan share beberapa tips supaya HP kamu bisa beroprasi dengan cepat dan ringan. Baik itu dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Berikut cara memperbaiki kinerja Hp kamu tanpa atau dengan aplikasi versi Digitek.id.

Cara Mempercepat HP Lemot Tanpa Aplikasi

Cara pertama yang mau kita kasih ke kamu karena masalah HP lemot, not responding atau masalah sejenis lainnya yang pertama adalah tanpa aplikasi. Alternatif yang satu ini bisa kamu coba untuk mempercepat Hp kamu. Bahkan bahagianya, caranya sendiri relatif sangat mudah kok.

Kamu hanya perlu memperbaiki beberapa pengaturan atau dengan hanya menghapus aplikasi yang nggak penting. Untuk lebih lengkapnya, berikut tipsnya.

1. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Sadar nggak kalau setiap kali beli smartphone atau Hp baru, pasti ada beberapa aplikasi bawaan yang sudah terinstal padah smartphon yang kamu beli. Hampir kita semua sebagai pengguna smartphone nggak pernah membuka atau bahkan tidak tau apa fungsi dari aplikasi bawaan smartphone itu.

Untuk itu, buat kamu yang ingin mempercepat Hp lempt kamu, coba deh hapus aplikasi yang nggak kamu butuhkan itu.

Cara menghapus aplikasi default pada HP adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama, buka menu Pengaturan /Setting/Setelan
  • Berikutnya, pilih menu Apps Manager / Pengelola Aplikasi pada pengaturan smartphone kamu
  • Cari dan pilih aplikasi mana yang ingin kamu hapus
  • Setelah memilih aplikasi, tekan Uninstall/Hapus untuk memulai menghapus aplikasi
  • Lakukan pada daftar aplikasi yang ingin kamu hapus
  • Selesai deh!
Hp Lemot pulikhan dengan Uninstal App

unistall app

Sekarang coba deh buka aplikasi lain. Cepat apa masih lemot? Kalau masih lemot, hapus lagi beberapa aplikasi yang lainnya ya.

2. Disable / Nonaktifkan Aplikasi yang Nggak Digunakan

Pernah nggak ketemu aplikasi bawaan yang nggak bisa di-uninstal? Yups, aplikasi yang bisanya cuman “uninstall update” aja! Jika kamu menemukan aplikasi yang kayak gitu, coba aja untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.

Nggak bisa dipungkiri memang ada beberapa aplikasi yang nggak membiarkan kamu untuk mengakses fitur uninstal untuk aplikasinya. Sebagai contoh untuk aplikasi tersebut antara lain, Google Drive, Galaxy App (buat kamu para pengguna smartphone dari Samsung), Google Plus, Youtube, Maps dan masih banyak lagi.

Solusi buat masalah kamu itu adalah kamu bisa mencoba untuk menonakttifkan aplikasi yang sudah mimin sebutkan tadi.

Cara menonaktifkan aplikasi bawaan itu adalah sebagai berikut.

  • Buka menu Pengaturan yang ada di HP atau smartphone kamu
  • Buka menu App Manager pada menu pengaturan
  • Pilih aplikasi yang mau dinonaktifkan
  • Tekan pilihan Disable / Nonaktifkan pada menu
  • Done!
Disable Youtube

Nonaktifkan Aplikasi

NB:

Pastikan untuk uninstal update aplikasi yang jarang kamu pakai dengan data yang lumayan besar. Perhatikan juga jumlah data yang ada di cache ya.

3. Bersihkan Cache

Di tips ketiga mempercepat HP lemot tanpa aplikasi ini, kamu bisa meningkatkan performa HP dengan cara menghapus cache yang ada di smartphone kamu. Selain berguna untuk menambah jumlah ruang penyimpanan kamu, cache juga sangat berperan penting loh dalam meningkatkan kinerja Hp android kamu.

Untuk cara menghapus cache di posel kamu adalah sebagai berikut.

  • Buka bagian menu untuk Pengaturan pada smartphone kamu
  • Cari dan pilih menu Storage atau Penyimpanan
  • Pilih menu Internal Storage pada bagian menu pengaturan
  • Tekan pilihan Cache Data pada menu
  • Tekan Hapus pada pilihan menu yang muncul
  • Selesai
Hp lemot bersihkan denga Clear Cache

clear cache

NB:

Cache kalau makin lama nggak pernah dibersihkan bakal numpuk. Jika udah numpuk, udah bisa dipastikan kalau HP kamu bakal makin lemot dan berat.

4. Hapus atau Pindahkan File

Salah satu masalah yang juga bisa membuat HP lemot banget adalah jumlah file yang terlalu banyak hingga memenuhi Storage atau Ruang Penyimpanan.

Ruang penyimpanan, khususnya penyimpanan internal yang terlalu penuh bisa bikin Hp atau smartphone android kamu lemot atau bahkan tidak merespond (hang). So, cara kamu me-manage ruang penyimpan internal pada hp kamu adalah hal mendasar yang harus kamu lakukan sebagai satu cara untuk mengatasi hp lemok kamu.

Untuk itu, kamu bisa hapus file yang sekiranya nggak penting-penting banget yang ada di HP kamu. Atau kalau memang file-file itu menurutmu penting banget, kamu bisa mencoba memindahkan file-file tersebut ke dalah memori card atau komputer pribadi kamu.

5. Optimalkan Kinerja Dari RAM HP

Nggak cuma pada sistem laptop atau komputer saja, RAM juga sama pentingnya dalam pengoprasian sistem di smartphone atau Hp kamu. Pada peningkatan kinerja Hp tentu RAM merupakan faktor yang sangat perlu kamu perhatikan.

Makin tinggi ruang kapasitas dari RAM, maka makin tinggi juga kemungkinan untuk menjamin bagusnya kinerja dari smartphone Android kamu. Tapi buat kamu yang mempunyai smartphone dengan kapasitas RAM yang kecil, kamu bisa mencoba untuk mematikan aplikasi yang banyak mengonsumsi ruang RAM kamu.

Caranya adalah sebagai berikut.

HP Lemot bersihkan RAM

bersihkan RAM

  • Buka menu Pengaturan atau Setting pada smartphone kamu
  • Buat kamu para pengguna android jenis kitkat (4.1.1) kebawah, tekan menu Apps >> Running
  • Sebaliknya, bagi kamu pengguna Android jenis Lollipop (5.0.1) keatas kamu bisa menekan pilihan Smart Manager dan pilih menu RAM pada menu pengaturan Hp kamu.
  • Dari situ kamu bisa langsung menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang mengonsumsi banyak RAM smartphone kamu.
  • Selesai

Cara Mempercepat HP Lemot Dengan Aplikasi

Cara berikutnya untuk mengatasi Hp lemot adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bisa kamu temukan di Play Store.  Tapi emang sih untuk memilih aplikasi yang benar-benar bisa bantu kamu mempercepat Hp lemot lumayan susah.

Beberapa developer meng-klaim kalau aplikasi mereka bisa membantu Hp makin cepat. Tapi bukannya menyelesaikan masalah lemot di Hp kamu, aplikasi itu malah bikin HP kamu lemot. Alasannya, banyak aplikasi clean RAM yang menyertakan widget-widget yang berat dan mengganggu.

Eits, tapi nggak usah kawatir! Disini, kita bakal kasih satu rekomendasi aplikasi yang bener-bener bisa kamu pakai untuk meningkatkan kinerja dari Hp android kamu. Aplikasi itu adalah Clean Master.

Hp Lemot bersihkan dengan Clean Master

Clean Master

Penasaran gimana caranya? Yuk simak step-step berikut.

  • Download aplikasi Clean Master Standard Version atau Clean Master Lite Version di playstore.
  • Setelah selesai download, kamu bisa langsung jalankan aplikasinya.
  • Setelah selesai menginstal aplikasi ini. Di dalam menunya kamu bisa langsung menekan tombol ” Pindai” yang berada tepat ditengah layar Hp kamu.
  • Tunggu hingga proses pindai selesai, setelah proses selesai, tap Berikutnya.
  • Lakukan pengaturan yang diperlukan sebelum penggunaan aplikasi ini.
  • Ssetelah itu pilih opsi Dimengerti >> Clean Master Lite.  Setelah itu pilih Aktifkan.
  • Sekali lagi, lakukan pengaturan tambahan dengan menekan tombol Dimengerti>> CM Lite >>Aktifkan Izin Pelacakan Penggunaan.
  • Langkah yang terakhir setelah semua pengaturan selesai, selanjutnya aplikasi Clean Master akan melakukan penghapusan file cache dan file nggak penting secara otomatis. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga akan memberhentikan secara paksa beberapa aplikasi yang memakan banyak memori dari RAM kamu.

Spesifikasi Clean Master

Lengkapnya, spesifikasi Clean Master adalah sebagai berikut:

  1. Menghapus Junk Files: Analisa dan hapus junk file yang bikin memori penuh!
  2. Boost Memory: Memutus aplikasi yang bikin HP lemot
  3. App Manager: Kontrol penuh dan backup aplikasi di HP kamu
  4. Memproteksi Privacy: Melokasi dan melindungi privacy di HP kamu
  5. 1 Tap Boost: Bikin Widget di screen home yang bisa buat optimasi dengan sekali sentuh

Kesimpulan

Itu dia guys cara untuk mengatasi Hp lemot yang bisa kamu coba. Nggak peduli merek HP apapun yang kamu pakai, jumlah aplikasi dan file yang ditumpuk pada Internal Storage atau penyimpan internal Hp akan bisa membuat performa Hp kamu menurun. Oleh karena itu, kreativitas kamu dalam me-manage aplikasi dan file di HP penting banget. So, masalah HP lemot bakal jauh dari kamu!

Pastikan juga untuk instal aplikasi yang bisa meningkatkan performa Hp kamu. Salah satu contoh aplikasi yang terbukti adalah Clean Master. Dengan semua fitur dan kelebihannya, nggak heran deh kalau kita rekomendasikan aplikasi ini buat kamu.

Kalau emang kamu nggak betah sama HP lama itu, beli HP baru bisa jadi alternatif. Untungnya, kita udah siapin semua daftar Hp yang lagi populer di akhir tahun ini. Semua HP keren ini udah kita rangkum di artikel Daftar Hp Terbaru Paling Populer November 2019.

Selain itu, masih ada banyak info yang bisa kamu akses di website kita. Apapun info tentang dunia digital dan teknologi bisa kamu akses secara langsung disini! So, jangan lupa buat subscribe email newsletter kita biar nggak ketinggalan info dan artikel kita yang terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *