Cara Mengatasi Dota 2 Tidak Bisa Launch / Stuck di Loading Screen

By Digitek

Dota 2 adalah game yang sudah lama eksis. Dengan gameplaynya yang hidup dan imersif, ia menghadirkan pengalaman bermain game multiplayer yang menarik.

Terlepas dari kenyataan bahwa Dota sudah rilis cukup lama, itu tidak berarti bahwa ia bebas dari bug dan gangguan.

Salah satu masalah umum yang mengganggu para gamer adalah game tidak dapat diluncurkan. Untuk membantumu mengetahui penyebab utama dan memperbaikinya, berikut kami berikan langkah mengatasi masalah tersebut.

Verifikasi File Game

File game cukup penting untuk mendukung kinerja. Jika beberapa file instalasinya rusak atau hilang karena beberapa alasan, kemungkinan besar kamu mengalami masalah saat meluncurkan game.

Untuk memeriksa apakah file game utuh, kamu perlu memverifikasinya. Untuk melakukannya, ikuti langkah demi langkah di bawah ini:

  • Buka Steam client
  • Di bawah Library, navigasikan ke judul game dalam hal ini Dota 2. Lanjutkan dengan klik kanan dan pilih Properties dari menu.

Cara Mengatasi Dota 2 Tidak Bisa Launch / Stuck di Loading Screen

  • Pilih tab LOCAL FILES, lalu klik Verify integrity of game files… .

Cara Mengatasi Dota 2 Tidak Bisa Launch / Stuck di Loading Screen

  • Sekarang, Steam akan memverifikasi file game. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit.

Jika sudah selesai, coba luncurkan Dota 2 untuk memeriksa apakah kamu sudah mem-boot game tersebut.

2. Setel Opsi Peluncuran Untuk Dota 2

Jika memverifikasi file game tidak menyelesaikan masalah, kami sarankan Anda mencoba meluncurkan Dota 2 dengan opsi peluncuran -autoconfig.

Itu mungkin membantu terutama ketika game gagal untuk memulai. Ikuti instruksi di bawah ini untuk mengatur opsi peluncuran untuk Dota 2.

  • Buka Steam client
  • Di bawah Libray, navigasikan ke judul game, dalam hal ini Dota 2. Lanjutkan dengan klik kanan dan pilih Properties dari menu.
  • Di bawah tab General, ketik -autoconfig di bagian Launch Options (Perhatikan bahwa ada tanda hubung – diikuti oleh kata-kata autoconfig)

Cara Mengatasi Dota 2 Tidak Bisa Launch / Stuck di Loading Screen

Setelah menerapkan perubahan, klik tombol Play untuk memeriksa apakah kamu bisa memulai game dengan normal. Jika cara ini belum berhasil, coba perbaikan berikutnya di bawah ini.

3. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Saat game tidak bisa dimulai, penyebab lain mungkin karena aplikasi yang berjalan di latar belakang mengganggu game.

Dalam situasi ini, kamu bisa menonaktifkan program-program yang tidak perlu saat bermain Dota 2. Berikut caranya:

  • Pada keyboard, tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk membuka dialog box Run.
  • Ketik taskmgr, lalu tekan Enter pada keyboard.

h

  • Di bawah tab Proses, klik kanan pada program yang tidak dibutuhkan saat bermain Dota 2 dan pilih End Task. (Pastikan tidak mengakhiri tugas-tugas yang secara signifikan dapat mengganggu sistem komputer)

fdgdfg

  • Setelah selesai melakukannya, coba luncurkan Dota 2 dan seharusnya kamu sudah bisa bermain dengan nyaman.

4. Jalankan Pemindaian File Sistem (System File Scan)

Jika program gagal diluncurkan atau stuck di loading screen, saatnya untuk memeriksa apakah ada file sistem yang hilang atau rusak.

File sistem yang rusak merupakan salah satu penyebab masalah program. Dalam hal ini, kamu erlu menjalankan pemindaian sistem pada PC.

Kamu bisa menggunakan tools File Checker tool (sfc /scannow) untuk mencari sistem mana yang bermasalah. Cara lain yakni dengan menggunakan aplikasi Restoro. Berikut langkahnya:

  • Unduh dan instal Restoro.
  • Mulai Restoro dan itu akan menjalankan scan gratis pada PC. Setelah proses pemindaian selesai, kamu akan melihat gambaran umum tentang sistem dan masalah yang dialami PC.
  • Klik Start Repair untuk memulai proses perbaikan dan tunggu hingga Restoro memperbaiki masalah.

5. Update Driver Grafis

Cara mengatasi Dota 2 tidak bisa launch atau stuck di loading screen lainnya yakni dengan melakukan update driver grafis.

Pastikan kamu menggunakan driver grafis yang mutakhir. Bahkan jika hardware telah memenuhi atau melampaui persyaratan sistem, menggunakan driver yang sudah usang dapat memengaruhi kinerja game.

Untuk menikmati gameplay epenuhnya, kamu perlu memeriksa driver update. Kamu bisa melakukannya secara manual dengan dengan membuka situs web resmi NVIDIA atau AMD.

Kemudian, temukan driver yang sesuai dengan versi Windows komputermu dan unduh secara manual. Setelah mengunduh driver yang benar untuk sistem, klik dua kali pada file yang diunduh dan ikuti petunjuk di layar untuk menginstalnya.

Nah, itulah berbagai cara mengatasi Dota 2 tidak bisa launch atau stuck di loading screen. Semoga bisa membantu masalahmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.