Cara Mengatasi Baterai Xiaomi yang Cepat Habis

By Digitek

Xiaomi, vendor smartphone ternama asal China selalu memukau para penggemarnya dengan meluncurkan berbagai perangkat kelas atas dengan banderol harga yang terjangkau.

Banyak pengguna yang sudah memiliki smartphone Xiaomi dilaporkan menghadapi masalah baterai yang cepat boros. Mungkin ada beberapa faktor yang memengaruhi masa pakai baterai perangkatmu dan di sini kami akan memberikan solusinya.

1. Jalankan Game dengan Grafis Rendah

Memainkan game kelas atas di perangkat dengan layar yang lebih besar adalah salah satu penyebab mengapa baterai Xiaomi cepat habis.

Jadi, cobalah untuk memainkan game dengan pengaturan grafis rendah agar penggunaan CPU menurun. Dengan begitu kinerja bateraipun meningkat.

2. Pastikan opsi Scanning Always Available Dinonaktifkan

Cara kedua yakni dengan menonaktifkan opsi “Scanning Always Available” atau “Memindai Selalu Tersedia”pada perangkatmu.

Itu adalah opsi di bawah pengaturan WiFi yang digunakan oleh Google map untuk melacak lokasi. Untuk meningkatkan masa pakai baterai, aktifkan opsi tersebut saat dibutuhkan saja.

3. Matikan Koneksi Internet Jika Tidak Digunakan

Berbagai konektivitas seperti WiFi, 3G, dan GPS cukup menguras baterai meskipun ponsel sedang tidak digunakan. Mematikan semua koneksi tersebut akan membantumu memperbaiki masalah baterai yang boros pada hp Xiaomi.

4. Pastikan Menggunakan Software Terbaru

Perangkat haruslah berjalan pada software terbaru dan paling update. Kamu bisa mengeceknya secara manual dari menu Setting > About Phone.

5. Aktifkan Battery Saver Mode

Cara Mengatasi Baterai Xiaomi yang Cepat Habis

Saat ini sebagian besar ponsel MIUI hadir dengan Battery Saver Mode. Dengan fitur tersebut, kamu bisa mengoptimalkan ponselmu untuk menghemat baterai. Untuk mengaktifkan mode, cukup buka Setting > Battery.

6. Sesuaikan Tingkat Kecerahan Layar / Brightness ke Level Rendah

Terakhir, mempertahankan tingkat kecerahan layar atau brightness dalam tingkat rendah akan meningkatkan kinerja baterai ponsel. Caranya dengan tidak memakai ponsel di bawah terik matahari dalam waktu yang lama karena akan menguras baterai.

7. Aktifkan Dark Mode

Cara Mengatasi Baterai Xiaomi yang Cepat Habis

Studi Purdue menemukan bahwa beralih dari light mode ke dark mode pada kecerahan 100% menghemat rata-rata daya baterai 39%-47%. Caranya, pilih setting > display > Aktifkan Dark Mode.

8. Cara Lainnya

Tips lain untuk menjaga baterai ponsel agar awet yakni:

  • Kurangi refresh rate layar
  • Hindari menggunakan live wallpaper
  • Aktifkan Mode Pesawat
  • Ubah resolusi gambar dan video
  • Jauhkan ponsel dari panas atau suhu ekstrem.
  • Aktifkan pengisian daya yang dioptimalkan dan fast charging, dan hapus aplikasi yang tidak digunakan

9.  Factory Reset

Jika kamu sudah mencoba semua metode di atas tetapi masih tidak dapat memperbaiki masalah baterai ponsel yang boros, cobalah lakukan Factory Reset.

Untuk melakukan metode ini, pergilah ke Settings > General Management > Reset > Factory data reset. Kemudian, klik Reset, masukkan kata sandi, dan pilih delete all.

Nah, itulah berbagai cara mengatasi baterai Xiaomi yang cepat habis. Jika masih belum berhasil juga, mungkin saatnya mengganti baterai atau membeli HP dengan kapasitas baterai besar, harga mulai 1 Jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.