Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android: 3 Easy Step!

1 tahun lalu, by digitek

Cara menghapus aplikasi bawaan Android

Nggak bisa dipungkiri, ternyata banyak user handphone Android nggak bisa menghapus aplikasi bawaan Android. Soalnya emang nggak ada menu ‘hapus’ nya kan? Kita tuh tau kalau sebenernya kamu kesel sama aplikasi bawaan ini. Penuh-penuhin memory, padahal jarang banget dipakai kan?

Asal kamu tau aja, aplikasi bawaan di sistem itu penting banget perannya. Umumnya sih, ada command-command tertentu yang harus dilakukan oleh aplikasi itu. Itulah sebabnya, sistem nggak menyediakan opsi ‘Hapus’ kayak aplikasi pelengkap lainnya.

Terus kalau emang nggak pernah dipakai, apa bisa dihapus?

Soalnya beberapa smartphone dan khususnya Android itu punya aplikasi bawaan yang berupa game! Jadi selain habis-habiskan memory, aplikasi ini juga ganggu banget.

Untungnya, kita masih punya cara alternatif buat menghapus aplikasi bawaan Android ini. Gimana caranya? Check it out ya …

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android 2020

Kayak yang kita bilang di awal tadi, aplikasi bawaan Android itu nggak bisa dihapus sepenuhnya. Tapi kita penasaran banget dan akhirnya berusaha berbagai cara buat melakukan trik ini.

Akhirnya, kita nemu 3 cara buat menghapus aplikasi bawaan di Android ini. Tinggal kamu aja, pilih cara yang tanpa root atau pakai root. Semua udah kita coba kok.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Update 2020

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Update 2020 | Disable Setting

Kalau kamu beneran takut resiko root, cara simple ini bisa kamu lakukan. Yaps, sebenernya udah ada pilihan langsung dari dalam sistem setting smartphone atau HP aja.

Sayangnya, nggak semua vendor HP menyediakan fitur dan fasilitas ini. Cuman beberapa vendor aja yang kasih kamu opsi buat disable aplikasi bawaan yang ada di Android kamu.

So, kamu harus check sendiri ya opsi yang ada di setting HP kamu tentang aplikasi ini.

Caranya cukup kayak gini aja kok:

  • Masuk ke halaman Setting atau Pengaturan
  • Pilih menu App atau Aplikasi atau Applications dimana kamu bisa melihat semua aplikasi yang udah terinstal di Android kamu itu
  • Pilih aplikasi yang mau di-uninstall atau dihapus
  • Klik aplikasi itu dan bakal muncul 2 kotak opsi dibawahnya, yaitu Force Stop dan Disable. Nggak ada opsi ketiga Hapus atau Delete kayak aplikasi install-an lainnya
  • Langsung aja tekan Disable ya buat menghapus aplikasi itu
  • Tapi kalu tombol Disable nggak bisa di-klik atau warnanya abu-abu, langsung aja tekan Force Stop dulu. Soalnya, bisa jadi aplikasi itu jalan di background.
  • Kalau udah di Force Stop, tombol Disable bakan muncul.
  • Langsung aja tekan Disable terus klik OK.
  • Selesai deh! Aplikasi bawaan udah berhasil di-uninstall atau dihapus!

Oh iya, cara ini nggak bisa menghapus aplikasi itu permanen ya. Soalnya setau kita sih, aplikasi ini bakal langsung balik lagi kalau kamu connect ke WiFi.

Buat menghindarinya, kamu bisa menghentikan Update Otomatis di Google Play Store khusus buat aplikasi itu. Jadi, aplikasi itu nggak bakal bisa update dan jalan lagi.

Artinya, bisa dikatakan kalau aplikasi ini udah fix non-aktif permanen.

Asik kan?

Menghapus Aplikasi Built-In Android dengan Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Update 2020

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Update 2020 | System App Remover

Kayak namanya, cara ini cuman bisa kamu pakai kalau Android kamu udah di-root.

Udah tau root ya?

Root (Android) atau Jailbreak (iPhone / iOS) adalah cara untuk mendapatkan akses penuh terhadap Android dan iOS biar nggak terhalang oleh syarat dan ketentuan serta kebijakan pabrik.

Tapi sayangnya, Root atau Jailbreak ini bakal langsung menghapus lisensi yang ada di Android dan iOS kamu. Jadi kalau ada apa-apa dan kondisi smartphone udah di root atau jailbreak, udah pasti pihak iOS dan Android nggak mau tanggung jawab.

Kembali ke topik kita ya.

Cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan root itu gampang kok. Yang jelas, kamu harus pakai aplikasi pihak ketiga buat melakukannya.

Stepnya kayak gini nih:

  • Download aplikasi System App Remover di Play Store. Aplikasi ini bisa di-download semua jenis Android, entah itu udah di-root atau belum. Cuman, kamu nggak bisa pakai aplikasi ini kalau belum di-root. Alias, aplikasi ini cuman berfungsi sama Android yang udah di-root.
  • Kalau udah install aplikasi ini, bakal langsung muncul pop up SuperSU buat minta konfirmasi root. Langsung aja tekan ‘Grant’ atau ‘Izinkan’ ya.
  • Pilih aplikasi yang mau kamu uninstall atau hapus. Bahkan, kamu juga bisa pilih beberapa aplikasi secara langsung.
  • Klik ‘Uninstall’ terus pilih Yes kalau ada notifikasi pop up yang muncul
  • Tunggu sampai proses selesai. Biasanya cepat kok. Cuman ya tergantung sama ukuran file aplikasi nya sih.
  • Selamat! Kamu udah bisa uninstall aplikasi bawaan yang nggak penting buat kamu.

Note penting:

Emang sih kamu bisa uninstall sepenuhnya. Cuman masalahnya, kamu harus jaga terus kondisi Android biar nggak sampai ada masalah di belakang.

Soalnya, pihak vendor nggak mungkin mau tanggung jawab kalau ada apa-apa sama Android yang udah di-root.

Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Update 2020 Pihak Ketiga

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Update 2020 Pihak Ketiga | System App

Kalau emang nggak nemu fitur Disable di Setting atau nggak mau resiko gara-gara root dan jailbreak, mending langsung aja pakai aplikasi pihak ketiga ya.

Sebenarnya sih ada banyak banget aplikasi yang support buat tasking ini. Cuman sekarang, kita bakal konsentrasi dan fokus ke 1 aplikasi aja, yaitu CCleaner.

Kebanyakan orang sih taunya CCleaner ini cuman buat menghapus cache dan junk atau file sampah di Android da iOS. Tapi nyatanya, aplikasi ini juga support buat uninstall aplikasi bawaan yang nggak penting.

Beda kayak membersihkan cache dan junk files, kamu harus melakukan sedikit peran disini.

Caranya lumayan gampang sih ya:

  • Download aplikasi CCleaner di Play Store atau di website download lainnya.
  • Install dan tunggu sampai proses install selesai.
  • Buka aplikasi itu dan pilih menu Option di bagian pojok kiri atas
  • Pilih menu App Manager
  • Dibagian ini, ada 3 kategori aplikasi yang bisa kamu temukan:
    • Installed: list aplikasi yang masih terpasang
    • Disabled: aplikasi yang udah di-disabled
    • System: aplikasi bawaan yang ada di Android
  • Pilih kategori System buat melihat aplikasi yang mau kamu uninstall
  • Klik aplikasi yang mau kamu hapus itu.
  • Klik icon tempat sampah yang ada di pojok kanan bawah screen
  • Jangan pernah pilih aplikasi dengan logo Android. Kalau kamu nekat, biasanya bakal punya dampak buat sistem.
  • Tunggu sampai proses uninstal selesai
  • Klik Reboot Now biar aplikasi itu terhapus secara permanen

Gampang kan?

Cuman ada beberapa vendor yang nggak bisa dilakukan dengan cara ini. Sebagian besar brand yang bisa menghapus aplikasi bawaan dengan cara ini adalah Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi, Asus, dan Evercoss.

Kesimpulan

Go beyond the limit!

Meski ada kebijakan tentang uninstall aplikasi yang nggak penting dari system, nyatanya masih ada cara buat uninstall kan. Bahkan cara itu bisa dilakukan dengan dan tanpa root.

Saran kita sih, jangan uninstall atau menghapus aplikasi bawaan Android kalau emang nggak urgent banget. Soalnya, disamping berbahaya, tentu performa Android kamu juga bakal menurun.

Emang sih kalau kebanyakan aplikasi, terutama aplikasi background, itu bikin berat. Tapi, ada kan cara mempercepat HP lemot?

Nah, jadi ini dulu ya sharing kita di kesempatan ini. Masih ada banyak banget topik menarik yang bakal kita share buat kamu biar makin keren.

So, jangan lupa buat selalu ikutin terus update terbaru kita tentang dunia digital dan teknologi cuman di Digitek.id! Ada info update tentang gadget, komputer, tips dan trik, games sampai review film terbaru loh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *