Tips Membuat Foto dan Video Bokeh

Tips Membuat Foto dan Video Bokeh

4 minggu lalu

Bokeh adalah sebuah istilah yang digunakan dalam dunia fotografi dan juga videografi dimana pengertian mudahnya merupakan hasil gambar atau video menunjukkan ketajaman pada objek yang difoto, sehingga menampilkan background yang blur. Dengan teknik foto ini kita dapat memiliki beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, salah satunya adalah menegaskan objek yang kita foto atau kita video kan. Teknik bokeh ini sangat cocok digunakan untuk foto yang memiliki objek nyata seperti sebagai contoh potret wajah, foto produk, atau objek – objek lainnya.

Membuat sebuah foto dan video bokeh bisa dibilang susah – susah gampang. Cara membuat foto dan video bokeh tentunya kita harus mengetahui dahulu apa itu yang disebut dengan bokeh, dan kenapa foto dan video bisa menjadi bokeh. Nah, kita akan membahas mengenai tips membuat foto dan video bokeh, tapi sebelumnya kita juga akan mengulas sedikit mengenai arti kata bokeh.

Apa Itu Bokeh Dan Kenapa Foto Atau Video Bisa Jadi Bokeh?

Mungkin anda pernah melihat sebuah foto atau video bokeh, tapi anda belum menyadarinya. Jadi sebenarnya bokeh merupakan sebuah kata serapan dari bahasa jepang. Bokeh diserap dari bahasa jepang “Boke” yang berarti “blur”. Kata ini pasti akan menjadi tidak asing jika anda terus mendalami dunia fotografi dan juga videografi.

Secara bahasa mudahnya bokeh seperti yang sudah dijelaskan adalah kondisi blur dimana biasanya hal ini dijadikan kelebihan untuk foto objek, sehingga objek terlihat tegas dan menonjol. Dalam fotografi dan juga videografi bokeh bisa dibilang sebagai out of focus area, karena keterbatasan yang terjadi pada lensa kamera.

Dengan kata lain jika anda melihat foto atau video yang menghasilkan sebuah objek yang jelas dan tajam kemudia di sekitarnya terlihat blur (biasanya di bagian background), anda sudah melihat seperti apa foto dan video bokeh.

Tapi kondisi seperti apa sih yang bisa menyebabkan sebuah foto dan video menjadi bokeh?

Kenapa Foto Dan Video Bisa Menjadi Bokeh?

Di dunia fotografi dan juga videografi, hasil bokeh memiliki berbagai keunggulan dan juga manfaat tersendiri. Manfaat tersebut bisa adalah sebagai berikut:

  • Menegaskan dan mempertajam objek yang ingin kita foto dan video: Dengan membuat background dan bidang disekeliling objek bokeh, tentunya kita bisa menonjolkan objek kita menjadi lebih baik. Dalam dunia fotografi, objek bisa jadi manusia, benda, dan juga tumbuhan.
  • Menambahkan efek keindahan pada sebuah foto dan video: Jika dilakukan dengan benar, bokeh bisa jadi sebuah kelebihan yang bisa membuat foto dan video anda menjadi lebih keren tanpa menggunakan editing.
  • Menghilangkan bagian yang tidak penting di dalam foto dan video: Seperti yang sudah disampaikan bahwa untuk menonjolkan sebuah objek kita bisa memakai cara menjadikan foto bokeh, nah biasanya background ini tidak terlalu penting untuk sebuah foto yang memfokuskan terhadap suatu objek.

Setelah mengetahui manfaat dari sebuah foto dan video bokeh selanjutnya kita akan langsung ke topik kenapa sebuah foto bisa menjadi bokeh. Pertama sebuah kamera dengan depth of field (dof) kecil akan menghasilkan foto yang bokeh.

Untuk penjelasannya sebenarnya sangat panjang, depth of field ini dipengaruhi oleh tiga komponen utama dari sebuah kamera yaitu ISO, Shutter Speed, dan Aperture. Ketiga hal ini mempengaruhi satu sama lain sehingga biasa disebut dengan segitiga exposure. Dengan menggunakan depth of field yang tepat kita bisa mendapatkan foto dan video yang bokeh.

Yang paling penting disini adalah aperture yang biasanya kita ketahui sebagai satuan yang berlogo (f). Saat kita membaca spesifikasi kamera sebuah kamera entah itu smartphone ataupun kamera lainnya pasti akan ada sebuah spesifikasi yang menyebutkan misal, f/2.0 dan sebagainya.

Semakin besar aperture atau bukaan lensa akan semakin kecil depth of fieldnya sehingga gambar dan video yang dihasilkan akan menjadi semakin blur.

Itulah kunci sebuah foto dan video bokeh. Tapi perlu diingat dan juga perlu diperhatikan aperture (bukaan lensa) yang sering di lambangkan dengan f ini dihitung dengan satuan desimal. Dengan rata rata bukaan lensa terbesar lensa standar kamera DLSR (lensa kit 18-55 mm) adalah f/3.5 dengan bukaan terkecil adalah f/.22. Jangan terbalik ya .22 ini berarti 0,22 dan 3.5 berarti 3,5 yang berarti lebih besar, untuk pemula biasanya sering terbalik.

Jadi cara kerja dari foto dan video bokeh dipengaruhi oleh tiga hal yang bisa kita utak – atik, yaitu:

  • Shutter speed (Kecepatan buka dan tutup jendela sensor kamera)
  • Aperture (Besarnya Bukaan Lensa)
  • ISO (Sensitifitas sensor terhadap cahaya)

Tapi perlu diingat bahwa bukaan besar atau aperture yang besar membuat depth of field menjadi lebih kecil dimana area fokus juga bertambah kecil.

Tips Membuat Photo Dan Video Bokeh Di Kamera DSLR dan Mirrorless

Tentunya setelah mengetahui cara kerja dari sebuah foto dan video bokeh akan lebih mudah dalam pembuatan foto dan video bokeh. Baik itu foto maupun video memiki cara kerja yang sama jadi, kita akan melihat tips yang bisa berlaku untuk pengambilan foto maupun video.

1. Menggunakan Lensa Kamera Yang Memiliki Aperture Besar

Tips Membuat Foto dan Video Bokeh - Menggunakan Lensa Dengan Aperture Besar

Photo via infiniteafrica.com

Lensa kamera, khususnya kamera DSLR dan juga Mirrorless didesain untuk tujuan yang berbeda – beda. Ada yang digunakan untuk foto landscape, foto jarak jauh (tele). Biasanya setiap kamera memiliki lensa standar bawaan setiap vendor kamera, yang biasa disebut dengan lensa kit. Lensa kit ini bertujuan untuk membuat foto dan video secara umum tanpa tujuan spesifik. Dengan rata – rata panjang lensa 18-55 mm dan bukaan lensa atau aperture f/3.5-5.6.

Agar lebih maksimal dalam melakukan teknik bokeh, anda bisa mengganti lensa kamera fix, dimana biasanya tidak ada fasitlitas zoom karena panjang kamera hanya satu focal length. Dengan lensa kamera yang satu ini anda akan mendapatkan hasil bokeh yang sangat tajam. Aperture dari lensa fix biasanya berkisar di f/1.8 sehingga bukaannya besar. Ada beragam lensa fix yang bisa dipilih, mulai dari segi harga, kualitas, dan fitur yang ditawarkan.

2. Mendekatkan Kamera Ke Objek Yang Ingin Di Foto Atau Video

Tips mudah membuat foto dan video bokeh kedua adalah mendekatkan kamera ke objek. Hal ini sangat efektif untuk digunakan para pengguna kamera DSLR dan juga Mirrorless yang masih menggunakan lesa kit. Biasanya lensa kit memiliki range aperture yang lebih kecil sehingga untuk membuat foto bokeh yang maksimal anda bisa mendekatkannya ke arah objek yang ada.

Dengan langkah pertama coba setting aperture atau bukaan lensa paling besar, jangan lupa untuk juga mengatur ISO, dan juga Shutter yang pas. Kemudian dekatkan ke arah objek, lalu fokuskan ke objek yang ingin difoto atau di video, maka anda akan mendapatkan foto dan video bokeh.

3. Menjauhkan Objek Dengan Background Yang Ingin Dibuat Blur

Cara ketiga ini merupakan cara alternative jika cara ke 2 di atas masih belum maksimal karena keterbatasan lensa yang memakai lensa kit. Hasil foto dan video bokeh juga dipengaruhi oleh jarak objek dan background. Semakin jauh objek dengan background akan semakin blur pula background yang didapatkan.

Jadi pastikan jarak antara background dan juga objek yang akan difoto dan divideo pas untuk hasil bokeh yang maksimal.

Tips Membuat Photo Dan Video Bokeh Di Smartphone

Beberapa dari anda mungkin berpikir, enak dong make kamera DSRL dan Mirrorless, lha kita make smartphone android, caranya gimana? Baik untuk anda yang menggunakan smartphone, sebenarnya tekniknya sama seperti di kamera yang sudah dijelaskan. Tinggal atur manual saja pengaturan ISO, Aperture, dan juga Shutter yang ada di smartphone kamu, sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas.

Biasanya smartphone mid-high end, memiliki fasilitas pengaturan yang bisa di setting secara manual. Kemudian dengan mendekatkan kamera smartphone ke objek, juga jauhkan objek foto dan video dengan background yang ingin di blur. Dengan cara seperti anda akan mendapatkan hasil video dan juga foto yang memiliki hasil bokeh.

Tapi sebenarnya ada cara mudah untuk menghasilkan foto dan video bokeh di smartphone yaitu menggunakan aplikasi pihak ke tiga smartphone. Di jaman sekarang sudah banyak sekali aplikasi yang bisa membuat tampilan foto dan video anda mempunyai efek bokeh kok. Berikut ini daftarnya.

Aplikasi untuk membuat foto dan video bokeh

1. Inshot

Aplikasi untuk membuat efek bokeh - Inshot

Photo via play.google.com

Inshot adalah salah satu aplikasi video editor terbaik yang ada di smartphone baik itu android dan juga IOS. Selain itu aplikasi ini juga bisa melakukan editing foto dan video dengan menambahkan efek bokeh dan blur pada foto dan juga video. Foto dan juga video yang anda punyai akan menjadi lebih berkelas dengan editan bokeh dari aplikasi smartphone yang satu ini.

Selain itu inshot juga menyediakan berbagai tools editing yang sangat menarik sehingga memang layak dicoba.

2. PicsArt

Aplikasi edit foto terbaik - PicsArt

Photo via apk.support

PicsArt merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer untuk editing foto. Namun jangan salah picsArt juga memiliki fitur yang bisa membuat bukan hanya foto melainkan juga video menjadi memiliki efek bokeh yang keren lho. Aplikasi ini sudah terunduh 500 juta kali oleh pengguna smartphone android sehingga sudah tidak diragukan lagi ketenaran dari aplikasi ini.

3. Insta Bokeh: Blend Camera

Aplikasi untuk membuat efek bokeh - Insta bokeh: blend camera

Bagi anda yang senang eksis di Instagram aplikasi pihak ketiga yang satu ini bisa dijadikan pilihan untuk membuat foto dan video anda menjadi bokeh dengan kualitas terbaik. Anda bisa langsung membuka kamera dari aplikasi ini dengan menampilkan berbagai efek menarik yang bisa dipilih. Salah satunya tentu saja efek bokeh.

4. Square Blur – Blur Image Background Music Video Cut

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat bokeh foto dan video yang anda punyai. Sangat cocok untuk membuat sebuah foto atau video yang sangat menarik untuk di letakkan di Instagram atau media sosial lainnya seperti twitter, snapchat, ataupun facebook. Aplikasi yang satu ini mendukung berbagai macam fitur dan juga efek, transisi menarik untuk foto dan juga video, tampilan foto dan juga video anda menjadi sangat menarik.

Aplikasi ini dikembangkan oleh pengembang aplikasi bernama CameraStudiopro, yang cukup populer karena sudah di unduh sebanyak 1 juta kali.

5. MagoVideo – Video Star, Video Editor Magic Effects

Magovideo merupakan salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan juga untuk membuat video dan juga foto kita menjadi memiliki efek bokeh yang keren. Selain itu aplikasi yang satu ini juga menampilkan berbagai fitur efek keren lainnya, yang memiliki ciri khas yang sangat menarik. Dengan fitur blur, slow motion, speed up, dan juga fitur lain sebenarnya magovideo merupakan paket lengkap aplikasi editor untuk video dan juga foto.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Video Editor & Photo Editor Apps, yang sudah di unduh sebanyak 5 juta kali di google playstore. Jadi aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer dan dipakai banyak orang.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Photo Editor Perfect Corp, dengan jumlah download sebanya 1 juta kali di google playstore. Jadi mudah kan membuat foto dan video bokeh di smartphone android?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *