Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco M3

7 bulan lalu, by digitek

Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco M3

Produsen smartphone yang digadang sebagai salah satu “flagship killer”, yaitu Poco kembali mengeluarkan produk terbaru mereka bertajuk Xiaomi Poco M3. Kali ini pasar yang mereka incar bukan pasar HP kelas atas, melainkan low entry.

Kita akan membahas spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Xiaomi Poco M3 secara lebih jelas dan juga detail. Bagi yang ingin membeli smartphone besutan Pocophone, langsung simak informasi dan juga artikel ini sampai habis.

Saat ini Xiaomi Poco M3 ini masih dijual di pasar Global dan belum masuk di Indonesia, namun kemungkinan bisa jadi Xiaomi Indonesia juga akan memasukannya di Indonesia mengingat pasar Xiaomi cukup besar di Indonesia.

Perkiraan harga Xiaomi Poco M3 adalah di kisaran 1 sampai 2 jutaan jika sampai ke Indonesia. Cukup murah bukan? Kita tunggu saja sampai Xiaomi Indonesia mengumumkan apakah smartphone ini rilis resmi atau tidak.

Xiaomi Poco M3

Bisa dibilang sebagai salah satu pendatang baru, smartphone yang tadinya menjadi bagian dari Xiaomi ini sangatlah unik. Memunculkan ide desain tersendiri dan memiliki ciri khas serta karakter yang kuat. Mari kita bahas langsung.

Desain dan Body

Desain dan pilihan warna Xiaomi Poco M3

Desain dan pilihan warna Xiaomi Poco M3 – Photo via poco.net

Kamu pasti tahu bahwa desain smartphone di jaman sekarang ini sangatlah mirip satu sama lain, tapi Poco M3 dengan percaya diri menolak untuk sama dengan produsen lain dan menunjukkan bahwa mereka bisa berbeda.

Paling tidak untuk corak body di bagian belakang dimana modul kamera dikemas secara vertical dan diberikan block warna lain. Pilihan warna yang ditawarkan memiliki warna yang cerah seperti pastel yaitu kuning Poco Yellow, Biru Cool Blue, dan juga hitam Power Black. Sepertinya pangsa pasar smartphone yang satu ini ditujukan untuk kamu yang berjiwa muda yang trendy.

Xiaomi Poco M3 memiliki dimensi yang bisa dibilang cukup tipis dengan ukuran adalah 162.3 x 77.3 x 9.6 mm. Sementara itu untuk masalah bahan baik frame dan juga body belakang menggunakan bahan plastik sehingga beratnya pun juga mirip dengan smartphone dipasaran yaitu sekitar 198 gram.

Display dan Layar

Display dan Layar Xiaomi Poco M3

Display dan Layar Xiaomi Poco M3 – Photo via poco.net

Jika berbicara dari segi display dan layar, Xiaomi Poco M3 ini memiliki beberapa keunggulan. Pertama adalah resolusinya dengan mendukung 1080 x 2340 pixels yang berarti sudah mendukung tampilan Full HD, akan lebih nyaman untuk hiburan nonton, streaming serta bermain game.

Dari segi perlindungan layar diberikan sebuah fitur menarik yaitu Corning Gorilla Glass 3. Ukurannya juga cukup luas sehingga memiliki kesan kekinian, dimana Xiaomi Poco M3 ini memiliki lebar layar sebesar 6.53 inch.

Lanjut ke screen to body ratio, dengan klaim 90.34% membuat smartphone ini terlihat memiliki layar yang sangat penuh ditambah dengan 395 ppi membuat tampilan warna dari smartphone ini semakin tajam.

Kamera

Spesifikasi kamera Xiaomi Poco M3

Spesifikasi kamera Xiaomi Poco M3 – Photo via poco.net

Pada awal melihat Xiaomi Poco M3 rilis kami beranggapan bahwa orang yang mencari hp android dengan kualitas selfie akan menyesal tapi dugaan kami tidak seutuhnya benar. Kamera selfie di sini hanya menggunakan single camera namun memiliki resolusi 8 MP. Sudah cukup baik untuk melakukan foto selfie dan juga perekaman video yang bisa merekam video HD hingga 30fps.

Dari sisi kamera, triple camera belakangnya-lah yang menjadi kelebihan utama. Dengan 48MP lensa utama ditambah dengan 2 MP macro serta, 2 MP depth sensor, sudah lebih dari cukup dan sebanding dengan perkiraan harga yang ditawarkan.

Yang sedikit membuat kami kecewa adalah di fitur perekaman fitur tidak ada pilihan merekam dengan 60fps. Secara klaim, hanya dengan menggunakan 30fps walaupun perekaman bisa sampai ke HD.

Performa

Spesifikasi processor, RAM dan ROM Xiaomi Poco M3

Spesifikasi processor, RAM dan ROM Xiaomi Poco M3 – Photo via poco.net

Jika melihat rekam jejak Poco, performa adalah hal yang paling diandalkan oleh produsen satu ini. Teknologi hardware di Xiaomi Poco M3 ini sangatlah cocok digunakan untuk berbagai kegiatan. Xiaomi Poco M3 menggunakan chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 generasi terbaru. Performanya sedikit meningkat daripada generasi 660.

Sedikit tanggung memang, tapi untuk berbagai kegiatan seperti multitasking sosmed, chatting, streaming dipastikan lebih dari cukup. Sayangnya untuk main game kelas berat memang tidak terlalu optimal, karena memang disesuaikan dengan harga jual juga.

Poco M3 memiliki inti berjumlah 8 (4 x 2.0 Ghz Kryo 260 Gold dan juga 4 x 1.8 GHz kryo Silver). Banyak data mengatakan performa ini tidak lebih baik dari generasi 660, jika dilihat dari data memang benar. Namun, jika dilihat dari software, dengan MIUI 12, pembaruan software yang dimiliki oleh MIUI 12 lebih optimal untuk bekerja dengan lebih baik.

Baterai

Baterai Xiaomi Poco M3

Baterai Xiaomi Poco M3 – Photo via poco.net

Oke mungkin baterai adalah kelebihan lain dari smartphone satu ini. Kapasitas baterai mencapai 6000 mAh, dengan beberapa fitur yang ditawarkan. Fast Charging 18W akan membantu mempercepat pengisian daya baterai kita, ditambah reverse charging dimana kita bisa menjadikan smartphone ini sebagai salah satu sumber daya charge alias power bank.

Spesifikasi Xiaomi Poco M3 Lengkap

  • Dimensi : 162,3 x 77,3 x 9,6 mm
  • Berat : 198 g
  • Bodi : Glass front (Gorilla Glass 3), plastic back, plastic frame
  • Layar : IPS LCD, berukuran 6,53 inches, resolusi 1080 x 2340 pixels, rasio 19,5:9
  • OS : Android 10, MIUI 12
  • Chipset : Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • CPU : Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 4GB
  • Memori internal : 64GB / 128GB, bisa diekspansi dengan microSDXC
  • Kamera utama :
    48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth)
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, 1080p@30/120fps untuk perekaman video
  • Kamera depan : 8 MP, f/2.1, (wide), 1/4.0″, 1.12µm, dilengkapi 1080@30fps untuk perekaman video
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, non-removable dengan fast charging 18W
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, microUSB 2.0, USB On-The-Go, A-GPS, GLONASS, BDS, FM radio
  • Sound : Dual loudspeaker dengan 3.5 mm jack audio
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • Warna : Poco Yellow, Cool Blue, Power Black

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco M3

Kelebihan Xiaomi Poco M3

Smartphone satu ini memiliki banyak sekali kelebihan jika dilihat dari segi pasaran low entry. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang mungkin bisa didapatkan.

1. Harga Sangat Murah Dan Terjangkau

Pertama adalah masalah harga yang terjangkau yang bisa menjadi salah satu kelebihannya. Poco menjadi salah satu perusak pasaran hp android yang ada, dan sekarang target mereka adalah untuk pasar low entry. Perkiraan smartphone ini sampai di Indonesia dengan harga 1 sampai dengan 2 jutaan.

Dengan performa, kamera, baterai, dan juga fitur lainnya, perkiraan harga yang ditawarkan ini sangatlah worth it.

2. Memiliki Desain Sporty dan Juga Trendy

Dari segi desain, Xiaomi Poco M3 memiliki beberapa kelebihan menarik. Pertama desain yang mereka miliki sangat trendy dengan tujuan menggait konsumen muda. Pilihan warna pastel, membuat lebih menarik kaum muda. Kemudian desainnya juga tidak mainstream dan berani tampil beda daripada produsen lainnya yang sudah ada.

3. Kapasitas Baterai Super 6000 mAh

Selanjutnya Xiaomi Poco M3 dibekali dengan baterai raksasa sebesar 6000 mAh. Di pasaran, saat ini kebanyakan hanya Realme yang mau atau sering memberikan kapasitas baterai sebesar ini. Sehingga dengan harga yang sama, sekarang para pencari hp pun menjadikannya banyak pilihan jika memang mencari kapasitas baterai 6000 mAh.

Tidak sampai di situ, fitur Fast Charging 18W juga diberikan agar para pengguna lebih nyaman dalam melakukan charging. Di tambah lagi dengan fitur Reverse Charging memungkinkan Xiaomi Poco M3, dijadikan sebagai power bank, atau sumber daya perangkat lainnya.

4. Performa Cocok Untuk Petualang Sejati

Bagi kamu yang sangat jarang berada di dalam ruangan atau sangat aktif di luar ruangan, smartphone ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Sistem multitasking yang baik dengan MIUI 12 sangat membantu dan memberikan kemudahan.

Ditambahkan hardware besutan Qualcomm, Snapdragon 662, termasuk salah satu chipset baru yang sangat cocok untuk berbagai kondisi. Sayangnya untuk bermain game berat masih terlalu berat, mengingat chipset ini juga memiliki keterbatasan itu.

Kekurangan Xiaomi Poco M3

Sementara itu dari segi kekurangan, ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan berdasarkan dari spesifikasi Xiaomi Poco M3.

1. Hardware Tanggung

Melihat dari hardware yang diberikan, mungkin memang benar pasar smartphone satu ini untuk low-end. Sebenarnya ini juga menjadi salah satu kekurangan untuk sebagian orang. Generasi Snapdragon 6xx merupakan chipset tangguh, jika Poco M3 memilih generasi 7xx mungkin akan sangat baik lagi.

Smartphone ini tidak akan maksimal jika digunakan bermain game seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Genshin Impact. Grafik yang akan didapatkan tidak sebagus chipset generasi 7xx ke atas.

Catatan: ada beberapa kesalahpahaman bahwa snapdragon 660 lebih baik dari 662, dan menurut kami bukanlah hal yang benar. Hal ini dibuktikan dari berbagai review yang ada dimana performa 662 sedikit lebih baik dari rendering dan performa secara umum.

2. Kualitas Kamera

Ini adalah salah satu yang paling disorot sebagai kekurangan Xiaomi Poco M3. Harus diakui membuat sebuah smartphone murah tentu ada pengorbanan. Di sini Poco M3 mengorbankan beberapa fitur kamera yang lemah. Sebagai contoh, fitur stabilizer yang belum disematkan di dalamnya. Fitur stabilizer ini cukup penting terutama bagi orang yang ingin mengambil foto di luar ruangan untuk membuat gambar dan video tetap baik.

3. Tidak Cocok Untuk Gamer

Sekali lagi kami tekankan, jika kamu mencari smartphone untuk bermain game, Xiaomi Poco M3 akan sedikit mengecewakan. Performa game cukup buruk, karena memang pasaran mereka bukan untuk performa game. Selain itu untuk beberapa game yang mendukung gyro juga mungkin tidak akan puas karena fitur gyro sendiri tidak diberikan untuk  smartphone satu ini.

Akhir Kata

Demikian ulasan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Xiaomi Poco M3. Bisa jadi sebuah panduan dan juga pertimbangan sebelum kamu meminang smartphone satu ini. Jadi bagaimana pendapat kamu mengenai smartphone satu ini? Apakah worth it untuk dibeli di tahun 2020 ini? Atau kamu masih mikir dua kali? Langsung saja tulis pendapat kalian di kolom komentar ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *