Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan vivo Y51

1 bulan lalu, by digitek

Spesifikasi, kelebihan dan kekurangan vivo Y51

Tepatnya di 7 Desember 2020, vivo Indonesia mengeluarkan sebuah smartphone ke pasaran Indonesia yaitu vivo Y51. Jika kita tarik garis flashback ke belakang, di bulan September sebenarnya vivo juga mengenalkan sebuah seri yang sama, namun memiliki spesifikasi yang berbeda.

Namun sepertinya untuk pasaran tanah air, vivo Y51 versi Desember 2020 yang akhirnya menjadi pilihan sebagai produk yang resmi di jual di Indonesia. Pada kesempatan kali ini akan kita coba ulik informasi lengkap seputar spesifikasi, kelebihan dan kekurangan vivo Y51 secara lengkap.

vivo Y51

vivo Y51 sendiri dijual dengan harga Rp 3.599.000,-. Dengan harganya, kita tahu bahwa target mereka adalah di pasar menengah ke bawah. Pasar HP Android menengah ke bawah ini memang sangatlah ketat dan seru untuk disimak lebih lanjut. Ada banyak sekali varian yang dibandingkan dan terus update setiap harinya.

vivo Y51 dipasarkan dengan tagline “All Fun in One“, mungkin mereka ingin menunjukan bahwa produk satu ini memiliki keseruan untuk berbagai kegiatan.

Desain dan Bodi

Desain dan pilihan warna vivo Y51

Desain dan pilihan warna vivo Y51

Dari sisi desain dan juga bodi, kita harus mengapresiasi vivo Y51 dengan nilai yang tinggi. Selain terkesan “sempurna”, desain yang dimiliki juga terlihat sangat mewah, selayaknya ditujukan kepada pengguna anak muda yang ingin terlihat sukses.

Ada sebuah desain keren dengan warna efek 3D yang ditawarkan sehingga para pengguna akan sedikit terhibur hanya dengan memandangnya saja. Selanjutnya adalah dimensi yang layak juga dipuji, dimana vivo mampu memberikan tingkat ketipisan yang sangat jarang ditemui dengan 8.4mm.

Ukuran smartphone ini adalah 163,9 x 75,3 x 8,4 mm. Bisa dibilang smartphone ini juga tipis sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari dan dengan berat 188g yang terbilang cukup ringan.

Terakhir, untuk desain dan bodi sudah tidak diragukan lagi bahwa vivo Y51 menonjol dibandingkan produsen saingan mereka.

Display dan Layar

Dari sisi display dan layar, vivo Y51 menggunakan teknologi IPS LCD dengan ukuran 6,58 inch. Dengan screen to body ratio 82.2%, sehingga layar terlihat full di bagian depan. Melihat dari resolusi layar, kita juga tahu bahwa smartphone ini sudah mendukung display Full HD, dengan resolusi pasti adalah 1080 x 2408 pixels, dan lebih menariknya adalah kedalam pixel hingga 415 ppi.

Kamu pasti akan sangat puas memandangi layar entah itu untuk nonton streaming, bermain game, chatting dan sebagainya. Menurut kami spesifikasi layar dari segi pixel density ini adalah kelebihan yang juga menonjol. Tidak semua produsen smartphone mampu memproduksinya di kelas menengah ke bawah.

Sayangnya pada smartphone ini tidak dilengkapi dengan pelindung seperti corning Gorilla Glass dan pelindung lainnya. Di tambah fitur seperti always on display juga terlihat belum disematkan di sini.

Kamera

Spesifikasi kamera vivo Y51

Spesifikasi kamera vivo Y51 – Photo via vivo.com

Jika membahas produk vivo, kami ingin selalu pada intinya dengan membahas kualitas kamera yang diberikan. vivo juga merupakan salah satu brand yang memiliki kualitas kamera bagus dan selalu inovatif memberikan fitur terbaru.

Dan ternyata benar tidak mengecewakan atau lebih bisa dibilang sudah baik. Dengan Triple Camera vivo Y51, akan membantu kamu mengabadikan setiap momen yang kamu anggap berharga. Dilengkapi dengan lensa utama 48MP dengan f/1.8 dan tipe lensa wide, ditambah 8MP, f/2.2 ultrawide, serta 2 MP f/2.4 macro, pengambilan foto baik landscape ataupun foto portrait dirasa tidak akan mendapatkan masalah.

Pada bagian pengambilan video, smartphone satu ini juga sudah mendukung 4K di 30fps, dengan fitur Electronic Image Stabilizer atau EIS yang mendukung gyro. Fitur ini akan menambah kualitas video yang diambil akan sangat stabil sehingga kualitasnya bisa diadu.

Sementara untuk kamera selfie dan depan, vivo Y51 menggunakan satu kamera 16MP, f/2.0. Tidak ada yang istimewa dari kamera depannya sih, fiturnya juga sudah banyak tersedia di banyak smartphone jaman sekarang.

Performa

Spesifikasi processor, RAM dan ROM vivo Y51

Spesifikasi processor, RAM dan ROM vivo Y51 – Photo via vivo.com

Sebenarnya performa inilah yang menjadi perhatian bagi kami atau para pengamat gadget. vivo Y51 menggunakan Chipset besutan Qualcomm yaitu SDM665 Snapdragon 665 yang notabene sudah sangat tua. Tidak, bukan berarti chipset ini lamban, atau performanya jelek, tapi tentu pembaruan dari chipset terbaru juga menyertakan fitur tambahan juga bukan? Inilah kenapa kami tidak terlalu suka dengan keputusan vivo dalam hal pemilihan chipset untuk Y51.

Secara performa mereka menggunakan 8 inti, Octa-core (4×2.0GHz Kryo 260 Gold dan 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver), serta GPU Adreno 610. Dari sisi spesifikasi terlihat sama saja? Tapi sebenarnya ada chipset pilihan di seri snapdragon 7xx yang memiliki fitur tambahan AI lebih baik sehingga performa lainnya juga ikut meningkat.

Walaupun begitu perangkat satu ini jika digunakan untuk gaming masih bisa kok. Kamu bisa memainkan game seperti Mobile Legends di settingan High, sementara untuk PUBG Mobile mungkin hanya mendapatkan setting 40FPS saja.

Baterai

Spesifikasi baterai vivo Y51

Spesifikasi baterai vivo Y51 – Photo via vivo.com

Dari segi baterai vivo Y51 memilih kapasitas baterai sebesar 5000 mAh. Hal ini bisa menjadi salah satu kelebihan juga mengingat desain tipis, tapi tetap memiliki kapasitas baterai yang besar. Fitur fast charging juga disematkan di dalamnya dengan klaim 70% pengisian dalam waktu 67 menit. Hal ini mungkin karena fitur fast charging mereka mendukung 18W adapter.

Spesifikasi Lengkap vivo Y51

  • Dimensi : 163,9 x 75,3 x 8,4 mm
  • Berat : 188 g
  • Bodi : Glass front (Gorilla Glass 3), plastic back, plastic frame
  • Layar : IPS LCD, berukuran 6,58 inches, resolusi 1080 x 2340 pixels, rasio 21:9
  • OS : Android 11, Funtouch 11
  • Chipset : Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU : Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 8GB
  • Memori internal : 128GB, bisa diekspansi dengan microSDXC
  • Kamera utama :
    48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 120˚, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, 4K@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS untuk perekaman video
  • Kamera depan :
    16 MP, f/2.0, (wide), 1/3.06″ 1.0µm dilengkapi dengan fitur HDR dan 1080p@30fps untuk perekaman video
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable dengan fast charging 18W
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, microUSB 2.0, USB On-The-Go, A-GPS, GLONASS, BDS, FM radio
  • Sound : Loudspeaker dengan 3.5 mm jack audio
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Warna : Titanium Sapphire, Crystal Symphony
  • Harga : Rp. 3.599.000,-

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y51

Kelebihan vivo Y51

Ada beberapa poin kelebihan yang harus diperhatikan di sini. Langsung saja simak informasinya.

1. Desain Yang Sangat Menarik

vivo Y51 memiliki desain dan tampilan yang menarik sehingga dari luar pasti akan merasa seperti smartphone flagship dengan harga mewah. Selain itu dari segi ukuran dan ketipisan juga menjadi nilai plus, sehingga lebih nyaman untuk digunakan sehari – hari. Ukuran 6.58 inch sendiri sudah cukup rata – rata ukuran smartphone jaman sekarang.

Warna yang diberikan memiliki kesan elegan ditambahkan dengan efek warna 3D prisma yang membuat tampilan kece, juga patut dipuji oleh para pengguna.

2. Kualitas Kamera

Kelebihan selanjutnya ada di kualitas kamera yang diberikan. Walaupun tidak diluar ekspektasi kami, namun untuk permasalahan kamera ini bisa menjadi andalan vivo Y51, terutama bagi kamu yang sering mengambil video dengan menggunakan kamera smartphone.

Fitur video mendukung 4K@30fps dilengkapi dengan EIS-gyro yang akan menstabilkan pengambilan video membuatnya sangat cocok untuk pencinta foto dan video. Kualitas foto juga dilengkapi dengan fitur AI yang akan memproses foto menjadi lebih baik lagi.

3. Kapasitas Baterai

5000 mAh memang bukan kapasitas terbesar saat ini, tapi menjadi salah satu kelebihan yang patut diacungi jempol. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa smartphone ini juga merupakan salah satu smartphone tipis yang bisa menyematkan baterai hingga 5000 mAh bukan? Inilah mengapa kami membuat kapasitas baterai menjadi salah satu kelebihannya.

Fitur fast charging 18W, walaupun tidak begitu cepat dalam proses pengisian daya, namun tetap saja menjadi fitur penting karena 5000 mAh juga cukup membutuhkan waktu lama dalam pengisian ulang daya.

4. Sistem Updgrade (Support Android 11)

Salah satu kelebihan dari Vivo Y51 adalah di bagian OS atau Sistem Operasi. Ya dengan menggunakan Interface FunTouch11, kamu pengguna bisa menikmati update ke sistem terbaru yaitu Android 11. Kamu mungkin tahu bahwa Android 11 versi stabil sendiri baru meluncur di 8 September 2020, dimana saat ini masih proses update ke ponsel flagship, jika kamu menggunakan Vivo Y51, maka kamu akan mendapatkan update terlebih dahulu serta merasakan seperti apa kerennya Android 11.

Kekurangan vivo Y51

Setelah melihat kelebihan, saatnya melihat kekurangan yang dimiliki oleh vivo Y51, tentu semua smartphone memiliki kekurangan, bahkan di smarphone flagship tetap ada kekurangan yang bisa diulik.

1. Pilihan Chipset

Kami tidak bilang bahwa performa vivo Y51 di bawah rata-rata, namun yang ditekankan di sini adalah pemilihan teknologi chipset yang menurut kami tidak masuk akal. Umur chipset Snapdragon 665 sendiri sudah sangat tua, dan masih ada chipset terbaru yang memiliki performa sama atau bahkan lebih. Setidaknya di harga yang ditawarkan oleh vivo, mereka seharusnya mampu membuat smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 7xx.

2. Performa Gaming

Pilihan chipset ini tentu sangat berpengaruh kepada performa keseluruhan dari smartphone satu ini termasuk gaming. Untuk para pemain gaming, mungkin tidak akan merasa puas dengan performa gaming yang dimiliki oleh Vivo Y51. Dibandingkan dengan pesaingnya seperti Poco X3 NFC, masih cukup tertinggal cukup lumayan jauh. Kita tahu bahwa game populer mobile saat ini membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi.

3. Harga Sedikit Kemahalan

Kekurangan kedua adalah dari segi harga yang terbilang sedikit kemahalan. vivo Y51 dijual dengan harga Rp. 3.599.000,-. Di harga yang sama kamu bisa mendapatkan smartphone dengan pilihan spesifikasi yang lebih baik. Misalkan saja kamu pilih Xiaomi Redmi Note 9 Pro, kemudian Realme 7, atau 6 Pro.

4. Tidak Mendukung NFC

Sangat disayangkan bahwa vivo Y51 ini tidak mendukung fitur NFC. Ya, setelah melakukan pengecekan kami sadar bahwa di harga 3 jutaan ini seharusnya smartphone dibekali NFC, paling atau jika tidak fitur tambahan lainnya. Di Realme 6 Pro, tidak memiliki NFC tapi mereka menambahkan fitur display 90Hz, sementara di vivo Y51 tidak ada.

5. Fitur fast charging kurang maksimal

Fitur fast charging pada vivo Y51 yang hanya 18W terbilang kurang maksimal jika dibandingkan HP dengan kelas yang sama seperti Poco X3 NFC yang sudah mengadopsi fast charging 33W

Akhir Kata

Sekian pembahasan kita mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan vivo Y51, semoga kamu bisa mendapatkan informasi yang bisa dijadikan sebagai panduan sebelum membeli smartphone terbaru vivo di bulan Desember ini.

Jangan lupa juga untuk share informasi ini ya? Dan terus ikuti informasi mengenai gadget lainnya bersama dengan kami.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *