Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20s

4 minggu lalu, by digitek

Spesifikasi, kelebihan dan kekurangan vivo Y20s

Pada bulan Oktober 2020 ini, vivo resmi meluncurkan ponsel terbarunya ke Indonesia, yaitu vivo Y20s yang masih termasuk dalam anggota Y-Series dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Nah, buat kamu yang ingin tahu seperti apa spesifikasi, kelebihan dan kekurangan vivo Y20s, simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi processor, RAM dan ROM vivo Y20s

Spesifikasi processor, RAM dan ROM vivo Y20s – Photo via vivo.com

Kita mulai dari sisi performa, vivo Y20s ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 460. Chipset ini juga disertai CPU Kryo 240 dan GPU Adreno 610. Dari segi performa sih cukup oke, tapi masih kurang gesit dibanding smartphone pesaing di kelas yang sama.

Kemudian vivo Y20s menawarkan kapasitas memori yang besar, bahkan bisa dikatakan terbesar di kelasnya. RAM yang dimiliki saja sebesar 8GB dan memori internalnya sebesar 128GB. Bahkan, memori internal tersebut masih bisa diekspansi dengan microSD hinga 256GB. Memori yang besar tersebut pastinya akan mendukung proses multitasking dan juga memungkinkan kamu meng-install banyak aplikasi serta menyimpan file-file besar.

Desain dan pilihan warna vivo Y20s

Desain dan pilihan warna vivo Y20s – Photo via vivo.com

Beralih ke layar yang diusung, vivo Y20s ini memiliki panel IPS LCD 6,51 inci dengan resolusi HD Plus (1600 x 720 piksel) dan aspek rasio 20:9. Layar yang luas dan lumayan oke ini memiliki fitur tambahan seperti Eye Protection dan pelindung 2.5D Curved Glass.

Desainnya pun sangat ergonomis dengan dimensi 164,4 x 76,3 x 8,4 mm dan berat 192,3 g yang masih nyaman digenggam. Pada bodi depannya, terdapat poni berbentuk tetesan air untuk penempatan kamera depan. Sementara bodi belakangnya sendiri terbuat dari plastik plycarbonate menggunakan finishing yang glossy dengan 2 pilihan warna yaitu Purist Blue dan Obsidian Black.

Spesifikasi kamera vivo Y20s – Photo via vivo.com

Untuk kamera, bisa dikatakan kamera-kamera yang dimiliki vivo Y20s punya fitur cukup lengkap untuk kebutuhan fotografi seperti Face Beauty, Portrait Light Effect, dan Selfie Filters. Pada bagian belakang, tersemat triple-camera yang tersusun sejajar. Diantaranya ada kamera utama 13MP, kamera Super Bokeh 2MP, dan kamera Super Makro 2MP. Lalu untuk kamera depannya alias kamera selfie memiliki resolusi 8MP.

Spesifikasi baterai vivo Y20s

Spesifikasi baterai vivo Y20s – Photo via vivo.com

Performa smartphone kelas menengah ini semakin oke dengan kapasitas baterai yang besar, yaitu 5.000 mAh dan disertai fitur fast charging 18W. Sangat tahan lama dan efisien, karena pengisian daya bisa mencapai 70 persen dalam waktu 69 menit saja. Untuk fitur lain, vivo Y20s mampu mendeteksi sidik jari dengan waktu 0,22 detik saja lho.

Ada juga fitur Ultra Game Mode dan Multi Turbo 3.0 untuk performa ponsel lebih lancar dan nggak mudah panas ketika digunakan secara intensif serta didukung antarmuka Fintouch 10.5 dan OS Android 10. Ponsel ini bisa kamu beli dengan harga Rp 3.099.000,-.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak spesifikasi vivo Y20s berikut ini.

Spesifikasi vivo Y20s

  • Dimensi : 4 x 76.3 x 8.4 mm
  • Berat : 3 g
  • Bodi : Glass front, plastic back, plastic frame
  • Layar : IPS LCD, berukuran 6.51 inches, resolusi 720 x 1600 piksel, rasio 20:9
  • SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 10, Funtouch 10.5 or Funtouch 11
  • Chipset : Qualcomm SM2450-AC Snapdragon 460 (11 nm)
  • CPU : Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 8GB
  • Memori internal : 128GB, bisa diekspansi dengan microSDXC
  • Kamera utama :
    13 MP, f/2.2, (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, Super Makro
    2 MP, f/2.4, Super Bokeh
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, 1080p@30/120fps untuk perekaman video
  • Kamera depan : 8 MP, f/1.8, (wide), dilengkapi 1080@30fps untuk perekaman video
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable dengan fast charging 18W
  • Jaringan : 4G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, microUSB 2.0, USB On-The-Go, A-GPS, GLONASS, BDS, FM radio
  • Sound : Loudspeaker 3.5 mm jack audio
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • Warna : Purist Blue, Obsidian Black

Begitulah spesifikasi vivo Y20s yang bisa kamu lihat secara lengkap. Dengan berbagai spesifikasi tersebut, pastinya kamu ingin tahu kan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini kan? Yuk, simak review dari tim Digitek.id di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y20s

Kelebihan vivo Y20s

1. Kualitas layar yang mengesankan

Kelebihan vivo Y20s salah satunya terletak pada desain layarnya yang berupa Ultra All Screen berukuran 6,51 inci. Layar ini juga memiliki resolusi HD+ (1600×720) dan rasio 20:9. Kualitas layar ini pastinya mengesankan di kelas HP menengah. Dengan bentang yang cukup besar, pastinya bakalan memuaskan untuk gaming.

Selain itu, layar vivo Y20s juga mengusung teknologi In-Cell terbaru sehingga layar terlihat lebih berwarna dan lebih mengesankan. Bahkan sudah ada fitur Eye Protection juga lho yang mampu menyaring cahaya biru berbahaya, sehingga lebih mampu melindungi mata.

2. Desain yang ergonomis

Kali ini, kelebihan vivo Y20s terletak pada desainnya yang ringan, ergonomis, dan pas di tangan. Dari segi tampilan, bodi ponsel ini dilengkapi dengan lengkungan 2,5D yang membuatnya makin memukau. 2,5D Curved Glass ini juga berfungsi sebagai pelindung agar ponsel lebih tahan goresan. Ada 2 pilihan warna yang bisa kamu pilih, yaitu Purist Blue dan Obsidian Black.

Masing-masing desain tersebut terlihat elegan dengan tampilan yang mengkilap / glossy di bodi belakang yang terbuat dari plactic polycarbonate. Pada bodi belakang pun, tersemat modul triple camera yang susunannya sejajar bersama flash. Sementara untuk bodi bagian depannya sendiri ada layar dengan bentang 6,51 inci dan memiliki bezel lebih kecil. Kemudian ada juga punch hole yang berfungsi untuk menyimpan kamera depan.

3. Memiliki sensor pemindai sidik jari yang mudah diakses

vivo Y20s ini memiliki fitur pengaman berupa pemindai sidik jari yang terletak di bodi bagian samping. Fitur fingerprint di samping ini mampu memudahkan penggunanya untuk mengakses dan mengaktifkan perangkat seperti halnya menekan tombol on/off atau volume. Desain fitur fingerprint di samping membuat ponsel ini tampak berbeda dengan smartphone lainnya.

Bahkan nih, fitur sidik jari tersebut bisa bekerja cukup cepat. Setelah ditekan, dalam waktu 0,22 detik saja, perangkat akan langsung terbuka. Namun, ada juga fitur lain untuk membuka ponsel seperti Face Unlock dan lain sebagainya.

4. Memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang besar

Dari segi dapur pacu, vivo Y20s ini ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 460. Untuk urusan performa, kamu bisa dengan mudah memainkan berbagai jenis game tanpa takut lemot. Namun yang menjadi kelebihan vivo Y20s dari performa adalah dilengkapi RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Sangat mendukung deh untuk meng-install atau menjalankan aplikasi sebanyak mungkin.

RAM berkapasitas besar tersebut pun membuat ponsel lebih mampu memproses kegiatan multitasking. Nggak hanya itu, untuk penyimpanan file-file besar, kamu juga bisa memaksimalkan memori penyimpanan dengan slot microSD hingga 256GB. Nggak perlu khawatir memori bakalan cepat penuh, ‘kan?

5. Memiliki baterai berkapasitas besar

Rasanya performa suatu ponsel bakalan kurang maksimal jika belum disertai dengan kapasitas baterai yang besar, bukan? Untuk itu, kelebihan vivo Y20s ini juga mengusung batera Li-Po 5000 mAh. Baterai tersebut sangat mendukung untuk aktivitas dan produktivitasmu tanpa takut cepat kehabisan daya. Bahkan ada fitur fast charging 18 W juga lho.

Kemampuan pengisian daya ini bisa mencapai 70% hanya dalam waktu 69 menit. Pastinya sangat efisien, bukan? Selain itu, vivo Y20s juga mendukung teknologi AI hemat daya, di mana dalam satu kali pengisan penuh, kamu bisa streaming film HD online sampai 16 jam. Kalau untuk gaming yang butuh daya besar, bisa mencapai 11 jam. Nggak lupa, ada juga fitur reverse charging sehingga smartphone ini juga bisa mengisi daya perangkat lain yang kehabisan baterai.

6. Memiliki kamera dengan banyak fitur

Kamera juga termasuk hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih smartphone keluaran terbaru nih. vivo Y20s mengusung triple camera di bodi belakang yang terdiri dari 13MP kamera utama, 2MP kamera super bokeh, dan 2MP super macro camera. Kelebihan vivo Y20s soal kamera ini, didukung dengan banyak fitur AI, seperti Face Beauty, Portrait Light Effect, dan Selfie Filters.

Untuk kamera Super Bokeh beresolusi 2MP ini, mampu memberikan hasil jepretan lebih halus dan akurat. Bahkan hasil potret pun akan lebih hidup dan berkualitas tinggi. Sementara untuk Super Macro Camera 2MP yang dimiliki, fokusnya sebesar 4cm sehingga mampu menangkap objek tersembunyi yang berukuran kecil.

7. Ada fitur Multi-Turbo 3.0 untuk performa lebih lancar

Kelebihan vivo Y20s selanjutnya adalah adanya fitur Multi-Turbo 3.0 yang didukung Center Turbo. Fitur ini akan bekerja pada sistem utama dikombinasikan dengan AI Turbo, fungsinya untuk memprediksi kelainan pada sistem dan menyelesaikan kelainan tersebut sebelum masalah terjadi. Bahkan fitur ini juga membuat kerja jaringan lebih baik dengan sistem pendinginan yang cepat. Untuk gaming dalam waktu lama, kamu nggak perlu khawatir ponsel jadi cepat panas deh.

8. Memiliki Ultra Game Mode untuk pengalaman gaming lebih profesional

Masih ada nih fitur tambahan pada vivo Y20s, yaitu Ultra Game Mode. Fitur ini mampu menghadirkan Mode Esport terbaru sehingga pengalaman gaming dengan standar profesional bisa kamu nikmati. Ultra Game Mode juga menghadirkan 4D Game Vibration 2.0 yang mampu membawa kamu menikmati game secara lebih realistis.

Misalnya saja pada game perang, main game akan terasa lebih nyata. Kamu pun nggak perlu khawatir aktivitas gaming terganggu dengan notifikasi atau panggilan masuk. Soalnya, jendela pop-up bisa dioptimalkan agar nggak bikin game jadi nge-lag. Kamu pun bisa main game secara lebih konsentrasi.

Masih dari segi gaming, kelebihan vivo Y20s juga terdapat fitur Album Game dan fungsi perekaman layar. Lalu ada juga Game Countdown yang bisa menginformasikan waktu yang tersisa sebelum permainan dimulai kembali. Kalau ingin beraktivitas sejenak di tengah-tengah gaming pun bisa deh. Nantinya kamu tinggal kembali ke game dengan satu klik saja.

9. Didukung Android 10 dan antarmuka Fintouch 10.5

Masih ada lho kelebihan yang dimiliki vivo Y20s, yaitu didukung dengan OS Android 10 dan antarmuka Fintouch 10.5. Antarmuka ini mampu memberikan beragam fitur, seperti Dynamic Effects untuk mengatur pilihan animasi layar saat membuka kunci ponsel, menggunakan Face Access, dan interaksi lainnya.

Selain itu, ada pula fitur Easy Share untuk memudahkan pemindahan data dengan satu ketukan, dan iManager yang mampu membebaskanmu dari tugas-tugas sehari dan memperbaiki kondisi ponsel saat kamu tidur di malam hari.

Itulah beberapa kelebihan dari smatphone ini yang cukup menarik. Namun jangan lupa untuk pertimbangkan juga kekurangan vivo Y20s sebagai berikut agar kamu makin mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Kekurangan vivo Y20s

1. Chipset kurang powerful

Salah satu kekurangan vivo Y20s adalah memiliki chipset yang kuran powerful. Padahal ponsel ini sudah didukung RAM dan ROM yang besar, serta baterai berkapasitas jumbo. Mungkin akan lebih maksimal lagi jika vivo Y20s dibekali chipset Snapdragon 660, Snapdragon 712, atau MediaTek Helio G85 yang banyak dimiliki ponsel lain di kelas harga yang sama. Kekurangan yang satu ini sangat layak dipertimbangkan jika kamu mencari ponsel dengan performa gesit.

2. Harga agak mahal

Kekurangan vivo Y20s adalah dari segi harganya yang sedikit lebih mahal dibanding kompetitornya pada kelas yang sama, yaitu mid-range. Ponsel ini dibandrol dengan harga Rp 3.099.000,-. Di harga tersebut, akan lebih worth it apabila spesifikasinya lebih tinggi.

3. Layar yang kualitasnya kurang oke

Sebenarnya layar vivo Y20s ini sudah cukup bagus dan juga punya fitur yang lengkap. Namun, akan lebih maksimal apabila ponsel ini dibekali layar dengan panel AMOLED dan resolusi Full HD+. Layar tersebut pastinya bakalan lebih sempurna untuk gaming maupun menonton video. Kekurangan vivo Y20s juga terletak pada densitas layar yang masih cukup rendah. Kemudian meski sudah ditambahka antigores, tapi ponsel ini belum cukup tangguh dari cipratan air.

4. Masih memakai microUSB

Kalau kekurangan vivo Y20s yang satu ini sih bukan masalah besar. Namun agak disayangkan saja untuk smartphone kelas ini, masih menggunakan microUSB. Padahal smartphone keluaran terbaru kebanyakan sudah memakai USB Type-C. Kekurangan microUSB dibanding USB Type-C adalah pemasangan harus pas dan nggak bisa dibolak-balik. Selain itu, microUSB juga memengaruhi pengisian daya jadi lebih lambat.

Itu dia ulasan mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan vivo Y20s yang bisa kamu pertimbangkan sebelum tergiur membeli ponsel ini. Untuk kelas mid-range, smartphone ini unggul pada desain, fitur kamera, kapasitas RAM dan ROM, serta kapasitas baterai. Namun, masih memiliki kekurangan salah satunya dari segi chipset yang kurang powerful. Kalau kamu butuh ponsel untuk gaming, agaknya vivo Y20s ini kurang cocok.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *