Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Vivo V20

3 minggu lalu, by digitek

Spesifikasi, kelebihan dan kekurangan vivo V20

Pada Selasa, 29 September 2020 lalu, vivo resmi meluncurkan smartphone seri V terbarunya di Jakarta, yaitu V20 dan V20 SE. Kedua ponsel terbaru vivo seri V ini memang mengunggulkan kamera. Namun di samping itu, gimana dengan spesifikasi selain kamera ya? Kali ini, Digitek.id akan membahas adalah lebih detail mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan vivo V20.

Spesifikasi kamera selfie vivo V20

Spesifikasi kamera selfie vivo V20

vivo V20 bakalan memenuhi kebutuhan penggunaan yang kekinian yang banyak melakukan pembuatan konten. Nggak sekadar untuk selfie, untuk pembuatan vlog maupun stories juga sangat oke sehingga kontenmu bakalan lebih menarik. Dimulai dari pembahasan kamera, V20 dibekali kamera depan 44MP dan beragam fitur menarik. Ada kemampuan eye autofocus dan eyetracking juga. Fitur ini mampu mengikuti arah pandangan mata secara leluasa tanpa menatap kamera.

Spesifikasi kamera vivo V20

Spesifikasi kamera vivo V20

Kemudian ada pula fitur Selfie Softlight Band yang bisa menyesuaikan kondisi pencahayaan, dan masih banyak fitur lainnya. Sementara untuk kamera belakang, vivo V20 dibekali 3 kamera yaitu 64MP, 8MP multimode, dan lensa mono 2MP.

Fitur-fiturnya antara lain Super Night Mode, Sky Divider, AI Noice cancellation, Motion Autofocus, dan masih banyak lagi. Kemampuan merekam video vivo V20 ini pun sangat mumpuni karena mendukung perekaman video 4K dengan visual yang lebih hidup. Bahkan ada pula fitur gyro-EIS yang memungkinkan kualitas gambar lebih stabil saat ada guncangan.

Desain dan pilihan warna vivo V20

Desain dan pilihan warna vivo V20

Selain itu, vivo V20 juga memiliki desain bodi yang ringan, tipis, dan stylish serta memberi kenyamanan saat digenggam. Material pembuatnya adalah matte glass yang disertai fitur Anti Fingerprint untuk membuat bodi smartphone tetap bersih dari sidik jari. Ketebalan vivo V20 ini 7,38 mm dan memiliki berat 171 gram untuk varian warna Midnight Jazz. Sedangkan varian warna Sunset Melody punya ketebalan 7,48 mm dengan berat 172 gram.

Layarnya sendiri bisa menampilkan gambar dan warna sangat tajam karena sudah berupa panel AMOLED Display resolusi FHD+ sebesar 6,44 inci dengan rasio 20:9 dan kerapatan 408ppi. Layar yang bagus ini mampu menampilkan warna yang lebih hidup, jernih, dan tajam. Bahkan dilengkapi juga dengan fitur SGS Eye Care Display Certification yang mampu mengurangi cahaya biru kurang dari 7,5%.

Spesifikasi processor vivo V20 - Qualcomm snapdragon 720G

Spesifikasi processor vivo V20 – Qualcomm snapdragon 720G

Lalu dari segi performa, smartphone ini punya dapur pacu chipset Qualcomm Snapdragon 720G Octa-core 8nm. Chipset yang dimiliki bakalan memberikan kinerja yang powerful tapi konsumsi energinya tetap rendah. Untuk kapasitas penyimpanan juga cukup besar dan mendukung kemampuan multitasking lebih baik dengan RAM 8GB serta memori internal 128GB. Sementara itu, OS vivo V20 sendiri sudah Android 10 Fintouch 11 yang menampilkan estetika minimalis untuk user interface yang lebih lancar.

Kapasitas dan fitur baterai vivo V20

Kapasitas dan fitur baterai vivo V20

Baterai vivo V20 sendiri berkapasitas 4.000 mAh dan sudah dilengkapi fast charging 33W. Untuk aktivitas yang padat, kecepatan pengisian dayanya sampai dengan 65-66% hanya dalam 30 menit. Oh ya, vivo V20 juga sudah dilengkapi fitur NFC lho untuk memudahkan menghubungkan smartphone dengan berbagai perangkat sehingga bisa lebih memudahkan aktivitasmu. Ponsel ini dibandrol seharga Rp 4.999.000,-. Harga ini tergolong terjangkau untuk beragam spesifikasi canggih dan unggul dari vivo V20.

Berikut ini ada ulasan secara lebih lengkap mengenai spesifikasi dan review seputar kelebihan maupun kekurangan vivo V20. Siapa tahu kamu tertarik dengan smartphone ini dan butuh pertimbangan lebih lanjut sebelum membelinya kan?

Spesifikasi vivo V20

  • Dimensi : 161,3 x 74,2 x 73,8 mm dan 161,3 x 74,2 x 74,8 mm
  • Berat : 171 gram dan 172 gram
  • Layar : AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 6,44 inch, resolusi 1080 x 2400 piksel, 20:9 ratio
  • SIM :dual SIM (nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 11, Funtouch 11
  • Chipset : Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8nm)
  • CPU : Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold& 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU : Adreno 618
  • RAM : 8 GB
  • Memori internal : 128 GB
  • Kamera utama :
    64 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.72”, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 120° (ultrawide), 16mm, 1/4.0”, 1.12µm, AF
    2 MP, f/2.4 (depth)
    Dilengkapi dengan dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama, dan 4K@30fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS untuk video
  • Kamera depan :
    44 MP f/2.0 (wide)
    Dilengkapi fitur HDR, video 4K@30fps, 1080@30/60fps, gyro-EIS
  • Baterai : Li-Po 4000 mAh, non-removable dengan fast charging 33W
  • Jaringan : 4G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.1, A2DP, LE, USB Type C 2.0, USB On-The-Go, GPS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, NFC
  • Sound : Loudspeaker, dengan 3.5 mm jack 24-bit/192kHz audio
  • Sensor : Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Warna : Midnight Jazz, Sunset Melody

Rincian di atas merupakan spesifikasi lengkap dari vivo V20yang perlu kamu ketahui. Dengan spesifikasi yang ada, pastinya akan memudahkanmu dalam mempertimbangkan smartphone keluaran terbaru sebelum tergiur membelinya. Selain spesifikasi, ada juga rincian mengenai kelebihan dan kekurangan vivo V20 berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan vivo V20

Kelebihan vivo V20

  1. Desain bodi yang dinamis dan fleksibel

    Salah satu kelebihan vivo V20 ini terletak pada desain bodinya yang dinamis dan fleksibel. Gaya bodinya sangat khas, tipis, dan ringan sehingga nyaman untuk digenggam. Untuk bagian belakang bodi memiliki warna yang mengkilap sehingga tampak lebih kekinian dan modis. Material pembuatnya adalah kaca sehingga membuat smartphone ini tampak berkelas. Selain itu, modul kamera juga dipasang pada satu kotak persegi panjang beserta lampu kilat dual tone LED flash.

  2. Layar yang berkualitas premium

    Kali ini, kelebihan vivo V20 ada pada segi layarnya yang memilki ukuran 6,44 inci dan sudah menggunakan panel AMOLED. Pastinya bakalan menjamin kemampuan visual yang tajam, jernih, dan berkualitas. Belum lagi resolusi layarnya sudah Full HD+ dengan ukuran 1080 x 2400 piksel yang membuat visual makin terlihat nyata.

  3. Dapur pacu yang modern dengan performa mumpuni

    Smartphone vivo V20 ini juga punya kelebihan lain dari segi performanya. Dibekali chipset Snapdragon 720G yang termasuk terbaru ini bakalan membuat vivo V20 punya performa yang powerful. Sangat mendukung deh untuk berbagai kebutuhan. Kemudian, vivo V20 juga didukung dengan CPU Kryo 465 dengan kinerja yang lebih efisien.Sementara untuk GPU, smartphone ini menggunakan tipe Adreno 618 yang memiliki kualitas grafis lebih mumpuni dan membuat tampilan grafik jadi lebih smooth.

  4. Antarmuka lebih fleksibel

    vivo V20 juga dibekali dengan OS Android 11 yang memang paling baru dan user interface Fintouch 11. Platform OS tersebut akan memberikan fitur-fitur yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhanmu.

  5. Kapasitas penyimpanan cukup besar

    Dengan dapur pacu yang mumpuni, grafik yang smooth, hingga OS Android yang terbaru, vivo V20 pun memilik kelebihan dari segi memori penyimpanannya yang cukup besar. Untuk RAM-nya sendiri 8GB sehingga memungkinkan untuk kebutuhan multitasking. Sementara itu memori internalnya 128GBdan sangat mendukung untuk penyimpnan file-file berukuran besar.

  6. Kamera yang canggih dan fungsional

    Kamera menjadi sektor penting dalam mempertimbangkan kualitas smartphone keluaran terbaru. Nah, kelebihan vivo V20 ini juga terletak pada kameranya yang handal. Untuk kamera belakang, ada 3 modul yang terletak pada satu kotak persegi. Kamera-kamera tersebut memiliki resolusi tinggi, mulai dari 64MP, 8MP, dan 2MP.

    Nggak hanya dari segi resolusi, fitur di kamera juga sangat oke. Ada dual LED dual-tone flash yang berfungsi sebagai sumber cahaya saat memotret pada kondisi gelap. Kemudian, kamera utama vivo V20 juga mampu merekam video hingga kualitas tinggi yaitu 4K@30fps dan 1080p@30/60fps, serta dilengkapi fitur gyro-EIS sehingga kualitas prekaman video jugalebih stabil saat ada guncangan.

    Sementara itu, kelebihan lain dari vivo V20 ini adalah memiliki kamera depan yang disematkan di bagian layar sisi kiri atas. Resolusinya sangat tinggi untuk ukuran selfie camera, yaitu 44MP disertai fitur HDR.Ada fitur kemampuan eye autofocusdan eyetracking di mana lensa akan bergerak mengikuti mata objek foto agar mendapatkan fokus. Kamera depan vivo V20 pun bisa merekam video 4K lho, lengkap dengan fitur gyro-EIS-nya juga. Tentunya, kamera dari smartphone ini sangat handal untuk mendukung kebutuhanmu akan fotografi dan perekaman video.

  7. Fitur fast charging

    Kelebihan vivo V20 nggak cukup hanya beberapa poin di atas saja. Namun juga masih ditambah dengan adanya fitur fast charging untuk baterainya. Dengan kapasitas 4000 mAh, baterai smartphone ini adalah jenis Li-Po (Lithium Polymer) dan dilengkapi fitur fast charging 33W. Sehingga sangat mendukung untuk waktu pengisian lebih singkat. Pas banget dengan kebutuhan ponsel masa kini.

  8. Harga tergolong terjangkau

    Kelebihan lain dari vivo V20 adalah soal harga. Dengan fitur dan spesifikasinya yang sangat oke, ponsel ini dibandrol seharga Rp 4.999.000 saja. Sangat menarik dan bisa jadi bahan pertimbangan tersendiri.

  9. Ada fitur NFC

    Seri vivo V20 ini jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, juga sudah dilengkapi fitur NFC (Near Field Communication) lho. Tentunya bakalan memudahkanmu mengkoneksikan smartphone dengan perangkat lain.

Kesembilan poin di atas menjadi kelebihan dari ponsel keluaran terbaru vivo V20. Di samping itu, ada juga kekurangan yang memerlukan pertimbangan sendiri. Kekurangan smartphone ini bisa kamu lihat pada beberapa poin berikut.

Kekurangan vivo V20

  1. Bodi belum dilengkapi pelindung

    Biasanya, ponsel keluaran terbaru yang sekelas dengan vivo V20 ini sudah memiliki pelindung layar maupun bodi bagian belakang lho. Sayangnya, yang menjadi salah satu kekurangan vivo V20 ini justru belum adanya pelindung bawaan di samping segala fiturnya yang sudah kekinian. Sehingga kurang bisa tahan dengan adanya goresan-goresan kecil pada bodinya. Kalau memang kamu tertarik dengan ponsel ini sih, nantinya bisa memasang screen guard secara manual untuk melindungi bagian layar.

  2. Kapasitas baterai kurang besar

    Jika dibandingkan dengan vivo V20 SE yang rilis bersamaan dengan smartphone ini, kapasitas baterai vivo V20 justru lebih rendah padahal spesifikasinya dan harganya lebih tinggi. Kekurangan vivo V20 ini kapasitas baterainya adalah 4000 mAh. Sementara kapasitas baterai vivo V20 SE mencapai 4100 mAh. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbanganmu tersendiri sebelum tergiur membeli smartphone ini.

Demikian ulasan lengkap mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan vivo V20. Secara keseluruhan, keunggulan yang dimiliki vivo V20 ini sangat menarik untuk kebutuhan penggunaan yang kekinian. Gimana? Tertarik dengan smartphone yang satu ini?

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *