Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro

1 minggu lalu, by digitek

Spesifikasi kekurangan dan kelebihan realme narzo 20 dan narzo 20 pro

realme baru saja memperkenalkan keluarga baru Smartphone low-budget murah di akhir tahun 2020 ini yakni realme narzo 20 dan narzo 20 Pro. Pasaran smartphone murah yang diminati, membuat kita sering melihat produsen smartphone mengeluarkan lebih dari satu seri setiap tahun. realme tahu betul pasaran smartphone menengah ke bawah adalah salah satu yang paling menjadi kelebihan utama mereka, sehingga mereka kembali memperkenalkan dua seri narzo terbaru.

Pada kesempatan kali ini akan kita membahas lebih lanjut seputar spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme narzo 20 dan narzo 20 Pro.

Untuk seri realme narzo 20 sendiri, pasaran harga yang ditawarkan adalah Rp. 2.199.000,- , harga yang cukup murah bukan? Sementara itu realme narzo 20 Pro sendiri dihadirkan dengan harga pasaran Indonesia sebesar Rp. 3.339.000,-.

realme narzo 20 dan narzo 20 Pro memiliki sebuah tagline pemasaran “Boost the Power” dimana tentunya yang diunggulkan adalah “kekuatan” entah dari daya tahan baterai ataupun dari segi performa. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

realme narzo 20

realme narzo 20 memiliki spesifikasi yang “sedikit” lebih rendah dibandingkan dengan varian Pro. Sebenarnya dari segi performa peningkatannya sangatlah minim, sehingga masih dibilang pas untuk anda yang mencari handphone low-budget. Lebih jelasnya langsung simak ulasannya berikut ini.

Desain dan Body

Desain realme narzo 20

Desain realme narzo 20 – Photo via realme.com

Konsep dari realme mungkin sama antara narzo 20 dan seri sebelumnya mengingat bentuk sekilas tampak memiliki kemiripan. Dilihat dari kesan warnanya sangatlah elegan dari belakang dengan 2 pilihan warna yaitu Silver Sword dan Blue Blade.

Kemudian untuk bezel dan layar, smartphone satu ini tidak selebar yang kita bayangkan, paling tidak seperti itu yang terlihat. Walaupun smartphone ini memiliki 6.5 inch IPS LCD Panel, namun bezel di bagian bawah sedikit lebih besar menjadikannya terlihat kurang maksimal.

Bisa jadi realme narzo 20 ini memiliki desain yang agak besar dan tebal karena permasalahan kapasitas baterai. Bezel ini juga memiliki desain mirip dengan pendahulunya, bisa dibilang sangat identik. Namun tetap ada perbedaan yang mencolok dari segi desain dan body jika dibandingkan narzo 10/20A.

Desain tampilan kamera realme narzo 20 disempurnakan dan menyempurnakan dari seri sebelumnya. Diseri sebelumnya saat kita meletakan smartphone di atas meja ada sedikit goncangan akibat kamera ini. Namun di seri narzo 20 ini tidak demikian.

Display dan Layar

realme narzo 20 sendiri dilengkapi dengan IPS LCD 6.5 inch dengan resolusi 720 x 1600 pixel. Selain itu dari segi density, di dalamnya terdapat 270 ppi, tentu tidak setajam yang kita pikirkan, tapi untuk smartphone kelas menengah ke bawah sudah lebih dari cukup.

Sepertinya realme narzo 20 memang membuat smartphone ini tampak “biasa” untuk segi display. Hal ini karena spesifikasi yang diberikan mirip dengan rata-rata smartphone menengah ke bawah saat ini.

Kamera

Spesifikasi kamera realme narzo 20

Spesifikasi kamera realme narzo 20 – Photo via realme.com

Untuk kamera, realme narzo 20 dibesut dengan kamera utama 48MP f/1.8, ditambah dengan fitur PDAF dan sensor lain yang menambah kualitas foto dan video. Ada perbedaan utama untuk sero narzo 20 dan 20 Pro dari segi kamera. Perbedaannya hanya terletak di 2MP depth sensor, dimana dengan kasat mata sekilas akan cukup sulit mencari perbedaan hasil jepretan.

Sementara itu untuk kamera depan sendiri realme narzo 20 diberikan sebuah lensa unit 8 MP f/2.0 dengan 1.12, ¼”sensor. Menurut andatidak ada yang istimewa dari kamera depan ini karena anda pasti akan menemui spesifikasi serupa di kamera depan.

Performa

Spesifikasi prosesor realme narzo 20

Spesifikasi prosesor realme narzo 20 – Photo via realme.com

Inilah pembahasan yang ditunggu-tunggu oleh para pembaca semua. Bagaimana sih performa realme narzo 20?

realme menggunakan MediaTek sebagai chipset utama realme narzo 20 yaitu MediaTek Helio G85. Sebenarnya jika dilihat dari struktur chipset, narzo 20 tidak berbeda terlalu dibandingkan dengan pendahulunya.

2×2.0GHz Cortex-A75 dan 6×1.8GHz Cortex-A55 ditambah dengan RAM 4GB dengan teknologi memori eMMC, teknologi inilah yang membuat performanya hampir sama dengan pendahulu mereka. Menariknya dengan performa satu ini mereka mampu mengemas dengan realme UI yang mendukung Android 10 dan menyajikannya dengan sangat smooth.

Peningkatan chipset satu ini terletak pada konektivitas. Dimana realme narzo 20 mendukung dual-band WiFi ac. Untuk gaming, realme narzo 20 dirasa “cukup” lah untuk mendapatkan kenyamanan di tingkat grafik sedang dan low.

Baterai

Spesifikasi baterai realme narzo 20

Spesifikasi baterai realme narzo 20 – Photo via realme.com

Di sinilah salah satu letak kelebihan dari realme narzo 20 jika berbicara spesifikasi. realme berhasil meningkatkan kapasitas baterai hingga 6000 mAh. Seri pendahulu yaitu narzo 10 sendiri sudah memiliki kapasitas yang besar yaitu 5000 mAh, dan sekarang mereka mampu meningkatkannya di tingkat yang lebih lanjut.

Jika dilihat dari fitur charging, narzo 20 ini dilengkapi dengan daya 18W yang bisa dibilang cukup cepat dalam pengisian baterai. Sementara itu, ada dukungan reverse charging, sehingga kamu bisa mengisi daya perangkat lain dengan smartphone satu ini.

Software, OS, dan UI

realme narzo 20 menggunakan realme 1.0, software besutan produsen smartphone asal tiongkok ini. realme UI satu ini dibuat di atas Android 10 dimana sangat mirip ataupun terinspirasi tampilan AOSP. Menjadi buktinya adalah Google AOSP phone dan message app.

Secara keseluruhan UI milik realme narzo 20 ini sangatlah pas dan cocok digunakan sehari – hari. Dengan berbagai fitur seperti App Drawer, kemudian Game Space, dan sebagainya.

Spesifikasi Lengkap realme narzo 20

  • Dimensi : 164,5 x 75,9 x 9,8 mm
  • Berat : 208 g
  • Layar : IPS LCD 6.5 inches, resolusi 720 x 1600 pixels, rasio 20:9, dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass
  • SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 10, realme UI
  • Chipset : MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU : Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 4GB
  • Memori internal : 64GB, bisa diekspansi dengan microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera utama :
    48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.3, 119˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama dan video 1080p@30/60fps
  • Kamera depan :
    8 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/4″, 1.12µm
    Dilengkapi fitur HDR, panorama dan video 1080p@30fps
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, non-removable dengan fitur fast charging 18W dan reverse charging
  • Jaringan : 2G, 3G, 4G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, FM radio, USB Tipe-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sound : Loudspeaker 3.5 mm jack audio
  • Sensor : Magnetic induction sensor / Light sensor / Proximity sensor / Acceleration sensor
  • Warna : Silver Sword, Blue Blade
  • Harga: Rp. 2.199.000,-

realme narzo 20 sendiri menawarkan updgrade chipset jika dibandiingkan seri pendahulunya, dimana konektivitas WiFi dan modul kamera depan menjadi lebih baik lagi jika dibandingkan dengan seri yag ada sebelumnya.

Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 20

Kelebihan realme narzo 20

1. Harga Sangat Terjangkau

Ini adalah kelebihan yang tidak bisa didapatkan oleh smartphone saingan mereka. realme narzo 20 ini memiliki sebuah kelebihan berupa harga yang sangat murah dan terjangkau. Spesifikasi realme narzo 20, memiliki tingkat harga yang menurut kami sangat worth it seperti yang ditawarkan dan dipasarkan di Indonesia ini.

Mungkin beberapa dari anda sedang mencari smartphone yang memiliki spesifikasi cukup tinggi dengan harga 2 jutaan? Jawabannya adalah smartphone satu ini.

2. Desain Elegan dan Menawan

Oke, sebenarnya desain dari realme narzo 20 tidak memiliki perbedaan yang banyak ketika dibandingkan dengan seri pendahulunya. Namun, yang membuat kami takjub adalah handling atau kenyamanan saat digenggam membuat para pengguna menjadi betah berlama – lama memegang smartphone satu ini.

Di bagian belakang desain kamera tidak mempengaruhi goyangan yang tidak nyaman saat diletakan di atas meja. Desain kamera sekarang memang sedikit membuat smartphone agar bergoyang ketika diletakan di bidang rata. Sebagai contoh Redmi Note 9 Pro, padahal letak kameranya berada di tengah.

3. Kapasitas Baterai “Raksasa”

Selanjutnya adalah kapasitas baterai yang sangat besar. Dengan 6000 mAh, andabisa seharian melakukan hal apapun dengan smartphone tanpa harus melakukan recharge atau mengisi ulang daya baterai. Apresiasi juga harus diberikan, karena ini juga merupakan peningkatan dari seri sebelumnya yang sudah menggunakan 5000 mAh di narzo 10.

Ditambah lagi dengan fitur menarik lainnya seperti misalnya reverse charging, dan juga dukungan 18W daya pengisian.

4. Kamera Belakang Cukup Baik

Kenapa kami bilang cukup baik? realme bukan tipe smartphone yang menonjolkan nama dan spesifikasi kamera mereka. Tapi jangan salah paham dulu, karena spesifikasi kamera mereka lebih dari cukup untuk smartphone harga 2 jutaan.

48MP lensa utama, dengan tambahan wide angle membuat tampilan fotonya sangat tajam. Kamera ini akan lebih baik jika dilakukan pengambilan foto saat siang hari, karena seperti biasa di harga 2 jutaan sangat jarang kamera yang mampu dengan baik foto di tempat yang kurang cahaya.

Namun untuk mengatasi permasalahan pengambilan foto saat malam hari ada sebuah fitur software yang bernama Super Nightscape yang mampu memproses kamera menjadi lebih baik saat dilakukan pengambilan malam hari.

5. Quality Control

Yang kami suka dari realme narzo 20 adalah Quality Control. realme menjelaskan bahwa mereka melakukan test berulang kali untuk mengembangkan seri satu ini. Klaim produsen asal tiongkok ini adalah melakukan tes jatuh sebanyak 28.000 kali, tes tombol power 200.000,- kali, tes tombol volume 100.000 kali. Hal ini menjadi salah satu bentuk transparasi yang menurut kami bisa anda jadikan patokan pembelian dan pelayanan.

Kekurangan realme narzo 20

1. Tidak Adanya Peningkatan Yang Signifikan

Seperti yang sudah kita bahas lengkap, realme narzo 20 ini tidak memiliki peningkatan drastis dari segi performa dari segi spesifikasi hardware. Dengan arsitektur chipset yang hampir sama hanya terdapat peningkatan pada konektivitas jaringan saja. Jadi jika andaingin updgrade dari narzo 10 mungkin harus berpikir dua kali.

2. Terlalu Banyak Varian

Ini adaah salah satu kekurangan namun sebenarnya bisa jadi kelebihan untuk “orang” yang lebih banyak memiliki budget. Banyaknya varian ini memiliki spesifikasi yang sangat mirip sehingga hal ini membingungkan untuk para pembeli. Misalnya realme narzo 20 dan 20 Pro, terkadang para konsumen akan kebingungan.

3. Ketajaman dan Resolusi

Dengan 270ppi dan resolusi yang bisa dibilang HD, mungkin realme ingin meletakan kelebihan di tempat lain. Beberapa pesaing di harga serupa bahkan memberikan resolusi lebih dari 720 pixel. Walaupun dirasa sudah lebih dari cukup namun mungkin beberapa dari penggemar ada yang kecewa dari segi resolusi.

realme narzo 20 Pro

Dengan konsep yang lebih baik, realme narzo 20 Pro mengusung teknologi layar 90Hz di seri ini. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu smartphont termurah dengan frame refresh rate yang sama. Selain itu apa saja sih spesifikasi yang dimiliki oleh realme narzo 20 Pro? Langsung saja simak informasinya dibawah ini.

Desain dan Body

Desain realme narzo 20 pro

Desain realme narzo 20 pro – Photo via realme.com

Jika melihat tampilan dari realme narzo 20 Pro, smartphone satu ini memiliki desain yang mirip dengan narzo, malahan bisa dibilang cukup berbeda dari narzo 20. Coba kita lihat di bagian kamera belakang dimana desain letak kamera terletak secara  vertikal di narzo 20 Pro sedangkan untuk versi narzo 20 berbentuk segi empat.

Dari Body juga terlihat berbeda desain yang diberikan untuk seri Pro lebih ke Glossy dimana seri 20, memiliki warna yang simpel doff. Selanjutnya dari ukuran, kedua seri narzo 20 memiliki ukuran yang sekilas sama tetapi berbeda.

Dimensi dari narzo 20 Pro adalah 162.3×75.4×9.4mm yang tentu lebih tipis dibandingkan saudara kembarnya. Sementara itu untuk berat sendiri memiliki kurang lebih berat sebesar 191 gram. Letak perbedaan utama adalah di tingkat ketipisan dan juga berat saja.

Display dan Layar

realme narzo 20 Pro ini menggunakan panel yang sama dengan variannya yaitu IPS LCD dengen pembeda adalah fitur frame rate refresh yang menggunakan teknologi 90Hz. Selain itu dari segi teknologi lain seperti pelindung juga diberikan corning gorilla glass. realme juga memberikan resolusi FULL HD dimana mendukung 1080 x 2400 pixels dengan 405 ppi.

Jadi jika dilihat sekilas nampak sama, namun dari teknologi yang digunakan sangatlah berbeda dimana wajar realme narzo 20 Pro memiliki harga yang lebih mahal.

Kamera

Spesifikasi kamera realme narzo 20 pro

Spesifikasi kamera realme narzo 20 pro – Photo via realme.com

Jika melihat perbandingan antara realme narzo 20 Pro dan seri 20, kita akan melihat kesamaan dari segi kamera. Yang membedakannya adalah fitur Depth Sensor 2MP yang ditambahkan di versi narzo 20 Pro. Penambahan ini akan sangat sulit dicek di lapangan. Walaupun begitu dari klaim realme, perekaman video dari narzo 20 Pro ini bisa support sampai 4K dengan 30FPS.

Kamera belakang narzo dilengkapi dengan 48MP lensa utama dengan, 8 MP ultrawide, 2 MP macro, dan 2 MP depth sensor. Sementara untuk kamera selfie menggunakan single camera dengan 16 MP support HDR dan panorama.

Performa

Spesifikasi prosesor realme narzo 20 pro

Spesifikasi prosesor realme narzo 20 pro – Photo via realme.com

Kita tahu bahwa performa realme narzo 20 sendiri tidak jauh beda dengan realme narzo 10A atau pendahulunya, lalu bagaima dengan realme narzo 20 Pro?

Sayangnya performa yang diberikan juga tidak berbeda begitu jauh. Mari kita coba lihat lebih detail, dimana realme narzo 20 Pro menggunakan Helio G95 dan untuk seri 20 menggunakan G85.

realme narzo 20 Pro memiliki 2 Cortex A-76 yang berjalan di kecepatan 2.05GHz dan juga enam Cortex-A55 dengan 2.0 Ghz clocked. Di sini kita bisa lihat bahwa inti utama chipset meningkatkan sedikit performa daripada yang dimiliki di seri 20.

Berbicara mengenai performa untuk bermain game, narzo 20 Pro sudah lebih dari cukup untuk menjalankan game sehari – hari termasuk PUBG Mobile dan juga Mobile Legends di smooth Extreme. Walaupun agak dipaksakan untuk game berat, namun untuk game ringan, pasti dilibas.

Baterai

Spesifikasi baterai realme narzo 20 pro

Spesifikasi baterai realme narzo 20 pro – Photo via realme.com

Dilengkapi dengan 4500 mAh realme narzo 20 Pro memiliki baterai yang lebih kecil dibandingkan dengan realme 7 dengan 5000 mAh. Selain itu besaran kapasitas baterai ini juga lebih kecil dari kembarannya.

Namun fitur charging SuperDart Charging (fast-charging milik realme) membuatnya semakin asik lagi untuk masalah waktu pengisian daya, karena kita tidak perlu menunggu lama. Anda juga pasti penasaran berapa lama baterai ini bisa habis? Jika digunakan untuk kegiatan ringan bahkan seharian anda bisa tetap menggunakannya tanpa charging ulang.

Spesifikasi Lengkap realme narzo 20 Pro

  • Dimensi : 162,3 x 75,4 x 9,4 mm
  • Berat : 191 g
  • Layar : IPS LCD 6.5 inches, resolusi 1080 x 2400 pixels, rasio 20:9, dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass
  • SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 10, realme UI
  • Chipset : Mediatek Helio G95 (12 nm)
  • CPU : Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU : Mali-G76 MC4
  • RAM : 6GB / 8GB
  • Memori internal : 64GB / 128GB, bisa diekspansi dengan microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera utama :
    48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.3, 119˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth)
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama dan video 4K@30fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS
  • Kamera depan :
    16 MP, f/2.1, 26mm (wide), 1/3.09″, 1.0µm
    Dilengkapi fitur HDR, panorama dan video 1080p@30/120fps
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, non-removable dengan fitur fast charging 65W dan SuperDart Charge
  • Jaringan : 2G, 3G, 4G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX HD, GPS, A-GPS, GLONASS, USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sound : Loudspeaker 3.5 mm jack audio
  • Sensor : Magnetic induction sensor / Light sensor / Proximity sensor / Gyro-meter / Acceleration sensor
  • Warna : Black Ninja, White Knight
  • Harga : Rp. 3.399.000,-

Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 20 Pro

Kelebihan realme narzo 20 Pro

1. Display dan Frame Refresh Rate Mumpuni

Salah satu kelebihan dari realme narzo 20 Pro adalah Frame Refresh Rate 90Hz dengan harga yang sangat murah. realme memang selalu menjadi salah satu brand yang menonjolkan kelebihan di display semenjak realme 6 Pro. Mungkin saat ini realme narzo 20 Pro adalah varian paling murah untuk anda yang ingin menjajal frame rate 90hz.

Dengan frame rate sebesar 90Hz, kamu akan mendapatkan pengalaman gaming yang maksimal serta scrolling yang mulus.

2. Performa Mid-Range Memuaskan

Selanjutnya adalah performa yang memuaskan di harga mid-low range. Bahkan untuk para pesaingnya, realme narzo 20 Pro ini masih berada di atas beberapa smartphone lain. Dengan menggunakan MediaTek Helio G95 merupakan salah satu updgrade dari versi narzo 20. Untuk bermain game – game ringan sangatlah mumpuni, walaupun untuk game berat masih terlalu dipaksakan.

3. Fast Charging

realme narzo 20 Pro mengklaim mampu memberikan charging penuh 100% hanya dalam waktu 38 menit menggunakan teknologi satu ini. Sehingga andatidak perlu khawatir lagi akan kehabisan baterai, anda bisa rehat sejenak untuk melakukan charging hanya setengah jam saja.

Teknologi Fast Chargin milik realme yang ada di narzo 20 Pro ini bernama SuperDart Charge. Ini adalah salah satu kelebihan utama dari smartphone satu ini. Walaupun kapasitas baterai tidak sebesar seri 20, namun tetap saja bandel.

4. Kamera

Sama halnya dengan narzo 20, seri Pro ini juga memiliki sedikit keunggulan dalam hal kamera. Fiturnya juga tidak baru namun, anda pasti akan mendapatkan kepuasan saat mengambil foto atau video menggunakan kamera satu ini.

Seperti misalnya fitur SuperNightScape yang juga ada di seri 20, ditambah dengan foto landscape dengan resolusi tinggi untuk memperlihatkan detail.

Kekurangan realme narzo 20 Pro

1. Tidak adanya fitur NFC

realme narzo 20 Pro ini tidak dibekali dengan fitur NFC dan menjadi salah satu kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk membeli. Padahal untuk smartphone pesaing di kelas yang sama sudah menambahkan fitur NFC yang terbilang cukup diperlukan.

2. Pro Kontra Harga

Bagi beberapa orang penambahan harga yang cukup besar hanya untuk mendapatkan fasilitas 90Hz sedikit berlebihan. Inilah kenapa disebut dengan kekurangan, karena dirasa dari segi performa tidak ada peningkatan yang signifikan.

Kita bisa mendapatkan narzo 20 Pro dengan harga Rp. 3.399.000,- sedangkan untuk seri 20 adalah Rp. 2.199.000,- yang berarti satu jutaan selisih harganya. Untuk pengguna entry level ini adalah nominal yang sangat besar.

3. Kapasitas Baterai Tanggung

Kapasitas baterai adalah kekurangan dari realme narzo 20 Pro yang paling mencolok dimana pada handphone lain sekelasnya sudah dibekali baterai 5000 mAh.

Seharusnya paling tidak berikan kepada pengguna kapasitas baterai misalnya 5000 mAh, karena dengan 4500 mAh sendiri terlalu tanggung. Walaupun dilengkapi dengan fast charging yang mumpuni namun paling tidak dengan kapasitas baterai 5000 mAh bisa lebih bertahan lama tanpa harus charge ulang.

Akhir Kata

Demikian pembahasan kita mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme narzo 20 dan juga realme narzo 20 Pro, semoga membantu kamu mendapatkan informasi seputar gadget dengan lengkap. Terima kasih dan sampai jumpa pada pembahasan gadget berikutnya.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *