Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M11

4 minggu lalu, by digitek

Spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M11

Perusahaan teknologi yang berasal dari Korea Selatan, Samsung, terus memperbarui HP murah dan terjangkau miliknya. Keluaran terbaru dari perusahaan ini adalah Samsung Galaxy M Series. M Series disebut sebagai generasi ponsel Anti-Lowbat lantaran selalu didukung baterai besar yang makin kekinian. Setelah meluncurkan Series Galaxy M31, M21 beberapa waktu lalu, kini Samsung meluncurkan Galaxy M lainnya. Galaxy M11 merupakan smartphone entry level sebagai penerus  Galaxy M Series yang siap merebut hati para konsumen. Galaxy M11 telah dirilis pada bulan Mei 2020 lalu.

Samsung Galaxy M11 sudah bisa dibawa pulang dengan harga 2 jutaan saja. Harga yang cocok bagi kamu anak muda. Dengan harga yang begitu terjangkau apakah performanya tetap memenuhi ekspektasi konsumennya? Yang jelas, ponsel ini merupakan upgrade dari produk sebelumnya. Tertarik untuk membeli ponsel yang satu ini?

Simak dulu spesifikasi, kelebihan serta kekurangan Samsung Galaxy M11 yang akan dibahas dalam artikel ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Teknologi Infinity-O Display pada Samsung Galaxy M11

Teknologi Infinity-O Display pada Samsung Galaxy M11

Samsung Galaxy M11 tampil menarik dengan layar yang kekinian dengan mengadopsi teknologi Infinity-O Display dan memiliki punch pole display atau layar berlubang di sisi kirinya  yang keren.. Meski perangkat ini termasuk dalam kategori perangkat ekonomis, konsep layar yang diusung membuat ponsel ini tampil lebih segar ketimbang pendahulunya.

Dari aspek desain, Samsung Galaxy M11 membawa kesan yang cukup mewah. Finishing bagian belakang yang dibuat agak doft tidak berkilau dengan pilihan warna hitam dan biru saja. Desainnya yang mewah mampu mendukung penampilan semakin prima. Daripada penasaran, simak dulu spesifikasi dan harga Galaxy M11 ini.

Spesifikasi performa Samsung Galaxy M11

Spesifikasi performa Samsung Galaxy M11

Memiliki bobot tak mencapai 200 gram menjadikan ponsel ini nyaman digenggam. Galaxy M11 juga memiliki dimensi 161,4 x 76,3 x 9 mm dengan mengadopsi layar PLS TFT dan detail capacitive touchscreen. Dari segi dapur pacunya, Samsung M Series ini didukung dengan chipset Qualcomm SM 45, dengan detail Snapdragon 450 atau 14 nm. Diperkuat dengan benaman Octa-core 1,8 GHz Cortex-A53 yaitu GPU Adreno 506.

Kapasitas penyimpanan Galaxy M11 cukup besar walau tak sebesar perangkat lain yang memiliki harga yang sama. Total kapasitas penyimpanan hingga 32 GB untuk RAM 3 GB dan memori internal 64 GB dengan RAM 4 GB.

Samsung Galaxy M11 Triple Camera

Samsung Galaxy M11 Triple Camera

Hobi fotrografi? Samsung Galaxy M11 bisa menjadi pilihan kamu. M11 mempunyai 13 MP pada kamera belakang sehingga bisa menghasilkan gambar yang cukup menawan. Sedangkan untuk kamera pelengkap, ponsel ini memiliki 5 MP dengan detail f/2.2 sekitar 14 mm berjenis Ultrawide. Untuk kedalaman pengguna bisa puas karena M11 ini hadir dengan detai 2 MP, f/2.4.  Tersedia pula LED Flash dan panorama kamera depan sebesar 8 MP, f/2.0 (wide) juga HDR. Mantap bukan?

Kapasitas baterai Samsung Galaxy M11

Kapasitas baterai Samsung Galaxy M11

Samsung juga populer dengan kapasitas baterai yang besar. Samsung M Series ini dilengkapi dengan 5.000 mAh baterai untuk mengimbangi kinerja ponsel ini. Ponsel ini memiliki jaringan GSM/HSPA hingga LTE dan dual SIM seperti tipe produk Samsung lainnya.

Secara singkat berikut adalah spesifikasi Samsung Galaxy M11:

  • Dimensi : 161,4 x 76,3 x 9 mm
  • Bobot : 197 gram
  • Layar : 6,4 inchi, 720 x 1560 piksel
  • Chipset : Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • GPU : Adreno 506
  • Sistem Operasi : Android 10.0
  • RAM : 3 GB/4gb
  • Memori Internal : 32 GB/64 GB
  • Memori Eksternal : microSDXC (slot terpisah)
  • Kamera belakang : 13 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera depan : 8 MP
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh, non-removable
  • Warna: Metallic Blue, Black
Pilihan warna Samsung Galaxy M11

Pilihan warna Samsung Galaxy M11

Spesifikasi Samsung Galaxy M11 tersebut sepertinya memang menyasar generasi entry-level. Untuk versi Indonesia, terdapat dua pilihan warna diantaranya Metallic Blue dan Black.

Sementara itu, harga Samsung Galaxy M11 secara resmi di Indonesia adalah Rp. 1.899.000,- untuk varian dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB serta Rp. 2.099.000,- untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M11

Setelah mengetahui spesifikasi dari Samsung Galaxy M11, ada baiknya kamu simak juga kelebihan dan kekurangan nya sehingga lebih mantap lagi sebelum memutuskan untuk membeli ponsel terbaru dari Samsung ini.

Kelebihan Samsung Galaxy M11

Kenapa ponsel satu ini bisa menjadi pilihan dibanding ponsel lain? Simak kelebihan-kelebihan yang dimiliki ponsel keluaran terbaru dari Samsung Galaxy Series berikut!

  1. Dimensi Cukup Ideal dan Nyaman di genggam

    Meski layar sebesar 6,4 inchi dan mempunyai baterai yang besar, lebar bodi Samsung Galaxy M11 masih terlihat ramping. Bobot 197 gram tidak terlalu berlebihan dan cukup ideal untuk dioperasikan menggunakan satu tangan. Ketebalannya pun pas, 9 mm, dan masih nyaman ketika dimasukkan ke dalam saku celana.

  2. Desain Makin Keren dengan Infinity-O Display

    Ubahan paling menonjol dari keluaran terbaru ini terletak pada segi desain dan menjadi satu kelebihan Galaxy M11 yang terlihat makin mewah. Meninggalkan desain lamanya, Infinity-V Display atau waerdrop notch, kini beralih ke Infinity-O Display dengan lubang punch hole khusus untuk kamera di sisi kiri atas ponsel.

    Secara keseluruhan tampilan layar Galaxy M11 asyik jika digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Browsing, main games, scrolling sosial media, atau menonton film di Netflix yang aplikasinya sudah tersedia secara pre-installed.

  3. Triple Camera didukung Fungsi Ultrawide

    Agar dapat menarik perhatian Generasi Z, Samsung Galaxy M11 dilengkapi dengan triple camera. Kamera utamanya di bagian belakang ada 3, yaitu 13 MP f/1.8 untuk gambar dengan lebar standar, 5 MP f/2.2 untuk Ultrawide, 2 MP f/2.4 untuk DOF. Untuk yang suka foto selfie, di bagian depan terdapat kamera 8 MP dengan fitur Live Focus (bokeh) seperti halnya pada kamera belakang. Fitur Live Focus ini mampu memisahkan antara objek dan background dengan rapi, selain itu bisa juga diatur untuk menghasilkan foto dengan latar belakang blur.

    Fungsi ultrawide dari ponsel ini memiliki sudut pandang mencapai 115 derajat yang dapat menangkap objek secara luas seperti ketika kita ingin mengambil foto landscape pemandangan.

    Selain fitur pengambilan gambar, untuk perekaman video pun cukup memuaskan dengan resolusi maksimal 1080p pada tingkatan frame rate sebesar 60 FPS.

  4. Keamanan Sensor Sidik Jari dan Face Recognition / Face Unlock

    Untuk fitur kemanan, Samsung Galaxy M11 dilengkapi dengan sensor sidik jari dan face recognition / face unlock untuk menggantikan fitur pattern dan PIN yang sudah ketinggalan zaman.

    Sensor sidik jari terletak di bagian belakang ponsel tepatnya di bawah kamera, karena layar ponsel ini belum OLED. Area luas sensor dibuat oval sehingga lebih terasa natural ketika meletakkan sidik jari. Sedangkan face unlock meggunakan kamera depan ponsel ini. Kedua kombinasi ini menjadi kelebihan Samsung Galaxy M11 untuk menjaga data pribadi penggunanya tetap aman.

  5. Baterai Awet, Charging Cepat

    Samsung Galaxy M11 juga memiliki keunggulan dari sisi daya dengan adanya baterai non-removable Li-Ion 5000 mAh.

    Baterai 5000 mAh tentunya menjanjikan daya tahan cukup lama ketika dipasang dengan software yang tidak terlalu menguras baterai. Samsung Galaxy M11 mampu bertahan 1,5 sampai 2 harian untuk pemakaian normal.

    Samsung juga memberikan teknologi fast charging 15 W agar proses charging tidak membutuhkan waktu lama dengan port Type-C. Dalam waktu kurang dari 2 jam ponsel sudah terisi penuh 100 persen.

  6. Update Android 10.0 dengan One UI 2.0

    Sistem operasi HP adalah satu hal yang penting. Beberapa sistem operasi senantiasa melakukan update-an secara berkala untuk keperluan tambahan fitur-fitur baru pada ponsel. Samsung Galaxy M11 sudah dihadirkan One UI 2.0 yang berbasis Android 10 yang merupakan android paling terbaru saat HP ini diluncurkan.

  7. Tersedianya Jack Audio 3,5 Mm

    Tidak bisa dipungkiri bahwa HP masih menjadi sarana utama untuk mendengarkan lagu bagi para kawula muda. Nah, hal ini ternyata oleh Samsung dilihat masih menjadi salah satu daya tarik dalam penjualan ponsel sehingga mereka masih menghadirkan fitur Jack Audio 3,5 mm pada Samsung Galaxy M11.

  8. Dukungan slot MicroSD khusus

    Beberapa ponsel menyediakan memori eksternal untuk menampung lebih banyak file. Msalahnya seringkali pengguna diberikan pilihan untuk menggunakan kartu SIM kedua atau memilih microSD, sehingga harus memilih satu diantara kedua tersebut. Namun, tak perlu bingung lagi memilih, karena HP Samsung Galaxy M11 menghadirkan slot khusus untuk microSD dan memori eksternal dengan kapasitas 512 GB. Pengguna bisa leluasa menggunakan SIM Card 2 dan microSD secara bersamaan.

Kekurangan Samsung Galaxy M11

Setelah mengetahui kelebihan Samsung Galaxy M11, kini waktunya mengetahui juga kekurangan Samsung Galaxy M11. Agar mengetahui dua sisi, kelebihan dan kekurangan, HP ini sehingga melengkapi bahan pertimbangan ketika ingin memilih ponsel ini sebagai milik pribadi. Simak beberapa kekurangan Samsung Galaxy M11 berikut!

  1. Layar Masih TFT, Belum Super AMOLED

    Strategi Samsung memang dengan menekan harga jual sehingga menarik minat pasar, namun tentu saja ada yang harus dikorbankan dari segi kualitas. Salah satunya layar depan ponsel Samsung Galaxy M11. Hanya dilengkapi layar panel PLS TFT dengan resolusi HD+ 720 x 1560 piksel. Berbeda dari beberapa produk Samsung lai yang sudah dilengkapi panel Super AMOLED, produk Samsung satu ini harus mengorbankan sisi kualitas pada layar ponsel.

    Jelas ini menjadi salah satu kekurangan Samsung Galaxy M11, karena bagi pengguna yang gemar bermain game atau streaming film, teknologi dan resolusi layar sangat berpengaruh.

  2. Bodi Mudah Kotor oleh Jari

    Masalah klasik yang biasa ditemui pada smartphone masa kini. Bodi HP Samsung Galaxy M11 mudah kotor oleh bekas jari-jari. Harus sering dibersihkan atau dilapisi dengan softcase HP agar tetap bersih selama digunakan.

  3. Chipset Snapdragon 450 Yang Ketinggalan Jaman Dengan Performa Kurang

    Penggunaan Chipset Snapdragon 450 untuk Samsung Galaxy M11 bisa dikatakan ketinggalan jaman. Hal ini dikarenakan pada Juni 2020 Qualcomm sendiri sudah merilis chipset Snapdragon keluaran terbarunya yaitu Snapdragon 865. Jadi sangat disayangkan apabila Samsung masih menggunakan chipset yang tergolong jadul tersebut.

    Selain itu, gaming saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi anak muda. Untuk itu para vendor saling berlomba-lomba untuk menghadirkan ponsel yang memiliki performa terbaik untuk mampu menghadirkan pengalaman bermain game yang maksimal. Sayangnya, chipset Snapdragon 450 pada Samsung Galaxy M11 ini tidak menghadirkan support yang bertenaga. Karena seperti poin di atas bahwa Chipset tergolong jadul dibanding beberapa pesaing dipasar 2 jutaan seperti Xiaomi Realme 5s serta Redmi Note 8 dan 9 yang sudah dibekali dengan Snapdragon 665.

    Tapi untuk performa saat bermain game berat masih memungkinkan untuk game sejenis PUBG Mobile, meskipun pada pengaturan grafis masih terbatas dan frame rate-nya tidak begitu memuaskan.

  4. Kapasitas Memori Terbatas

    Kebutuhan akan banyak aplikasi di ponsel kita tentu harus didukung kapasitas memori yang besar. Semakin banyak aplikasi tentu memerlukan RAM yang lebih besar juga agar HP tidak lemot. Samsung Galaxy M11 dengan harga 2 jutaan menghadirkan dua opsi memori internal yaitu 32 GB dengan RAM 3 GB dan 64 GB dengan RAM 4 GB. Memori internal ponsel ini berjalan pada teknologi eMMC 5.1. Kapasitas memori Samsung Galaxy M11 yang kecil ini memungkinkan pengguna terpaksa harus sering hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan jika ingin menambah aplikasi baru.

  5. White Balance Kurang Konsisten di Mode Auto

    White balance dengan mode auto pada Samsung Galaxy M11 terasa kurang konsisten. Dari beberapa hasil pemotretan menggunakan ponsel ini, fitur white balance otomatisnya membuat hasil foto terlihat pucat. Bahkan untuk kondisi gelap detail foto terlihat sangat kurang. Namun kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan mode Pro yang juga tersedia untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik.

  6. Paket Penjualan Tidak Termasuk Softcase

    Tidak seperti smartphone lainnya yang harga 2 jutaan, Samsung belum menyediakan softcase pada penjualan Galaxy M11 bagi para konsumennya. Harapan para konsumen tentu harga HP yang sudah menyentuh 2 juta rupiah akan lebih komplit jika termasuk softcase.

Itulah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M11. Samsung Galaxy M11 memiliki keunggulan yang saying jika dilewatkan, seperti fitur keamanan sensor sidik jari dan face recognition, baterai yang memiliki daya tahan seharian bahkan bisa lebih. Selain itu, pengguna juga bisa menikmati pengalaman menonton film atau bermain game dengan layar yang lega.

Tapi jangan mengharapkan performa yang gahar dari HP ini. Karena nampaknya Samsung tidak menonjolkan kualitas performa pada produk keluaran terbarunya kali ini untuk menarik konsumen. Namun HP ini cocok bagi konsumen yang memiliki budget terbatas dan menginginkan produk terbaru, Samsung Galaxy M11 bisa menjadi pilihan. Bagaimana? Apakah tertarik dan siap menentukan pilihan?

Demikian ulasan tentang spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M11. Semoga bisa menjadi referensi kamu sebelum membeli nya. Baca juga deretan HP Samsung terbaru 2020 yang sudah Digitek.id rangkumkan buat kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *