Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan Xiaomi Mi 10T dan Xiaomi Mi 10T Pro

5 bulan lalu, by digitek

Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan Xiaomi Mi 10T Mi 10T Pro

“Diciptakan untuk Hiburan” begitulah penggambaran dari smartphone Xiaomi Mi 10T dan Xiaomi Mi 10T Pro. Xiaomi memberikan sebuah produk mid-high satu ini untuk pasar Indonesia sejak akhir tahun 2020 yang lalu. Kedua series ini juga dijual secara resmi di Indonesia sehingga sangat memudahkan pengguna gadget di Indonesia jika ingin membeli smartphone satu ini.

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas secara lengkap seputar spesifikasi, kekurangan dan kelebihan Xiaomi Mo 10T dan Xiaomi Mi 10T Pro. Jika membutuhkan informasi seputar kedua smartphone ini, pastinya kamu akan mendapatkannya secara lengkap di sini, jadi jangan sampai ketinggalan informasinya dengan terus baca artikel ini.

Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro memiliki perbedaan utama pada kamera utama mereka. Ya perbedaannya hanya terletak di kamera utama mereka saja dari keduanya. Oke daripada penasaran mari kita bahas langsung saja.

Xiaomi Mi 10T

Xiaomi Mi 10T ini memang bisa dibilang sebuah smartphone dengan performa flagship serta harga terjangkau. Dengan kamera andalan Xiaomi sebenarnya smartphone ini adalah paket lengkap yang bisa digunakan untuk berbagai jenis tujuan. Game, multimedia, messaging, dan multi-tasking, semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan Xiaomi Mi 10T.

Desain dan Body

Desain dan pilihan warna Xiaomi Mi 10T

Desain dan pilihan warna Xiaomi Mi 10T – Photo via mi.co.id

Membicarakan mengenai desain dan body, jujur kami sangat menyukainya terutama di bagian depan dengan bezel yang sangat tipis sehingga layar LCD sangatlah terlihat full. Untuk masalah dimensi sendiri Mi 10T memiliki ukuran 165.1 x 76.4 x 9.3 mm. Bisa dibilang smartphone ini cukup tebal dan juga berat.

Di bagian depan terdapat satu kamera di bagian atas sebelah kiri yang terlihat sangat kecil. Sementara untuk tampilan bagian belakang, terdapat penempatan modul kamera yang terlihat cukup mewah. Di Indonesia sendiri ada pilihan warna hitam dan silver.

Display dan Layar

Xiaomi bisa dibilang cukup “pelit” untuk memberikan kelebihan di bagian display walaupun sebenarnya mereka sudah berusaha untuk memberikan fitur tambaha terbaik. Xiaomi Mi 10T menggunakan teknologi IPS LCD, dengan frame rate 144Hz. Selain itu juga mendukung HDR 10+, dengan resolusi FHD 1080 x 2400 pixels dan kedalaman pixels mencapai 395ppi. Di tambah lagi Xiaomi Mi 10T juga memberikan pelindung corning Gorilla Glass 5 sehingga tidak perlu khawatir mengenai gesekan atau benturan kecil.

Lebar layar yang cukup luas yaitu 6.67 inch membuatnya sangat cocok untuk digunakan sebagai gaming dan untuk hiburan lain misalnya streaming. Mungkin untuk para pecinta teknologi LED, masih ada kekurangan dimana memang Xiaomi memberikan panel IPS LCD untuk seri satu ini.

Kamera

Spesifikasi kamera Xiaomi Mi 10T

Spesifikasi kamera Xiaomi Mi 10T – Photo via mi.co.id

Ini dia salah satu pembahasan menarik seputar gadget dimana kamera menjadi salah satu pembahasan yang harus dilihat lebih lanjut. Untuk masalah kamera, Xiaomi Mi 10T menggunakan kamera utama 64 MP wide, 13 MP ultrawide, dan 5 MP macro. Dari segi pengambilan video smartphone satu ini sangatlah berkualitas dengan pengambilan video mendukung sampai ke resolusi 8K@30fps. Dan jika ingin mengambil video di 60FPS kamu bisa menggunakan resolusi maksimal 1080p. Keren bukan?

Di bagian depan terdapat sebuah kamera dengan resolusi 20MP, yang mampu mengambil video sampai ke 1080p@30fps, sayangnya di bagian depan ini belum dilengkapi Gyro-EIS seperti pada kamera belakang mereka.

Performa

Spesifikasi processor, RAM dan ROM Xiaomi Mi 10T

Spesifikasi processor, RAM dan ROM Xiaomi Mi 10T – Photo via mi.co.id

Dan inilah yang paling ditunggu setiap pembahasan smartphone besutan Xiaomi. Terkenal dengan performanya yang sangat tangguh dan cepat, Xiaomi Mi 10T sendiri menggunakan Chipset besutan dari Qualcomm yaitu SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+), Kita tahu bahwa seri chipset 8xx dari Qualcomm Snapdragon adalah chipset kelas atas yang sering dipasang di berbagai flagship.

Spesifikasi CPU Chipset Snapdragon 865 ini adalah 1×2.84 GHz Kryo 585 dan 3×2.42 GHz Kryo 585 dan 4×1.8GHz Kryo 585. Dengan kecepatan seperti ini kita bisa menggunakan perangkat ini untuk gaming sampai ke kegiatan sehari – hari dengan lancar. Belum lagi ditambah dengan RAM up to 8GB dan Internal Storage up to 128GB.

Baterai

Spesifikasi baterai Xiaomi Mi 10T & 10T Pro

Spesifikasi baterai Xiaomi Mi 10T & 10T Pro – Photo via mi.co.id

Dibekali dengan kapasitas baterai raksasa, Xiaomi Mi 10T juga unggul dibandingkan para pesaingnya. Di beberapa kelas flagship, memang cukup sedikit perangkat yang memberikan fasilitas baterai yang besar. Ketika menggunakan smartphone satu ini kamu akan mendapatkan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh dengan beberapa fitur menarik seperti fast charging 33W, kemudian Power Delivery 3.0.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 10T

  • Dimensi : 165,1 x 76,4 x 9,3 mm
  • Berat : 216 g
  • Layar : IPS LCD 6,67 inches, resolusi 1080 x 2400 pixels, rasio 20:9, dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass 5
  • SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 10, upgradable to Android 11, MIUI 12
  • Chipset : Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • CPU : Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
  • GPU : Adreno 650
  • RAM : 6GB dan 8GB
  • Memori internal : 128GB
  • Kamera utama :
    64 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
    13 MP, f/2.4, 123˚ (ultrawide), 1/3.06″, 1.12µm
    5 MP, f/2.4, (macro), 1/5.0″, 1.12µm, AF
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama dan video 8K@30fps, 4K@30/60fps, 1080p@30/60/120/240/960fps; gyro-EIS
  • Kamera depan :
    20 MP, f/2.2, 27mm (wide), 1/3.4″, 0.8µm
    Dilengkapi fitur HDR, panorama dan video 1080p@30fps, 720p@120fps
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable dengan fitur fast charging 33W
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.1, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, USB Tipe-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sound : Loudspeaker 3.5 mm jack audio
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
  • Warna : Cosmic Black, Lunar Silver
  • Harga : Rp. 5.999.000,-

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10T

Setelah melihat beberapa informasi spesifikasi dari Xiaomi Mi 10T, mari kita coba lihat kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Kelebihan Xiaomi Mi 10T

Performa Yang Sangat Cepat

Dibekali dengan chipset Snapdragon 865 membuat Xiaomi Mi 10T memiliki kemampuan dan performa yang sangat cepat. Dilengkapi juga memori yang sangat besar mencapai 128GB, walaupun tidak memiliki memori eksternal sudah lebih dari cukup untuk meyimpan berbagai file dan keperluan menarik lainnya. Menurut kami jika smartphone ini digunakan untuk nge-game berat pun sudah tidak akan menjadi masalah.

Kualitas dan Spesifikasi Kamera Terbaik

Pengguna Xiaomi pasti tahu bahwa kualitas dan hasil kamera dari produsen asal china ini sangatlah baik terutama karena tambahan fitur AI yang memproses gambar dan video. Xiaomi Mi 10T ini memiliki fitur menarik yang menambah hasil kamera menjadi terbaik. Jika kamu penggemar foto dan videografi, pasti tidak akan kecewa menggunakan smartphone ini.

Kapasitas Baterai Besar

Untuk masalah yang sering dihadapi oleh smartphone flagship adalah kapasitas baterai tidak semaksimal perangkat low-mid entry. Namun Mi 10T memberikan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh sehingga kamu bisa dengan puas menghabiskan waktu tanpa khawatir baterai terkuras.

Kekurangan Xiaomi Mi 10T

LCD Panel

Xiaomi mengorbankan teknologi LCD pada perangkat mereka. Fokus dari Xiaomi adalah untuk memperkuat dan memaksimalkan hardware dengan mengurangi fitur dan teknologi pada layar. Penggunaan IPS LCD sendiri memang terbilang pilihan terbaik agar memangkas ongkos produksi tetap landai. Menurut kami wajar saja LCD ini menjadi salah satu kekurangan, karena memang untuk kelas harga Mi 10T, beberapa saingan sudah menggunakan panel AMOLED atau OLED, sebut saja Samsung atau Oppo.

Dimensi Tebal dan Berat

Hal yang paling dikeluhkan atau paling dirasakan pengguna Xiaomi adalah masalah dimensi yang tebal dan beberapa smartphone juga memiliki berat yang lebih. Asumsikan bahwa mereka menggunakan baterai yang lebih besar di antara para saingan mereka tentunya cell baterai yang ditempatkan di dalam smartphone menjadi lebih besar bukan?

Tidak Adanya Memori Eksternal

Sebenarnya cukup wajar juga bahwa smartphone flagship sekarang tidak memiliki memori smartphone eksternal. Beberapa orang masih mengandalkan memori eksternal sebagai salah satu penyimpanan mereka sehingga ini juga merupakan salah satu kekurangan yang harus diperhatikan.

Xiaomi Mi 10T Pro

Selanjutnya kita akan membahas satu seri lain yaitu Xiaomi Mi 10T Pro. Jika dilihat dari perbedaannya, tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok, hanya saja terletak pada perbedaan kamera saja dan memori internal yang memiliki pilihan yang lebih besar. Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Desain dan Body

Desain dan pilihan warna Xiaomi Mi 10T Pro

Desain dan pilihan warna Xiaomi Mi 10T Pro – Photo via mi.co.id

Dari segi body dan desain tidak ada perbedaan antara Mi 10T dan 10T Pro. Keduanya sangat identik dan sama persis bahkan untuk dimensi dan ukuran. Hanya saja Mi 10T Pro memiliki 219 gram lebih berat 1 gram dibandingkan dengan seri 10T.

Di bagian depan juga terlihat sangat elegan dengan bezel yang sangat tipis dengan layar full screen yang sangat besar. Kemudian di bagian belakang juga terlihat modul kamera untuk 3 buah lensa yang dilengkapi dengan beberapa sensor termasuk flash juga. Dimensi dari Xiaomi Mi 10T Pro ini adalah 165.1 x 76.4 x 9.3 mm.

Selain itu dibuat dengan frame alumunium, serta gorilla glass 5 untuk kaca bagian depan dan belakang sama seperti untuk seri Mi 10T.

Display dan Layar

IPS LCD juga menjadi pilihan untuk Xiaomi Mi 10T Pro. Untuk fitur, perangkat satu ini menggunakan frame rate 144Hz, HDR10+, 500 nits (typ), 650 nits (peak). Lebar layar sama dengan ukuran 6.67 inch dilengkapi dengan resolusi 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio dan kedalaman pixel 395ppi.

Jika dilihat dari spesifikasi layar, kemampuan dan juga performanya juga sama persis dengan seri adiknya Mi 10T. Untuk streaming dan gaming sepertinya sudah sangat baik performanya.

Kamera

Spesifikasi kamera Mi 10T Pro

Photo via mi.co.id

Nah, perbedaan utama dari kedua seri Mi 10T dan Mi 10T Pro terletak di bagian kamera. Xiaomi Mi 10T Pro memiliki updgrade kamera, dengan kelengkapan satu lensa utama resolusi 108MP. Tentu di sini akan memberikan sedikit ketajaman yang lebih terutama dalam hal foto ya?

Namun untuk pengambilan video juga sama dengan dukungan pengambilan video hingga 8K@30fps smartphone ini akan sangat cocok untuk para penggemar video dan fotografi. Ditambah lagi kamera depan yang sama – sama memiliki resolusi 20MP, akan membuat kita nyaman mengambil foto selfie atau melakukan video call agar tetap kece.

Performa

Spesifikasi processor, RAM dan ROM Xiaomi Mi 10T Pro

Spesifikasi processor, RAM dan ROM Xiaomi Mi 10T Pro – Photo via mi.co.id

Hardware dan performa juga sama, dimana Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7nm+) menjadi pilihan utama. CPU-nya juga identik dengan inti Octa-core 1×2.84 GHz Kryo 585 dan 3×2.42 GHz Kryo 585 dan 4×1.8GHz Kryo 585, ditambah dengan pemroses grafik Adreno 650.

Dari segi perbedaan terletak di bagian memori internal dimana Xiaomi Mi 10T Pro ini memiliki pilihan memori up-to 256GB internal storage dengan kapasitas Ram 8GB. Teknologi penyimpanan yang digunakan pun adalah UFS, 3.1.

Baterai

Spesifikasi baterai Xiaomi Mi 10T & 10T Pro

Spesifikasi baterai Xiaomi Mi 10T & 10T Pro – Photo via mi.co.id

Spesifikasi baterai dari Mi 10T Pro ini adalah Li-Po 5000 mAh sama persis dan setipe dengan versi 10T. Sementara fitur tambahan fast charging 33W, kemudian power Delivery 3.0 membuat pengisian daya menjadi lebih cepat. Kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai pengisian daya baterai.

Spesifikasi Lengkap Mi 10T Pro

  • Dimensi : 165,1 x 76,4 x 9,3 mm
  • Berat : 218 g
  • Layar : IPS LCD 6,67 inches, resolusi 1080 x 2400 pixels, rasio 20:9, dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass 5
  • SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 10, upgradable to Android 11, MIUI 12
  • Chipset : Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • CPU : Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
  • GPU : Adreno 650
  • RAM : 8GB
  • Memori internal : 128GB dan 256 GB
  • Kamera utama :
    108 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/1.33″, 0.8µm, PDAF, OIS
    13 MP, f/2.4, 123˚ (ultrawide), 1.12µm
    5 MP, f/2.4, (macro), 1/5.0″, 1.12µm, AF
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama dan video 8K@30fps, 4K@30/60fps, 1080p@30/60/120fps; gyro-EIS
  • Kamera depan :
    20 MP, f/2.2, 27mm (wide), 1/3.4″, 0.8µm
    Dilengkapi fitur HDR, panorama dan video 1080p@30fps, 720p@120fps
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable dengan fitur fast charging 33W
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.1, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, USB Tipe-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sound : Loudspeaker 3.5 mm jack audio
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
  • Warna : Cosmic Black, Lunar Silver, Aurora Blue
  • Harga: Rp. 6.999.000,-

Kekurangan dan Kelebihan Xiaomi Mi 10T Pro

Nah, kita juga akan bahas nih Xiaomi Mi 10T Pro, kira – kira apa sih kelebihan dan kekurangan dari perangkat satu ini?

Kelebihan Xiaomi Mi 10T Pro

Performa Juga Sangat Cepat

Tentu karena berbasis dengan teknologi hardware yang sama yaitu Qualcomm Snapdragon 865, performa dari Mi 10T Pro sangatlah cocok untuk digunakan sebagai hp gaming ataupun untuk berbagai kegiatan lainnya. Selain itu akan sangat menyenangkan jika memiliki memori ROM yang sangat besar yaitu 256GB bukan?

Kamera Yang Memiliki Resolusi Tinggi

Ini adalah kelebihan yang hanya dimiliki oleh Xiaomi Mi 10T Pro, dan tidak dimiliki oleh versi adiknya Mi 10T. Dengan 108MP, kamu akan mendapatkan gambar foto menarik yang bisa dihasilkan, terlebih saat ini Xiaomi sedang mengembangkan dan fokus pada beberapa AI yang memperkuat kualitas low-light.

Kapasitas Baterai Besar

5000 mAh bisa dibilang sebuah kapasitas besar untuk smartphone dengan spesifikasi flagship seperti Mi 10T Pro dan 10T. Jika dilihat beberapa smartphone flagship lain, masih jarang yang menggunakan kapasitas baterai sebesar ini bukan?

Kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro

Perbedaan Sangat Tipis

Perbedaan antara dua seri Mi 10T dan 10T Pro ini sangatlah tipis dan hanya terletak pada kamera saja. Hal ini juga menurut kami adalah kekurangan yang bisa kita berikan. Kenapa disebut dengan kekurangan? Pengguna menjadi kebingungan memilih yang mana antara kedua smartphone ini. Sehingga kita harus tahu tujuan kita membeli smartphone. Jika memilih kamera langsung pakai seri Pro, kalau hanya membutuhkan performa sudah cukup dengan seri biasa.

Dimensi dan Berat

Kita sudah memasukan kelemahan dari Mi 10T Pro dalam hal dimensi. Memang sih dari dimensi dan berat sudah sejak lama menjadi kekurangan Xiaomi. Kebanyakan dari perangkat Xiaomi memiliki dimensi dan juga berat yang lebih dibandingkan para saingan mereka.

Tidak Ada Memori Eksternal

Anehnya banyak penggemar yang mengeluh mengenai memori eksternal, padahal menurut kami dengan memori 256GB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan file video, foto, dan lain sebagainya. Namun karena cukup banyak review negative seputar eksternal memory maka kami akan jadikan ini sebagai kekurangannya.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan spesifikasi, kekurangan dan kelebihan Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro. Jika kamu ingin mengikuti berbagai perkembangan smartphone dengan penjelasan yang lengkap bisa terus ikuti kami ya? Jangan lupa juga untuk share informasi satu ini agar lebih banyak orang yang bisa mendapatkan pengetahuan sebelum membeli smartphone. Terima kasih dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *