15 Software Video Editing Terbaik Untuk Pemula

3 minggu lalu, by Digitek

Software video editing terbaik

Selain sumber hiburan, video juga memberikan kita banyak manfaat seperti memasarkan produk, berbagi tips dan trik, serta lainnya. Bagi kamu yang baru terjun di dunia editing, berikut ini rekomendasi 15 software video editing terbaik untuk pemula yang mudah digunakan.

Selain kamera beresolusi tinggi, software editing juga dibutuhkan untuk memaksimalkan video agar sesuai dengan konsep yang direncanakan. Jika bingung memilih software editing mana yang akan digunakan, tidak ada salahnya untuk memilih salah satu atau beberapa software berikut ini.

1. Software Video Editing Terbaik Untuk Pemula – KineMaster

15Software Editing Untuk Pemula

via Kinemaster

KineMaster merupakan aplikasi editing video profesional namun penggunaannya terbilang mudah. Software ini tersedia untuk android, iPhone dan iPad.

KineMaster dilengkapi dengan desain antarmuka yang mudah digunakan dan bebas lag. Fiturnya mencakup kemampuan untuk mengedit yang mumpuni, menambahkan teks atau anotasi tulisan tangan, audio dan bingkai.

Namun, ada watermak di hasil akhir editingnya. Untuk menghilangkan, kamu perlu berlangganan versi premium dengan harga $ 4,99/bulan atau $39,99/ tahun.

Spesifikasi :

  • Platform: Android, iOS
  • Fitur utama:: Instant preview, smart effects
  • Terbaik untuk : Pemula dan penggunaan profesional ringan

2. Shotcut

15Software Editing Untuk Pemula

via Shotcut

Shotcut merupakan tools editing yang penggunaanya mudah, tidak serumit Premier Pro atau Final Cut Pro X. Softwaren ini menghadirkan desain user interface yang mudah digunakan dan bisa disesuaikan melalui panel pasang lepas.

Aplikasi ini mendukung berbagai macam format file, filter dan efek khusus lanjutan. Update terbarunya menambahkan dukungan untuk decoding dan encoding AV1.

Spesifikasi :

  • Platform: Windows, Linux, Mac
  • Fitur utama:: Support for wide range of formats; comprehensive video and audio editing; supports 4K resolutions; uses FFmpeg
  • Terbaik untuk: Enthusiasts

3. MovieMaker Online

Software Editing Untuk Pemula

via Moviemaker

Ingin mengedit video langsung dari browser tanpa perlu menginstal aplikasi? Moviemaker Online merupakan pilihan tepat. Kamu tidak perlu melakukan registrasi dan juga tidak ada watermark yang diterapkan ke hasil akhir video.

Tersedia musik dan stok foto gratis yang bisa kamu tambahkan ke video. Mungkin butuh waktu untuk membiasakan diri karen tata letak halaman agak aneh dan banyak iklan di mana-mana. Secara keseluruhan fiturnya juga lebih sedikit dibandingkan Kinemaster atau Shotcut.

Tapi, bagi kamu pemula atau  hanya ingin melakukan pengeditan video dasar, software online ini tidak terlalu mengecewakan.

Spesifikasi :

  • Platform: Web browser
  • Fitur utama: Timeline, basic editing
  • Terbaik untuk: Kamu yang baru mencoba mengedit video

4. Apple iMovie

software editing untuk pemula

via Apple

Jika kamu pemilih Mac pastinya sudah punya Apple iMovie dong. Meski bukan software editing pro, tapi hasil akhir yang kamu dapatkan dijamin memuaskan. iMovie akan membantu kamu mengedit video dengan mudah dan simpel, cocok untuk pemula.

Jika punya MacBook Pro terbaru, iMovie juga sudah didukung dengan Touch Bar yang berfungsi penuh.

Spesifikasi :

  • Platform: Mac
  • Fitur utama:: Supports 4K resolutions; effects and filters
  • Terbaik Untuk: Begginer, Enthusiasts

5. Apple Clips

software editing untuk pemula

via Apple

Jika kamu ingin mengedit video sederhana, Apple Clips juga bisa menjadi pilihan. Di sini kamu bisa menambahkan judul, teks, audio, stiker dan video yang kamu impor dari kamera rol.

Sudah pernah mencoba aplikasi ini tapi tidak menyukainya? Tenang saja, Apple Clips sekarang sudah lebih baik lagi sejak mendapat pembaruan besar pada Oktober 2020.

Desain antar muka telah diperbarui, dukungan video vertikal dan horizontal, serta perekaman HDR dengan iPhone 12.

Spesifikasi:

  • Platform: iPhone, iPad
  • Fitur utama: Captions, titles, stickers, filters
  • Terbaik untuk: Pemula

6. Software Video Editing Terbaik Untuk Pemula – Vimeo Create

software editing untuk pemula

via Apple Clips

Vimeo Create hadir untuk memudahkan kamu membuat video dengan berbagai rasio aspek mulai dari persegi, horizontal dan vertikal. Direkomendasikan bagi kamu pemula yang belum berpengalaman menggunakan software editing video.

Ada jutaan klip video, foto dan musik berlisensi komersial yang bisa kamu gunakan secara gratis. Vimeo Create sudah dilengkapi dengan fitur basis editing yang cukup lengkap meski direkomendasikan untuk pemula.

Kamu bisa menggunakannya secara gratis selama 30 hari. Setelah itu kamu perlu mengupgradenya ke fitur premium berbayar, pro, atau bisnis.

Spesifikasi :

  • Platform: Browser
  • Fitur utama: Template, konten stok, antarmuka intuitif
  • Uji Coba Gratis: 30 hari
  • Terbaik untuk: Pemula

7. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio

via Pinnacle Studio

Pinnacle Studio memang bukan software editing yang terkenal untuk Windows. Tapi cukup direkomendasikan terutama bagi kamu pemula yang belum pernah menggunakan aplikasi editing.

Dengan harga yang terbilang murah, kamu bisa mendapatkan lebih dari 1.5000 efek, template, judul, pengeditan video HD 6 trek, tools koreksi warna dan masih banyak lagi.

Versi terbarunya, 24 yang dirilis Agustus 2020 menampilkan editor judul yang didesain ulang, kontrol bingkai utama yang ditingkatkan, dan lainnya. Secara keseluruhan, aplikasi ini mudah digunakan tapi punya fitur yang sangat lengkap layaknya profesional.

Tapi sekali lagi, aplikasi ini berbayar. Namun, kamu hanya perlu membelinya sekali saja. Jika tertarik, kamu bisa mengupgradenya ke paket dengan fitur lebih lengkap lagi yang berorientasi profesional.

Spesifikasi :

  • Platform : Windows
  • Fitur utama: Multi-camera capture and editing, color controls, stop motion animation
  • Uji coba gratis: Tidak, tapi jaminan uang kembali 30 hari
  • Terbaik untuk: Pemula

8. Software Video Editing Terbaik Untuk Pemula – Filmora

Filmora

via Filmora

Filmora Wondershare merupakan tools editing video yang direkomendasikan untuk pemula. Software ini punya desain antar muka intuitif yang mudah digunakan.

Ada banyak judul, efek dan fiter bawaan yang dirancang untuk para Vlogger dan Youtuber. Tersedia juga efek suara dan musik bebas royalti yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Update terbaru 10.2 pada Maret menghadirkan banyak fitur tambahan. Antara lain Auto Reframe, fitur barbagi ke instagram, dukungan HEVC Codes untuk tools instan cutter dan pengimporan langsung dari perpustakaan foto file.

Versi gratisnya mencakup semua fitur dan tools yang sama dengan versi berbayar, tapi semua video akan punya watermark. Untuk menghilangkannya, kamu perlu berlangganan atau dengan membeli paket sekali seumur hidup.

  • Platform: Windows, Mac
  • Fitur utama: dukungan 4K, efek dan judul bawaan
  • Uji coba gratis: Ya (dengan tanda air)
  • Terbaik untuk: Enthusiast

9. CyberLink PowerDirector 365

CyberLink PowerDirector 365

via CyberLink PowerDirector 365

CyberLink PowerDirector 365 merupakan software editing video yang sudah lama tersedia untuk Windoes dan baru-baru ini dihadirkan untuk pengguna Mac.

Software ini menyediakan banyak fitur profesional dan berkualitas tinggi. Banyak tools stabilizer dan koreksi video, efek profesional, pengeditan multi cam, pelacakan gerak dan pemotongan yang semuanya mudah digunakan.

Ada juga pengeditan video 360 derajat dengan dukungan semua format file. Dilengkapi juga dengan perekaman layar, tayangan slide, menu DVD dan tools objek desain.

Kamu bisa mengaksesnya secara gratis selama masa trial 30 hari. Setelahnya, kamu perlu membeli paket berlangganan. Bagi kamu yang kesulitan tenang saja karena ada banyak sekali tutorial video untuk memandumu.

  • Platform: Windows, Mac
  • Fitur utama: Pengeditan multi-cam, video 360 derajat, pelacakan gerak (dan banyak lagi)
  • Uji coba gratis: 30 hari
  • Terbaik untuk: Pemula, Berpengalaman

10. Software Video Editing Terbaik Untuk Pemula – VSDC

VSDC

via VSDC

Jika kamu membuat presentasi dan ingin menambahkan teks, garis, bagan dan efek khusus lainnya VSDC merupakan pilihan tepat.

Ada banyak fitur yang disematkan seperti filter bergaya Instagram, koreksi wana, blur atau bokeh, dan mask tool utuk menerapkan efek ke video (untuk mengaburkan wajah misalnya).

Dilengkapi juga dengan penstabil video untuk menghilangkan goyangan kamera dari rekaman yang diambil dengan drone. Dan juga tools canggih untuk menambahkan grafik ke presentasi.

Pada versi gratisnya, bisa mengekspor ke berbagai format termasuk AVI dan MPG. Kamu juga bisa menyimpannya langsung ke DVD lewat fitur burn. Jika tertarik, ada versi pro  berbayar dengan fitur tambahan yang lebih banyak lagi.

Spesifikasi :

  • Platform: Windows
  • Fitur utama: Mendukung berbagai format file, built-in DVD burner, chart tool, video stabilizer

11. Corel Video Studio Ultimate

Corel VideoStudio Ultimate

via Corel VideoStudio Ultimate

Bagi kamu pemula yang ingin memulai dengan software editing video, Corel VideoStudio Ultimate bisa menjadi opsi. Kamu bisa menggunakan versi trialnya selama 30 hari.

Software satu ini punya desain user interface visual yang jelas dan memudahkan penggunanya untuk memulai. Jika sudah menguasai dasar-dasarnya, ada fitur yang lebih menarik untuk dipelajari. Mulai dari pengeditan teks 3D, efek, dukungan video VR 360 derajat, perpustakaan musik, dan sebagainya.

Spesifikasi :

  • Platform: Windows
  • Fitur utama: Efek waktu nyata, koreksi warna
  • Uji coba gratis: 30 hari
  • Terbaik untuk: Pemula, pengguna Corel

12. Software Video Editing Terbaik Untuk Pemula – AVS Video Editor

AVS Video Editor

via AVS

Nah, aplikasi satu ini patut untuk kamu instal jika mencari aplikasi editing video yan ringan dan mudah digunakan.

AVS sudah terkenal sejak lama dan sempat menjadi favorit pada zamannya. bagi kamu pemilik netbook atau PC kentang, aplikasi ini bisa menjadi pilihan karena ukurannya sangat ringan.

Bahkan, paling ringan diantara 11 software di atas. Untuk fiturnya, sudah dilengkapi dengan 300 efek transisi dan basis editing sederhana.

Spesifikasi

  • Platform: Windows
  • Fitur utama: Menyediakan berbagai fitur dasar
  • Terbaik untuk: Pemula

13. Adobe’s Premiere Elements

Adobe's Premiere Elements

via Adobe’s Premiere Elements

Adobe Premiere Pro mungkin terbilang berat dan sulit digunakan untuk pemula. Tapi, kamu bisa menggunakan software besutan Adobe lainnya yakni Adobe’s Premiere Elements.

Pada dasarnya software tersebut merupakan versi Premiere Pro yang disederhanakan. Namun cukup mumpuni karena dibekali dengan fitur-fitur canggih seperti efek audio, soundtrack, deteksi wajah, dan lainnya.

Toolsnya juga sederhana dan visual yang akan membantumu mendapatkan semua efek yang dibutuhkan. Mulai dari transisi, opacity, chroma-keying, dan lainnya. Dilengkapi pula dengan opsi stabilizer video dan fungsi otomatis seperti pelacakan gerak dan smart toning.

Meski dibuat Adobe, tapi software ini bukan bagian Creative Cloud. Kamu perlu membelinya sekali seumur hidup. Software ini terus ditingkatkan dan diperbarui.

Pada update terbaru 2021 misalnya ditambahkan opsi pengeditan yang dipercepat GPU, 21 trek baru dan Guided Edits – Eksposur Ganda dan Animasi Mattes.

Jika penasaran kamu bisa menggunakan versi trialnya yang berlaku selama 30 hari.

Spesifikasi :

  • Platform: Windows dan Mac
  • Fitur utama: Stabilisasi video, deteksi wajah, pelacakan gerak otomatis
  • Uji coba gratis: 30 hari
  • Terbaik untuk: Pemula dan penggemar pengeditan video.

14. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

via Softononic

Adobe Premiere Pro adalah salah satu dari dua tools standar industri dalam hal pengeditan video. Software ini digunakan oleh para profesional di segala bidang mulai dari video YouTube, iklan dan film pendek hingga siaran TV.

Software ini mendukung format 4K, 8K dan VR. Alat pemangkas dan pengeditannya memberikan tingkat presisi dan kontrol yang tinggi. Fiturnya super lengkap, bagi pemula mungkin membutuhkan waktu lebih untuk mempelajari semua fitur yang ada.

Spesifikasi :

  • Platform: Windows, Mac |
  • Fitur utama: Pengeditan multi-kamera, pengeditan 3D |
  • Uji coba gratis: 7 hari |
  • Terbaik untuk: Profesional pengeditan video, siswa jurusan editing

15. Final Cut Pro X Apple

Final Cut Pro X Apple

via Final Cut Pro X Apple

Final Cut Pro X Apple merupakan tools dengan kemampuan canggih dan sangat lengkap untuk pengeditan video. Software ini hanya tersedia untuk Mac ya, sementara Windows sudah ada Adobe Premiere Pro.

Kelebihan lain Final Cut yakni bebas biaya langganan, kamu hanya perlu membayarnya sekali seumur hidup. Soal fitur, pastinya mumpuni. Software ini sudah dioptimalkan untuk menghasilkan editing yang berkualitas. Bagi yang baru menginstalnya, bisa menikmati masa trial 90 hari.

Spesifikasi :

  • Platform: Mac
  • Fitur utama: Pengeditan multi-cam, penyeimbangan warna cerdas
  • Uji coba gratis: 90 hari (penawaran waktu terbatas)
  • Terbaik untuk: Profesional pengeditan video, siswa jurusan editing

Penutup

Nah, itulah rekomendasi 15 Software editing untuk pemula yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, misalnya sekedar editing dasar saja AVS, Kinemaster atau Apple iMovie bisa menjadi pilihan.

Sementara bagi yang ingin terjun ke dunia profesional, Adobe Premiere atau Final Cut Pro bisa mulai kamu pelajari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *