8 Software Animasi 3D Terbaik 2019 Update!

6 bulan lalu, by DigiTek ID

Lagi bingung nyari aplikasi software animasi 3d terbaik buat ngerjain project kamu? Atau kamu lagi pengen belajar animasi 3d tapi nggak ngerti software rekomendasi buat pemula? Padahal, ada puluhan hingga ratusan software animasi 3D yang bisa kamu gunakan GRATIS!

Ngerti sendiri kan kalau film science-fiction atau Sci-Fi itu laris banget. Transformers, Pacific Rim, Batman, The Avengers, dan yang terbaru Joker selalu bikin bioskop penuh! Hal ini tentu udah jadi bukti nyata kalau edit animasi 3D itu bener-bener dibutuhkan dan laris manis.

Bahkan, nggak cuma film-film science-fiction yang butuh editor animasi 3D, bahkan film drama action juga butuh banget. Jadi, rugi banget deh kalau kamu sampai nggak bisa edit video animasi 3D.

Transformer

Transformer

Yang bikin gigit jari lagi, mayoritas software animasi 3D ini GRATIS! Mungkin sih dulu cuma orang-orang berduit aja yang bisa bikin animasi 3D. Tapi, kini kamu bisa jadi salah satu editor animasi paling pro, TANPA HARUS BAYAR!

Bahkan kerennya, software animasi 3D ini bisa kamu pakai buat bikin berbagai macam hal. Kamu bisa bikin karakter kartun 3D kamu sendiri, mengisi suara pada karakter 3D, membuat film kartun 3d kamu sendiri, dan masih banyak lagi. Terus, hasil karya itu bisa kamu jual atau bahkan diupload di YouTube dengan hasil yang gede banget.

So, tanpa buang-buang waktu lagi, yuk simak 8 software animasi 3D terbaik versi Digitek.id.

Software Animasi 3D GRATIS Terbaik

Daftar 8 software animasi 3D terbaik ini kita ambil berdasarkan vote dari para editor video yang udah pro. Jadi, selain fiturnya yang lengkap, software yang kita pilih ini juga punya kelebihan lain yang musti kamu coba.

8. Houdini

Houdini - Software Animasi 3D Terbaik

Houdini – Software Animasi 3D Terbaik – Photo via allpcworld.com

Pernah denger software ini nggak?

Mungkin buat kamu yang udah lama banget di dunia editing video, software ini udah familiar banget. Sayangnya, itu nggak terjadi buat kamu yang masih baru coba-coba editing animasi 3D.

Perlu kamu tau, Houdini adalah salah satu software animasi 3D terbaik yang digunakan kebanyakan editor dengan hasil yang memuaskan banget. Software keren ini dibuat dan dikembangkan oleh Side Effect Software, sebuah perusahaan IT yang ada di Toronto.

Kelebihan utama yang paling menonjol adalah Houdini punya semua aspek dan fitur utama yang wajib dipunyai software 3d animation. Bahkan, Houdini juga dilengkapi dengan sistem struktural dan prosedural yang keren banget. Jadi, bikin video, film, dan game bisa lebih mudah dan simple dengan hasil yang bikin melongo.

Beberapa tahun ini, software animasi 3D ini udah diakuisisi oleh PRISMS group of procedural generation software tool. Procedural Generation sendiri adalah istilah dalam dunia komputer yang merupakan metode dalam membuat data dengan algoritma tertentu. Biasanya, metode ini memang digunakan dalam dunia komputer grafis, seperti membuat texture dan model 3 dimensi.

Keseriusan Houdini dalam mengutamakan Procedural Generation bikin software yang satu ini beda dari yang software lain. Bahkan, fitur-fitur yang ditawarkan Houdini juga bikin kamu mendapatkan pengalaman 3D animation yang powerful dan accessable serta Rigging animasi karakter.

Houdini juga dilengkapi dengan FX karakter seperti fur, hair, dan lainnya serta fitur time-space motion path handle. Selain itu, format export-import yang lengkap, sampai solusi rendeing bawaan yang kuat bikin aplikasi ini layak kamu coba.

Kamu bisa coba lisensi gratis dari Houdini buat buktikan kerennya software animasi 3D ini. Tapi sayangnya, sekarang Houdini udah menjadi paid software, jadi kamu harus bayar sebanyak $199 US dolar per tahun untuk menikmati kerennya aplikasi PC full versi. So, jangan lupa siapin dompet kamu ya.

7. Mixamo

Mixamo - Software Animasi 3D Terbaik

Mixamo – Software Animasi 3D Terbaik – Photo via

Buat kamu yang baru kenal editing animasi 3D, pasti deh bingung banget untuk menentukan mulai dari mana. Kini kamu nggak usah ribet dan pusing lagi. Pakai Mixamo buat bikin kamu lebih dekat dan kenal animasi.

Ada banyak banget loh keuntungan dari software animasi 3D PC jebolan dari San Fransisco ini. Keunggulan yang paling menonjol adalah sistem workflow yang relatif lebih cepat. Selain itu, Mixamo ini juga relatif lebih unggul dalam proses pembuatan, pengaturan, dan pembagian aset animasi.

Masih ragu pakai Mixamo? Kenapa harus ragu kalau kamu bakal dapat suatu pengalaman yang luar biasa seperti pengalaman penggunaan yang efisien banget, adanya paket animasi yang bisa kamu atur sesuka hati.

Selain itu, Mixamo juga dilengkapi dengan fungsi Search atau Pencarian yang lebih cepat dan akurat, Download banyak animasi sekaligus, serta browsing karakter dan animasi dengan cepat. So, udah pasti banget deh kalau Mixamo ini layak kamu coba.

Kalau kamu emang bener-bener mau coba Mixamo, kamu perlu mengeluarkan $1.500 US Dolar per tahun. Pantes aja mahal banget karena dengan plan ini, kamu bisa dapatkan semua fitur keren itu. Dijamin deh kamu juga pasti makin cinta sama software keren ini. So, siapin duit untuk ini ya.

6. Wings 3D – Software Animasi 3D GRATIS!

Wings 3D - Software Animasi 3D Gratis

Wings 3D – Software Animasi 3D Gratis – Photo via wings3d.com

Kalau kedua software di atas adalah software berbayar, ini ada software edit animasi 3D GRATIS yang musti kamu coba. Kenalin nih, Wings 3D, yaitu software animasi 3D yang powerful sekaligus mudah untuk dipakai.

Untungnya lagi, Wings 3D ini cocok buat apapun keadaan kamu. Entah kamu mau pakai Wings 3D secara personal ataupun komersial, software keren ini GRATIS dan open source yang bisa kamu jadikan pilihan.

Masih ragu mau coba karena gratis? Takut fiturnya sedikit dan nggak berkualitas? Jangan salah ya.

Fitur keren Wings 3D antara lain Customized Interface, support untuk animasi bersifat material mapun cahaya, serta dilengkapi Built-in Auto UV mapping.

5. Source Filmmaker

Source Filmmaker - Software Animasi 3D Terbaik

Source Filmmaker – Software Animasi 3D Terbaik – Photo via store.steampowered.com

Software open source untuk animasi 3D yang satu ini bikin kamu bisa bikin film di dalam game engine-nya sendiri.

Kok bisa? Kemampuan itu nggak lain adalah karena aset apapun yang ada pada game, akan secara otomatis di duplikat oleh Source Filmmaker. Jadi,  aset yang ada di game akan di adaptasi oleh SFM dalam film dan begitu pula sebaliknya.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini antara lain memiliki kekuatan rendering setara PC gaming atau PC dengan spesifikasi tinggi lainnya. Selain itu, apapun yang kamu lihat pada game akan terlihat juga pada aplikasi ini. Kamu juga bisa mengelola workflow dengan total yang dibutuhkan untuk bikin film menjadi satu sistem.

Ada juga kelebihan yang lain seperti Virtual movie set dengan lighting, aktor, properti, juga kamera, dan masih banyak lagi.

4. K3-D

K3-D - Software Animasi 3D Terbaik

K3-D – Software Animasi 3D Terbaik – Photo via winbizsolutionsindia.com

Kita juga pilih K3-D sebagai salah satu software animasi 3D terbaik tahun ini. Alasannya simpel banget. K3-D punya kelebihan yang unik dan nggak dimiliki oleh software lain, yaitu dilengkapi dengan Procedural engine plugin untuk kontennya.

K3-D adalah aplikasi yang bisa kamu download gratis yang support modeling poligonal. Saluran visual arsitektur dikombinasikan dengan plugin yang flexible bikin K3-D termasuk salah satu aplikasi edit animasi 3d yang powerful dan serbaguna.

Selain itu, di aplikasi ini juga ada beberapa fitur lain seperti fitur konsisten dan intuitif, yang terdiri dari fitur dasa untuk animasi, tambalan, kurva dan NURVES. Bahkan, ada juga fitur parametric workflow serta bisa dijalankan pada berbagai macam operating system (OS) seperti Windows, Linux, OS X dan FreeBSD.

3. Maya

Maya - Software Animasi 3D Terbaik

Maya – Software Animasi 3D Terbaik – Photo via autodesk.com

Akhirnya kita masuk ke Top 3 software animasi 3D versi Digitek.id. Kita mulai dari Maya. Aplikasi ini mendapat banyak banget vote dari para expert dan animasi 3D artist lho.

Kalau kamu mau bikin atau mengembangkan suatu game, scene 3D, atau film, Maya tentu saja pilihan terbaik buat kamu. Semua fitur untuk semua fungsi itu tersedia di aplikasi keren buat bikin animasi 3D ini.

Satu hal yang musti kamu tau, karena merupakan software  berbayar, developer Maya 3D animation punya fitur yang jauh lebih lengkap dari aplikasi gratis lainnya. Fitur yang ada di aplikasi keren ini antara lain coloring, modeling, maupun animating yang lebih komplit dan powerful untuk para penggunanya.

Selain hadir dengan software Maya yang biasa dipakai untuk industri komersial besar, Maya juga mengeluarkan versi yang terjangkau untuk perusahaan dengan budget yang terbatas. Maya LT merupakan aplikasi yang khusus untuk game developer kelas indi yang relatif punya budget terbatas.

Meski fokus untuk level perusahaan kecil, Maya LT dilengkapi feature yang nggak kalah komplit dengan software Maya versi full. Fitur yang kamu dapat di Maya LT terdiri dari gratis 30 hari percobaan, bisa digunakan untuk bikin efek teknis yang komplex, penyunting animasi level tinggi, dan masih banyak lagi.

2. Cinema 4D

Cinema 4D - Software Animasi 3D Terbaik

Cinema 4D – Software Animasi 3D Terbaik – Photo via awn.com

Di peringkat kedua ada Cinema 4D, software animasi 3D yang lebih cepat dari Maya. Cinema 4D menawarkan kurva yang lebih lembut buat kamu yang lagi belajar animasi 3D. Tapi, Cinema 4D punya fitur yang nggak selengkap Maya.

Fitur unggulan yang jadi senjata utama adalah fitur high speed yang bener-bener disukai di dunia periklanan, televisi, dan jenis motion graphic lain. Nggak lupa juga, fitur lainnya terdiri dari extensive library untuk adegan, materi serta objek, pengembangan konsep tanpa waktu modeling, pemotong adegan, dan masih banyak lagi.

1. Blender – Software Animasi 3D Terpopuler

Blender - Software Animasi 3D Gratis

Blender – Software Animasi 3D Gratis – Photo via blender.org

Siapa nih yang bisa nebak software terbaik? Yups, di urutan satu ada Blender, software animasi 3D paling populer di tahun ini.

Selain karena downloadnya yang gratis, Blender juga digunakan dalam banyak hosting aplikasi seperti efek visual, fitur filem animasi, video game dan masih banyak lagi. Blender juga mendukung seluruh jenis 3D project termasuk fitur rigging, modeling,animating, simulating, composing, rendering, dan motion tracking.

Ditambah fitur-fitur lain seperti GPU, CPU, VR rendering support, masking dan texture brush untuk 3D painting, Blender bisa jadi opsi utama terbaik buat kamu.

Bahkan, ada juga fitur manual dan auto tracking, pengaturan layout dan interface, dan lain-lain menjadikan blender cocok buat kamu yang baru belajar 3D animation.

Kesimpulan

Ada banyak banget software edit animasi 3D yang bisa kamu coba, baik itu gratis maupun berbayar. Yang pasti, software berbayar menawarkan lebih banyak fitur dengan kualitas yang lebih baik. Kalau kamu masih baru di dunia edit animasi 3D, kamu bisa coba yang gratis aja.

Nah, masih banyak info tentang software dan komputer yang bakal kita share ke kamu semua. So, jangan sampai ketinggalan info terbaru dari Digitek.id ya. Langsung aja subscribe email newsletter dari kita biar kamu makin update tentang dunia teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *