15 Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

By Digitek

Internet Download Manager, atau IDM, adalah salah satu pengelola unduhan paling populer untuk Windows di luar sana. Tapi, ada cukup banyak software alternatif untuk download selain IDM yang bisa digunakan.

IDM hanya tersedia untuk Windows dan ia menawarkan uji coba 30 hari. Setelah 1 bulan, pengguna harus membeli lisensi seharga $24,95.

Jika kamu mencari alternatif IDM yang gratis atau yang dapat bekerja pada sistem operasi lain juga, artikel ini akan membantumu.

Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

1. JDownloader 2

Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

via JDownloader 2

JDownloader 2 adalah download manager gratis yang beberapa bagiannya bersifat open source. JDownloader memiliki sebagian besar fitur berguna yang ditawarkan IDM.

Misalnya, kamu bisa melanjutkan unduhan, mengatur batasan bandwidth pada unduhanmu, dan menerapkan tema. Software alternatif untuk download selain IDM ini juga menawarkan dukungan multibahasa.

Menariknya, Downloader dapat memecahkan beberapa CAPTCHA sendiri. Setiap kali kamu menemukan situs yang mengharuskan memecahkan CAPTCHA sebelum mengunduh, JDownloader akan secara otomatis menyelesaikannya dan langsung memulai unduhan.

Kamu bisa menggunakan JDownloader 2 tidak hanya di Windows, tetapi juga di Linux, Mac, atau OS berbasis Java lainnya.

2. EagleGet

Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

via eagle

EagleGet adalah download manager ringan yang tersedia untuk Windows. Ia menawarkan beberapa fitur yang mirip dengan IDM, seperti menjadwalkan unduhan, mempercepat kecepatan unduh (hingga 6 kali), menerapkan tema, mengatur batas kecepatan, dan integrasi browser.

Tidak seperti IDM, EagleGet tidak memerlukan program antivirus tambahan di komputermu tetapi memiliki malware checker sendiri.

Software alternatif untuk download selain IDM ini akan merefresh kembali alamat unduhan yang kedaluwarsa tanpa memulai ulang dari awal.

Selain itu, kamu bisa mengimpor daftar unduhan dari pengelola unduhan lain ke EagleGet. Jadi, jika pindah dari IDM, kamu bisa dengan mudah melakukan ini untuk memindahkan semua unduhan yang tertunda ke EagleGet.

3. Free Download Manager (FDM)

Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

via FDM

Ketika datang untuk menawarkan pengalaman pengunduhan yang dipercepat, FDM bisa memberikan keuntungan bagi IDM.

Keunggulan dari software ini adalah kemampuannya mengatur unduhan secara efisien sehingga kamu bisa mengunduh bahkan file besar dengan cepat tanpa hambatan apa pun.

Selain itu, software ini juga memungkinkanmu melanjutkan unduhan yang rusak dan mengontrol prioritas file untuk torrent.

Fitur lain yang menjadikannya sebagai saingan utama IDM adalah kemampuan memproses file media dari berbagai format.

Bukan itu saja, FDM bekerja dengan sebagian besar platform dan juga terintegrasi secara smooth dengan browser web utama seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Internet Explorer, dan Safari.

4. FlashGet

Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

via FLashGet

FlashGet adalah download manager yang bisa mempercepat unduhan hingga 10 kali lipat, dibandingkan dengan IDM yang hanya 5 kali lipat.

Ia beberapa kesamaan dengan IDM, memungkinkanmu membuat kategori unduhan tanpa batas dan menggunakan antivirus secara otomatis setelah unduhan selesai.

FlashGet juga dilengkapi dengan offline reader terintegrasi. Dengan integrasi browsernya, ia adalah salah satu pesaing teratas alternatif IDM.

Software ini sebelumnya disebut “Jet Car,” kemudian diganti namanya menjadi FlashGet. Meski berganti nama, ia tetap mendukung fitur yang sama seperti sebelumnya.

Ia bisa digunakan untuk mendownload banyak file secara bersamaan. Bagian terbaiknya adalah sistem tidak terpengaruh saat melakukan banyak pegunduhan sekaligus. Tapi sayangnya, sejauh ini FlashGet hanya tersedia untuk Windows.

5. Internet Download Accelerator

Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

via Internet Download Accelator

Internet Download Accelerator adalah software alternatif untuk download selain IDM lainnya. Ia memiliki banyak fitur seperti download terjadwal, dukungan multibahasa, pengunduhan video dan MP3, pengunduhan yang dipercepat hingga 5 kali, dan tema.

Menariknya, aplikais ini bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa menggunakannya untuk penggunaan pribadi sebanyak yang diinginkan.

Tetapi, jika ingin menggunakannya untuk tujuan komersial, kamu bisa membeli versi Pro-nya dengan biaya $9,95 sebagai user tunggal.

Dengan versi pro ini, kamu bisa menghilangkan iklan dan bahkan mendapatkan akses ke beberapa fitur lainnya, seperti download speed control, penjelajah FTP, pengelola situs, dan lainnya.

6. uGet Download Manager

Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

via uGet

uGet Download Manager adalah alternatif IDM lain yang disukai banyak pengguna. Ia diluncurkan pada tahun 2003 yang mendukung Sistem Operasi Linux.

Setelah sukses besar di OS Linux, permintaan untuk sistem operasi lain juga tumbuh. Download manager ini menawarkan fitur seperti halnya IDM, dan itulah yang menjadikannya salah satu alternatif IDM terbaik.

Kamu bisa melakukan unduhan kolektif, menjadwalkan unduhan, melanjutkan/menjeda unduhan, dan banyak lagi. Karena ini adalah software yang bersifat open source, kode sumber yang diunggah ke SourceForge memastikannya aman untuk diunduh.

Jauh berbeda dari IDM, uGet Download Manager sepenuhnya gratis dan tersedia di berbagai platform, mulai dari Windows, macOS, Android, Linux. Termasuk untuk Android juga.

7. DownThemAll!

DownThemAll!

via DownThemAll!

Jika menggunakan Firefox, kamu bisa mengunduh DownThemAll! add-on ke browsermu. Meskipun merupakan add-on, ia menawarkan fitur-fitur yang mirip dengan IDM.

Mulai dari unduhan sekali klik, unduhan yang dikategorikan (difilter), akselerasi unduhan hingga 4 kali, dan unduhan resume.

Tidak seperti IDM yang hanya bekerja di Windows, kamu bisa menggunakan DownThemAll! pada platform apa pun yang mendukung Firefox.

8. Download Ninja

ninja

via Download Ninja

Selain menjadi alternatif IDM, Download Ninja juga bisa menjadi alternatif DownThemAll untuk Google Chrome. Sebagai ekstensi, kamu tidak perlu mengunduhnya ke sistem untuk menggunakannya.

Cukup tambahkan ke browser Chrome, dan aplikasi siap menjalankan tugasnya. Dengan Download Ninja, kamu akan mendapatkan fitur yang mirip dengan IDM seperti pembatasan kecepatan, dukungan multibahasa, penerapan tema, resume unduhan, dan akselerasi unduhan.

Terlepas dari kesamaan dengan IDM, kamu juga mendapatkan opsi untuk memotong data dan metadata unduhanmu untuk mendapatkan privasi maksimal.

Menjadi ekstensi download manager Chrome, ia adalah salah satu pengelola unduhan terbaik yang dapat digunakan di PC Windows atau Mac.

9. Xtreme Download Manager

xtreme download manager

via xtreme download manager

Xtreme Download Manager mengklaim bisa meningkatkan kecepatan unduh hingga 500%. Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana software pengelola unduhan internet ini mencapai kecepatan yang begitu besar?

Ia memanfaatkan algoritma segmentasi canggih, penggunaan kembali koneksi, dan kompresi data terbaik untuk mempercepat kecepatan unduh.

Terlepas dari itu, ia menawarkan kemudahan untuk melanjutkan unduhan yang rusak / mati atau menjadwalkan unduhan seperti halnya fitur IDM.

Terlebih lagi, XDM cukup baik dalam hal merekam video FLV dari situs mana pun dan menawarkan dukungan untuk protokol HTTP, HTTPS, dan FTP. Ia juga mendukung integrasi praktis dengan browser utama termasuk Google Chrome, Firefox Quantum, Opera, dan Vivaldi.

10. Aria2

aria2

via aria2

Aria2 adalah command-line download utility bagi mereka yang lebih suka dan nyaman dengan CLI. Ia mendukung HTTP/HTTPS, FTP, SFTP, BitTorrent, dan Metalink.

Dengan aria2, kamu bisa mengunduh file dari berbagai sumber untuk memanfaatkan maximum download bandwidt.

aria2 juga berfungsi ganda sebagai klien BitTorrent lengkap dengan fitur seperti DHT, PEX, enkripsi, URI magnet, web-seeding, unduhan selektif, local peer discovery, dan UDP tracker. Dengan 4 MB, aria2 adalah software download manager yang ringan yang tidak boleh dilewatkan.

11. Motrix

Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

via Motrix App

Motrix adalah pendatang baru untuk software download manager yang hadir dengan UI yang bersih dan mudah digunakan.

Ia mendukung kecepatan unduh yang mirip dengan IDM. Fitur lain yang ditawarkan yakni Port Mapping UPnP & NAT-PMP, 10 unduhan sekaligus, dukungan unduhan 64 thread, dan banyak lagi.

Ia juga mendukung torrent dan magnet dengan kecepatan yang lebih baik. Bagian terbaiknya adalah Motrix memiliki Dark Mode, yang tidak tersedia di sebagian besar software download manager.

Motrix masih dalam tahap pengembangan, dan mungkin kamu akan melihat beberapa bug di sana-sini. Tapi, ia bisa menjadi alternatif IDM yang bagus jika keluar dari fase pengembangan. Motrix tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux.

12. Turbo Download Manager

turbo download manager

via turbo download manager

Turbo Download Manager adalah alternatif IDM gratis lainnya dan juga salah satu yang terbaik. Salah satu alasannya karena ia mendukung unduhan multi-threading, yang meningkatkan kecepatan download secara signifikan.

Ia hadir dengan fungsi yang sama dengan IDM seperti jeda / lanjutkan unduhan dan banyak lagi. Kemampuan untuk melihat file media seperti Download Accelerator Plus adalah bonus untuk semua fitur yang sudah disediakan.

User Interface Turbo Download Manager relatif minim dan mudah digunakan. Ia dilengkapi dengan fitur pengambilan video otomatis seperti IDM dan mengambil video, audio, file gambar, atau unduhan lain.

Menariknya, Turbo Download Manager bisa kamu gunakan secara gratis sepenuhnya. Ia adalah software yang bersifat open source, kode sumbernya tersedia di Github. Kamu bisa mendapatkannya di SourceForge.

13. Persepolis Download Manager

Persepolis Download Manager

via Persepolis Download Manager

Persepolis Download Manager adalah alternatif IDM dan utilitas yang bekerja paling dengan halnya aria2 Download Manager. Ia mendukung HTTPS dan FTP out of the box, dan juga mengonfigurasi aria2 untuk memberimu kecepatan terbaik.

GUI lebih mudah dilihat dan tidak membutuhkan kurva belajar juga. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tanggal dan waktu untuk mengunduh.

Persepolis Download Manager mendukung unduhan multi-segmen seperti IDM untuk melakukan download lebih cepat. Selain itu, pengelola software alternatif untuk download selain IDM ini juga akan menonaktifkan sistem otomatis setelah unduhan selesai.

Ia mendukung tautan video dari YouTube, Vimeo, dan banyak lainnya secara langsung ketika dipaste-kan kedalamnya. Persepolis bisa digunakan oleh platform utama seperti Windows, macOS, dan GNU/Linux, dan merupakan alternatif yang bagus untuk IDM.

14. AceThinker Video Keeper

AceThinker Video Keeper

via AceThinker Video Keeper

Alternatif IDM terbaik lainnya adalah Video Keeper. Ini adalah pengunduh video all-in-one intuitif yang menawarkan teknologi multi-threading.

Seperti IDM, ia bisa meningkatkan kecepatan unduh dengan memaksimalkan seluruh bandwidth koneksi internet. Yang membedakannya dari yang lain adalah software ini bisa mengunduh video hingga kualitas 8K jika tersedia.

Kamupun bisa menyimpan video dalam berbagai format. Fitur lain yang ditawarkan yakni mengunduh semua video yang termasuk dalam seluruh daftar putar YouTube hanya dengan beberapa klik.

Kamu bisa mulai menggunakan tools ini dengan mengeklik tombol “download” yang disediakan untuk menginstalnya di komputer Windows atau Mac.

Selanjutnya, buka browser web dan kunjungi situs web streaming video apa pun. Cari video akan didownload dan copy kemudian paste-kan link-nya di kolom yang tersedia.

15. Orbit Downloader

Software Alternatif Untuk Download Selain IDM

via Orbit

Alternatif IDM lainnya adalah Orbit Downloader. Seperti tools yang disebutkan di sini, download manager ini dapat mempercepat proses pengunduhan.

Keunggulan utamanya adalah kamu bisa menikmati layanannya secara gratis. Orbit Downloader mendukung penyimpanan video melalui FTP, HTTP, RTSP, dan MMS, memastikanmu menyimpan lebih banyak video dari beberapa situs.

Download accelerator ini menggunakan pendekatan klien “peer-to-peer” untuk memaksimalkan bandwidth koneksi data. Namun, seperti IDM, Orbit Downloader tidak tersedia untuk komputer dengan OS Mac dan Linux.

Penutup

Demikian sejumlah software alternatif untuk dowload selain IDM yang bisa digunakan. Sebagian besar dari mereka juga menawarkan fitur yang sama dengan IDM dan bahkan bersifat gratis. Jadi, download manager mana yang akan digunakan di Mac atau PC Windowsmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.