YouTube Premium? Perhatikan Kelebihannya Sebelum Berlangganan!

2 tahun lalu, by digitek

YouTube Premium

Ayo cari tahu kelebihan YouTube Premium dan beberapa hal lainnya yang bisa kamu pertimbangkan sebelum berlangganan!

Tahu nggak sih kalau YouTube Premium dan YouTube Music udah resmi dirilis?

Yaps betul banget! YouTube resmi mengumumkan bahwa YouTube Premium dan YouTube Music bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia mulai 6 November 2019 lalu. Makanya nggak heran kalau sebagian iklan di YouTube muncul untuk memperkenalkan YouTube Premium.

Mungkin kamu bertanya-tanya tentang kemunculan kedua platform ini. Sebenarnya apa sih bedanya YouTube Premium dan YouTube biasa? Terus, gimana nasib aplikasi pemutar musik kayak Spotify, Joox, dan lainnya saat kedatangan Youtube Music yang bisa kamu download di Google Play dan App Store?

Tenang, pertanyaan kamu itu bakal langsung terjawab. Jangan kaget ya, karena bakal banyak kejutan yang kamu temukan tentang YouTube Premium dan YouTube Music ini. So, simak selengkapnya ya.

YouTube Premium vs Regular YouTube

Sebenarnya ada satu point penting banget yang musti kamu perhatikan, yaitu YouTube Premium dan YouTube biasa itu sama. Mereka adalah platform untuk menonton video.

Artinya, perbedaan mencolok dari dua platform ini adalah YouTube Premium adalah platform berbayar, sementara YouTube biasa adalah layanan gratis.

Terus kalau masih sama, kenapa muncul YouTube Premium?

YouTube Premium dan YouTube Music Update

Tampilan YouTube Premium

Sudah pasti kalau pihak YouTube punya maksud tersendiri dengan merilis platform premium ini. Tentunya, motif utamanya adalah untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman user dengan 4 kelebihan utama yaitu.

1. YouTube Premium Bebas Iklan

Gimana perasaan kamu kalau enak-enak nonton video YouTube tiba-tiba ada iklan yang mengganggu? Pasti kesel banget kan? Nah, kelebihan YouTube Premium satu inilah solusinya.

Biar kamu nggak kesel dan sebel karena iklan, YouTube Premium menawarkan pengalaman dan kenyamanan nonton video tanpa gangguan iklan!

Pertanyaannya adalah gimana nasib YouTuber yang penghasilannya nggak lain adalah dari iklan? Apakah mereka nggak akan dapat royalti lagi?

Gimanapun juga, content creator atau YouTuber punya peran yang besar untuk perkembangan YouTube. Jadi, nggak mungkin kalau YouTube mau mematahkan karir para YouTuber.

Produk Manager YouTube, Brandon Belinski, menegaskan kalau YouTuber akan tetap mendapat royalti. Sebagian dari uang pendaftaran dan Subscribe inilah yang akan menjadi penghasilan para YouTuber. Nggak cuma di YouTube Premium, content creator di YouTube Music pun juga akan mendapatkan royalti yang sama.

Bahkan, pendapat ini dikuatkan lagi oleh pernyataan Communication Manager Google Indonesia, yaitu Feliciana Wienathan. Dia menegaskan kalau reward untuk para YouTuber akan seimbang dengan hasil kerja keras mereka.

2. Akses Video Offline

YouTube juga ngerti banget kok kalau kamu biasanya bokek pulsa dan kuota. Jadi, biar nggak sampai ketinggalan video terbaru, YouTube Premium adalah solusinya. Akses video dengan offline sepuasnya!

keuntungan YouTube Premium dan YouTube Music

Akses Offline Premium

Tapi, nggak semua video bisa kamu akses via offline ya. Artinya, cuma video tertentu yang disediakan oleh platform premium aja yang bisa kamu download offline. Kalau seandainya kamu punya video favorit di luar itu, maka kamu bisa download kalau ada koneksi.

3. Background Play

Sadar atau nggak kalau YouTube itu nggak bisa dibikin ‘Background Play’. Artinya, kalau kamu keluar dari YouTube buat buka chat pacar kamu, maka YouTube bakal berhenti. Bener nggak?

Beda ceritanya kalau kamu pakai YouTube Premium ini. Kamu bisa melakukan ‘multi-tasking’ atau ‘multi-windows’ dengan platform video premium kece ini. Jadi, video yang kamu putar nggak akan berhenti meskipun kamu buka chat pacar kamu di WhatsApp.

4. Harga YouTube Premium Cukup Murah

Kelebihan YouTube Premium yang satu ini sudah pasti menjadi pertimbangan utama banyak netizen. Yups… tentu saja masalah harga berlangganan.

Mau tau berapa sih duit yang musti kamu bayar buat dapatkan layanan keren dari YouTube Premium ini?

Nggak mahal kok. Kamu cukup keluarkan duit 59.000 per bulan untuk subscribe atau langganan di YouTube Premium ini. Bahkan, harga ini udah termasuk YouTube Music. Murah kan?

Kalau masih mau explore yang lebih, siapkan uang Rp. 75.000 ya. Kamu bakal bisa akses YouTube Music Family Plan dan YouTube Premium Family Plan. Makin mantap bersantai sama keluarga dengan platform kece dari YouTube ini.

YouTube Music vs Spotify

Apa YouTube Music benar-benar siap untuk melawan Spotify?

Kita semua udah ngerti dan familiar banget sama Spotify yang menemani hari-hari kerja kita dengan full music. Bahkan, kamu juga bisa mendengarkan Podcast favorit yang bisa dikatakan ‘baru’ buat nitizen Indonesia.

keuntungan YouTube Premium dan YouTube Music

YouTube Music vs Spotify

Pertanyaannya adalah apakah YouTube Music bakal bisa bersaing dengan Spotify? Kamu nggak bisa kira-kira tanpa ada perbandingan yang signifikan. So, ini dia perbandingan antara kedua platform music ini.

Banyak Pilihan Lagu

Google punya banyak banget pilihan lagu yang bisa kamu nikmati dengan berbagai genre, style, dan mood. Bahkan, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis cover, remix, video clip, hingga konten dari user.

Bahkan, YouTube Music juga diperkuat dengan gaya 2 toggle, yaitu lagu dan video clip. Jadi, kalau kamu penasaran dengerin lagu yang bagus banget, kamu bisa langsung lihat video clipnya.

Jumlah Skip

Pasti deh udah ngerti banget sama jumlah lagu yang bisa kamu skip di Spotify.

Yups betul banget! User gratis bisa skip maksimal 6 lagu dalam 1 jam aja. Kalau udah 6 kali, maka kamu harus menunggu 1 jam lagi untuk memutar ulang dan mencari lagu yang mau kamu dengar.

Beda dengan Spotify, YouTube Music nggak kasih limit atau batasan jumlah lagu yang kamu skip. Kamu bisa skip lagu sebanyak yang kamu mau!

Fitur Auto Download

YouTube Music juga punya AI (Artificial Intelligent) yang akan mengumpulkan data semua lagu yang kamu dengarkan. Data-data ini akan dikombinasikan untuk mengetahui jenis lagu yang suka kamu dengerin. Dengan begitu, YouTube Music bakal menyajikan lagu-lagu dengan genre yang sama hingga kamu terbuai dan mendengarkannya terus.

keuntungan YouTube Premium dan YouTube Music

YouTube Music Auto Download

Tentunya YouTube Music akan memberikan kamu fitur akses offline. Lagu-lagu yang kamu dengerin waktu offline ini adalah hasil dari download otomatis lagu-lagu yang disugestikan atau direkomendasikan oleh YouTube Music. So, kamu nggak perlu download satu per satu secara manual karena YouTube Music akan langsung download semua itu buat kamu!

Yang pasti sih kamu juga harus pinter-pinter ngatur semua space yang ada di smartphone kamu. Fitur auto download ini akan terus download lagu-lagu rekomendasi, jadi kamu harus ngerti betul kapan harus menghentikan fitur ini dan kapan harus hapus lagu yang nggak kamu suka.

Background Play

Udah tau sendiri kan kalau Spotify bisa kamu gunakan buat ‘background play’. Jadi, kamu bisa putar lagu bersamaan sama chatting dengan si doi.

Sementara itu, YouTube Music nggak bisa kamu perlakukan kayak gitu. Kamu nggak bisa melakukan ‘background play’ dengan YouTube Music.

Kekurangan YouTube Music

Ditambah lagi adanyat kualitas musik yang kurang bagus bikin kamu pikir 2 kali buat pakai YouTube Music ini. Yaps, musik yang kamu dengar di YouTube Music ini kualitasnya berkisar maksimal 128 kbps untuk pengguna gratis dan 256 kbps untuk premium. Artinya, kamu bisa stream di kecepatan itu aja.

Di sisi lain, kamu bisa stream dengan kecepatan 320 kbps di Spotify Premium dan 160 kbps di Spotify gratis.

Bahkan satu lagi kekurangan YouTube Music adalah History. YouTube Music masih bagian dari YouTube kan? So, history musik kamu bakal jadi satu atau campur dengan history video yang kamu tonton di YouTube. Artinya, ada kemungkinan kamu dengar video itu di sela-sela pergantian musik.

Kesimpulan

YouTube Premium adalah sebuah layanan baru dari YouTube untuk meningkatkan experience atau pengalaman user. Tentunya, kelebihan dari YouTube Premium ini kamu bisa mendapatkan yang lebih dari apa yang kamu dapatkan selama ini di YouTube biasa.

Selain punya keunggulan yang banyak, YouTube Premium dan YouTube Music juga punya beberapa sisi lemah yang harus kamu perhatikan. Jadi, lebih baik pikirkan dulu matang-matang kalau mau subscribe atau langgangan di YouTube Premium dan YouTube Music ini ya.

Ups! Ada juga info update lainnya yang kita bahas. Semua info update yang kamu butuhkan udah kita sediakan. So, yuk subscribe Digitek.id biar nggak ketinggalan info update terbaru dari dunia teknologi di Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *