Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik PLN (2020)

1 bulan lalu, by DigiTek ID

Harga dan cara hitung token listrik PLN

Gara-gara makin berkembangnya teknologi, sekarang ada banyak banget nitizen yang lebih memilih pakai token listrik daripada listrik konvensional.

Tapi masalahnya, masih banyak juga yang nggak ngerti sistem token listrik ini. Jadi mereka bertanya-tanya, kenapa beli token seharga 100 ribu kok cuman dapat 97 ribu aja? Bla bla bla, bla bla bla …

Kalau kamu masih kayak mereka, berarti kamu wajib baca artikel ini sampai habis! Bahkan, kita bakal kasih tau trik buat menghitung biaya tagihan listrik per bulan loh!

Jadi, kamu nggak bakal bisa deh dibohongi kakak atau adik kamu!

Penasaran caranya?

Yuks check it out!

Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik 2020

Perlu kamu tau, PLN menerapkan sistem potongan waktu kamu beli token listrik. Itulah kenapa nggak kamu dapatkan adalah nilai kWh, bukan rupiah.

Selain murni buat isi listrik, ternyata ada biaya lain yang dibebankan kepada kamu sebagai pengguna listrik. Jadi, harga yang kamu bayar itu bukan semata-mata buat kebutuhan listrik aja, tapi ada banyak hal yang tercakup dalam harga itu.

Detailnya, biaya tanggungan itu antara lain:

  • Biaya admin per bank
  • Biaya materai
  • Biaya Pajak Penerangan Jalan (PPJ)

Biar lebih jelas, ini nih ilustrasinya …

Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020

Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020 ~ Potongan Listrik

Detail Biaya Tambahan Token Listrik

Biaya Admin Bank

Nah, udah nggak bingung lagi kan kenapa waktu beli token listrik 100 ribu tapi cuman dapat 70,93 kWh?

Tentunya, biaya ini juga bakal beda tergantung dari tempat pembelian token tadi. Kalau emang pakai bank, biasanya biaya admin udah dimasukkan langung. Makanya jumlah kWh yang kamu dapat lebih kecil dari harga yang kamu bayar.

Tapi ada juga yang biaya admin nya belum include ke harga tadi. Jadi, kamu harus bayar lebih mahal dari token yang kamu beli. Biasanya sih, biaya admin bank ini 3.000 sampai 5.000 aja kok.

Jadi kalau beli 100 ribu, misalnya, kamu harus bayar sekitar 103 – 105 ribuan ya.

Biaya Materai

Asal kamu tau, listrik adalah salah satu sumber daya yang dikenakan biaya materai.

Peraturan ini dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Materai dan PP Nomor 24 Tahun 2000 tentang Perubahan Tarif Bea Materai dan Besarannya Batas Pengenaan Harga Nominal  yang dikenakan Bea Materai.

Tapi tenang aja, nggak semua harga kena biaya materai kok. Cuman pembelian token listrik di atas 200 ribu aja yang kena biaya ini.

Contoh, token 250 ribu bakal kena biaya materai sebesar 3 ribu dan token 1 juta bakal kena biaya sebesar 6 ribuan aja.

Pajak Penerangan Jalan (PPJ)

Nggak mungkin banget kan negara yang harus nanggung semua beban biaya listrik penerangan jalan?

Makanya, negara menetapkan adanya Pajak Penerangan Jalan yang dibebankan pada semua pengguna listrik. Tapi dalam implementasinya, pemerintah daerah yang punya tanggung jawab untuk ini.

Contoh aja, buat daerah Jakarta, hal ini udah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2010 tentang tarif PPJ. Detailnya kayak gini nih:

  • Tarif PPJ yang digunakan oleh industri pertambangan minyak bumi dan gas alam adalah sebesar 3 persen
  • Tarif PPJ yang digunakan oleh industri pertambangan MIGAS adalah 2,4 persen
  • Tarif PPJ yang penggunaan tenaga listriknya dihasilkan sendiri adalah sebesar 1,5 persen

Nah kalau lain daerah, pasti beda lagi jumlah persentase nya ya.

Untungnya, kita juga udah dapat sedikit info tentang persentase PPJ yang diterapkan di beberapa kota besar di Indonesia. Ini nih datanya

  • PPJ 3%: DKI Jakarta, Bogor, Depok, kabupaten Serang
  • PPJ 5%: Bali, Manokwari, Palembang, Sukabumi
  • PPJ 6%: Bandung, Pekanbaru, Indramayu
  • PPJ 7%: Meda
  • PPJ 8%: Surabaya, Semarang, Banjarmasin, Tanjungselor, Lampung, Yogyakarta
  • PPJ 9%: Aceh, Pontianak, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Karanganyar
  • PPJ 10%: Gorontalo, Makasar, Mamuju, Palu, Morowali, Palangkaraya, Samarinda, Ambon, Mataram, Kupang, Padang, Kendari, Manado, Bengkulu, Blitar, Kediri, Jember, Situbondo, Probolinggo

Biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Sama kayak biaya materai, biaya PPN ini cuman buat golongan khusus, yaitu golongan pengguna listrik R2 atau mereka yang pakai listrik 3.500 sampai 5.500 V.A.

Daftar Harga Token Listrik 2020

Sekarang udah tau kan ya semua biaya yang dibebankan ke kamu sebagai pengguna listrik?

Terus pertanyaannya, berapa sih harga harga token listrik di pasaran?

Kayak yang kita bilang tadi, beda daerah pasti beda biaya admin dan PPJ nya. Jadi, kita nggak mungkin bisa cover harga listrik dari semua daerah di Indonesia.

Paling tidak, kita bakal kasih tau kamu list harga token listrik yang ada di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya yang nilai PPJ nya 3% ya.

Harga TokenNilai TokenJumlah Listrik
20 ribu17 ribu13,2 kWh
50 ribu47 ribu33,1 kWh
100 ribu97 ribu66,2 kWh
250 ribu244 ribu132,3 kWh
500 ribu494 ribu328,9 kWh
1 juta994 ribu659,7 kWh

Apa sih bedanya harga token sama nilai token?

Kalau Nilai Token itu masih belum termasuk biaya admin ya. Terus ingat, harga ini bisa berubah di tiap daerah sesuai dengan kebijakan harga biaya admin bank, PPN, dan PPJ ya.

Cara Menghitung Tarif Listrik 2020

Meski cuman pengguna dan pembeli listrik aja, kamu juga harus tau loh gimana cara menghitung tarif listrik. Ini penting banget buat melakukan analisa peralatan listrik yang punya daya paling besar dan paling boros.

Sebenernya sih, cara menghitung lstrik ini udah pernah kita pelajari di sekolah waktu SMP. Untungnya, sekarang ada aplikasi khusus buat menghitung ini. Jadi kamu nggak perlu melakukannya secara manual.

Langsung aja ya. Gini nih caranya menghitung tarif listrik via Kalkualtor kWh Listrik Prabayar:

Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020

Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020 ~ Golongan Tarif Daya

  • Pilih opsi nominal listrik yang udah kamu beli sebelumnya
Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020

Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020 ~ Nominal

  • Masukkan atau atur persentase biaya PPJ (Pajak Penerangan Jalan) sesuai dengan kebijakan di daerah kamu
Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020

Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020 ~ PPJ

  • Jeng-jeng! Nominal yang kamu dapatkan bisa langsung tampil secara otomatis!
Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020

Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020 ~ Jumlah kWh

Ternyata gampang banget kan?

Kalau mau tau lebih dalam lagi tentang peralatan listrik yang paling boros, langsung aja pakai rumus ini ya:

Biaya listrik = daya alat (Watt) x lama pemakaian x harga listrik per kWh

Contoh, kamu punya kulkas 50 Watt yang kamu pakai tiap hari tanpa mati:

Biaya listrik kulkas = 50 x 24 x 300 = 360 ribuan

Gampang kan ya?

Kebijakan Listrik Pemerintah Selama Corona

Udah bukan rahasia lagi kalau penyebaran virus Corona atau COVID-19 ini udah meluas ke seluruh wilayah Indonesia. Inilah kenapa sektor ekonomi Indonesia juga sekarang berantakan banget.

Makanya, pemerintah langsung tanggap tentang masalah ini. Jadi sejak bulan kemarin, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bagi-bagi token listrik gratis buat sekitar 24 juta pengguna listrik 450 Volt dan 7 juga pengguna listrik 900 V (Subsidi).

Kerennya, pemerintah kasih kebijakan masa berlaku nya hingga 6 bulan loh!

Asik kan?

Cara Isi Token Listrik 2020

Buat kamu yang masih baru ganti dari listrik konvensional ke listrik prabayar, masukkan token adalah satu masalah tersendiri. Soalnya, ada banyak banget angka yang harus dimasukin.

Belum lagi kalau salah kode, pastinya kamu bakal gagal mengisi token.

Biar nggak salah, langsung aja ikutin tutorial isi token listrik prabayar ini ya:

  • Beli token dulu di counter PPOB atau marketplace online ya
  • Perhatikan nomor yang ada di struk > pastikan buat pilih nomor dengan 20 digit ya
Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020

Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020 ~ Token TMP

  • Masukkan 20 digit nomor tersebut ke meteran atau alat meter prabayar (AMP) > tekan tombol enter
Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020

Photo via gizmologi.com

  • Kalau salah, kamu bisa langsung tekan tombol backspace atau tanda panah ke kiri buat menghapus entry yang salah
  • Kalau udah benar, maka alat meter prabayar itu bakal langsung menyalakan notifikasi dengan tulisan ‘Benar’ atau ‘Sukses’
Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020

Photo via gizmologi.com

  • Jeng-jeng! Daya listrik bakal bertambah dengan jumlah yang barusan kamu beli
Daftar Harga dan Cara Menghitung Token Listrik Prabayar 2020

Photo via gizmologi.com

Tuh kan gampang banget!

Keuntungan Pakai Listrik Prabayar

Mungkin banyak sih yang belum tau kalau ada beberapa keuntungan utama kalau kamu bakal listrik prabayar.

Jadi, keuntungan pakai Listrik Prabayar adalah:

  • Pelanggan jadi lebih mudah melakukan kendali penuh terhadap pemakaian listrik
  • Pemakaian listrik bisa lebih hemat gara-gara kamu bisa menyesuaikannya dengan anggaran belanja yang udah kamu susun sebelumnya
  • Aman dari denda gara-gara telat bayar
  • Cocok banget buat para pelaku bisnis indekos atau kontrakan

Kalau udah tau gini, apa kamu bakal pindah dari listrik pascabayar ke listrik prabayar?

Timbang-timbang dulu ya.

Kesimpulan

Gimana nih? Udah terobati nggak rasa penasarannya tentang token listrik prabayar?

Sebenernya sih cara kerja listrik prabayar ini mirip banget sama pulsa HP. Bahkan kerennya, pemerintah juga bekerjasama dengan provider terkenal di Indonesia untuk menghadirkan paket internet murah all operator selama COVID-19 ini.

Tentunya, listrik prabayar ini juga punya keuntungan yang bener-bener bisa kamu maksimalkan ya, baik buat bisnis skala kecil maupun menghemat pengeluaran pribadi.

Oke deh, rasanya, itu aja yang bisa kita share kali ini. Jangan lupa, masih banyak banget hal menarik yang bakal kita update tiap harinya khusus buat kamu.

Semua tentang tips & trick dunia digital, aplikasi HP, software komputer, gadget terbaru, sampai anime dan review film ada di Digitek.id!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *