Daftar Handphone Yang Tidak Bisa Gunakan WhatsApp 2020

10 bulan lalu, by DigiTek ID

Daftar handphone yang tidak bisa gunakan whatsapp 2020

Masih suka chatting pakai WhatsApp? Hati-hati deh! Lebih baik cek dulu spesifikasi HP kamu ya. WhatsApp 2020 tanpa toleransi lagi menolak beberapa HP dengan Operating System atau OS tertentu.

Entah apa yang merasuki, sehingga WhatsApp mendadak mengeluarkan kebijakan yang bikin pengguna HP atau smartphone khawatir abis. Gimana nggak khawatir, sebagian user smartphone atau HP nggak akan bisa menikmati aplikasi WhatsApp lagi.

Padahal kemarin, kita sama-sama punya resolusi kalau tahun 2020 bakal mempermudah kesuksesan. Semua urusan kita harapkan punya solusi yang lebih gampang dan simple. Tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Terus, apa persyaratan minimal dari WhatsApp 2020 ini?

Simak selengkapnya dan langsung cek HP atau smartphone kamu ya. Siapa tau, salah satu persyaratan ini nggak masuk di HP atau smartphone kamu.

System Requirements WhatsApp 2020

Info ini dirilis langsung dari FAQ WhatsApp tentang system requirements. Point yang harus kamu pahami adalah, WhatsApp cuman support HP atau smartphone dengan spesifikasi sistem:

  1. Android dengan OS minimal 4.0.3
  2. iPhone dengan iOS minimal 9.0
  3. Smartphone atau HP dengan KaiOs minimal 2.5.1, termasuk JioPhone dan JioPhone 2

Nggak tanggung-tanggung lagi, pihak WhatsApp menyatakan kalau mulai Januari 2020 ini memberi himbauan untuk melakukan verifikasi nomor juga. Faktanya, mulai Februari ini, update tentang sistem ini bakal langsung dilakukan.

Terus, HP atau smartphone apa yang nggak support lagi untuk aplikasi WA ini?

Jangan kaget ya. Kita akan buka satu per satu jenis smartphone atau HP dengan OS Android dan iOS yang nggak bakal bisa dipakai untuk WhatsApp lagi.

Smartphone atau HP yang Nggak Support WA 2020

Dari beberapa sumber yang kita dapatkan, beberapa HP atau smartphone ini udah di-judge nggak bisa dipakai WhatsApp 2020. Ada HP yang dicabut akses dari WhatsApp, ada juga yang hanya tipe tertentu aja yang nggak bisa dipakai.

Kira-kira brand apa aja yang menjadi blacklist WhatsApp? Check it out!

1. Android Gingerbread

Pihak WhatsApp meperingatkan kalau sistem pertama yang dicabut lisensinya adalah Android Gingerbread. OS yang sukses di tahun 2010 ini laris banget. Sampai-sampai, masih banyak pengguna smartphone yang pakai Android jenis ini.

Jadi, beberapa HP atau smartphone yang masuk dalam kategori ini adalah:

Sony

Daftar Android blacklist WA 2020

Sony Xperia Advance

Dari brand Sony, versi yang termasuk dalam Android Gingerbread adalah:

  1. Sony Xperia Advance
  2. Sony Xperia UST25A
  3. Sony Xperia UST25I
  4. Sony Xperia Go ST27A
  5. Sony Xperia Go ST27I
  6. Sony Xperia Ion 3GLT28H
  7. Sony Xperia Ion 3GLT28AT
  8. Sony Xperia Ion 3GLT28I
  9. Sony Xperia Sola MT27I
  10. Sony Xperia PLT22I
  11. Sony Xperia Acro HDSOI12
  12. Sony Xperia Acro HDSO03D
  13. Sony Xperia SLT26I

LG

Daftar HP Android Gingerbread

LG Optimus 3D Max P720

Kamu fans dan pengguna LG? Hati-hati, karena jenis ini yang nggak terverifikasi oleh WhatsApp 2020:

  1. LG Optimus 3D Max P720
  2. LG Optimus 3D Max P720H
  3. LG Optimus 3D Max P725
  4. LG Optimus Elite LS696
  5. LG Spectrum VS920
  6. LG Prada 3.0 P940

Acer

Untuk perusahaan yang satu ini, ada beberapa produk yang bakal nggak bisa lagi kamu pakai untuk WA 2020:

  1. Acer Liquid ZZ110
  2. Acer Liquid Z Duo Z110

Samsung

Kalau untuk ini sih cuman satu jenis HP yang nggak masuk ya, yaitu Samsung Galaxy S Lightray 4G SCHR940.

Motorola

Mungkin motorola sih kurang begitu populer ya di Indonesia. Tapi, kalau mau beli produk ini, jangan yang masuk daftar blacklist WA 2020 ini ya:

  1. Motorola Atrix TVXT682
  2. Motorola MotoLuxe XT615
  3. Motorola XT532 Dual
  4. Motorola Fire XT317 Dual

Lain-lain

So, ada juga smartphone campuran yang nggak bisa kamu pakai untuk WA 2020 ini ya:

  1. Lenovo K800
  2. Yezz Andy 3G  5.0 YZ1120
  3. Huawei Activa 4G M920
  4. Vodafone Smart II V860
  5. Xolo X900
  6. HTC Velocity 4G

Itulah daftar Android Gingerbread yang nggak bakal bisa dipakai lagi buat WhatsApp 2020.

2. iOS / iPhone 8 Kebawah

Daftar Blacklist HP WhatsApp 2020

iPhone Generasi Pertama

Selanjutnya, ada iPone dengan iOS 8 ke bawah. Jenis atau spec ini pertama kali dikenalkan pada 2014. Karena booming dan mahalnya iPhone di Indonesia, maka beberapa pengguna masih setia pakai produk dengan iOS 8 ke bawah.

  1. iPhone (Generasi Pertama)
  2. iPhone 3G dan 3GS
  3. iPhone 4
  4. iPod Toouch (Generasi 1 – 4)
  5. iPad (Generasi Pertama) versi 5.1.1

3. Windows Phone

Kalau kamu pengguna Windows Phone, sayang sekali. Alasannya adalah WhatsApp versi 2020 nggak akan bisa diinstal dan digunakan di smartphone ini.

Padahal jika melihat penggunanya, Windows Phone juga punya fans yang banyak di seluruh dunia. Mungkin di Indonesia nggak terlalu trending. Tapi, di negara-negara Eropa dan Amerika, Windows Phone jadi salah satu pemegang marketshare juga.

Daftar HP tidak support WhatsApp 2020

Windows Phone

Dengan begini jelas kalau dampak pengguna WhatsApp di tahun 2020 ini akan berkurang signifikan. Paling tidak, sekitar 6% marketshare WhatsApp akan hilang dengan dinyatakannya Windows Phone sebagai salah satu blacklist.

Fitur WhatsApp 2020

Jelas adanya update dari pihaknya, WhatsApp 2020 mengeluarkan fitur terbaru. Bahkan nggak sama dengan update-update minor kayak dulu, tahun 2020 ini bakal jadi sejarah update besar yang dilakukan produk Facebook yang satu ini.

Menurut informasi yang kita terima, ada 3 fitur update WhatsApp 2020 yang bikin kamu ngiler!

1. WhatsApp 2020 Dark Theme

Kalau barusan user social media dibikin rame banget karena munculnya fitur Instagram Dark Mode. Tampilan elegan yang bisa bikin kamu makin betah pakai Instagram, kini bakal hadir juga di WhatsApp.

Fitur Terbaru WhatsApp 2020

WhatsApp Dark Theme

Harapannya sih dengan adanya fitur yang satu ini, kamu nggak gampang sakit mata karena cahaya screen yang terlalu mencolok ke mata. Selain itu, WhatsApp Dark Theme ini juga membantu menghemat pemakaian baterai. Cuma dengan mengaktifkan mode ini, akan ada link otomatis ke setting baterai saver.

Gambaran tampilan dari fitur yang satu ini adalah background hitam dengan teks berwarna putih. Kebalikan dari tampilan biasanya kan ya? Normalnya sih, WhatsApp itu punya tampilan background putih dengan tulisan hitam.

2. Search Image

Pernah nggak dapat kabar-kabar hoax yang tersebar dari WA? Bahkan, hal ini punya potensi yang besar untuk perpecahan.

Fitur WA Terbaru

WhatsApp Image Reverse

Emang sih beberapa pihak suka banget bikin konten meme. Nggak masalah kalau cuman buat hiburan semata tanpa adanya tujuan untuk memecah belah. Terus, gimana kalau sampai ada unsur politik? Pasti bikin nggak aman kan?

Untuk itulah pihak Facebook merilis fitur terbarunya dengan mengaktifkan ‘Search by Image’. Fitur keren ini dimaksudkan untuk mencari foto yang kamu dapatkan dari WhatsApp. Dengan begitu, algoritma WA akan meneruskan foto itu ke Google untuk dicek kebenarannya.

Untuk beberapa saat, emang fitur masih belum bisa kamu pakai dengan penuh. Pihak developer masih melakukan testing fitur Reverse Image ini. Yah makin nggak sabar deh menunggu ya.

3. Auto-Delete

Terakhir, ada fitur yang bikin nyaman sekaligus bingung. Buat para playboy atau playgirl, fitur ini cocok banget! Tapi kalau kamu terbiasa tersakiti, fitur ini bikin sakit hati kamu tambah parah.

Fitur Auto Delete WA

Fitur Auto Delete WA

Kenalin nih fitur Auto-delete message. Fitur yang pertama kali dikenalkan oleh Snapchat dan Instagram ini kini hadir juga di WhatsApp. Sama persis dengan Snapchat dan Instagram, kamu bisa mengatur sendiri seberapa lama message atau pesan dan story muncul di akun kamu.

Harapannya, message atau pesan kamu bisa disembunyikan dari pacar atau ‘pengintai’ yang tau password HP kamu. Jadi, apapun chat yang kamu lakukan dengan si dia nggak bakal bisa dilihat oleh si doi. Aman lanjut!

Masih sama kayak fitur sebelumnya, Auto-delete ini juga masih dicek dan dites oleh developer. Tinggal nunggu tanggal mainnya aja, kamu udah bisa backstreet dengan si dia tanpa ketahuan nih!

Kesimpulan

Ternyata sampai segitunya ya pihak Facebook dalam merilis update WhatsApp terbaru tahun 2020 ini. Ada beberapa OS Android dan iOS yang nggak bisa kamu pakai untuk social media yang satu ini, yaitu Android Gingerbread, iOS 8 ke bawah hingga Windows Phone.

Tapi untungnya, kamu bakal bisa menikmati banyak banget keuntungan dari update ini. Setidaknya ada 3 fitur update yang bisa kamu nikmati, yaitu Dark Theme, Search by Image, dan Auto-Delete. Privacy makin terjaga, makin betah main WhatsApp.

Siapa sangka sih kalau Facebook ternyata juga jadi salah satu social media paling menguntungkan untuk marketer? Baca selengkapnya tentang 5 Fitur Facebook Terpopuler untuk Marketer dan Akun Publik ini ya.

Mungkin segini dulu ya info kita kali ini. Jangan lupa untuk selalu update tentang info, trik, dan tips tentang dunia digital dan teknologi hanya di Digitek.id. Ada segudang artikel yang bisa kamu baca untuk selalu stay up to date.

Jangan lupa juga ya buat subscribe email newsletter kita biar kita kasih info tentang update yang kita tulis tiap harinya.

0

1 Comment

  1. Wafda maulidika berkata:

    Trimakasih atas infonya,info ini sangat membantu

    0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *