15 Game Steam Gratis Yang Wajib Kamu Mainkan

4 minggu lalu, by Digitek

Game Steam Gratis

Sedang mencari game Steam gratis? Rekomendasi game Steam dari Digitek.id berikut ini pas banget untuk kamu coba.

Steam sendiri merupakan sumber utama game PC bagi banyak orang. Pustaka ensiklopedisnya terus mengupdate judul-judul baru yang menjadikannya sebagai toko fantastis bagi penggemar video game.

Steam juga menawarkan banyak game gratis untuk dimainkan yang bisa kamu nikmati tanpa mengeluarkan satu rupiah pun. Meski beberapa ada yang menerapkan sistem pembelian dalam game.

Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Mainkan

Kami memberikan rekomendasi 15 game steam dengan berbagai genre mulai dari aksi, tembak-menembak multiplayer, simulasi militer dan lainnya.

1. Path of Exile

Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Mainkan

via Steam

Game Steam gratis yang wajib kamu mainkan pertama yakni Path of Exile bergenre role-playing action yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Grinding Gear Games.

Game berlatar belakang dunia fantasi yang gelap dimana pemerintah negara pulau Oriath mengasingkan orang-orang ke benua Wraeclast. Wraeclast merupakan sebuah benuah hancur yang menjadi rumah  bagi dewa-dewa kuno.

Mengambil kendali dari pengasingan, pemain bisa memilih untuk bermain sebagai salah satu dari tujuh kelas karakter. Mulai dari perampok, Duelist, Ranger, Shadow, Witch, Templar, dan Scion.

Pemain nantinya ditugaskan untuk berjuang kembali ke Oriath, mengalahkan dewa-dewa kuno dan kejahatan besar selama perjalanan mereka.

2. Counter-Strike: Global Offensive

Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Mainkan

via Steam

Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO) memulai debutnya pada tahun 2012, didukung oleh warisan yang kuat dari judul FPS multiplater, termasuk Counter-Strike dan Counter-Strike: Source Original.

Bertahun-tahun, game PC makin berkembang. Tapi CSGO masih bertahan melawan judul-judul yang lebih modern, karena gameplay dan komunitas yang aktif.

Meski secara visual, CS: GO mulai usang, dan temanya tidak sekaya game populer seperti Overwatch. Namun, banyak pemain yang menikmati pengalaman bermain CS: GO dengan puas tanpa embel-embel game e-sports.

3. Idle Big Devil

Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Mainkan

via Steam

Game steam gratis yang wajib kamu mainkan selanjutnya yakni Idle Big Devil yang merupakan game RPG produksi Hong Kong Spark Software.

Review dari berbagai gamer Steam yang positif membuat game ini wajib untuk kamu download. Sesuai namanya, game ini bersifat idle yakni dimainkan tanpa banyak interaksi.

Meski begitu, ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan sehingga pemain tidak akan merasa bosan. Di game ini, kamu akan berperan sebagai pembasmi roh jahat dan undead.

Kamu bisa merekrut sampai dengan 5 hero dan mengeksplor universe dalam game ini. Hadir juga berbagai event menarik untuk meningkatkan kekuatan hero dan kastil.

4. Paladins: Champions of the Realm

Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Mainkan

via Steam

Paladins: Champions of the Realm adalah video game hero shooter online 2018 gratis oleh Hi-Rez. Game ini mengambil tempat di dunia fiksi ilmiah yang disebut dengan Realm atau The Realm.

Terdapat enam elemen fantasi dan fiksi ilmiah termasuk tentara abadi abad pertengahan yang menggunakan senjata jarak jauh seperti senapan dan senapan serbu, bukan pedang.

Game berbasis tim yang berfokus pada dua kelompok masing-masing terdiri dari lima pemain yang saling bertarung. Tiap pemain bisa memilih hero yang tidak dapat diulang dalam tim yang sama dan tidak dapat diubah dalam pertandingan.

Tiap hero memiliki senjata, keterampilan, gameplay sendiri. Selain itu, mereka dapat diupgrade dan dipersonalisasi dari sistem card dan skin.

5. Crusader Kings II

Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Mainkan

via Steam

Crusader Kings II adalah video game strategi yang dikembangkan oleh Paradox Development Studio dan diterbitkan oleh Paradox Interactive.

Berlatar Abad Pertengahan, game ini dirilis pada 14 Februari 2012, sebagai sekuel dari Crusader Kings tahun 2004. Di Steam, game ini tersedia dan bisa kamu unduh secara gratis.

Game ini merupakan simulator dinasti di mana pemain mengontrol dinasti abad pertengahan dari 1066 hingga 1452.

Pemain dapat memulai kapan saja antara 1 Januari 1066, dan 31 Desember 1337. Meskipun Old Gods dan DLC Charlemagne memungkinkan untuk memulai lebih awal masing-masing tanggal 867 dan 769, dan update Iron Century bisa dimulai tahun 936.

Melalui penggunaan strategis perang, pernikahan, dan pembunuhan, serta banyak hal lainnya, pemain bekerjasama untuk mendapatkan kesuksesan dinasti mereka.

Game ini mengangkat banyak tokoh sejarah termasuk William Sang Penakluk, Charlemagne, Jenghis Khan, Harold Godwinson, Robert Guiscard, dan banyak lagi.

6. Warface: Blackout

Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Mainkan

via Warface

Warface merupakan game Steam gratis online yang dikembangkan oleh Crytek Kiev, diproduksi bersama oleh Crytek Seoul, dan diterbitkan oleh My.com.

Game berpusat pada baku tembak online dalam pertandingan pemain versus pemain (PvP), dengan transaksi mikro yang memungkinkan pemain untuk membeli senjata, peralatan, dan perlengkapan kosmetik.

Tidak seperti kebanyakan game online shooter lainnya, Warface menawarkan alam semesta PvE yang luas dan terus diperbarui yang dirancang untuk gameplay co-op (kooperatif).

Misi PVE diperbarui setiap hari, menghadirkan pengalaman, tantangan, dan skenario baru. Di game ini, pemain dapat memilih di antara lima kelas yang berbeda: Sniper, Rifleman, Engineer, Medic, atau SED.

Setiap kelas memiliki combat role spesifiknya sendiri, dengan petugas medis menghidupkan kembali rekan satu tim yang jatuh dan mengheal yang terluka.

Ada juga Insinyur yang akan memulihkan dan memperbaiki armor dan mampu menghidupkan kembali SED, dan banyak lagi.

7. Art of War: Red Tides

Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Mainkan

via Art of War

Art of War Red Tides game adalah game Steam gratis berbasis strategi multiplayer yang memungkinkan tim yang berbeda bertempur melawan satu sama lain di banyak platform.

Game ini menempatkan pemain dalam posisi komandan. Mereka bertanggung jawab atas tentaranya. Di map linernya, pemain mengirimkan gelombang pasukan untuk menyerang musuh dan pangkalan mereka.

Sebagai komandan, kamu perlu mempersiapkan pasukan sebelum ke medan perang. Tiap unit punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu perlu membuat komposisi pasukan yang tepat untuk bisa bertahan dari gempuran tentara lawan.

Sebelum masuk ke medan perang, kamu perlu membuat tentara. Selanjutnya masuk ke mode multiplayer 1v1 atau 3v3 untuk menguji strategi.

8. Warframe

warframe

via Warframe

Warframe adalah game online multiplayer aksi role-playing third-person shooter yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Digital Extremes.

Di game ini, pemain mengontrol anggota Tenno, ras prajurit kuno yang telah terbangun dari mati surinya. Tenno menggunakan Warframe bertenaga mereka bersama dengan berbagai senjata dan ability mereka untuk menyelesaikan misi.

Sementara banyak misi game menggunakan level yang dihasilkan secara prosedural, update barunya menyertakan area open world yang mirip dengan game online multiplayer masif lainnya. Ada juga misi khusus cerita dengan desain level tetap.

Game ini mencakup elemen permainan menembak dan jarak dekat, parkour, dan role-playing yang memungkinkan memajukan Tenno mereka dengan perlengjapan yang diupgrade.

Warframe mencakup player versus environment dan player versus player elements. Game didukung transaksi mikro yang memungkinkan pemain membeli item dalam game menggunakan uang. Tetapi, ada juga pilihan grinding untuk mendapatkan item secara gratis.

9. Apex Legends

Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Mainkan

via Apex Legends

Pecinta game genre Battleground pasti sudah tahu dengan game satu ini. Apex Legends merupakan game battle royale free-to-play yang dikembangkan Respawn Entertainment dan diterbitkan oleh Electronic Arts.

Game mengambil latar belakang universe yang sama dengan Titanfall. Ceritanya dimulai 30 tahun setelah Titanfall 2 berakhir.

Nantinya pemain akan dikelompokkan dalam tim dengan tiga orang dan masing masing harus memilih karakter Legend yang berbeda.

Tiap satu pertandingan, ada sekitar 20 tim yang akan saling bertarung. Semua tim diterbangkan ke atas map tanpa dibekali peralatan apapun. Nantinya mereka perlu mencari lootingan untuk tetap hidup.

Jika pemain ko hingga kehabisan darah, mereka bisa mati dan peralatan mereka bisa dijarah. Jadi, pemain perlu mencari perlindungan ke rekan satu timnya sehingga bisa dipulihkan lagi.

10. Dota 2

dota2

via Dota 2

Dota 2 adalah game MOBA luar biasa, dan eksklusif untuk platform Steam. Game ini mengadu dua tim yang terdiri dari lima pemain melawan satu sama lain, dengan tujuan menghancurkan pasukan lawan.

ia merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3: Reign of Chaos dan Warcraft 3: The Frozen Throne.

Dota 2 dimainkan oleh 2 tim masing-masing beranggotakan 5 orang. Tim sebelah kiri disebut Radiantdan, sementara tim sebelah kanan disebut Dire. Tiap tim punya markas dan satu bangunan bernama Ancient.

Tugas tim adalah menghancurkan Ancient tim lawan untuk bisa memenangkan pertandingan. Tiap pemain hanya bisa menggunakan satu hero.

Mereka hanya perlu memfokuskan diri dengan menaikkan level hero, mengumpulkan gold atau membeli item untuk bisa menang.

11. Heavy Metal Machines + Dirt Devil Pack

Heavy Metal Machines + Dirt Devil Pack

via Heavy Metal Machines

Heavy Metal Machines (HMM) adalah video game MOBA pertempuran mobil yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Hoplon Infotainment.

Ia adalah game di Steam gratis yang rekomended untuk dimainkan. Akan ada tim dari empat mesin bersenjata lengkap bertempur di arena dengan skenario pasca-apokaliptik.

Tujuan utamanya adalah mengirimkan bom ke markas tim musuh sambil mencoba mengatasi lawan dan menghindari bahaya arena.

Tema keseluruhan dari game berdasar pada musik Heavy metal dan budayanya.  Terlepas dari label MOBA, HMM tidak mengikuti mekanisme genre tradisional.

Itu karena game ini tidak punya menara, jalur, dan minion dimana ketiganya cukup penting dalam genre MOBA tradisional.

Hal lain yang membuat HMM menonjol dari game MOBA lainnya adalah kecepatan permainan. Pertempuran terjadi dengan kekuatan penuh dalam beberapa detik pertama dalam pertandingan.

Kamu tidak perlu menaikkan level pilot selama permainan atau membangun item untuk menghancurkan lawan.

12. Fractured Space

Fractured Space

via Fractured Space

Fractured Space merupakan game MOBA 5v5 yang mengangkat tema Sci-Fi. Game diisi oleh 10 pemain yang mengendalikan kapal perang dan menjelajahi ruang angkasa untuk menghancurkan markas musuh.

Gameplay Fracture Speed cukup unik dan berbeda dibanding game bergenre MOBA kebanyakan. Kamu bisa meng-custom kru dan kapal perang. Kamu juga bisa mengatur kombinasi senjata dan skill sesuai dengan gameplaymu.

13. Onmyoji

via onmyoji

via onmyoji

Onmyoji Arena adalah game MOBA yang memiliki estetika Jepang yang elegan dan voice talent original yang akan membawamu flashback ke Kyoto di era Heian.

Sebagai seorang Onmyoji, kamu bisa membuat pesta roh yang berfungsi sebagai pelindung saat kamu menghadapi roh lain dan Onmyoji lain dalam pertempuran.

Sistem perkembangan game mengikuti kisah Seimei, Onmyoji amnesia yang akan digunakan terlebih dahulu.

Kamu bisa membangun tim beranggotakan 5 orang dengan roh yang dapat dipanggil baik dengan mengumpulkan pecahan mereka atau membelinya melalui summon shop.

Fitur game lain untuk Onmyoji biasanya ditemukan di judul F2P lain seperti quest, achievement, guild, global chat, dan fitur daily draw.

14. Clicker Heroes

Clicker Heroess

via Clicker Heroess

Clicker Heroes adalah game idle yang dikembangkan oleh studio independen Amerika Playsaurus. Game ini merupakan spin-off dari game Playsaurus sebelumnya, Cloudstone yang menggunakan banyak elemen grafis.

Di game ini, pemain diharuskan untuk mengklik musuh dan merusak hingga akhirnya membunuhnya. Setelah terbunuh, musuh akan menjatuhkan emas yang bisa digunakan untuk mengupgrade atau membeli karakter.

Karakter yang dibeli secara otomatis akan merusak musuh, meningkatkan total damage per detik. Permainan akan berjalan tanpa kamu melakukan apapun.

Nantinya, pemain perlu membunuh 10 musuh untuk maju ke level selanjutnya. Mulai level lima, tiap level kelima adalah level bos. Level tersebut punya pengatur waktu dan pemain perlu membunuh bos dalam waktu yang ditentukan.

15. War Thunder

War Thunder

sc War Thunder

War Thunder adalah video game multiplayer kendaraan yang dikembangkan dan diterbitkan oleh studio Moskow.

Game ini didasarkan pada pertempuran senjata gabungan di udara, darat, dan laut. Menurut direktur kreatif game Kirill Yudintsev, War Thunder adalah satu-satunya game yang mengangkat tiga pengalaman bertempur dalam satu sesi gameplay.

Kendaraan yang tersedia dalam game yakni kapal angkatan laut pra-Perang Dunia I, dari periode antar perang dan Perang Saudara Spanyol untuk tank dan pesawat.

Ada juga kendaraan yang digunakan saat perang Irak hingga Perang Dunia II. Pemain dapat mengontrol pesawat, kendaraan darat, dan kapal dari Amerika Serikat, Jerman, Rusia, Inggris, dan Jepang.

Ataupun dari negara-negara dengan militer yang lebih kecil atau kurang menonjol dalam konflik seperti Swedia, Italia dan lainnya.

Penutup

Nah, itulah berbagai game Steam gratis yang wajib kamu mainkan untuk mengisi waktu luang selama di rumah saja. Tertarik dengan salah satu dari rekomendasi game di ata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *