Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021 Yang Sarat Akan Pelajaran Hidup

2 minggu lalu, by Digitek

Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

Kini umat Islam tengah memasuki bulan Ramadhan. Film Ramadhan terbaru dan terbaik 2021 bisa membantumu lebih memaknai Ramadhan kali ini.  Saat memasuki bulan ini, umat Muslim diwajibkan berpuasa.

Mereka juga diperintahkan untuk menghidari dosa demi kesempurnaan pahala puasa. Ramadhan tahun ini memang berbeda karena masih situasi pandemi. Kita dianjurkan untuk lebih banyak berada di rumah dan menghindari kerumunan. Tidak ada lagi buka bersama atau sahur bersama di masjid-masjid.

Tapi tenang saja, untuk menemani puasamu di rumah saja, berikut kami rekomendasikan Film Ramadhan terbaru dan terbaik yang sarat akan pelajaran hidup.

1. Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021 – Buya Hamka

Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

via Falcon Pictures

Film Buya Hamka diproduksi oleh Starvision dan Falcon Pictures yang mengangkat kisah ulama besar, Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau Buya Hamka.

Karakter Buya Hamka diperankan oleh Vino G. Bastian dengan latar belakang syuting di daerah Maninjau, Sumatera Barat. Selain Sumbar, syuting juga dilakukan di Jawa Tengah meliputi Semarang, Tegal dan Jawa Barat.

2. Cinta Subuh

Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

via Falcon Pictures

Film Cinta Subuh diadaptasi dari novel karya Ali Ghifari dengan judul yang sama. Dibintangi aktor yang berpasangan di dunia nyata seperti Rey Mbayang-Dinda Haw, Roger Danuarta-Cut Meyriska dan Seto-Dini Aminarrti.

Film menceritakan kisah seorang laki-laki bernama Angga yang jatuh cinta dengan Ratih, teman kuliahnya. Angga merupakan playboy yang sering bergonta ganti pasangan, sementara Ratih sosok yang taat agama.

3. Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021 – Begadang Rendang

Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

via PimPictures

Begadang Rendang merupakan film komedi romantis besutan produser Agustinus Sitorus. Agustinus mengatakan syuting telah dilakukan pada 1 hingga 15 Maret 2021 dengan mengambil tempat di Sumbar dan Jakarta.

Aktor yang bermain yakni Frislly Herlind, ini merupakan film debutnya. Ia akan beradu akting dengan Panji Zoni yang sebelumnya sukses dengan film Tarung Sarung.

Film secara garis besar akan mengangkat cerita tentang Sumatera Barat, tapi bisa ditonton semua masyarakat Indonesia.

4. Mudik

Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

via Lifelike Pictures

Mudik merupakan film drama yang disutradarai oleh Adriyanto Dewo. Film ini menceritakan kisah mudik sepasang suami istri yakni Firman yang diperankan Ibnu Jamil dan Aida yang diperankan Putri Ayunda.

Selama perjalanan ke kampung halaman, ketegangan terjadi antara keduanya karena Aida curiga suaminya berselingkuh.

Konflik memuncak saat mereka terlibat dalam kecelakaan yang merenggut nyawa suami Santi yang diperankan Asmara Abigail. Di tengah situasi in, Aida belajar mengenali dirinya lebih dalam lagi.

5. Ji Dullah Film – Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

via Ravacana

Ji Dullah merupakan film pendek yang disutradari Alif Septian berkolaborasi dengan mahasiswa Prodi Televisi dan Film Universitas Jember.

Film menceritakan tentang Dullah, seorang haji yang punya ambisi besar menjadi kepala desa. Adegan film cukup mengundang tawa karena memang disematkan unsur komedi didalamnya.

Sebagian besar dialog menggunakan bahasa Madura dan beberapa yang menggunakan bahasa Jawa. Film ini sangat lekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, ada unsur relilgi, politik hingga kepercayaan terhadap dukun.

6. Children of Heaven

Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

via Children of Heaven

Meski terbilang film lawas, Childen of Heaven merupakan salah satu film Ramadhan terbaik yang masih layak untuk ditonton karena punya makna yang cukup dalam. Film asal Iran ini mengisahkan anak laki-laki bernama Ali dan adiknya Zahra.

Suatu ketika, Ali tidak sengaja menghilangkan sepatu Zahra. Karena mereka berasal dari keluarga kurang mampu, Zahra tidak bisa membeli sepatu baru. Ali mencoba menacari sepatu yang hilang kemana-mana tapi tidak kunjung ketamu.

Hingga akhirnya ada perlombaan lari dengan juara ketiga mendapatkan sepatu. Kisah mereka begitu menyentuh sehingga pastinya akan membuat kamu yang menonton berlinang air mata, cocok ditonton saat bulan Ramadhan.

7. Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021 – Mata Tertutup

mata tertutup

via Maarif Institution

Film yang disutradari oleh Garin Nugroho ini mengangkat tiga kisah utama. Pertama, tentang Rima yang diperankan oleh Eka Nusa Pertiwi yang sedang resah mencari jati dirinya. Dirinya sempat terlibat dalam kelompok ekstrimis yakni Negara Islam Indonesia (NII).

Cerita kedua mengisahkan Jabir yang dipeankan oleh M.Dinu Imansyah, remaja yang melakukan aksi bom bunuh diri. Ketiga, tentang Aismah yang diperankan oleh Jajang C Noer, ibu yang kehilangan anak satu-satunya. Anaknya yang bernama Aini menjadi korban penculikan kelompok Islam ekstrimis.

8. Layla M

layla M

via International

Layla M merupakan film asal Belanda yang berkisah tentang Layla, seorang muslimah yang hidup di sana. Ia tinggal di lingkungan Islamophobia dan rasisme. Kondisi tersebut mendorongnya untuk berulah.

Ketika ada larangan memakai cadar atau burqa, ia malah semakin ingin mendalami Islam yang bahkan menjurus ke ekstrimis. Hingga akhirnya, Layla tinggal di luar negri dan menghadapi kebudayaan yang berbeda.

Ia pun berusaha untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan masyarakat dan mulai membuka pikirannya.

9. Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021 – Mencari Hilal

mencari hilal

via MVP

Film yang disutradari oleh Ismail Basbeth ini mengisahkan seorang lak-laki bernama Mahmud yang diperankan oleh Deddy Sutomo. Ia berusaha mencari hilal bersama anaknya Heli yang diperankan oleh Oka Antara.

Ia menolak anggaran mencari hilal hingga milyaran rupiah. Ia pun memutuskan untuk menjadi hilal dengan metode sederhana dan tradisional. Sang anak tidak setuju dengan keputusan tersebut, ia juga khawatir akan kesehatan ayahnya.

Namun, sang ayah tetap bersikukuh. Heli pun akhirnya menemani sang ayah mencari hilal. Sepanjang perjalanan inilah hubungan antara keduanya disorot.

10. Sang Pencerah

sang pencerah

via Vidio.com

Sang pencerah merupakan film yang mengisahkan perjuangan menegakkan Islam K.H Ahmad Dahlan. Di ceritakan bagaimana ia memperjuangkan Islam yang haq dari ilmu yang didapatkannya usai berhaji di Makkah.

Tak mudah karena kyai-kyai tradisional seringkali menentang perubahan yang ia usulkan. Perjuangan tidak mudah karena masyarakat masih menganut agama kejawen. Namun, perjuangan tidaklah menghianati hasil.

Ia akhirnya mampu membawa masyarakat ke zaman pencerahan hingga menjadi Muhammadiyah sebesar sekarang.

11. Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021 – Sang Kiai

sang kyai

via Rapi Film

Sang Kiai mengisahkan sosok pendiri Nahdlatul Ulama yakni K.H Wahid Hasyim dan para santrinya yang berjuang menghadapi Jepang dan sekutu dengan latar belakang tahun 1942 di daerah Jawa Timur. Dalam film ini kamu akan tahu bagaimana para kiai dan NU turut serta membantu proses kemerdekaan Indonesia serta menegakkan ajaran Islam. Kamu juga tahu bagaimana sejarah NU lahir.

Pelajaran yang bisa didapat dari film ini adalah tentang makna jihad, dimana jihad tidak selalu dengan menggunakan senjata tetapi bisa melalui pemikiran-pemikiran seperti yang dilakukan oleh KH Hasyim Asy’ari.

12. The Kite Runner

The Kite Runner

via The Kite Runner

The Kite Runner merupakan film yang mengisahkan seorang remaja bernama Amir asal Afghanistan. Pada situasi yang buruk karena bangsa Afghanistan yang pecah membuatnya harus migrasi ke negara lain.

Kehidupannya di negara lain tersebut tidaklah mudah. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan Amir tersebut.

13. The Breadwinner

The Breadwinner

via The Breadwinner

Film The Breadwinner merupakan film animasi bertema religi yang mengangkat kisah gadis 11 tahun bernama Parvana dan ayahnya, Nurullah yang tinggal di negara muslim mayoritas.

Ayahnya yang berprofesi sebagai guru menghadapi situasi yang sulit karena kehilangan kakinya akibat perang Soviet-Afganistan.

Suatu hari, sang ayah ditangkap sekelompok Taliban dengan tuduhan menghina mereka. Konflik pun pecah. Banyak pelajaran berharga dari kisah ini.

14. A Separation

Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

via Dreamlabs

A Separation merupakan film asal Iran yang disutradarai oleh Asghar Farhadi. Film mengisahkan pasangan suami istri yang berpisah. Berpisahnya mereka berdampak pada kekecewaan putrinya.

Konflik lain muncul ketika sang suami menggunakan jasa pengasuh ayahnya yang menderita Alzheimer. Nader terlibat konflik dan dituduh mendorongnya dari tangga yang menyebabkan keguguran. Pikirannya semakin kacau, belum lagi dihadapkan dengan putrinya yang menolak perceraian.

15. Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021 – Negeri 5 Menara

Film Ramadhan Terbaru dan Terbaik 2021

via Milion Pictures

Film yang diangkat dari novel dengan judul sama menceritakan Alif. Pendidikanya di pesantren sebenarnya berlawanan dengan keinginannya yang mau menempuh pendidikan di sekolah umum.

Kehidupannya di pesantren berubah setelah bertemu lima temannya. Mereka dipersatukan lewat hukum dari kenakalannya masing-masing. Mereka semakin akrab dan bertekad mewujudkan impian bersama-sama.

Nah, itulah rekomendasi film Ramadhan terbaru dan terbaik 2021 yang sarat akan pelajaran hidup. Semoga menjadikan Ramadhanmu lebih bermakna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *