Tips Ampuh: Cara Menghemat Baterai Stik PS4

7 bulan lalu, by DigiTek ID

Tips cara menghemat baterai stik PS4

Dijamin bikin kesel banget! Main PS4 seru-seru eh tiba-tiba stik nya low-batt! Mau kalahin musuh malah dibantai jadinya! Tapi tenang, kini kamu bisa ikutin cara menghemat baterai stik PS4 agar makin awet dan nggak gampang abis!

Nggak ada yang lebih mengganggu daripada harus tarik kabel USB waktu main Resident Evil! Apalagi, kalau harus pindah dari posisi PW.

Padahal nih ya, Circa Controller atau stik PS4 itu didesain untuk tahan 8 jam. Tapi, kenapa bisa daya itu turun cepat banget? Kebanyakan orang sih menganggap kalau lampu terang yang ada di bagian belakang stik yang bikin baterai cepat abis.

Tapi parahnya, hal itu bukan satu-satunya sebab yang bisa kamu salahkan. Faktanya, stik yang terisi penuh bisa bertahan selama PS4 itu masih menyala. Mau tau caranya?

Simak penjelasan berikut ini ya.

Cara Menghemat Baterai Stik PS4

Cara ini kita lakukan dari pengalaman dan akar masalah yang kita temukan saat main PS4. Jadi, udah pasti solusi ini bisa kita pecahkan bareng.

1.Kurangi Cahaya Stik

Cara Menghemat Baterai Stik PS4

Lampu Stik source Kanbkam

Cara pertama ini mungkin nggak pernah terpikir sebelumnya. Sebenarnya, apa sih fungsi dari lampu indikator yang ada di belakang stik? Waktu main game, apa sih kontribusi lampu ini?

Faktanya, peran lampu ini saat main game itu kecil banget. Tapi sayangnya, kamu nggak bisa matikan 100% lampu indikator ini.

Jadi, salah satu cara untuk menghemat baterai stik PS4 adalah dengan menurunkan kecerahannya. Caranya, buka menu “Quick Access” di PS4 kamu dan pilih Dualshock 4. Disini, kamu bisa ngatur kecerahan lampu sesuai keinginan.

2. Disable Fitur Getar

Kayaknya nggak cuman PS4 deh yang punya fitur getar. Semua edisi PS itu juga punya fitur stik getar.

Dengan perkembangannya, PS4 mungkin mau menambahkan efek main yang luar biasa. Salah satunya adalah dengan efek stik getar. Faktanya, stik getar ini adalah cara terbaik untuk membawa diri kamu merasakan sensasi game di real life.

Emang siapa sih yang nggak mau merasakan kasarnya medan saat keluar dari sirkuit di MotoGP? Meski begitu, fitur getar ini juga punya pengaruh ke kecepatan baterai habis.

So, kita sarankan aja buat disable fitur ini biar PW main game lebih lama. Caranya, langsung aja masuk ke Setting >> Device >> Controllers >> Enable Vibration. Hilangkan centang di “Enable Vibration” ya.

3. Kecilkan Volume Stik

Suara stik PS4 yang kencang banget juga bisa bikin baterai makin cepat abis! Asal kamu tau, speaker di stik itu cuman bisa muncul dalam beberapa game aja. Nggak semua game bisa.

Padahal, suara game juga udah jadi satu sama TV kamu. So kayaknya, suara di stik nggak begitu penting deh.

Jadi, kita sarankan buat kecilkan volume atau matikan aja suara dari stik ya. Caranya gampang kok. Langsung aja ke menu Setting >> Devices >> Controllers >> Volume Control. Atur sendiri volume stik yang kamu perlukan ya.

4. Matikan Stik PS4

Cara Menghemat Baterai PS4

Matikan Stik PS4 source Business Insider

Salah satu kesalahan terbesar gamer  PS4 yang bikin baterai cepat habis adalah lupa matikan stik. Jangan mengira kalau PS4 yang nyala dan kamu tinggal, stiknya bakal otomatis mati! Nggak kayak gitu, gengs!

Dalam pengaturan atau Setting Default nya, stik PS4 kamu bakal mati otomatis kalau baterainya habis. Coba deh check di Setting >> Power Saving Setting >> Turn Off Dualshock 4 Automatically.

Jadi, ubah aja pengaturan ini ke pengaturan yang lebih simple dan hemat. Contoh, tiap 10 menit setelah nggak terpakai atau ditinggal. Kamu bisa pilih untuk matikan setelah 30 menit atau 60 menit setelah digunakan.

Dengan begini, kamu harus menyalakan lagi stik nya kalau mau meneruskan game yang kamu jalankan itu. Nggak masalah sih daripada baterai cepat abis dan rugi makin besar.

Kalau kamu nggak mau setting otomatis ini, kamu bisa langsung matikan aja stik itu. Cara paling gampang adalah dengan menekan tombol PS4 selama 10 detik. Otomatis stik bakal langsung mati.

Mungkin cara ini agak sedikit rempong sih kalau kamu lagi nonton Netflix. Kamu masih harus tekan dan tahan tombol O lalu tekan X untuk resume atau melanjutkan menonton movie. Ingat, tekan terus biar film itu terus berputar.

5. Ganti Pack Battery

Sekarang akses untuk mendapatkan stik dengan lisensi Venom. Lisensi ini dilengkapi dengan pack baterai yang bisa di charge ulang. Pasang aja pack ini di bagian belakang atau bawah stik PS4 kamu dan dapatkan tambahan 20 jam daya baterai!

Jadi, jelas banget kalau pack ini bakal bikin pegangan stik jadi agak aneh. So, pastikan untuk mencobanya dulu sebelum beli ya. Siapa tau kamu nggak cocok dengan perubahan pegangan stik itu.

Kalau emang kamu bisa menyesuaikan diri dengan perubahan itu, nggak masalah dan fine fine aja. Bahkan kamu dapat keuntungan lebih dengan bisa main lebih lama!

6. Beli Stik Cadangan

Rasa-rasanya sih kurang lengkap gitu ya kalau punya PS4 tapi stik nya cuman 1 aja. Lebih baik, beli lagi cadangan 1 stik biar main game makin seru. Faktanya, stik cadangan ini berguna banget buat main bareng.

Selain itu, dengan stik cadangan itu kamu juga bisa lanjut main game ronde selanjutnya tanpa takut kalah. Baterai stik yang satu habis, tinggal nyalakan stik cadangan ini.

Saat kamu charge stik yang satunya, pastikan juga stik berada dalam keadaan rest mode ya. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan charge stik itu. Untuk mengaktifkan mode ini, kamu tinggal pencet:

Setting >> Devices >> Power Saving Setting >> Set Function Available in Rest Mode >> Supply Power to USB Port. Selesai deh!

Kalau ini dirasa terlalu ribet, kamu bisa pakai PS Vita sebagai controller atau stik. Tapi kita rasa sih itu nggak bakal nyaman buat kamu. Karena kamu butuh touch pad untuk fungsi R2 dan L2 yang nggak tersedia di PS Vita.

7. Ganti Baterai Stik PS4

Cara Mengganti Baterai Stik PS4

Baterai Stik PS4 source IFixit

Cara terakhir buat menghemat daya baterai stik PS4 kamu adalah dengan ganti baterai. Kenapa kita sarankan kayak begini?

Faktanya, baterai stik PS4 itu punya daya 1.000 mAh. Untungnya, baterai itu nggak permanen. Jadi, kamu masih bisa ganti baterai itu dengan baterai ukuran 2.000 mAh.

Cara pemasangannya juga nggak sulit kok. Tinggal buka aja stik itu dan buka element nya satu per satu. Setelah sampai di yang paling terakhir, kamu bisa menemukan baterainya.

Kamu bisa bikin baterai bertahan 2 kali dari sebelumnya. Tapi tentunya, stik kamu nggak 100% original lagi ya. Selain itu, kamu pasti bakal kesulitan saat pilih baterai yang resmi atau official. Jadi, pastikan untuk melihat review baterai itu sebelum beli ya.

Kesimpulan

Entah stik PS4 mau digunakan atau nggak, yang pasti baterai akan tetap berkurang kalau kamu nggak tau cara menghematnya. Ditambah lagi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan performa stik tanpa merusak kebahagiaan dan keseruan main game.

Hanya dengan optimasi internal dan sedikit eksternal kayak ganti baterai bisa kamu gunakan untuk menghemat daya baterai. Jangan lupa juga check seputar game VR terbaik yang bisa kamu jadikan referensi.

So, mungkin segini dulu ya bahasan kita tentang tips menghemat baterai stik PS4 kali ini. Masih ada banyak banget bahan yang bisa kamu dapatkan dan pelajari disini. Jangan ragu lagi buat subscribe email newsletter kita biar nggak ketinggalan info paling update yang bakal kita tulis khusus buat kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *