Baterai HP Kembung? Ini Nih Cara Mencegahnya!

1 tahun lalu, by digitek

Cara mencegah baterai hp kembung

Jujur deh! Siapa yang nggak bosen kalau ada aja teman yang curhat baterai HP kembung! Nggak mau kan kalau kamu jadi korban selanjutnya?

Emang kehidupan kita nggak bisa lepas dari HP. Entah itu buat sekedar chatting, main game, sampai buat sekolah, HP selalu ada disamping kita.

Tapi nggak jarang juga kalau baterai HP cepat panas, drop, dan bahkan kembung. Asal kamu tau, baterai kembung nggak cuman gara-gara banyak pakai aplikasi dan game. Penggunaan yang nggak tepat juga bisa jadi faktor pendukung baterai HP kembung loh!

Kira-kira, gimana ya cara mencegah baterai HP kembung? Jangan cuman mengira-ngira ya. Ini dia tips realnya!

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung

Seperti yang kita bilang, kamu bakal dapat tips penting cara mencegah baterai kembung pada smartphone. Bisa jadi, tips ini terlalu teknis atau umum ya.

1. Live Wallpaper

Perlu kamu tau, Live Wallpaper emang bikin HP keren. Tapi, konsekuensinya, kamu harus kehilangan performa baterai HP. Artinya, Live wallpaper bisa bikin baterai cepat habis.

Jadi, coba aja deh pakai wallpaper biasa yang statis.

2. Notifikasi Aplikasi

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung | notifikasi aplikasi hp

Kalau kamu seorang gamer, udah nggak heran lagi kalau feed HP kamu bakal dipenuhi dengan notifikasi. Terus masalahnya, apakah notifikasi itu penting?

Kalau nggak penting, mending dimatikan aja deh ya. Selain mengganggu banget, notifikasi itu juga bikin HP sering menyala. Akhirnya, baterai kamu nggak bisa tahan lama.

3. Aplikasi Background

Sadar atau nggak, mungkin aja kamu cuman close aplikasi dari interface aja. Padahal, aplikasi itu masih berjalan di background.

Cara mengeceknya, tinggal sentuh aja tombol ‘multi-task background app’. Tergantung HP yang kamu pakai sih. Kalau Android rata-rata di pojok kiri bawah. Kalau iOS atau iPhone, kamu bisa melihat aplikasi background ini dengan cara menekan dan menahan tombol tengah.

Close atau swipe up aja aplikasi yang nggak kamu pakai ya. Dengan begini, RAM dan memori bisa kembali normal. Selain itu, resiko baterai HP kembung juga bakal tipis.

4. Lock Screen

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung | Mengunci HP

Coba deh lihat, berapa lama waktu sleep kalau HP nggak kamu pakai? Kebanyakan ada yang 3 – 5 menit ya. Padahal kalau kamu masukkan dalam kantong, posisi yang masih belum terkunci itu juga bahaya loh!

Siapa tau tiba-tiba nelfon orang dan selama perjalanan tetap hidup kayak gitu. Nggak cuman pulsa yang hangus, baterai juga cepat kembung! Jadi kita sarankan buat mengunci layar waktu HP nggak kamu pakai.

Saran kita sih, sebaiknya atur ulang setting default biar lebih custom. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan semua hal biar HP kamu tetap dalam performa terbaik.

5. Pakai Headset

Emang seru banget sih kalau dengar musik keras-keras bareng teman-teman. Padahal, nyetel musik keras pakai loudspeaker itu bikin baterai cepat habis. Apalagi kalau kamu pakai powerbank waktu nyetel musik.

Jadi, kalau dengar musik, lebih enak pakai headset ya. Selain hemat baterai, pakai headset juga punya efek yang luar biasa ke suara yang kamu dengarkan.

6. Waktu Charging

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung | Charging HP

Saking asiknya main HP, sampai-sampai kalau waktu charge juga masih dipakai ya. Ini nih yang bahaya. Baterai HP kamu bisa beresiko cepat melembung.

Asal kamu tahu, main HP waktu di charge itu nggak tambah baterai cepat penuh. Tapi justru bikin baterai cepat rusak. Apalagi kalau kamu pakai main game waktu charging. Pasti auto dead deh HP kamu.

7. Penggunaan Powerbank

Siapa yang hobby banget pakai powerbank? Kalau ini kebiasaan kamu, mending ubah deh mulai sekarang ya. HP kamu bakal cepat panas dan pengaruh temperatur itu bisa sampai ke performa baterai.

Daya yang nggak stabil dari powerbank juga bisa merusak beberapa sistem listrik yang ada di HP kamu. So, kita sarankan deh buat pakai charge biasa aja daripada pakai powerbank ya.

8. Durasi Charge

Ini juga sering banget terjadi pada mayoritas user smartphone. Biasanya, kamu lupa copot charge ya. Itu bahaya loh buat ketahanan baterai HP.

Kapasitas daya tampung baterai ada limitnya. Jadi, jangan sampai lupa mencabut baterainya ya. Jangan biasakan buat charging semalaman penuh ya.

9. Flash Kamera

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung | Flash HP

Buat kamu yang suka banget fotografi, mungkin aja kamu lupa nggak mematikan pengaturan flash. Kalau emang sengaja pakai flash, tolong deh ya buat mengkondisikan. Jangan sampai menggunakan flash kamera yang berlebihan.

Tips: Usahakan buat cari tempat yang terang waktu mau shooting foto atau video. Cahaya natural jauh lebih bagus daripada cahaya flash yang nggak seimbang. Jadi, waktu paling perfect buat foto adalah di siang hari atau sore hari.

10. Perhatikan Suhu HP

Mungkin kamu mengira kalau baterai HP kembung nggak ada hubungannya sama suhu HP saat itu. Jangan salah ya! HP panas bisa bikin baterai cepat habis.

Jadi, usahakan kodisi HP tetap stabil termasuk temperatur atau suhunya ya. Kalau perlu, copot aja dulu karet pelindung HP waktu pengisian atau suhu HP tinggi. Kalau emang pada saat pemakaian udah agak panas, istirahatkan dulu sampai suhu kembali normal ya.

Oh iya, kondisikan juga agar HP kamu nggak sampai kena sinar matahari langsung ya.

11. Jenis Koneksi

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung | Koneksi 4G

Pakai 4GLite ya? Perlu kamu tau, 3G dan 4G serta LTE Lite itu punya konsumsi baterai yang berbeda. 3G lebih hemat.  Meski begitu, kecepatan internetnya juga lebih lemot kalau dibandingkan dengan 4G atau LTE Lite.

Dengan begini, coba deh pakai jaringan 3G aja kalau masih memungkinkan.

12. Silent Mode

Langkah umum selanjutnya yang biasa dipakai kalau kamu mau mencegah baterai HP kembung adalah pakai silent mode. Profile dengan mode suara bakal mengkonsumsi banyak daya baterai untuk nada dering dan keyboard.

Dengan silent mode ini, kamu bisa memastikan kalau HP bakal aman dan nggak ribut. Jadi, kerja serta belajar bakal lebih konsen. Tapi resikonya, kamu harus siap dimarahin orang gara-gara chat atau panggilan penting yang sempat terlewat.

13. Turunkan Brightness

Kecerahan atau brightness sering banget mengganggu masalah baterai kamu. Asal kamu tau, layar dan kecerahan itu punya konsumsi baterai paling besar. Artinya, makin terang layar atau screen kamu, makin cepat habis baterainya.

Jadi kita sarankan buat selalu pakai adjusting layar sesuai dengan kondisi dan lingkungan tempat kamu berada. Kalau emang terlalu cerah ruangannya, naikkan sedikit brightnessnya. Jika kamu di ruangan yang gelap, turunkan brightness nya ya.

Selain bisa kamu pakai buat menghemat baterai, kondisi ini juga bikin mata tetap sehat.

14. Matikan Koneksi

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung

15 Cara Mencegah Baterai HP Kembung | Pengaturan Koneksi

Kalau emang nggak dipakai, sebaiknya matikan deh semua koneksi, bluetooth, dan GPS kamu. Faktanya, koneksi ini akan selalu memaksa device kamu buat cari signal. Dengan begitu, konsumsi baterai akan terus ada meski nggak kamu pakai.

Jadi, matikan aja koneksi, GPS, dan bluetooh kalau kamu dalam perjalanan atau di malam hari  waktu tidur ya.

15. Jaringan WiFi

Selain hemat kuota, pakai WiFi juga bisa menghemat daya baterai di HP kamu. Sebabnya, HP bakal menghentikan sistem yang mencari signal secara otomatis. Jadi, baterai udah auto awet deh.

Kesimpulan

Ternyata eh ternyata, apa yang selama ini nggak kamu sadari punya efek besar kan di penggunaan daya baterai? Jadi dengan 15 cara ini, kamu bisa makin hemat baterai dan mencegah baterai HP kembung.

Nah, mungkin ini dulu ya sharing kita kali ini. Mau kita kasih trik biar nggak terganggu waktu nonton video YouTube. Nih rahasianya cara menghilangkan iklan YouTube di PC dan Smartphone!

Masih ada banyak banget info yang bisa kamu gali di Digitek.id! Disinilah kamu bisa mendapat semua tips dan trik, info update, sampai review film terbaru paling update saat ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *