Cara Mempercepat Koneksi Internet Update 2020!

1 tahun lalu, by digitek

Cara mempercepat koneksi internet

Koneksi internet putus nyambung? Atau bahkan, download nggak selesai gara-gara internet lemot banget? Udah, take a break sejenak yuks sambil buka rahasia cara mempercepat koneksi internet di device kamu!

Kita yakin banget internet udah jadi kebutuhan pokok buat gen Z. Kalau nggak ada koneksi rasanya kayak no life deh ya. Nggak bisa nge-game, nggak bisa chatting, nggak bisa seru-seruan di social media, serta nggak bisa nonton video update dari channel YouTube favorit.

Anehnya nih, kebanyakan pengguna internet tuh nggak sadar kalau bukan gara-gara WiFi atau provider aja. Tapi, Android dan device juga punya pengaruh yang besar!

Terus, apa aja faktornya? Gimana cara fix nya?

Faktanya, kamu bakal kaget gara-gara cara ini mungkin nggak pernah terbayang sedikit pun. So, simak ya selengkapnya …

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Update 2020

Perlu kamu tau, kita bakal bahas khusus buat user Android ya. Soalnya, setting dan faktor koneksi internet di PC dan HP itu beda.

1. Optimasi Mobile Network

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020 | Mobile Network

Apa HP Android kamu udah support 4G dan 3G? Kalau emang udah, sebaiknya atur dengan ‘4G only’ atau ‘3G only’. Soalnya, kita banyak melihat kalau pengaturan atau setting Default dari smartphone itu rata-rata ‘Auto’.

Coba deh cek sekarang juga. Kalau emang setting default nya Auto, ganti langsung sama 4G only atau 3G only ya. Gini nih caranya.

  1. Masuk ke menu Setting > More > Network
  2. Pilih 4G only atau 3G only > tekan OK

Kalau ini belum cukup, kamu bisa mempercepat koneksi internet dengan speed optimizer yang bisa bikin kecepatan koneksi internet kamu jadi 200%. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memberi akses Tweak. Jadi, kamu bisa pilih dan atur koneksi dan kecepatan akses internet sesuai kebutuhan.

Sayangnya, smartphone Android kamu harus di-root dulu biar bisa install aplikasi ini.

2. Pasang atau Install AdBlocker

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020 | AdBlock Mobile

Sadar atau nggak kalau ada banyak banget iklan yang muncul di browser kamu! Artinya, kecepatan browsing kamu juga bakal terhambat gara-gara kebanyakan iklan.

Perlu kamu tau, konsumsi iklan buat load dan menampilkan pop up atau hamalannya cukup besar. Apalagi jika ada efek-efek yang dimainkan oleh iklan itu. Tentu bakal bikin internet kamu lemot.

Jadi, kita sarankan buat install AdBlocker di browser. Bahkan kalau perlu, install juga AdBlocker di YouTube biar kuota yang kamu habiskan nggak banyak.

Sayangnya, nggak ada cara manual untuk membersihkan iklan ini. Jadi, kamu harus download dan install aplikasi AdBlocker dari Play Store, App Store, atau sumber website luar.

3. Hapus Semua Cache di Browser

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020

Kebanyakan teman serta keluarga kita sih nggak pernah memeriksa cache yang ada di browser Android. Apa kamu juga kayak gitu?

Asal kamu tau, banyaknya cache juga punya pengatuh yang besar ke performance Android. Artinya, makin banyak cache makin lemot Android kamu, termasuk buat browsing. Jadi, bersihkan terus cache kamu ya.

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan buat bersihkan cache ini, yaitu manual via browser atau pakai aplikasi pihak ketiga. Bingung mau pilih yang mana? Lihat dulu tutorialnya.

Cara membersihkan cache di browser manual:

  • Buka Browser > Masuk ke Setting
  • Masuk ke Privacy > Clear All Data
  • Pilih All Data > klik OK

Cara membersihkan cache di browser dengan aplikasi:

  • Download CCleaner dari Play Store
  • Install sampai selesai
  • Buka aplikasi CCleaner > Run Scan
  • Tunggu scanning selesai > Klik OK

Dengan begini, kamu udah bisa mempercepat koneksi internet sehingga hemat kuota dan puas browsing dan nonton video.

4. Aktifkan Setting Agent User

Emang sih, sekarang kebanyakan website udah pakai Mobile Responsive untuk mengatur website nya. Tapi ada juga yang masih memaksa tampilan web desktop untuk Android dan mobile.

Artinya, loading bakal tambah berat banget kan? Nah salah satu cara biar kamu nggak kena impact dan effect dari setting ini, coba deh aktifkan Agent User kamu. Buat kamu yang belum tau apa itu User Agent, kita bakal sedikit jelaskan.

User Agent itu adalah fitur smartphone Android untuk meng-compress tampilan sesuai dengan tampilan responsive mobile, meski tampilan itu milik desktop.

5. Pakai VPN

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020 | Mobile VPN

Internet freaks atau penggila internet pasti tau istilah satu ini. Apalagi kamu yang suka lihat-lihat situs yang diblokir pemerintah Indonesia. [Hayo, situs apa itu??]

Yaps bener banget. Fitur ini punya keuntungan ganda waktu kamu pakai buat browsing. Selain bisa mempercepat koneksi internet, VPN ternyata juga bisa menjaga privacy data yang situs yang kamu buka sehingga bebas dari blokir.

Kerennya lagi, kamu bebas pilih IP negara tertentu. Jadi, sewaktu HP kamu hilang, kamu nggak perlu lagi takut data itu bocor ke penemu HP.

Perlu kamu tau, VPN nggak bisa langsung kamu akses via browser. Tapi kamu bisa pakai aplikasi atau ekstensi.

Karena ada banyak banget aplikasi dan ekstensi VPN, kita ada rekomendasi aplikasi VPN terbaik:

  • NordVPN
  • ExpressVPN
  • CyberGhost
  • SurfShark
  • IPVanish

NB:

Tentunya, masing-masing VPN punya karakter dan lebihan sendiri-sendiri ya. Jadi, pastikan memilih yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan kamu.

6. Matikan Tethering / Hotspot

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020 | Mobile Hotspot

Sultan mah bebas deh pokoknya. Mau hidupkan data sesuka hati sampai konek ke banyak device nggak ada masalah. Tapi sayangnya, kamu nggak bisa jamin kalau koneksi bakal mulus terus dengan banyaknya device yang konek ke tethering kamu.

Selain itu, kamu juga bakal merasakan baterai HP yang cepat habis. Kalau sampai ini terjadi terus, bisa dipastikan kalau baterai HP kamu bakal melembung.

Jadi kita sarankan buat matikan tethering atau mobile hotspot kalau udah nggak dipakai.

7. Bersihkan Pakai Antivirus

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Gratis Update 2020 | Antivirus HP

Terakhir, mungkin aja HP kamu kena serangan virus yang tajam banget sehingga performa menurun. Kalau sampai itu terjadi, otomatis kecepatan browsing dan koneksi kamu bakal lelet banget.

Jadi, untuk mempercepat koneksi internet, langsung aja install aplikasi antivirus. Ada beberapa rekomendasi antivirus yang bisa kamu maksimalkan untuk melindungi dan mempercepat performa HP, antara lain:

  • BitDefender
  • Norton Antivirus
  • Avast Mobile Security
  • MacAfee Mobile Security
  • Google Play Protect

Pilih aja salah satu aplikasi itu. Install dan jalankan dengan teratur ya. Kalau perlu jadwalkan sendiri untuk scan. Kita sarankan buat scan minimal 2 hari sekali biar kondisi HP tetap terjaga.

Kesimpulan

Ada banyak banget faktor minor dan mayor yang bisa bikin koneksi internet lemot. Mulai dari software sampai serangan virus.

Jadi, kenali dulu semua masalah yang ada di HP Android kamu, lalu cari solusi yang tepat untuk mempercepat koneksi internet.

Nah, mungkin segini dulu ya info yang bisa kita share kali ini. Masih ada banyak banget info menarik yang bakal kita share tiap harinya.

Cuman di Digitek.id, kamu bisa temukan semua info lengkap tentang perkembangan dan update dunia digital dan teknologi!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *